Tips Merawat Pakaian Rajutan


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Pakaian baju yang terbuat dari seni rajut-merajut umumnya memiliki bentuk “arsitektur” yang cantik dan tidak jarang membuat para Wanita jatuh cinta begitu pertama kali melihatnya (seperti cinta pertama)..hehehe.. Pakaian ini memang sangat bagus jika dikenakan pada acara-acara yang sifatnya semi formal maupun pada saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Karena umumnya pakaian rajutan terbuat dari bahan wol, maka akan memberikan kesan hangat bagi si pemakaiannya.

Namun ada satu kendala dari jenis pakaian baju dari rajutan ini, yaitu karena sifatnya yang “ringkih” pakaian rajutan membutuhkan perawatan dan perhatian extra. Terlebih lagi pada saat anda hendak mencucinya ataupun menyetrikanya. Sangat sayang jika pakaian yang anda sayangi ini tiba-tiba rusak karena kesalahan anda dalam melakukan perawatan atasnya. Terlebih lagi jika pakaian tersebut adalah kado dari si Dia…hmm…bisa ngambek tujuh turunan tuh orang….:)

Dengan perkembangan dunia fashion dewasa ini, design dari baju rajutan cantik ini pun juga mengalami "permukhtahiran" atau bisa juga disebut dengan nama baju rajutan modern. Ada banyak model dari  baju rajut fashion yang saya yakin anda sudah familiar dengan jenis motif desain tersebut, antara lain baju rajut model kalong, baju rajutan muslim, baju rajut salur, baju rajut knit, baju rajut pelangi, baju rajut model jaring, baju hangat rajutan lengan panjang, baju rompi ponco rajut, baju rajutan atasan, baju gamis rajutan, dll. Yang mana model-model dari fashion pakaian rajutan modern tersebut akan membuat penampilan anda menjadi lebih trendy...:)

Dan jika jaman dahulu anda mungkin mengenal pakaian rajut sangat identik dengan wanita dewasa...eiitt..anda jangan salah...Dewasa ini pakaian rajutan tidak hanya tersedia untuk wanita saja, tapi baju rajutan untuk bayi, anak laki-laki dan perempuan, baju rajutan pria, bahkan untuk couple pun banyak dijual di pasaran dengan beragam model dan bentuknya. So...nggak jadul kok kalau anda ingin memakai baju hangat rajutan....anda justru akan terlihat lebi trendy..asal dipakai di tempat dan waktu yang tepat...:)

Untuk mencari dimana toko yang jual pakaian rajutan pun sudah tidak begitu sulit untuk anda lakukan. Sekarang ini ada banyak butik pakaian rajutan yang tersebar di berbagai kota besar, seperti di Jogjakarta, Semarang, Bandung, Jakarta, Surabaya, dimana biasanya mereka membuatnya dari tangan atau handmade. Namun jika anda berfikir bahwa kota tersebut jauh dari tempat anda tinggal saat ini...gampang...sekarang semuanya serba online sist...:) 

Ada begitu banyak baju rajut online shop yang "bertebaran" di dunia maya dengan harga yang kompetitif atau murah dan biasanya dengan model baju rajutan terbaru. Disana anda bisa memilih tidak hanya yang buatan lokal/dalam negeri, tapi anda juga bisa memilih yang buatan import dengan merek-merk yang sudah anda cukup kenal antara lain Soda Girl, q95, Escrava, Zara, dll. Baju rajutan import tersebut biasanya datag dari jepang, Korea, dan tidak ketinggalan Eropa & Amerika. 

Tapi anda jangan salah, pakaian rajutan tidak hanya didominasi oleh produk-produk import...banyak juga lho sentra-sentra industri rajutan di Indonesia. Salah satunya yang ada di daerah Binong Jati Bandung yang mana produk baju rajutannya terbilang sudah cukup halus. Anda bisa langsung beli ke tempat "si empunya" jika anda menginginkan harga yang termurah dan pembelian dalam bentuk grosir atau jika anda pandai menawar maka anda bisa mendapatkan harga yang super murah...hehehe...(tapi jangan sadis nawarnya ya...). 

