Tips Menghilangkan Keriput dan Kerutan Di Wajah Secara Tradisional Dengan Bahan Alami


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel berikut ini masih merupakan seri artikel perawatan diri dan wajah, setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang tips menghilangkan flek hitam di wajah dan badan. Sekarang saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang bagaimana sih cara mengatasi dan menghilangkan keriput dan kerut di wajah anda dengan cara yang alami dan traditional? So…silahkan disimak artikel aneka tips dan produk berikut ini…

Banyak sekali orang yang bertanya tentang cara alami untuk menghilangkan kerutan dan kulit yang keriput pada wajah, di bawah atau di sekitar mata (khususnya pada daerah kantung mata), di dahi, di leher, dan cara mengatasi keriput pada kulit wajah atau muka serta bagaimana cara mengencangkan kembali kulit wajah agar tetap terlihat muda secara alami. Oleh karena itu,saya mencoba untuk mengingatkan menjadi salah satu tema dari blog saya ini…but..kita sama-sama berdiskusi ya..so..kalau ada yang kurang atau kurang tepat, anda bisa mengkoreksinya atau menambahkannya di kotak kolom komentar di bagian bawah….:)

Cara menghilangkan kerutan atau mengatasi kulit muka yang berkerut atau keriput di wajah secara alami, memang tidak mudah dan tidak bisa cepat ataupun secara instan. Namun jika anda memang termasuk kedalam kategori orang yang menginginkan segala sesuatunya serba cepat, anda sebaiknya mencoba pengobatan modern dengan menggunakan laser yang biasa terdapat di berbagai beuty care center ternama di kota anda atau dengan menggunakan teknologi anti anging stem cell. Namun biaya yang harus anda keluarkan untuk pengobatan tersebut adalah tidak sedikit…tapi bagi anda yg memiliki uang yang berlebih, saya tidak akan menjadi masalah bukan?...:)

Ada banyak sekali obat herbal dan cara alami atau tradisional untuk menghilangkan serta mengatasi dan melakukan perawatan atas kulit keriput dan kerut di wajah. Namun alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor atau penyebab dari kulit yang keriput dan kerutan yang muncul di wajah anda tersebut. Kulit wajah yang kerut dan keriput dapat disebabkan oleh:

v  Yang Pertama: Karena Faktor Stress


Kerutan di wajah anda akan tampak jelas meskipun halus manakala pada saat itu anda di landa stress atau frustasi akan sesuatu problema. Oleh karena itu tidak jarang anda mendapati wajah anda tampak berbeda dan berkerut pada saat anda sedang mengalami tingkat strees yang diatas normal. Disamping itu, stress juga dapat memicu timbulnya kantung mata atau warna hitam di sekitar mata. So..be relaxs!

v  Yang Kedua: Karena Penggunaan Kosmetik


Seperti yang anda ketahui, kosmetik memiliki beragam kandungan kimia di dalamnya. Manakala anda sangat sering memakai riasan wajah dalam volume yang tebal atau sering, sebaiknya anda mengimbanginya dengan rutin membersihkan wajah anda pada malam hari/sesudah memakai kosmetik tersebut. Namun bukan berarti anda tidak boleh menggunakan kosmetik, boleh-boleh aja kok…wanita kan memang harus tampil cantik..tapi..kalau pria bagaimana ya..?? hmm… Dan satu hal lagi yg penting adalah pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda dan memiliki kandungan yang aman untuk dipakai, karena interaksi antara aneka bahan kimia dan kulit muka anda…lambat laun akan menimbulkan kerusakan pd kulit dan membuat kulit wajah anda menjadi “mati”..dan hal itulah yang akan menjadi awal dari munculnya kerut-kerut di wajah atau bahkan yg lebih parah lagi adalah keriput!

v  Yang Ketiga: Kebiasaan Memijat Muka Yang Salah


Ternyata bukan hanya badan saja yang perlu untuk anda pijat,wajah anda juga perlu untuk anda manjakan dengan pijatan-pijatan lembut dan halus…:) tapi eiitt…jangan sampai salah dalam melakukannya, karena hal tersebut justru akan memicu untuk mempercepat munculnya kerutan di sekitar kulit wajah anda…hmm…ndak banget deh…Lalu bagaimana cara yang benar? Saat anda menggunakan krim malam, usahakan anda “mengiringinya” dengan memijat wajah anda dengan “jurus” tangan anda harus selalu memijat ke arah atas. Jika anda lakukan hal yang sebaliknya…hmm…ckckck…di jamin anda pasti akan “mengkerut” melihat kulit wajah anda yang mulai berkerut…:)

v  Yang Keempat: Konsumsi Alkohol


Alkohol selain memiliki efek buruk terhadap psikologis dan kesadaran anda, ternyata alkohol juga dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan kulit dan menghasilkan kerutan dan keriput di sekitar muka anda. Oleh karena itu…selalu ingat lagunya Bang Haji yang berjudul Mirasantika…alkohol tidak baik untuk kesehatan anda.

