Cara Merawat Sepatu Kulit Agar Tetap Awet dan Nyaman Dipakai


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel tips dan produk kali ini akan kembali membahas tips seputar dunia fashion, tepatnya tips perawatan sepatu yang berbahan kulit, setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tips merawat interior mobil anda dengan bijak.

Sepatu adalah salah satu kebutuhan dalam hidup kita untuk dapat melakukan aktivitas sehari – hari. Berawal dari penemuan sepatu yang terbuat dari kayu oleh bangsa belanda di masa lalu, perkembangan akan produk ini pun setiap waktu semakin berkembang. Hingga kini kita telah banyak mengenal berbagai macam jenis sepatu berdasarkan atas bahan pembuatnya dan jenis sepatu berdasarkan atas fungsinya, diantaranya adalah sepatu bahan suede dan sepatu kulit atau sepatu yang terbuat dari kulit hewan/ binatang.

Sepatu kulit sendiri adalah merupakan salah satu jenis sepatu yang sangat digemari oleh para kalangan pekerja khususnya kalangan professional. Disamping karena kualitas dari sepatu jenis ini yang terbilang awet, sepatu kulit juga dapat memberikan kepercayaan diri dan kenyamanan bagi para pemakainya. Namun seperti layaknya sebuah benda, sepatu pun tidak akan luput dari yang namanya rusak, kusam, dan usang. Terlebih lagi memang untuk melakukan perawatan sepatu kulit terbilang harus cukup hati – hati jika anda tidak mau sepatu kulit anda rusak akibat dari cara merawat sepatu kulit yang salah.

Ada banyak sekali jenis, bentuk, model, dan merk dari sepatu kulit. Jika dilihat dari jenis bahan pembuatnya, maka sepatu jenis ini dapat terdiri dari sepatu kulit imitasi, sepatu kulit suede atau sepatu kulit yang di balik, sepatu pull up,sepatu kulit beludru, sepatu kulit sinetetis, kulit sapi, domba, ikan pari, rusa, dll. Sedangkan jika dilihat dari bentuknya, maka sepatu ini memiliki aneka model seperti sepatu kulit boots, sepatu olahraga kulit seperti sepatu sepak bola & futsal, sepatu kulit casual & santai, sepatu kulit untuk acara formal yang biasa anda pakai untuk kerja kantor, sepatu kulit flat, sepatu model koboi, sepatu model kaku dan lancip, sepatu kulit outdoor & safety serta touring, sepatu kulit bertali & tanpa tali, sepatu jenis fantofel, dan masih banyak lagi...bahkan bahan kulit tidak hanya terbatas untuk digunakan dalam membuat sepatu, namun juga digunakan dalam pembuatan tas, dompet, dll, baik untuk pria maupun wanita.

Sedangkan jika anda termasuk kedalam kategori orang yang menyukai sepatu pria&wanita yang branded import original, ada banyak sekali merk-merk sepatu kulit yang bisa anda beli di toko-toko sepatu di kota anda, seperti Caterpillar, Cole, Donatello, Docmart, Eiger, Edward Forrer, Finotti, Flavio, Gets, Garsel, FLD, Gucci, Geox, Grotty, Hush Puppies, Handyman, Harley Davidson, Jim Jokker, Junggle, Levis, Lois, Vuitton, LV, Lacoste, Max Baren's, Nike, Novel, Old Dog, Oakley, Pierre Cardin, Pakalolo, Bally, Versace, Vans, Watchout, Zara, Zeintin, Zico, Crocodile dll. Biasanya para penggemar sepatu import ori branded selalu mengidam-idamkan untuk dapat membeli sepatu kulit buatan italia, namun di jaman serba online seperti ini anda tidak perlu harus jauh-jauh untuk pergi ke italy hanya untuk membeli sepatu...anda bisa mencarinya di onlineshop yang jual sepatu kulit bermerek tersebut baik olshop lokal maupun interlokal...hehehe...

