Tips Merawat Pakaian Anda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Berbicara soal pakaian, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu kebutuhan “terpenting” dalam hidup kita ini. Mengapa saya mengatakan bahwa pakaian adalah salah kebutuhan “terpenting” kita? Coba saja anda bayangkan, apa jadinya dunia ini jika semua penduduknya tidak memakai pakaian sama sekali?? Stt…sudah berhenti membayangkannya terus….hehehe…..

Semua orang membeli pakaian agar mereka bisa dipandang dengan pantas dan indah. Dan tidak jarang orang rela membeli pakaian yang mahal, agar mereka bisa tampil lebih menarik dan dapat diterima dengan mudah di lingkungan “sosialita” mereka. Bagaimana dengan anda?

Namun tidak jarang orang yang tidak mengetahui dengan baik mengenai bagaimana harusnya mereka merawat pakaian yang mereka miliki tersebut. Sehingga tidak jarang kita mendengar teman,sahabat, atau keluarga kita yang mengeluh tentang pakaian kesayangan mereka yang tiba-tiba menjadi kusam atau bahkan tidak bisa dipakai lagi. Sungguh sangat disayangkan bukan?

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu terjadi pada diri anda atau pada diri orang lain, jika saja mereka mengetahui bagaimana cara yang benar dan tepat dalam merawat dan menjaga pakaian mereka agar tetap pantas untuk dikenakan. Berikut tips dari saya mengenai “Bagaimana Cara Merawat Pakaian Anda”, silahkan di simak di bawah ini:

Tips Pertama:  Usahakan untuk tidak terlalu sering mencuci pakaian anda


Tips pertama diatas mungkin terdengar agak janggal bagi anda, saya akan terangkan maksud dari tips tersebut. Pakaian yang terlalu sering dicuci akan membuat warna pakaian menjadi pudar, jadi jika pakaian anda tidak bau dan kotor atau hanya dipakai 1-4 jam, jangan buru-buru menaruhnya di tempat cucian, mungkin ada baiknya jika di anginkan saja. Tapi juga jangan lantas tidak pernah mencuci pakaian anda karena takut warnanya menjadi pudar, jika hal tersebut anda lakukan padahal pakaian anda sudah mengeluarkan aroma yang tak sedap, tentu akan mengganggu kenyamanan orang lain….:)


Tips Kedua :  Hindari kerusakan pada pakaian anda, saat anda mencucinya


Tips yang kedua ini saya anggap sangat penting bagi anda untuk mengetahuinya. Kenapa? Karena pada saat kita mencuci, kita sering melupakan hal-hal kecil yang kita anggap tidak penting. Seperti kita harus menutup semua resleting celana atau jaket kita saat kita akan memasukkannya ke dalam mesin cuci. Hal tersebut akan dapat menghindari rusaknya celana atau jaket kita, khususnya pada bagian resletingnya. Anda bisa bayangkan, bagaimana jika seandainya anda memakai celana yang resletingnya rusak… :)


Tips Ketiga : Setelah anda selesai mencuci pakaian anda di dalam mesin cuci, usahakan anda tidak memasukkannya ke dalam mesin pengering.


Mengapa pakaian tidak boleh dimasukkan ke dalam mesin pengering? karena hal tersebut akan merusak pakaian anda. Cara yang paling baik adalah dengan mengeringkan atau menjemur pakaian anda di bawah terik sinar matahari dan membiarkannya kering secara alami. Bukankah sesuatu yang alami tersebut akan selalu tampak indah? Hehehe….:) Tapi tentu saja ada pengecualian, terutama jika musim hujan tiba..boleh-boleh aja anda menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan pakaian anda.


Tips Keempat : Usahakan selalu mengenakan pakaian yang sesuai dengan jenis aktivitas anda


Tips yang keempat ini mengandung maksud sebagai berikut : jika aktivitas anda pada hari itu adalah aktivitas formal, maka kenakan pakaian yang memang mendukung untuk tampil prima. Namun jika aktivitas anda hari itu adalah aktivitas non formal terlebih lagi aktivitas luar yang memungkinkan anda banyak berhubungan dengan banyak orang/benda, maka usahakan menggenakan pakaian yang mendukung aktivitas anda tersebut dan justru tidak menghambat aktivitas anda. Seperti menggenakan pakaian santai yang jika robek ataupun kotor anda tidak perlu untuk “nangis Bombay” karenanya. Jangan menggunakan kebaya saat anda akan melakukan aktivitas luar, kenapa karena susah sekali untuk bergerak….hehehe……



Tips Kelima : Usahakan untuk selalu memperhatikan setiap detail pakaian anda


Seringkali kita “acuh tak acuh” terhadap pakaian yang habis kita kenakan. Bahkan kita seringkali tidak menyadari bahwa pakaian yang kita kenakan tadi mengalami kerusakan seperti kancing yang hilang, sobekan kecil di ujung baju,noda kecil di bagian bawah baju dll. Kita tidak menyadarinya hingga kita memakainya kembali. Ada baiknya sesekali anda memeriksa kembal pakaian yang sudah anda kenakan tadi, dan jika anda menemukan adanya kerusakan pada pakaian tersebut, segeralah melakukan perbaikan atasnya.



