Tips Perawatan Cartridge Pinter Anda Agar Tetap Awet


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini akan sedikit berbeda dengan artikel kita sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara mencuci motor yang baik & benar. Kali ini kita akan membicarakan dan mendiskusikan tentang bagaimana cara merawat cartridge yang baik agar awet dipakai.

Seperti kita ketahui bersama, berbicara soal cetak mencetak tulisan ataupun gambar di computer anda, pasti akan berhubungan dengan yang namanya printer dan inti atau otak dari printer adalah cartridge nya. Namun seperti yang sering kita alami, cartridge printer yang kita miliki ternyata sangat rentan akan kerusakan, sehingga tidak jarang kita harus menggantinya beberapa kali…saya pun sering mengalaminya, bahkan baru minggu yang lalu saya membeli cartridge printer yang baru.

Nah..ada sesuatu yang menarik saat saya membeli cartridge printer tersebut, oleh mbak penjaga tokonya..saya diberikan secarik kertas yang isinya tentang tips perawatan printer….mungkin mbak-nya tahu kalau saya sering gonta ganti cartridge printer…hehehe…. Hal tersebut memberikan inspirasi kepada saya untuk berbagi ilmu dan pengetahuan tentang bagaimana sih cara merawat cartridge yang baik dan benar? Tip kali ini akan dibagi ke dalam 2 sub-bab, berikut tipsnya…cekidot…..


Menjaga Head Cartridge Agar Awet



Tips Pertama


Sebaiknya anda lebih bijak dalam membeli tinta refill untuk printer anda, karena jika anda kurang tepat dalam memilih tinta printer yang akan anda gunakan, akan berakibat kepada masalah Head Buntu atau hasil cetak yang bergaris.


Tips Kedua


Sebaiknya anda menggunakan printer anda minimal 2 hari sehari untuk mencetak semua warna. Hal tersebut untuk mencegah Head Buntu menghampiri printer anda...:)

Tips Ketiga


Jika printer anda tidak sedang anda gunakan, sebaiknya anda menutupnya dengan kain atau biasanya untuk printer – printer jenis tertentu sudah terdapat kain penutupnya yang bisa anda gunakan. Hal ini juga berlaku bahkan sangat disarankan bagi printer yang menggunakan tinta infus, karena seringkali debu-debu nakal berkumpul di sekitar lubang tabung infus printer anda. Jika anda membiarkan masalah ini, maka dikhawatirkan debu-debu tersebut akan bercampur dengan tinta printer anda dan akhirnya akan menyumbat Nozzle Head Cartridge….bahaya bukan?


Tips Keempat


Jika anda termasuk orang yang sering mencetak gambar secara full color dengan menggunakan printer anda, maka sebaiknya saat anda mencetak gambar tersebut gunakanlah setting best/high/photo pada setingan printer anda.


Tips Kelima


Usahakan untuk meng-istirahatkan printer anda selama 1 menit saat anda sudah selesai mencetak sebanyak 25 lembar hitam-putih, hal ini untuk mencegah agar printer anda tidak Over-head.



Tips Keenam


 Begitu juga saat anda sudah selesai mencetak gambar full color sebanyak 4 lembar, maka istirahatkan dulu printer anda selama 1 menit.



Tips Ketujuh


 Jangan pernah menyentuh logam Nozzle Head Cartridge printer anda, apalagi sampai anda jatuhkan atau bahkan jika anda memang sengaja menjatuhkannya….hehehe….




Menjaga Chip Cartridge Agar Tetap Awet


Tips Pertama


Usahakan untuk tidak pernah menyentuh bagian tembaga dari chip catridge anda.

Tips Kedua


Hindari chip catridge anda dari terkena air atau tinta, karena hal tersebut akan menyebabkan konsleting pada printer anda. 


Tips ketiga


Usahakan untuk tidak terlalu sering mencopot cartridge printer anda. Hal ini adalah untuk mencegah agar bagian tembaga chip cartridge anda tidak cepat kotor saat anda hendak mengisi refill tinta printer. Untuk mencegah permasalahan ini, sebaiknya anda menggunakan tinta infus atau printer anda di infus…hmm….ternyata printer juga doyan ama infus…hehehe…



Demikian artikel kali tentang bagaimana merawat cartridge printer agar tetap awet. Anda juga bisa membaca tentang tips memilih printer cetak, laser, dan foto di artikel selanjutnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya tentang tip, info, dan produk unik menarik lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

9 comments:

  1. artikelnya bagus juga
    ditunggu follbacknya di http://genlovers.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan atas kunjungan dan komentnya...oke...saya folback sekarang....:)

      Delete
  2. mas saya mnta share nya kl printer saya suka ada mslh klo sudah beroprasi slalu di buka tutup lubang ke catridge nya karna kalo tidak ia ga akn bsa beroperasi lg....printer saya hp deskjet 2520..apakah harus di reset ulang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi H.iwan....hmm...beberapa waktu yang lalu saya pernah mengalami printer saya tidak mampu mengenali cartridge saya, nah yang saya lakukan saat itu adalah menginstal ulang kembali software printer saya..atau dengan kata lain reset. Yg saya lakukan saat itu meng-uninstal sofware printer saya (printer tdk terhubung ke komputer lho ya...) terus saya lakukan proses instalasi dari awal. Sebenarnya cara tersebut adalah trial & error dan peluang berhasilnya 50:50...saran saya buat anda, coba anda bawa saja ke service printer/komputer terdekat di tempat anda, mungkin ada penyebab lain yang menyebabkan hal tsb terjadi pada printer anda, mungkin bkn softwarenya.....terima ksih atas kunjungannya.... :)

      Delete
    2. oya...saat saya melakukan proses instalasi printer tersebut dari awal...printer saya hubungkan kembali ke komputer saya...sama seperti pada umumnya.

      Delete
  3. kk , cartridge saya sudah 2 tahun tidak terpakai, jadi cartridge sudah kering. kira2 gimana cara suapaya bisa terpakai lagi? mintol min.. -_-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba anda gunakan fitur "perform maintanenace" printer. Biasanya fitur tersebut ada pada menu software printer anda. Dan ikuti petunjuk yang ada disana.

      Sebenarnya ada cara satu lagi yang agak extrem, tapi saya tidak menganjurkan kepada anda. Karena sering kali orang salah dalam melakukannya.

      So...lebih baik menggunakan fitur "perform maintanance" printer aja....:)

      Delete
  4. kalau catried hasil cetaknya udah bergaris-garis adakah tips ampuh tuh perbaikinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...sebaiknya diganti aja gan...coz...katrid termasuk komponen printer yang paling ringkih. Lebih fokus kepada bagaimana cara merawatnya ketimbang bagaimana cara memperbaikinya...:) Dan syukurlah harga catridge kan nggak terlalu mahal. Terima kasih untuk kunjungannya dan komentnya...:)

      Delete

Share This Article