Tapi anda juga jangan sampai salah kaprah bahwa dominasi sepatu kulit hanya milik impor, tidak juga. Banyak sekali produsen sepatu kulit grosir maupu ecer yang ada di Indonesia baik yang dibuat secara handmade maupun yang pabrikan yang juga memiliki kualitas terbaik, bagus, keren, dengan berbagai model sepatu kulit asli lokal terbaru serta dengan harga jual yang lebih murah, seperti produsen sepatu kulit asli Indonesia yang ada di Garut yang sudah terkenal dengan kualitas eskpornya, Sidoarjo, Depok, Surabaya, Jogjakarta, Semarang, Tasikmalaya, Tanggerang, dan masih banyak lagi. Begitu juga halnya dengan sepatu kulit onlineshop, anda juga dapat mencarinya di berbagai toko sepatu on line dalam negeri separti yang ada di Lazada, Kaskus, Toko Bagus, Berniaga, dan lain sebagainya. 

So...gampang banget bukan kalau hanya untuk mencari, memilih, dan beli sepatu kulit baik untuk anak-anak, dewasa, anak muda yang gaya, gaul, keren, dan kuat dengan berbagai ukuran seperti ukuran 45,46,75, 3/4, dan seterusnya, serta dengan berbagai warna seperti putih, hitam, merah, biru, dsb...di jaman sekarang ini...:) Kuncinya hanya satu, harus melek informasi!  

Nah….pertanyaannya adalah bagaimana sih sebenarnya cara perawatan sepatu kulit yang baik dan benar agar tidak retak, rusak dan tidak bau? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak tips merawat sepatu kulit berikut ini….cekidot….


Tips Pertama 


Hal yang paling penting untuk anda ingat dalam merawat sepatu anda disini adalah jangan pernah membiarkan sepatu kulit anda terkena oleh air/air hujan/genangan air/anda ceburkan ke air. Karena air akan memberikan kerusakan yang pelan tapi pasti kepada sepatu anda.


Tips Kedua



Jika sudah terlanjur terkena air, jangan anda langsung mengambil jalan pintas untuk menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Hal tersebut sama saja dengan anda “menyiramkan minyak kedalam api”. Lap sepatu kulit anda hingga benar – benar kering dengan menggunakan lap yang memiliki tingkat kehalusan dan kelembutan yang cukup baik serta daya serap air yang tinggi.


Tips Ketiga


Selanjutnya setelah anda benar – benar yakin sudah kering, sekali lagi “Jangan anda jemur dibawah sinar matahari”, tetapi anda cukup meng-angin anginkan saja hingga betul – betul kering.


Tips Keempat


Jika sepatu kulit anda terkena kotoran atau lumpur (hmm…habis anda pakai kemana sebenarnya???), jangan menundanya terlalu lama untuk membersihkan sepatu kulit anda tersebut. Segeralah untuk mengambil lap yang memiliki tingkat kelembutan dan kehalusan yang cukup baik dan kemudian bersihkan sepatu anda dengan lembut dari kotoran/lumpur tersebut hingga betul – betul bersih. Ingat lumpur yang mengering akan meninggalkan noda yang akan membuat sepatu anda terlihat kusam dan susah untuk dikembalikan ke kondisi semula.


Tips Kelima


Anda juga bisa menggunakan sikat yang memiliki bulu yang lembut untuk menghilangkan kotoran/lumpur tersebut. Sikatlah sepatu kulit anda dengan perasaan yang halus dan lembut, dan kemudian lap kembali sepatu anda hingga betul – betul bersih.


Tips Keenam


Untuk menghilangkan noda yang membandel yang menempel pada sepatu kulit anda, anda bisa menggunakan minyak goreng/ cairan pembersih khusus yang bisa anda dapatkan di toko terdekat. Disini anda sebaiknya tidak menggunakan lap tetapi anda menggunakan kapas. Dan jangan lupa setelah itu lap kembali sepatu kulit anda hingga betul – betul kering.


Tips Ketujuh


Untuk perawatan sehari – harinya, anda bisa menggunakan semir sepatu yang memiliki kualitas yang baik. Yang perlu untuk anda ingat disini adalah pilihlah warna semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu kulit anda.