Tips Keenam : Simpanlah pakaian anda dengan benar


Jika anda memutuskan untuk tidak menggunakan pakaian tersebut dalam jangka waktu yang lama, maka simpanlah pakaian tersebut dengan benar. Caranya adalah dengan menaruhnya di dalam kotak kardus yang berfungsi untuk melindungi pakaian anda dari debu, serangga, dan kotoran. Dan kemudian simpanlah kotak tersebut di tempat yang sejuk dan terhindar dari air dan sinar matahari. Hal ini adalah untuk melindungi pakaian dari jamur. Dan jangan lupa untuk menaruh pengharum pakaian atau kapur barus, sehingga pakaian anda tetap terjaga kewanginannya.



Tips Ketujuh : Cegah pakaian anda untuk kusut


Mungkin hal ini adalah “musuh” utama setiap orang. Apalagi jika anda termasuk orang yang gemar berpergian. Nah untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menyelipkan 1 helai Koran bekas di dalam pakaian yang sudah anda setrika, sebelum anda memasukkan pakaian tersebut kedalam koper. Nanti anda akan puas melihat bahwa pakaian anda masih tetap tampak rapi dan tidak kusut saat anda tiba di tempat “destinasi” anda.



Tips Kedelapan : Perhatikan saat anda menyetrika


Tips yang ke-8 ini memiliki maksud agar anda betul-betul memperhatikan hasil dari setrikaan anda. Jangan menyetrika pakaian anda terlalu lama, bahkan anda harus betul-betul memperhatikan jenis bahan yang hendak anda setrika dan sesuaikan dengan level panas yang ada di tombol setrika-an. Sehingga pakaian anda tetap terjaga baik dan kualitas seterika-an anda memuaskan. Ingat yang paling penting disini adalah kualitas hasil yang anda dapatkan, bukan lama tidaknya anda menyetrika pakaian anda.



Tips Kesembilan : Jaga warna pakaian anda agar tetap awet


Untuk tips yang satu ini susah-susah gampang, namun juga tidak sukar untuk dilakukan. Bagi anda yang hobi dengan pakaian yang berwarna gelap/hitam, ada baiknya jika anda menyimak tips berikut ini. Untuk pakaian yang berwarna hitam, sebaiknya anda jangan terlalu sering untuk di Laundry, karena hal tersebut justru akan memudarkan warnanya. Sesekali cucilah pakaian anda tersebut dengan menggunakan tangan atau boleh juga menggunakan mesin cuci. 

Dan bagi anda yang mempunyai banyak pakaian yang berwarna (non hitam), mungkin anda bisa mencoba tips berikut ini : untuk mengatasi warna pakaian yang mulai memudar, usahakan sesekali anda mencucinya dengan menggunakan shampo. Caranya tuangkan shampoo secukupnya lalu aduk-aduk hingga berbusa dan diamkan selama 30 menit. Namun ada juga cara lain untuk tetap membuat warna pakaian anda terjaga, yaitu dengan menggunakan cuka. Caranya adalah dengan merendam pakaian anda kedalam air yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Setelah itu cuci dan bilaslah seperti biasanya dan jemur di tempat yang teduh.



Tips Kesepuluh : Pisahkan pakaian anda saat anda mencucinya


Dan tips yang terakhir ini memiliki maksud sebagai berikut: sebelum anda mencuci pakaian anda, pisahkan pakaian yang memiliki warna dengan yang tidak memiliki warna (hitam/putih) dan juga pisahkan juga pakaian yang menurut anda memiliki dampak resiko luntur yang besar. Dan satu hal yang penting untuk anda ketahui, pilihlah deterjen yang mempunyai kualitas yang baik. Karena peran deterjen disini sangat penting untuk tetap dapat menjaga kualitas pakaian anda, terutama warnanya.



(referensi: dari berbagai sumber)




Demikan tips dari saya tentang cara merawat pakaian yang bijak. Anda juga bisa menyimak tentang tips perawatan baju seragam dan artikel tentang tips memilih blender. Semoga tips ini bisa membantu anda. sampai bertemu di tips menarik selanjutnya, masih di sini di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


2 comments:

  1. Nice Blog, mampir donk n komen blog saya. hhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gan atas kunjugannya dan komentnya....alamat blog agan apa?

      Delete

Share This Article