v  Yang Kelima: Pola Diet Yang Kurang Bijak


Tujuan utama dari program diet adl utk menurunkan berat badan, namun bila penurunan berat badan tersebut terjadi secara drastis maka lapisan lemak yang berada di bawah kulit tubuh dan muka anda akan menghilang dengan cepat yang mengakibatkan kulit menjadi kendur dan alhasil akan menimbulkan kerut dan keriput.

v  Yang Keenam: Kebiasaan Untuk Mengosok Mata


Kebiasaan menggosok mata, disamping akan sangat berbahaya bagi mata anda juga ternyata kebiasaan yang satu ini menjadi salah satu penyebab timbulnya kerutan kulit di sekitar mata anda. So…jika anda merasa mata anda gatal, sebaiknya anda tdk menggosoknya melainkan menggunakan obat tetes mata yang banyak sekali dijual di apotik terdekat…J

v  Yang Ketujuh: Anda Kurang Berolahraga


Usahakan untuk melakukan olahraga yang rutin setiap harinya. Tidak perlu melakukan jenis olahraga yang berat, seperti menggali parit sekeliling kampung…pliss dehh gan…masih banyak kok jenis olahraga ringan yang bisa anda lakukan seperti jalan kaki selama 30 menit atau 15 menit…:)

v  Yang Ketujuh: Kebiasaan Merokok


Rokok memang racun dunia yang sangat menggoda. Namun dibalik godaannya yang seksi tersebut, ternyata merokok juga dapat menyebabkan keriput dan kerutan di wajah dengan lebih cepat daripada normalnya.

v  Yang Kedelapan: Kebiasaan Begadang


Jika dipikir-pikir, yang namanya kesibukan memang tidak pernah ada matinya. Sehingga banyak sekali orang rela untuk bergadang hingga larut malam & mengabaikan jam tidur mereka. Alhasil kebiasaan yang seperti itu akan “memuluskan” garis kerut dan keriput di wajah untuk muncul. So..tidurlah sesuai dengan waktu yang disarankan…:)

v  Yang Kesembilan: Dehidrasi


Dehidarsi atau kekurangan cairan dalam tubuh, disamping memberikan rasa haus yang luar biasa, juga ternyata berpengaruh besar terhadap tingkat kelembaban kulit muka dan badan anda. Dengan tingkat kelembaban yang rendah maka akan menjadikan kulit menjadi kering, dan yang pertama kali akan terkena dampaknya adalah kulit wajah anda akan menjadi kering dan mulai mengeriput serta berkerut.

v  Yang Kesepuluh: Gaya Tidur Yang Kurang Tepat


Bagi anda yang menyukai untuk tidur dengan gaya yang menyamping, agaknya anda harus mempertimbangkannya kembali. Kenapa? karena biasanya orang yang memakai gaya ini dalam tidurnya pasti akan selalu berpindah-pindah posisi, sehingga tidak ayal lagi kulit wajah anda akan sangat sering mengalami gesekan-gesekan yang menyebabkan timbulnya kerutan di kulit wajah anda. Dan jika anda tidur secara terlungkup maka hal tersebut akan “memuluskan” garis kerut-kerut wajah untuk muncul di dahi anda. Ubahlah gaya posisi tidur anda dengan baik, seperti tidur terlentang…:)

v  Yang Kesebelas: Terlalu Sering Mengerutkan Dahi dan cemberut


Meskipun anda termasuk kedalam kategori orang yang senang berfikir atau anda termasuk kedalam kategori orang senang “ngambek”, usahakanlah untuk tidak terlalu sering mengenyitkan dahi anda saat anda berfikir atau menampilkan ekspresi cemberut saat anda bete’ atau kecewa akan sesuatu. Karena kedua hal tersebut akan membuat terjadinya lipatan di dahi anda dan berubahnya posisi tulang pipi anda menjadi turun, yang akhirnya akan memunculkan kerutan kulit wajah.

v  Yang Keduabelas: Terlalu Sering Tertawa Terbahak-Bahak


Siapapun pasti akan setuju bahwa tertawa itu sehat. Namun ternyata jika anda terlalu sering tertawa terbahak-bahak atau berlebihan, maka hal tersebut akan membuat kerut di wajah. Lho kok? Begini penjelasannya…saat anda terlalu sering tertawa terbahak-bahak, maka secara tidak sengaja anda telah memberikan tekanan yang berlebih kepada otot bibir dan tulang pipi anda, yang mana hal tersebut akan menjadi salah satu sebab munculnya kerutan di wajah anda.

