Tips Perawatan Jok Motor Anda Agar Tetap Nyaman Dan Sedap Dipandang


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara merawat cartridge printer agar tetap awet, di artikel kali ini saya akan mencoba untuk berbagi tips tentang perawatan jok motor anda.

Anda bisa membayangkan bagaimana jika jok motor yang anda duduki adalah kusam, berdebu, bahkan berlubang. Tentu anda akan berfikir dua kali untuk mendudukinya bukan? Nah begitu juga dengan orang lain yang melihat jok motor yang anda miliki, mereka akan berfikiran sama dengan anda. Namun yang lebih parah lagi adalah jika kekasih anda yang menemui hal semacam itu, saya yakin dia tidak hanya berfikir dua kali untuk menduduki atau ikut “ngojek” di motor anda, tapi dia juga akan berfikir dua kali untuk bersama dengan anda..hehehe….semoga saja hal tersebut tidak terjadi pada diri anda….

Hal tersebut sebenarnya bisa tidak perlu terjadi pada diri anda, jika anda bisa dan mengetahui bagaimana cara merawat jok motor anda dengan baik, benar, dan bijak. Apakah jok motor anda tersebut jadul klasik, standar, murah, mahal, lucu, keren, unik, ataupun modifikasi...yang pastinya tetap harus anda rawat. Untuk itu, anda bisa menyimak tip berikut ini…cekidot…


Tips Pertama


Bersihkan jok sepeda motor anda mulai dari bagian yang paling depan sebelum akhirnya berpindah ke bagian paling belakang. Hal yang paling penting yang perlu anda ingat disini adalah “ojo kesusu”, lakukanlah proses pembersihan jok sepeda motor anda dengan teliti dan bertahap dari satu bagian ke bagian yang lainnya.

Tips Kedua


Gunakanlah lap yang kering dan bersih dalam melakukan proses bersih-bersih jok motor ini.


Tips Ketiga


Jangan lupa untuk menggunakan cairan pembersih cover atau kulit jok motor anda dalam melakukan “bersih-bersih” ini. Caranya, tuangkan pembersih kulit jok motor (bisa anda beli di toko-toko terdekat) ke bagian yang hendak anda bersihkan. Lalu usap cairan pembersih tersebut dengan merata pada bagian tersebut. Jika ada noda atau kotoran yang membandel yang menempel pada sarung jok motor anda, gunakanlah sikat lembut untuk mengusirnya.


Tips Ketiga


Setelah proses pembersihan cover jok motor selesai anda lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses pelembapan pada jok anda. Caranya, gunakan lap yang lembab (yg sudah dibasahi sedikit) dan lalu usap ke seluruh bagian jok motor anda untuk menghilangkan cairan pembersih yang tadi anda gunakan.


Tips Keempat


Ingatlah untuk melakukan proses pelembaban jok motor mulai dari bagian depan dan terus ke belakang. Lakukanlah dengan penuh perasaan, angap saja anda sedang mengusap punggung orang tercinta anda..hehehe….sttt…jangan berfikiran yang nggak-nggak ya….hayo….:P


Tips Kelima

Setelah proses ke-5 selesai anda lakukan, selanjutnya keringkan cover jok motor anda dengan menggunakan lap yang kering. Dan pastikan sarung jok motor anda telah betul-betul kering saat anda menyelesaikan proses ini.


Tips Keenam


Untuk catatan, jika anda termasuk ke dalam kategori orang yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi dengan menggunakan sepeda motor, maka sebaiknya anda merawat jok motor anda secara rutin 1 bulan sekali. Namun jika anda termasuk kedalam kategori orang yang jarang menggunakan jok motor anda, maka anda bisa melakukan perawatan jok motor anda, bisa anda lakukan 4 kali dalam setahun.


Tips Ketujuh



Jika terdapat lubang atau sobekan pada cover jok motor anda, maka sebaiknya anda jangan pernah membersihkannya dengan menggunakan air. Hal ini adalah untuk menghindari air tersebut masuk kedalam busa jok dan akan merusak busa jok motor anda.


Tips Kedelapan


Usahakan untuk menghindarkan jok motor anda dari terkena sinar terik matahari secara langsung. Hal ini sering terjadi saat kita memarkir kendaraan kita.


Tips Kesembilan


 Jika anda mencuci motor anda dengan menggunakan steam berkekuatan tinggi, sebaiknya anda tidak menyemprotkannya ke arah jok motor anda. Hal ini untuk menghindari sobekan yang mungkin saja terjadi pada jok anda. Anda hanya perlu menggelapnya saja, jika anda ingin membersihkannya (ikuti langkah diatas).


Tips Kesepuluh


Jangan pernah menggunakan semir ban untuk membuat sarung jok motor anda mengkilap. Gunakan cairan pembersih yang memang khusus dibuat untuk mengkilapkan jok motor (anda bisa membelinya di toko kepercayaan anda).


Tips Kesebelas


Jika anda ingin mengganti cover jok motor anda dengan yang baru, sebaiknya anda pilih cover jok yang memiliki kualitas kulit yang baik. Meskipun lebih mahal tapi lebih awet…:)


Tips Keduabelas



Gunakan juga busa yang jok yang memiliki kualitas bagus. Hal ini untuk menghindari agar busa jok motor anda tidak cepat kempes dan akhirnya akan merusak kelenturan pada lapisan kulit jok motor anda.




Tips Ketigabelas


Hindarkan dan selalu hindarkan jok motor anda dari benda-benda yang memiliki potensi untuk merobek atau merusak sarung jok sepeda motor anda tersebut. Dan hindarkan juga dari binatang peliharaan yang memiliki potensi untuk merobek cover jok motor anda, seperti misalnya kucing.




(referensi : dari berbagai sumber)

Demikianlah www.jok motor.com tentang tips merawat sarung jok motor yang baik dan bagus agar tetap nyaman dan sedap untuk dipandang dan empuk serta nyaman. Anda juga bisa membaca artikel perawatan sepeda motor di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka tips dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.om

No comments:

Post a Comment

Share This Article