Tips Merawat Busana Kebaya


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Busana Kebaya, hmm….busana yang satu ini memang tidak pernah lekang oleh jaman. Meskipun beberapa waktu yang lalu, busana ini pernah menjadi busana yang “terpinggirkan”, namun sekarang busana Kebaya adalah salah satu busana yang “In” bagi para wanita di Indonesia. Disamping sebagai salah satu bentuk identitas dan budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia, busana Kebaya juga menampilkan kesan keanggunan dan kejelitaan bagi para pemakainya.

Berbagai motif dan hiasan-hiasan yang cukup indah dan elok yang diciptakan oleh para perancang busana anak negeri yang semakin lama semakin membuat busana yang satu ini tidak pernah “mati”. Seiring dengan semakin tingginya tingkat kompleksitas dan kegunaan dari busana kebaya ini, maka sudah tentu akan semakin tinggi juga tingkat kompleksitas dalam merawatnya. Ingat, pakaian yang anda kenakan juga perlu di rawat lho….:)

Perkembangan dunia fashion yang semakin hari semakin berkembang pesat dan cepat ternyata juga memberikan pengaruh yang besar terhadap mode kebaya yang ada sekarang ini. Jika di jaman dahulu model dari baju kebaya hanya menampilkan model yang itu-itu saja, namun di masa kini anda tentu sudah sering mendengar dengan istilah kebaya modern, bukan? Tidak hanya dari sisi mode bajunya saja yang mengalami perkembangan yang pesat. Dari sisi penggunaannya pun juga mengalami "pelebaran" yang positif. 

Jika di jaman dahulu anda mungkin hanya mengenal kebaya hanya digunakan untuk acara kondangan atau akad nikah, nah di jaman yang serba moderen ini pakaian kebaya sekarang ini digunakan di hampir semua acara formal, mulai dari wisuda/yudisium, pesta-pesta penting, hingga ke acara-acara hiburan seperti yang serig kita lihat di tv di acara OVJ dimana artis sindennya selalu menggenakan busana kebaya yang cantik dan keren yang memadukan antara gaya kebaya jawa kuno dengan jawa modern.

Tidak hanya itu, jika anda melihat dari model bentuknya...baju kebaya di era sekarang ini, terdapat banyak pilihan yang bisa anda beli seperti kebaya terusan atau long dress, kebaya casual, baju kebaya batik, baju kebaya gamis, kebaya hijabers bagi para muslim muslimah, busana kebaya vintage, pakaian kebaya gaun, pakaian kebaya lengan pendek, busana kebaya kerah/leher sanghai, kebaya lukis, busana kebaya kancing belakang, baju kebaya untuk rok pendek hingga kebaya untuk ibu hamil & menyusui pun ada, bahkan baju kebaya untuk anak-anak pun banyak tersedia dengan beragam motif dan bentuknya. 


Dan anda masih bisa melakukan berbagai macam modifikasi terhadap bentuk dari busana kebaya yang anda inginkan, seperti jika anda termasuk orang yang bertubuh "gemuk", jangan khawatir..anda bisa kok mendatangi tukang jahit di kota anda untuk dibuatkan pakaian kebaya yang mampu menyesuaikan dengan "lekuk" tubuh anda. Kalau di Jakarta, tukang jahit pakaian kebaya yang paling terkenal sih di QZM. Tapi kalau anda "malas" untuk membuat sendiri, anda bisa juga kok beli kebaya jadi, baik melalui toko online atau datang langsung ke pusat-pusat fashion seperti di Tanah Abang Jakarta. Disana anda bisa mencari model dan motif dengan harga yang kompetitif atau murah.