v  Yang Ketigabelas: Wajah Yang Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari


Tanpa anda sadari, matahari disamping sebagai salah satu sumber kehidupan di bumi ini, ternyata sinar matahari juga dapat memberikan dampak yang buruk terhadap kulit wajah anda. Jika kulit muka anda terlalu sering terpapar oleh sinar matahari maka disamping akan menimbulkan flek hitam, juga dapat memacu munculnya garis-garis kerutan pada kulit wajah anda, terutama pada area di bawah mata. Oleh karena itu usahakan untuk selalu menggunakan sunblock saat anda beraktivitas di luar ruangan dan jangan lupa untuk memakai kaca mata hitam..ya..hitung-hitung anda juga bisa bergaya seperti agen Men In Black…hehehe…

v  Yang Keempatbelas: Pengaruh Perubahan Hormon & Faktor Genetik


Perubahan hormon dalam tubuh manusia ternyata membawa dampak yang cukup besar terhadap produksi kalogen bagi kulit anda. Disamping itu, faktor genetik juga tidak dapat anda kesampingkan sebagai salah satu penyebab bagi timbulnya keriput pd wajah. Khususnya bagi mereka yang memang memiliki sejarah keluarga yang mengalami masalah keriput dan kerutan di kulit wajah pada usia yang masih relatif muda.

v  Yang Kelimabelas: Kebiasaan Untuk Minum Melalui Sedotan


Tanpa anda sadari, kebiasaan yang satu ini ternyata membawa efek yang kurang baik bagi kulit wajah anda. Pada saat anda terlalu banyak “nyedot” minuman melalui sedotan, maka hal tersebut secara lama kelamaan akan meninggalkan bekas atau jalur bagi munculnya kerut di sekitar bibir dan pipi anda.

v  Yang Keenambelas: Pola Makan Yang Tidak Sehat


v  Yang Ketujuhbelas: Faktor Usia atau Penuaan


Ketuaan atau usia yang mulai beranjak tua adalah masa-masa yang wajar dan alamiah bagi munculnya keriput di sekitar wajah anda yang biasanya di dahului dengan munculnya kerutan-kerutan di sekitar dahi, di sekitar mata, dan di sekitar pipi. Hal ini adalah sesuatu yang sangat wajar dan pasti dialami oleh setiap orang. So…don’t worry if this will happen to you in the future!! But…anda masih bisa mengatasinya untuk menguranginya dengan cara melakukan perawatan yang baik dan sehat terhadap kulit wajah anda.



Dari ke-17 faktor diatas yang dapat menyebabkan kulit wajah berkerut dan keriput, ada catatan penting yang harus anda garis bawahi yaitu kulit wajah yang kerut dan berkeriput dapat terjadi pada siapapun, entah itu wanita/perempuan atau laki-laki/pria. Jadi, jika saat ini anda sedang mengalami permasalahan dengan kulit wajah anda yang mulai kerut, maka anda sebaiknya segera melakukan tindakan untuk mengatasinya. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana sih tips cara untuk menghilangkan dan mengatasi kerut dan keriput di wajah secara alami dan dengan resep tradisional tanpa operasi? Silahkan disimak tip-tipsnya berikut ini…cekidot…


Tips Pertama: Dengan Olahraga


Sengaja “olahraga” saya tempatkan di point yang pertama, karena dengan berolahraga adalah merupakan salah satu cara & upaya untuk dapat menjaga agar kondisi badan tetap fit. Dan waktu yang paling ideal untuk berolahraga adalah pada waktu pagi hari, dimana pada saat itu udara masih terbilang cukup segar dan bersih.


Tips Kedua: Menggunakan Air Mawar


Salah satu cara alami untuk menghilangkan kerutan di kulit wajah adalah dengan menggunakan air dari bunga mawar. Caranya adalah basuh wajah anda seperti umumnya dengan menggunakan air mawar tersebut. Kemudian biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih.


Tips Ketiga: Menggunakan Lemon


Cara menghilangkan kerutan di kulit wajah, yang ketiga adalah dengan menggunakan “lemon”. Caranya adalah oleskan sari jeruk lemon ke kulit wajah anda beberapa kali dalam sehari. Lemon juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam yang ada di kulit wajah.