Tips Kedelapan


Anda juga bisa menggunakan lotion pelembab untuk menjaga kelembutan dari kulit sepatu anda. Caranya anda oleskan lotion tersebut secukupnya dan kemudian biarkan selama 1 jam, lalu anda bersihkan lotion tersebut dengan menggunakan lap yang lembut dan halus.


Tips Kesembilan


Jangan pernah menyemprotkan pewangi ke sepatu kulit anda. Anda bisa membayangkan bagaimana aromanya. Dan setelah anda memakai sepatu kulit anda, sebaiknya anda mengelap bagian dalam dari sepatu kulit anda tersebut. Sebab siapa tahu keringat – keringat dari kaki anda masih banyak yang tertinggal disana, dan jika hal tersebut anda biarkan terjadi secara terus menerus, anda bisa membayangkan bagaimana aroma yang keluar dari sepatu kulit anda nantinya…..:)


Tips Kesepuluh


Untuk menyimpan sepatu kulit anda, anda diharuskan untuk menyimpannya dalam keadaan yang benar – benar kering. Hal ini adalah untuk mencegah kemungkinan tumbuhnya jamur atau parasit lainnya yang sangat senang dengan sebuah “media” yang basah. Dan anda juga bisa menggunakan sillica gel untuk ditempatkan di dalam kotak penyimpanan sepatu anda.


Tips Kesebelas


Dan yang tidak kalah pentingnya adalah simpanlah sepatu kulit anda di tempat yang kering atau bukan tempat yang lembab. Anda bisa menggunakan kotak sepatu khusus untuk menyimpannya yang tentu saja memiliki rongga udara untuk sirkulasinya.


(Referensi: dari berbagai sumber)



Demikianlah tips membersihkan dan merawat sepatu kulit anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sampai bertemu di aneka info artikel tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com   



61 comments:

  1. Replies
    1. Sama-sama gan...semoga bermanfaat artikelnya...:) Terima kasih atas kunjungannya dan komentnya...

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama gan...terima kasih atas kunjungan dan koment-nya...:)

      Delete
  3. Gan gimana ya biar lecet2 dari sepatu boots kulit ane ilang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...agaknya kondisi sepatu agan kurang teraway ya...(maaf ya..nggak maksud menyinggung lho...). Kalau untuk mengembalikan sepatu kulit seperti kondisi yang semula..agaknya cukup sulit gan. Satu-satunya jalan bagi agan untuk menutupi lecet2 pada sepatu boots kulit agan adalah dengan menggunakan semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu agan. Tapi sebaiknya jangan terlalu banyak dlm mengoleskannya, karena bukan kuantitasnya gan...tapi rutinitas perawatannya...:) Semoga membantu. Terima kasih sudah berkunjung & koment di blog saya.

      Delete
  4. sepatu kulit yang utama tuh jgn sering kena basah2 karena akan cepat rusak,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali....terima kasih atas kunjungan dan komentarnya...:)

      Delete
  5. Izin copas gan ditmapt ane klo boleh.... biar bisa berguna buat orang-orang yang lain....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gn, COPAS tidak di ijinkan....terima kasih

      Delete
  6. gan kalok cara menghilangkan noda hitam akibat terkena minyak kayu putih gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...kalau menurut ane nih gan... buat ngilangin noda-noda yg sdh terlanjur ada ada sepatu kulit, jalan satu-satunya ya...hanya menutupinya dengan menggunakan semir sepatu yang sesuai warnanya dgn warna sepatu kulit agan. Nggak usah banyak2...tipis2 aja...:) Terima kasih atas kunjungannya dan komentnya

      Delete
  7. keliahatannya sepatu kulit jadi ringkih ya, ga boleh kena air, ga boleh kena lumpur, gampang lecet dan mengelupas. tapi di bilangnya sepatu kulit awet dan kuat. kyaknya ga cocok ya klo sepatu kulit dapakai untuk outdor. tapi sepatu outdor juga ada yg terbuat dr kulit. nah untuk sepatu jenis ini bagai mana perawatannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. begini lho gan...maksudnya tidak boleh kena air adalah...jika sepatu kulit agan terkena air...sebaiknya jangan membiarkannya lama (sebulan, dua bulan) untuk membersihkannya...sepatu kulit awet kok, asal rajin di bersihkan. Begitu juga sepatu outdoor, mereka memang di design tahan segala kondisi, tapi tetap aja harus di bersihkan sesudah di pakai. Coba aja agan pakai sepatu adventure yang terbuat dari kulit terus tidak pernah dibersihkan setiap agan memakainya, pasti aja...sepatu agan tidak akan menarik lagi untuk dipakai....:). Terima kasih sudah berkunjung dan atas komenntnya.

