Tips Merawat Pakaian Seragam Anda


Pakaian seragam, hmm….bisa dibilang jenis pakaian yang satu ini adalah pakaian yang paling penting bagi sebagian besar orang, karena di samping sebagai salah satu bentuk identitas, pakaian ini juga sebagai salah satu sarana penunjang kerja atau sekolah. Sangat di sayangkan jika pakaian seragam anda tiba-tiba rusak atau kusam, sehingga tidak sedap di pandang lagi. 

Padahal tidak semua toko/penjual menjual pakaian seragam yang anda miliki, apalagi jika pakaian seragam tersebut adalah pakaian khusus yang perusahaan atau sekolah anda berikan kepada anda. Nah..melihat hal tersebut, maka anekatipsdanproduk.blogspot.com kali ini akan mencoba memberikan tips tentang bagaimana cara merawat pakaian seragam anda yang baik dan benar…so…cekidot…


Tips Pertama


Sebelum anda mencuci pakaian seragam anda atau menyetrikanya, perhatikan dengan seksama apakah ada label khusus pada pakaian seragam anda yang dapat memberikan petunjuk kepada anda bagaimana cara “memperlakukan” pakaian seragam anda tersebut. Biasanya label tersebut akan berisi petunjuk mengenai apakah seragam tersebut harus di cuci dengan tangan, harus di dry clean-kan, atau tidak boleh di setrika, dsb. 



Tips Kedua


Jika memungkinkan bagi anda, usahakan untuk mencuci pakaian anda dengan menggunakan tangan saja dan usahakan untuk tidak menggunakan sikat. Dan bedakan cucian anda antara seragam kerja untuk bekerja di dalam ruangan dengan seragam kerja untuk bekerja di lapangan. 



Tips Ketiga


Usahakan untuk menggunakan deterjen yang memiliki kualitas yang baik. Hal akan dapat membantu anda untuk menjaga keawetan pakaian anda, terutama warnanya. 


Tips Keempat


Sebelum anda memasukkan pakaian seragam anda ke tempat cucian, pastikan semua emblem, bros, tanda kepangkatan anda telah anda lepas. Hal ini untuk menegah terjadinya gesekan antara benda-benda tersebut dengan kain seragam anda. Dan juga hal tersebut akan mencegah agar benda-benda tersebut tidak mengalami kerusakan. 


Tips Kelima


Pisahkan juga cucian anda berdasarkan warnanya. Hal ini untuk menghindari pakaian anda mengalami kelunturan oleh pakaian lainnya. Kan sayang banget jika pakaian seragam anda keluturan…:) 



Tips Keenam


Untuk pakaian seragam anda yang berwarna hitam, usahakan untuk menggunakan deterjen cair khusus yang dapat menjaga warna hitam pakaian seragam anda tetap awet. 


Tips Ketujuh


Rendamlah pakaian seragam anda paling tidak selama 30 menit, kemudian kuceklah dengan lembut, terutama pada tempat-tempat dimana noda atau kotoran biasa bersarang, seperti di bagian kerah, ujung lengan baju, dan saku. 



Tips Kedelapan




Jika anda memutuskan untuk menggunakan mesin cuci, pilihlah level kecepatan rendah. Hal ini untuk mencegah agar serat-serat pakaian seragam anda tidak cepat rusak. 




Tips Kesembilan


Setelah anda selesai mencuci, usahakan membilasnya sampai bersih betul dengan tidak meninggalkan noda-noda deterjen pada pakaian seragam anda. 


Tips Kesepuluh



Jika anda akan memeras pakaian seragam anda, usahakan untuk tidak memerasnya terlalu keras dan pastikan apakah pakaian seragam anda memang boleh untuk diperas, karena ada beberapa jenis kain tertentu yang tidak boleh. Atau anda bisa menggunakan mesin pemeras yang biasanya terdapat pada mesin cuci yang di buka dari atas. Atau jika anda biasa menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan pakaian seragam anda, sebaiknya anda kurangi penggunaannya dan gunakan suhu yang sedang.


Tips Kesebelas


Jika anda memutuskan untuk mengeringkan pakaian seragam anda secara alami atau dijemur, usahakan untuk tidak menjemur pakaian seragam anda di tempat yang sangat terik dengan sinar matahari. 


Tips Keduabelas


Pada saat anda menjemur pakaian seragam anda, baliklah pakaian seragam tersebut. Yang luar jadi dalam dan yang dalam jadi luar. Hal ini untuk mencegah agar warna pakaian seragam anda tidak cepat pudar warnanya. 



Tips Ketigabelas


Usahakan sebelum anda menyetrika pakaian seragam anda, lihatlah di label pakaian tersebut apakah tercantum petunjuk mengenai level panas yang harus di pilih dan sesuaikan dengan pilihan level yang ada pada strika-an anda. Jika label tersebut tidak ada, usahakan untuk memilih level panas yang tidak terlalu tinggi. Dan jangan lupa untuk menyemprotkan pewangi pakaian saat anda menyetrika pakaian seragam anda. 



Tips Keempatbelas


Simpanlah pakaian anda di dalam lemari pakaian yang memiliki sirkulasi yang baik dan usahakan untuk menaruh pewangi atau parfum lemari. Hal ini untuk menghindari bau apek yang mungkin hinggap di pakaian seragam anda. 



Tips Kelimabelas


Usahakan untuk memilah-milah mana pakaian seragam yang mesti di simpan di dalam lemari dengan cara di lipat dan mana yang mesti disimpan dengan cara di gantung. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada pakaian seragam anda. 





(referensi: dari berbagai sumber)


Demikian tips merawat pakaian seragam anda, kali ini. semoga tips ini dapat membantu anda untuk memberikan solusi tentang bagaimana cara merawat dan menjaga pakaian seragam anda dengan baik dan benar. Anda juga bisa membaca tentang tips menghilangkan noda pada pakaian dan Tips Merawat Pakaian Putih di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di tips selanjutnya, masih disini di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


1 comment:

Share This Article