Tips Keempat: Menggunakan Tomat


Buah tomat memiliki manfaat yang sangat berguna untuk menjaga kelembaban dan kekencangan kulit wajah. Sedangkan untuk cara mudah menghilangkan dan mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan tomat adalah iris buah tomat tersebut kemudian tambahkan madu dan aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan merata ke muka anda dan diamkan hingga beberapa saat, lalu bersihkan dengan menggunakan air yang bersih.


Tips Kelima: Dengan Menggunakan Bengkoang & Kentang


Salah satu buah yang dapat untuk menghilangkan keriput di wajah adalah bengkuang dan kentang, caranya adalah kupas bengkoang dan kentang hingga bersih…lalu haluskan kedua hingga benar-benar halus. Setelah itu oleskan ke kulit wajah anda secara merata pada saat anda hendak beranjak tidur. Dan keesokan harinya anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih + sabun muka hingga benar-benar bersih. Disamping untuk membuat kulit muka menjadi terlihat lebih kencang, bengkuang + kentang juga dapat membuat pori-pori wajah anda menjadi lebih kecil.


Tips Keenam: Menggunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun sudah terkenal kaya akan kandungan vitamin C, D, dan E, serta zat antioksidan dan zat besi yang sangat penting bagi proses regenerasi kulit. Cara menghilangkan keriput di wajah dengan menggunakan bahan alami adalah sebagai berikut: sebelum anda hendak beranjak tidur, basuh dulu wajah anda dengan menggunakan air bersih..setelah itu oleskan minyak zaitun tersebut secukupnya dan merata ke seluruh kulit wajah/muka anda (jangan sampai kena mata atau lubang hidung ya…). Kemudian diamkan dan keesokkan harinya bisa anda bersihkan dengan menggunakan air+sabun muka. Oya…anda juga bisa menambahkan (mencampurnya dengan minyak zaitun) oatmel untuk menghilangkan wajah yang kusam dan putih telur untuk mengurangi keriput di wajah anda. 


Tips Ketujuh: Dengan Menggunakan Madu


Madu juga dapat anda gunakan sebagai masker untuk menghilangkan keriput di wajah, caranya adalah bersihkan muka anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat lalu lap hingga kering dan kemudian oleskan madu secukupnya -jangan banyak-banyak ya…entar disengat sama lebah lho…:)-. Lalu diamkan selama setidaknya 20 hingga 30 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air hangat…beri jeda sebentar…lalu usap muka anda dengan menggunakan es batu dan bersihkan wajah anda dari sisa-sisa masker madu alami yang mungkin masih menempel.


Tips Kedelapan: Dengan Menggunakan Minyak Almond


Minyak almond memiliki kandungan vitamin E yang kaya, dan hal ini akan sangat membantu bagi kesehatan kulit muka anda. Cara mudah untuk menghilangkan dan mengencangkan keriput di wajah dengan menggunakan bahan alami ini adalah sebagai berikut: pijat kulit wajah anda dengan menggunakan minyak almond selama setidaknya 10 menit dan kemudian bersihkan. Lakukan hal ini setidaknya 1x dalam sehari hingga di dapat hasil yang anda inginkan.


Tips Kesembilan: Menggunakan Susu Bubuk


Tips menghilangkan kerutan di wajah dengan cara alami yang kesembilan adalah dengan menggunakan susu bubuk. Caranya adalah campurkan 4 sdm  susu bubuk tersebut dengan 2 sdm madu serta 2 sdm air hangat, lalu oleskan pada kulit wajah anda secara merata (jangan sampai terkena daerah sekitar mata, bibir/mulut, dan lubang hidung). Kemudian tutup wajah anda dengan menggunakan handuk kecil yang sudah anda rendam dia dalam air hangat dan kemudian diamkan setidaknya selama 10 menit. Kemudian bersihkan wajah anda tersebut hingga kering dan bersih.


Tips Kesepuluh : Menggunakan Daun Buah Rosemary


Untuk menghilangkan keriput dan kerut di wajah secara alami dengan menggunakan daun rosemary adalah sebagai berikut: masukkan setengah cangkir daun rosemary ke dalam 2 gelas air bersih dan kemudian panaskan hingga mendidih atau setidaknya selama 30 menit. Kemudian tambahkan setengah cangkir brendi (bukan untuk diminum lho ya…) ke dalam campuran tersebut dan biarkan mendidih selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu angkat “ramuan herbal” olahan anda tersebut dan dinginkan. Lalu setelah dingin, oleskan “obat herbal” tersebut ke seluruh muka ada…dan lakukan hal ini setidaknya 2 x dalam sehari.