Jika dilihat dari motifnya, ada beberapa macam motif yang sudah cukup familiar di "pandangan mata" orang Indonesia. Antara lain motif full kerawang, motif Fatmawati, kebaya motif full bordir, baju kebaya motif renda, kebaya jenis songket, kebaya cakra kencana, kebaya motif encim betawi dan modern dengan kesan simple & elegantnya, kebaya kutu baru, busana kebaya harira, motif kebaya Kartini, kebaya Jogja & kebaya Jawa Tengah yang biasanya selalu menampilkan kesan klasik dan elegan bagi para pemakaianya. Sedangkan dari jenis bahan pembuatnya, terdapat banyak pilihan yang bisa anda beli, antara lain kebaya brokat, kebaya satin, kebaya katun, kebaya tile, kebaya bahan Lace, kebaya bahan Tulle, dan kebaya sutera. So...anda bisa menyesuaikannya dengan sudut pandang anda tentang jenis bahan pakaian kebaya yang paling nyaman untuk anda kenakan...:)

Bahkan model dan motif dari pakaian asli 100% Indonesia ini sudah mulai dikenal di dunia luar lho...bahkan model-modelnya pun sudah ada yang "teraltikurasi" dengan daerah setempat..seperti yang mungkin pernah anda dengar atau lihat dengan model kebaya semi perancis. So..saya rasa sudah bukan saatnya lagi anak muda untuk memandang sebelah mata dengan salah satu pakaian nasional ini, karena It's Beutiful to wear and see....:)

Indonesia juga memiliki banyak sekali perancang busana kebaya ternama dan terkenal, bukan hanya tingkat lokal saja namun bahkan mereka sudah mendunia. Beberapa diantaranya adalah Anne Avantie, Intan Avantie, Josephine Komara Werratie atau Obin, Ratna Maliki, Ivan Gunawan, Vera Aggraini, Djoko Sasongko, Ferry Sunarto, dan masih banyak lagi yang mungkin belum saya cantumkan disini (anda bisa menambahkannya di kolom komentar..but no link ya...)

Dalam Artikel Tentang Aneka Info Tips dan Produk kali ini, saya akan mencoba membahas tips tentang bagaimana cara merawat busana kebaya yang baik dan paling bijaksana…..so…cekidot…



Tips Pertama


Yang perlu anda ketahui adalah bahwa kebaya memiliki beberapa jenis, sehingga perawatannya pun berbeda-beda. Jenis-jenis kebaya dan perawatannya adalah sebagai berikut:


Pakaian Kebaya Dengan Bahan Brokat 


Untuk mencuci pakaian kebaya jenis brokat ini, anda harus mencucinya dengan menggunakan tangan dan gunakanlah deterjen yang lembut yang tidak mengandung pemutih, atau anda bisa menggunakan shampo bayi. Rendamlah pakaian kebaya anda selama 10 menit dan jangan di kucek serta jangan pernah menggunakan mesin cuci. Namun yang paling baik adalah membawanya ke binatu. 

Untuk mengeringkannya, anda cukup menjemurnya di tempat yang teduh. Atau anda bisa mengeringkannya dengan cara meremasnya dengan lembut, lalu kemudian menjemurnya di tempat yang teduh. Sedikit catatan, hindari menyetrika pakaian kebaya brokat anda, cukup anda gantungkan saja di dalam lemari.

Jika pakaian kebaya brokat anda di hinggapi oleh noda-noda nakal, oleskan dengan jeruk nipis tepat di bagian yang terkena noda dan diamkan beberapa saat, lalu kemudian rendamlah dengan menggunakan deterjen yang soft.  Dan anda bisa membaca artikel tentang sebelumnya tentang Tips Menghilangkan Berbagai Macam Jenis Noda Pada Pakaian.


Pakaian Kebaya Dengan Bahan Tile 


Untuk pakaian kebaya dengan jenis tile ini, dalam merawatnya anda bisa melakukan hal sebagai berikut ini: jika anda ingin mencuci pakaian kebaya anda, usahakan untuk tidak menggunakan mesin cuci. Saya sarankan anda lebih baik membawanya ke tempat “Dry-Clean”. Namun jika anda ingin mencucinya sendiri, anda bisa mencucinya dengan menggunakan “Soft-Deterjen”. Sedangkan untuk mengeringkannya, cukup anda keringkan secara alami di tempat yang teduh.  