      Delete
  8. kalo spatu kulit imitasi lebih awet ga dipake outdoor??, cz boot kulit imitasiku ujungnya lecet2,, pdhl cm pake kerja outdoor aja.. gapake ke sawah2 ato maen sepakbola gitu.. nah nih aq pengen beli yg kulit asli tp masi bingung, kalo gampang lecet jg mah sm aja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya semuanya awet sist...asal perawatannya rutin...setiap habis pakai langsung di bersihkan, jangan di diamkan begitu saja. So...jangan ragu utk membeli sepatu kulit yang asli, selama di rawat pasti awet dan lebih bergengsi...:) Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya ini...:)

      Delete
  9. gimana kan sepatu kulit kita biar ga ngelupas, katanya ada yg bilang pake minyak kelapa atau baby oil? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga bisa...pakai lotion juga bisa untuk menjaga kelembutan kulit sepatu...:) Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya ini...:)

      Delete
  10. Saya punya sepatu kulit,tapi sepatu saya ada noda yang membandel, sebab saya naik motor spot,jadi yang kena noda pas bagian ujung kiri karena untuk nginjak persneling, jadinya sepatu saya kena bidang pada bagian yang hari2 untuk nginjak persneling untuk menghilangkan noda tersebut pakai apa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung gan, kalau kulitnya sudah terkelupas...susah. Tapi kalau masih lecet2...gosok aja dengan menggunakan semir yang warnanya sesuai dgn sepatu agan. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di artikel ini...:)

      Delete
  11. Gmn kl sepatunya udah retak gan? Krn trlanjur dicuci/kena air. Mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm....Kalau untuk yang seperti itu, beli yang baru lagi aja sist. Sedikit promo: anda bisa klik banner di samping atau di bawah blog ini untuk mengunjungi toko sepatu & tas online...belanja aman dan nyaman...:) Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog tips dan produk ini...:)

      Delete
  12. Gan, saya mau tanya, klo kena cipratan teh hijau gmn yaa? Krn ninggalin noda warna kuning dan susah ilang'a. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya "pertolongan pertana" pada sepatu anda yang terkena cipratan teh hijau tersebut adalah merupakan hal yang paling penting..segera dibersihkan...namun jika sudah terlanjur...anda bisa menutupi noda yangada dengan menggunakan semir sepatu yang berkualitas yang sesuai dengan warna sepatu anda tersebut...Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  13. Kalo tali jam dari kulit bersihinnya pake apa ya Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa menggunakan pembersih atau cream yang khusus digunakan untuk membersihkan produk2 yang terbuat dari kulit...ada banyak kok merk yang dijual di pasaran

      Delete
  14. Agan pernah tahu kickers 1310? Itu bahannya dr kulit ato kain ya? Klo tulisannya sih genuine leather upper, tp klo dipegang kok kayak kain halus gitu ya, trus gmn donk cara pembersihannya? Bolehkah di semir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya label bahan yang tercantum dari suatu produk adalah merupakan cerminan dari ahan produk itu sendiri gan

      Delete
  15. thx u mas,tipsnya cukup langsung mengena dan tidak bertele2. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan atas komentarnya dan kunjungannya....:)

      Delete
  16. Bang Jamal boleh ngambil beberapa artikel tentang sepatu buat tips dionline store saya www.esrocte.com ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh...asal sertakan link yang "terpercaya dan aman" untuk menuju ke blog saya ini....