Anda juga bisa mencari baju rajutan bali jika kebetulan anda tengah berkunjung ke pulau Dewata tersebut...dan mereka memiliki corak dan warna yang cukup "ramai" untuk anda pilih. Namun jika tempat tersebut jauh dari anda atau anda belum pernah kesana, anda bisa mencari aneka pakaian rajut murah di pasar Tanah Abang di jakarta atau dari toko pakaian online...:) 

So…dalam tips kali ini, anekatipsdanproduk.blogspot.com akan mencoba untuk memberikan cara-cara yang paling bijak dalam merawat pakaian berbahan rajutan ini. Langsung saja…cekidot…


Tips Pertama

       Saat anda hendak mencucinya, pastikan anda mengetahui dengan benar jenis bahan dari pakaian rajutan anda. Karena setiap bahan yang berbeda akan membutuhkan cara mencuci yang berbeda juga, misalnya:


   Langkah Pertama

  • Pakaian rajut dengan bahan Wol tipe superwash. Pakaian rajutan jenis ini bisa anda cuci dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan mesin cuci, dengan catatan anda memilih level kecepatan terendah dari mesin cuci anda.


  Langkah Kedua

  • Pakaian rajut dengan bahan wol biasa harus anda cuci dengan menggunakan tangan dan menggunakan air yang dingin.

  Langkah Ketiga

  • Pakaian rajut dengan bahan Katun, Linen, dan Rami. Pakaian jenis ini boleh anda cuci dengan menggunakan mesin cuci. Dengan catatan, pililah level kecepatan yang rendah pada mesin cuci anda.

  Langkah Keempat

  • Pakaian rajut dengan bahan Akrilik dan Sintetis. Pakaian rajut jenis ini bisa anda cuci dan anda keringkan dengan cara yang biasa anda gunakan.

   Langkah Kelima

  • Pakaian rajut dengan bahan fiber. Pakaian rajut jenis ini harus anda cuci dengan menggunakan air dingin dan dikeringkan dengan cara di letakkan secara terbuka di permukaan yang datar.

  Langkah Keenam

  • Gunakan soft deterjen untuk mencuci pakaian rajutan anda.


  Langkah Ketujuh

  • Jika anda menggunakan tangan untuk mencucinya, kuceklah dengan lembut pakaian rajutan anda.


Tips Kedua

    Jangan pernah anda melakukan hal yang satu ini, yaitu menyikatnya. Jangan pernah menyikat pakaian rajutan anda. Jika ada noda yang menempel pada pakaian rajutan anda, noda tersebut akan hilang pada akhirnya meskipun tidak bisa langsung hilang dengan anda sekali mencucinya. Jika anda ingin mengetahui tips tentang cara meghilangkan noda, klik Tips CaraMenghilangkan Noda Pada Pakaian Anda.


Tips Ketiga


        Untuk mengeringkan pakaian rajutan anda, sebaiknya anda menggunakan pengering pakaian yang ada pada mesin cuci anda. Tapi jika anda terpaksa harus menggunakan tangan, maka remaslah pakaian anda dengan lembut agar tidak merusak rajutannya. 
     
     Atau anda bisa menggunakan cara yang lebih alami, yaitu dengan cara menjemurnya di tempat yang tidak terik oleh sinar matahari. Atau anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini, yaitu dengan cara meletakkan pakaian tersebut di atas sebuah handuk yang besar, kemudian tekan pakaian tersebut yang ada di atas handuk tadi dan kemudian gulung handuk tersebut bersama dengan pakaian anda di dalamnya untuk mengeringkannnya. Sebaiknya anda menggunakan handuk yang memiliki daya serap yang tinggi.


Tips Keempat


       Saat anda akan menjemur pakaian rajutan anda, selalu gunakan hanger untuk menjemurnya. Hal ini untuk mencegah kerusakan atau bekas yang mungkin akan tampak pada saat anda menjemurnya dengan cara menjempitnya atau dengan menggatungnya.


Tips Kelima


       Pakaian rajutan sebenarnya tidak perlu di setrika, namun jika anda ingin menyetrikanya gunakan level panas yang paling rendah atau yang paling baik adalah dengan menggunakan strika uap.



Tips Keenam


   Jika anda ingin menyimpan pakaian rajutan anda, jangan sekali-kali anda menggantungkannya. Lipatlah dengan rapi dan simpan di dalam lemari pakaian anda.



Tips Ketujuh


   Sebaiknya anda menyimpan pakaian rajutan anda dalam kondisi kering. Hal ini untuk mencegah bau apek yang mungkin muncul jika anda meyimpannya dalam keadaan yang masih basah atau lembab.


(referensi:dari berbagai sumber)



Sekian artikel Baju rajutan.com kali ini tentang tips merawat pakaian yang terbuat dari bahan rajutan. Semoga tip dan aneka produk yang ada disini dapat membantu anda dan menambah wawasan bagi anda. Anda juga bisa menyimak tentang tips merawat pakaian sutera & cara merawat baju renang di artikel tip lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com 



No comments:

Post a Comment

Share This Article