Tips Menghilangkan Noda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Noda..hmm…yang satu ini tentu adalah hal yang paling menjengkelkan bagi kita semua. Terlebih lagi jika noda tersebut “hinggap” di salah satu pakaian kesayangan kita, tentu saja kita akan jutek bin bete habis….:).

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, kenapa? Karena saya akan memberikan tips jitu bagi anda untuk menghilangkan noda membandel di pakaian anda. Oya…dalam artikel tips dan produk kali ini, saya akan memberikan tips tentang cara menghilangkan noda pada pakaian berdasarkan jenis dan karakter noda tersebut…so..cekidot…


1.   Tips Menghilangkan Noda Luntur Pada Pakaian Anda

Jika anda mendapati pakaian anda terkena noda luntur atau kelunturan, jangan marah-marah dulu. Lakukan langkah berikut ini: ambil pakaian anda yang terkena noda tersebut dan kemudian rendamlah dengan menggunakan cuka yang dicampur dengan menggunakan deterjen selama 30 menit dan kemudian bilas dengan air bersih.

Jika pakaian yang terkena noda tersebut lebih dari satu, maka masukkanlah satu persatu, jangan memasukkan semuanya sekaligus. Dan jangan menyetrika pakaian yang terkena noda, hingga noda tersebut hilang/pudar.

2.   Tips Menghilangkan Noda Tinta Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda dari tinta pulpen yang ada pakai, jangan khawatir..ikuti langkah-langkah berikut ini: rendamlah pakaian anda selama 15 menit dan kemudian ambilah sabun colek dan taruh ditempat noda tersebut, kemudian kucek hingga noda tersebut hilang. Setelah itu, anda bisa membilas pakaian anda dan mencucinya seperti biasa.

Atau anda bisa mencobanya dengan menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan “citrun”. Caranya campur sitrun dengan menggunakan air yang mendidih dan kemudian rendam. Setelah itu bilas dengan menggunakan air biasa dan setelah noda tersebut hilang, lakukan proses pencucian seperti biasa. Namun jika anda tidak memililki “citrun” dan malas untuk membelinya, anda bisa menggunakan air jeruk lemon yang telah ditambahkan garam.

3.   Tips Menghilangkan Noda Cat dan Oli Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena cat/oli, jangan khawatir. Berikut ini saya akan berikan tips yang menarik bagi anda untuk menghilangkan atau meminimalisir “tetes-tetes noda” cat/oli tersebut…hehehe….

Rendam pakaian anda tersebut di dalam minyak tanah beberapa saat. Kemudian ambil dan hilangkan sisa-sisa noda yang masih ada dengan menggunakan bensin. Setelah noda-noda tersebut hilang, anda bisa membilasnya dan mencucinya seperti biasa. Atau untuk menghilangkan noda cat/oli, anda bisa menggunakan terpentin (getah pohon pinus) dan ditaruh di tempat yang terkena noda tersebut, diamkan beberapa saat dan kemudian kuceklah dengan menggunakan sabun cuci hingga noda tersebut hilang.

4.   Tips Menghilangkan Noda Kunyit Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda yang satu ini, jangan khawatir..ikuti langkah berikut ini: bersihkan sisi pakaian yang terkena noda tersebut dengan menggunakan sabun yang sudah dicampur dengan borak, diamkan sebentar kemudian kucek hingga noda tersebut memudar.

 5.   Tips Menghilangkan Noda Teh dan Kopi Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda teh/kopi, maka anda bisa mengikuti salah satu dari tips dibawah ini:

Cucilah pakaian anda yang terkena noda tersebut dengan menggunakan air panas yang sudah dicampur dengan boraks. Namun jika pakaian anda terbuat dari bahan selain katun, maka air panas tersebut diganti dengan menggunakan air yang hangat. Diamkan beberapa saat sampai anda benar-benar yakin bahwa noda di pakaian anda tersebut sudah terangkat/hilang/memudar. Atau anda bisa menghilangkannya dengan cara merendamnya kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan deterjen dan kemudian menggangkatnya dan menyekanya dengan spriritus.