Pakaian Kebaya Dengan Bahan Sutera 


Hmm…saya rasa untuk pakaian kebaya berbahan sutera, cara perawatannya sudah pernah saya bahas di artikel sebelumnya. Klik Cara Merawat Pakaian Berbahan Sutera untuk mengetahui tips tentangnya…. :) 


Pakaian Kebaya Dengan Bahan Organdi 


Perawatan untuk busana kebaya dengan bahan ini memang harus cukup hati-hati, karena organdi sendiri adalah jenis kain yang lebih kaku bila dibandingkan dengan katun dan tidak mampu menyerap keringat. Namun kain ini cukup elok dan mampu menampilkan kesan yang apik dan elegan. Untuk mencucinya anda bisa melakukan langkah sebagai berikut: rendam pakaian kebaya anda selama kurang lebih 10 menit dan gunakan deterjen yang tidak mengandung unsur pemutih. Jangan pernah menguceknya ataupun meremasnya. Sedangkan untuk mengeringkannya anda bisa menggunakan handuk yang memiliki daya serap yang tinggi dan biarkan kering secara alami. Jika anda ingin meyimpan pakaian kebaya anda, anda menyimpannya dengan menggantungkannya di lemari pakaian anda dan di lapisi dengan plastik khusus pakaian agar tidak kotor. 


Pakaian Kebaya Pengantin 


Hmm…saya yakin pakaian yang satu ini adalah merupakan pakaian favorit anda, khususnya bagi wanita yang belum atau akan segera melangsungkan pernikahannya. Pakaian kebaya pengantin ini biasanya memiliki banyak payet yang menghiasinya, dan untuk itu perawatannya pun bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi pakaian kebaya jenis ini tergolong ke dalam pakaian dengan kategori “Mewah”.

Untuk mencucinya, anda bisa menggunakan jasa Laudry yang sudah cukup berpengalaman dan yang anda percayai. Namun jika anda ingin mencucinya sendiri, maka anda bisa mencucinya dengan cara merendamnya dengan menggunakan deterjen berkualitas selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas hingga bersih dan jemurlah di tempat yang teduh dan biarkan kering secara alami. Jangan pernah meremasnya ataupun menguceknya.



Tips Kedua


Secara umum, perawatan untuk pakaian busana baju kebaya adalah sebagai berikut:

  • Untuk mencucinya, hindari menggunakan mesin cuci.
  • Gunakanlah deterjen yang tidak mengandung pemutih atau dengan kata lain "soft deterjen". Atau anda bisa menggunakan shampo bayi untuk menjaga kelembutan pada pakaian kebaya anda.
  • Jangan pernah mengucek dan meremas-remas pakaian kebaya anda. Jika anda ingin mengurangi level/tingkat airnya, gunakanlah handuk yang memiliki daya serap yang tinggi.
  • Untuk baju kebaya dari bahan Lace dan Tulle, jangan pernah menjemurnya dengan cara menggantungnya. Karena di khawatirkan akan merubah bentuk "arsitektur" dari busana kebaya anda tersebut.
  • Jangan pernah menyeterika pakaian kebaya anda.
  • Setelah 3x pemakaian, gunakanlah jasa "Dry-Clean" kepercayaan anda untuk mencucinya.
  • Jangan pernah menaruh kapur barus pada saat anda menyimpan baju kebaya anda di dalam lemari pakaian. Untuk menghilangkan bau apeknya, cukup anda angin-anginkan saja satu bulan sekali. Itu pun jika anda tidak menggunakannya untuk jangka waktu yang lama.
  • Jika pakaian kebaya anda tidak kotor dan bau, sebaiknya jangan mencucinya terlalu sering. Cukup anda angin-anginkan saja agar lebih "segar".

(Referensi: dari berbagai sumber)




Demikianlah tip tentang cara merawat pakaian kebaya anda. Saya harap artikel kali ini dapat menambah wawasan anda dan berguna bagi anda.  Anda juga bisa menyimak tentang tips merawat pakaian rajut di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di Artikel Tentang Info Aneka Tips dan Produk selanjutnya, masih di sini di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


No comments:

Post a Comment

Share This Article