Tips Mencuci Motor Yang Baik dan Benar


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel tips dan produk kali ini masih akan membahas seputar tips perawatan sepeda motor. Dan tema artikel kali ini adalah cara mencuci motor yang benar untuk anda lakukan, setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara perawatan motor yang baik. Okelah..mari kita langsung ke TeKaPe!!!

Sepeda motor, seperti halnya juga manusia perlu perhatian. Jadi jangan anda hanya berfikir bahwa hanya manusia saja yang boleh dan berhak untuk mandi, motor juga berhak untuk merasakan sejuknya air dan usapan tangan anda yang penuh dengan kasih sayang saat memandikannya….:)

Namun kenyataannya banyak sekali para pemilik motor yang merasa enggan, malas, atau tidak punya waktu untuk memandikan atau mencuci motor kesayangannya. Untuk alasan nomor tiga masih dapat di maklumi, walaupun sebenarnya sekarang sudah banyak tempat pencucian motor yang menawarkan jasanya untuk membantu mencucikan motor anda. Nah…sedangkan untuk alasan yang nomor satu dan dua…hmm….sungguh terlalu!!!...:)

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana sih cara mencuci motor yang tepat? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda baca tip cuci sepeda motor berikut ini:


·  Peralatan cuci motor yang harus anda siapkan pertama kali saat mencuci motor anda adalah: ember yang bersih (jangan yang kotor..nanti jadi eemmbbeerr..hehehe…), selang (kalau ember tidak punya), sabun khusus untuk cuci motor (anda dapat membelinya di toko sparepart motor atau di toko sebelah), busa cuci yang bersih (kalau bisa, busa pencucinya yang memiliki kelembutan yang cukup baik), dan yang terakhir adalah dua buah lap (satu lap untuk menggelap motor anda saat basah) dan satunya lagi untuk menggelap motor anda saat kering). Serta jangan lupa untuk menyiapkan dua buah lap lainnya untuk mencuci, satu lap digunakan untuk mencuci bagian body motor dan satunya lagi digunakan untuk mencuci ban, bagian dalam spareborad, dan bagian bawah motor.

·  Setelah langkah pertama tadi sudah anda lakukan, maka kini selanjutnya adalah take in action…langkah pertama yang harus anda lakukan saat mencuci motor andalah dengan menyiramnya terlebih dahulu seluruh body motor anda termasuk ban dan bagian bawah motor dengan air.

·  Setelah motor anda sudah anda siram dengan air bersih, tahap berikutnya adalah mencucinya. Disini anda bisa menggunakan shampoo khusus untuk mencuci motor yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan, yaitu:
  •   Cuci terlebih dahulu bagian body motor anda secara merata.
  • Jangan lupa, cuci juga kaca lampu depan dan belakang motor anda biar lebih bersih. Hal ini sangat sering dilupakan oleng pemilik kendaraan padahal penting juga lho…
  • Jok motor anda juga boleh kok anda cuci, tapi hanya bagian luarnya saja ya…
  • Setelah proses cuci mencuci pada bagian motor anda selesai, sekarang saatnya anda untuk mencuci bagian ban motor anda. Untuk ini anda harus menggantinya dengan lap yang lain.
  • Setelah bagian ban motor anda selesai anda cuci maka anda bisa melanjutkan dengan mencuci bagian bawah motor anda. Atau anda bisa menggunakan sikat khusus untuk mencuci bagian ini. 
  •  Dalam proses mencuci ini, jangan lupa anda harus membasahi lap cuci anda dengan air + shampoo cuci motor, sebelumnya. Dan usahakan agar jangan sampai mesin motor anda "kerendam" oleh air cucian anda.
  • Langkah selanjutnya adalah membilasnya dengan menggunakan air bersih. Hal ini perlu anda lakukan untuk menghilangkan sisa – sisa sabun cuci motor anda yang masih menempel pada body atau bagian lain dari kendaraan anda.
  • Setelah proses pembilasan selesai, anda bisa mendiamkannya sebentar dan kemudian anda bisa mengambil lap yang sudah anda siapkan khusus untuk pengelapan motor saat basah. Lap hingga betul – betul kering, dan lalu anda bisa mendiamkannya sebentar. Sebaiknya anda memulai proses pengelapan dari bagian body terlebih dahulu agar lap yang anda gunakan saat itu masih betul – betul bersih.
  • Setelah itu anda bisa mengambil  lap yang satunya lagi yang anda siapkan untuk proses pengelapan di saat motor sudah kering. Hal ini perlu anda lakukan untuk memastikan dan membuang sisa – sisa air yang mungkin masih menempel pada body kendaraan anda.
  • Tahap yang terakhir adalah anda bisa mengoleskan cream pengkilap untuk motor yang bisa anda beli di minimarket atau toko sparepart dan accesoris motor terdekat.


(Referensi: dari berbagai sumber)



Demikianlah tips dari saya kali ini tentang bagaimana cara mencuci motor yang benar. Semoga tip ini dapat membantu dan memberikan tambahan wawasan bagi anda. Anda juga dapat membaca tentang bagaimana sih cara merawat jok motor yang baik dan benar di artikel selanjutnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

10 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan koment-nya....:)

      Delete
  2. nice info gan.. sngat bermnfaat..
    wah, trnyata lapnya jga msti masing" ya..
    klo ane pling bnyak jg 2 gan,.. :D
    keep post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 gan....terima kasih atas kunjungannya dan komentnya...:)

      Delete
  3. ane baru coba buka cuci motor.
    artikel ente sangat membantu wat orang awam kyk ane.
    thx infonya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks komentnya gan...tapi ane ngeri dengan kunjungan ente ke blog ane...fotonya itu lho...wah ini yang lolos dari bulan Ramadhan ya...hahaha.....-kidding-

      Delete
  4. sangat membantu banget informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan untuk kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete

Share This Article