Namun jika pakaian anda baru saja terkena oleh noda kopi/teh, maka tidak perlu buru-buru merendamnya dengan boraks (seperti cara diatas). Caranya adalah gunakan tisu (namun anda jangan menggosoknya), disini tisu tersebut berfungsi sebagai penyerap. Dan jika noda kopi/teh tersebut sudah terserap oleh tissue tadi, maka anda bisa membilasnya dengan menggunakan air dingin dan kemudian anda bisa menggunakan deterjen untuk membersihkannya. Kucek bagian yang terkena noda tersebut hingga sisa-sisa noda tersebut hilang/memudar, dan kemudian keringkan secara alami.

6.   Tips Menghilangkan Noda Sirup di Pakaian Anda


   Jika pakaian anda terkena noda sirup, maka jangan panik. Saya punya tips menarik dan jitu yang bisa anda ikuti. Rendam pakaian anda yang terkena noda tersebut dengan cara direndam dengan air biasa dan kemudian taruhlah deterjen di bagian yang terkena noda tersebut dan gosoklah dengan menggunakan jari. Jika noda masih membandel, maka rendamlah pakaian anda dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan menggunakan deterjen.

7.   Tips Menghilangkan Noda Lemak Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena oleh noda lemak, maka anda mungkin bisa mencoba tips yang satu ini. Cucilah pakaian anda yang terkena noda tersebut dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan menggunakan sodium. Namun jika pakaian anda terbuat dari bahan sutera, maka gosoklah bagian yang terkena noda tersebut dengan menggunakan kain yang sudah dicampur dengan menggunakan bensin, kemudian taburi bagian yang terkena noda tersebut dengan menggunakan bedak dan sikat dengan lembut hingga noda tersebut hilang atau memudar. 

Atau anda bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan cara korek seluruh noda lemak yang menempel di baju anda dengan menggunakan pisau tumpul (lakukan secara hati-hati), kemudian cuci dengan deterjen cair dan gosoklah bagian yang terkena noda tersebut dengan menggunakan jari dan kemudian cucilah seperti biasa.

8.   Tips Menghilangkan Noda Keringat Pada Pakaian Anda


Noda keringat…hmm..noda yang satu ini memang sudah sangat akrab dengan kita, namun anda sekarang dapat “melawannya” dengan menggunakan tips jitu sebagai berikut: anda bisa menggunakan larutan penghilang warna untuk pakaian yang berbahan katun putih. Namun jika pakaian yang terkena noda keringat tersebut terbuat dari bahan katun warna atau sutera, maka anda bisa menggunakan air oksigen yang telah dicampur dengan ammonia.

9.   Tips Menghilangkan Noda Lipstik Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda lipstick, maka anda bisa melakukan langkah berikut ini untuk menghilangkannya. Basahi bagian pakaian anda yang terkena noda tersebut, dan kemudian oleskan mentega pada bagian tersebut dan gosoklah dengan lembut menggunakan jari. Sesudah itu anda bisa mencucinya seperti biasanya. Atau anda bisa mengolesinya dengan menggunakan bensin, tapi cara ini hanya bisa dilakukan untuk pakaian yang tidak terbuat dari bahan yang halus.

10. Tips Menghilangkan Noda Darah Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena darah, jangan takut apalagi pingsan. Lakukanlah salah satu dari cara berikut ini untuk menghilangkan noda tersebut dari pakaian anda. cucilah pakaian anda tersebut dengan menggunakan larutan penghilang warna (hanya untuk pakaian putih), sedangkan untuk pakaian yang berwarna, anda bisa menggunakan air yang sudah dicampur dengan boraks. Atau jika anda malas untuk mencuci pakaian anda tersebut, anda bisa menggunakan ammonia, caranya taruh larutan ammonia tersebut ke daerah yang terkena noda da kemudian sikat dengan lembut hingga noda menghilang/memudar.

Cara yang lainnya adalah dengan merendam pakaian yang terkena noda darah tadi kedalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Diamkan beberapa saat hingga noda tadi benar-benar mulai menghilang atau memudar, setelah cucilah dengan biasa. Atau anda juga bisa menggunakan larutan boraks yang sudah dipanaskan.

11. Tips Menghilangkan Noda Susu Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda secara tidak sengaja ketumpahan susu si kecil, jangan khawatir. Sekarang anda bisa menghilangkan noda tersebut dengan mudah, ikuti tips berikut ini: letakkan bongkahan es batu ke bagian yang terkena noda, kemudian diamkan beberapa saat hingga noda tersebut membeku. Setelah itu bersihkan noda tersebut dengan lembut, bisa menggunakan sikat atau jari. Namun jika noda masih “membandel”, maka anda bisa menggunakan cuka untuk membersihkannya.