      Delete
  17. numpang baca baca ya gan mau nambah elmu sayaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama namabh ilmu ya gan...terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  18. Gan,mau tanya ada gak semir sepatu kulit yg suede

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan....lotion dan sponge yang khusus untuk sepatu suade...beli lewat online atau ke mall2...biasanya ada

      Delete
  19. Saya mau tanya klo buat ilangin bekas semir netral atau putih di sepatu kulit hitam gimana ya..karna klo kering ada bercak2 putihnya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya anda menggunakan warna semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu kulit anda

      Delete
  20. Sepatu kulit saya bahannya crazy horse,, bisa gak pke lotion badan sperti citra gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya gunakan cream khusus untuk membersihkan dan merawat sepatu kulit anda...ada banyak dijual di pasaran gan

      Delete
  21. Sepatu kulit saya sdh terlanjur sering basah dan dijemur, skrg kok jd pada sempit ya? Gmn cara mengembalikan kondisinya ya? Trmksih

    ReplyDelete
  22. Trs utk perawatan spatu kulit yg biasa.y d pakai para pendaki gunung,ya... Tau sendiri namanya pendaki pasti melewati air n lumpur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sepatu jenis yang up to date biasanya sdh memiliki kandungan bahan water resisten...sering2 di bersihkan habis selesai digunakan sist

      Delete
  23. punten gan kasih tips dong gimana caranya ngilangin bekas semir hitam yang menempel sedikit2 seperti goresan pada sepatu kulit saya yang warna coklat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau salah semir biasanya susah gan...mungkin agan bisa menutupnya dengan mengoleskan semir yang sesuai warnanya dengan warna sepatu agan di bagian yang ternoda tersebut

      Delete
  24. Hi gan. Bagaimana cara mencuci bagian dalam sepatu? Keringat menyebabkan bau. Lalu bisa cuci dengan air atau sabun? Atau pakai cololite leather cleaner? Tapi gak tau cara pakai nya.. Bingung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai cololite leather cleaner itu bagus gan...untuk cara pemakaiannya, anda bisa membaca perunjuk yang ada di kemasannya

      Delete
  25. Gan gmn carany biar g kaya mengkerut gt ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anda bisa mencoba tip tips yang ada diatas gan

      Delete
  26. Gan sepatu merek dexter itu termasuk sepatu kulit atau gak?

    ReplyDelete
  27. Mau konsultasi nih sepatu boot ane ga kerawat gan sol bawah berbahan gum (gumsol) nah kena lumpur udah lama jadi kering gitu.gimana yah biar sol sepatu nya bersih lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak salah gumsol itu terbuat dari bahan karet kan? dibersihin aja pakai sikat plus cairan/krem penghilang noda sering2...tp jangan terlalu keras gosoknya...yang penting rutin

      Delete
  28. Gan sepatu kulit saya warnanya kan coklat tp dulu saya pernah salah merawat dengan menyemirnya dgn semir hitam, all hasil sptu saya jd ada goresan hitam meski saya udah gunakan berbagai cara salah satunya ya di smir lagi dgn smir coklat seperti wrn asli spatu saya. Mhon saran nya donk cara apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan noda2 bkas smir hitam tersebut..
    Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...untuk kasus agan agak sedikit sulit...karena biasanya sepatu kulit tidak boleh salah warna semir sepatu

      Delete
  29. Kalo ngerawat sepatu boot safety gimana ya biar sedikit lebih awet?..
    Sepatu safety ane usia nya paling cuman . Tahun udah jebol...kalo lecet sich dari pertama pake pasti lecet..maklum medan tempur nya bergelut dengab besi..kalo musim ujan ya lumpur... bingung ane harus pake sepatu yg kyk gimana.. mo pake sepatu kulit yg bermerk pun usia nya paling lama 1,5thn..kalo pake gumboot safety panas, sampe kaki ane keriput

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perawatan septu boot anda dapat melihatnya di artikel sy yang lain di:
      https://anekatipsdanproduk.blogspot.com/2013/10/sepatu-boots-dan-tips-cara-perawatannya.html

      Delete
  30. Super sekali info tambahannya gan...terima kasih

    ReplyDelete

Share This Article