12. Tips Membersihkan Noda Minyak Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda minyak, jangan khawatir. Mungkin anda bisa mencoba untuk melakukan tips berikut ini: taburkan bedak pada bagian yang terkena noda tersebut dan kemudian kucek bagian tersebut. Setelah itu anda bisa mencucinya seperti biasa. Atau anda bisa menggunakan minyak kayu putih, caranya tuangkan minyak kayu putih pada bagian yang terkena noda tersebut dan kemudian kucek sebentar lalu cucilah seperti biasanya.

13. Tips Membersihkan Noda Getah Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda getah, maka anda bisa membersihkan dengan cara sebagai berikut: oleskan minyak tanah pada bagian yang terkena noda tersebut diamkan beberapa saat (jauhkan dari api) lalu rendamlah dalam air beberapa saat. Setelah itu anda bisa meng-oleskan sabun/deterjen pada bagian yang terkena noda tadi, dan gosoklah secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi.


14.Tips Membersihkan Noda Karat Pada Pakaian Anda

Jika pakaian anda “ternodai” oleh noda karat, maka sekarang anda bisa membersihkannya dengan cara sebagai berikut: “rebuslah”  pakaian anda tersebut ke dalam uap air panas (jangan dimasukkan pakaiannya ya….), tapi sebelumnya beri perasan jeruk nipis/lemon pada bagian yang terkena noda tersebut. Kemudian kuceklah beberapa saat  dan kemudian cucilah seperti biasa. Atau anda bisa mencoba alternatif yang kedua, yaitu dengan cara mengoleskan garam/cuka pada bagian yang terkena noda dan kemudian kuceklah beberapa saat. Setelah itu anda bisa mencucinya seperti biasa.

15. Tips Membersihkan Noda Lumpur Pada Pakaian Anda


Jika pakaian anda terkena noda lumpur, maka anda bisa mencoba membersihkannya dengan cara sebagai berikut: biarkan lumpur tersebut mengering terlebih dahulu dan setelah bersihkan lumpur tersebut dari pakaian anda. kemudian untuk menghilangkan noda yang tertinggal adalah dengan cara mengosoknya dengan menggunakan rebusan air kentang dan kemudian cucilah seperti biasa.



(Referensi:dari berbagai sumber)




Demikian 15 tips dari saya tentang bagaimana membersihkan pakaian anda dari noda. Saya harap tips tersebut bisa membantu anda. Anda juga dapat membaca artikel tentang tips merawat baju bahan sutera dan tips perawatan pakaian secara umum di artikel tips&produk lainnya. sampai bertemu di aneka tips dan produk selanjutnya, masih disini di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


12 comments:

  1. Tips nya sangat menarik untuk di coba dan mudah di pahami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas komentnya mba' lulu...semoga bermanfat...:)

      Delete
  2. makasih infonya,, kebetulan celana saya kena noda karat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih atas kunjungannya dan komentnya. Artikel agan juga bagus di bloganya, saya sempat baca tadi..ane setuju dgn tulisan agan yg mengatakan bahwa persaingan harus sehat dan jangan banting-bantingan harga. Ane sdh sering ngalami itu, sampai nek...memang etika akan menghilangkan semua noda dlm persaingan...:)

      Delete
  3. saya punya baju kemeja coklat sekolah yang terkena getah buah manggis, tips yang di atas itu dapat merusak warna baju saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba saja sist...di tes dulu dengan cara mengoleskannya secara sedikit.....jangan melakukannya secara berlebihan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya ini...:)

      Delete
  4. Kalau noda tinta pada pakaian, terutama warna putih, saya lebih suka menggunakan larutan hidrogen peroksida atau H2O2. Kadarnya kira2 3-5% saja cukup. Mudah di dapat kok. Diapotik juga ada. caranya tinggal direndam saja bagian yang terkena tinta, diamkan lalu kucek sebentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk tipnya, komentarnya, dan kunjungannya gan....:)

      Delete
  5. Baju saya ada yg terkena noda cat..mudah2an berhasill menggunakan tips diats...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba...terima kasih atas kunjungan dan komentarnya...:)

      Delete
  6. Noda celana jeans putih saya kena getah pohon pisang, tidak bisa hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin agan bisa mencoba salah satu tips diatas...:) semoga berhasil...terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Share This Article