Tips Kesepuluh: Dengan Menggunakan Buah Pisang


Salah satu buah yang dapat digunakan untuk menghilangkan keriput dan kerut di wajah adalah pisang. Caranya adalah ambil beberapa buah pisang lalu haluskan hingga menyerupai “krim/bubur”. Setelah itu oleskan ke seluruh wajah anda dan diamkan setidaknya selama 30 menit (jangan lupa untuk mengusap-usao kulit wajah anda dengan lembut). Setelah itu, anda bisa membersihkan muka anda dengan menggunakan air hangat hingga betul-betul bersih.


Tips Kesebelas: Dengan Menggunakan Minyak Kelapa


Tip kesebelas untuk menghilangkan keriput atau kerut wajah secara alami adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya adalah oleskan minyak kelapa olahan tangan (bukan olahan pabrik) keseluruh wajah anda (hindari mata,mulut, dan lubang hidung)…sambil sesekali anda piijit-pijit muka anda dengan lembut dan kemudian diamkan hingga beberapa saat..laku bersihkan dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap.


Tips Keduabelas: Dengan Menggunakan Tepung Kunyit


Tip menghilangkan keriput dan kerut di wajah dengan cara alami yang keduabelas adalah dengan menggunakan campuran tepung dan kunyit. Caranya adalah campurkan tepung kunyit tersebut dengan menggunakan air tebu dan kemudian oleskan ke seluruh wajah anda (hindari mata,hidung,mulut). Setelah itu diamkan beberapa saat dan kemudian bersihkan dengan menggunakan air dan lap muka anda hingga kering. Cara ini dapat anda gunakan sebagai salah satu langkah untuk mengurangi atau mengatasi dan mencegah munculnya kerutan di wajah anda.


Tips Ketigabelas: Menggunakan Angur Hijau


Resep cara tradisional untuk menghilangkan dan mengatasi kerut di kulit wajah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan buah angur hijau. Caranya adalah ambil buah angur hijau yang sudah anda persiapkan sebelumnya, lalu belah menjadi 2 bagian. Buang dulu bijinya jika ada dan kemudian gosok-gosokkan buah anggur tersebut ke kulit muka anda secara merata dan diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah anda dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Lakukan hal ini setiap hari sampai anda mendapatkan hasil yang anda dambakan.


Tips Keempatbelas: Menggunakan Mentimun atau Ketimun


Salah satu masker alami dan traditional untuk menghilangkan dan mengurangi keriput ataupun kerut-kerut di wajah adalah dengan menggunakan timun. Untuk jenis perawatan wajah ala Galvanic Spa Skin, yang pertama harus anda lakukan adalah bersihkan terlebih dahulu wajah anda dengan menggunakan air bersih hingga betul-betul bersih. Setelah itu iris-iris tipis mentimun yang sudah anda persiapkan sebelumnya, lalu kemudian anda tempelkan merata ke seluruh bagian dari wajah anda dan diamkan hingga beberapa saat. Mentimun, selain dipercaya dpt mengatasi masalah keriput wajah, juga dipercaya dapat menyegarkan kulit wajah anda.


Tips Kelimabelas: Dengan Menggunakan Buah Nanas


Salah satu cara menghilangkan keriput di wajah dengan menggunakan bahan alami adalah dengan menggunakan buah nanas. Caranya adalah kupas dan bersihkan nanas yg sudah anda persiapkan sebelumnya hingga benar-benar bersih. Lalu ambil daging buahnya dan oleskan ke kulit muka anda dan kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, anda bisa membersihkan wajah anda dengan menggunakan air bersih.


Tips Keenambelas: Menggunakan Juice Nanas dan Apel


Cara alami untuk menghilangkan kerutan di wajah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran jus nanas hijau plus apel. Caranya adalah oleskan campuran jus tersebut ke wajah anda dan kemudian diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan menggunakan air bersih dan lap hingga kering. Campuran jus nanas hijau & apel tersebut dipercaya dapat mengurangi garis-garis halus dan kerutan di kulit wajah.


Tips Ketujuhbelas: Menggunakan Sendok Dingin


Cara traditional lainnya adalah dengan menggunakan sendok yang terbuat dari stainless steel yang sudah anda dinginkan selama semalaman. Keesokkan harinya, anda ambil sendok tersebut dan kemudian anda tempelkan bagian belakang sendok tersebut ke daerah sekitar mata anda (jangan terlalu lama ya…). Hal ini dipercaya dapat menanggulangi kerutan dan lingkaran hitam yang berada di bawah mata.


Tip Kedelapanbelas: Menggunakan Kulit Buah Semangka


Tip menghilangkan kerutan wajah secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan kulit buah semangka. Caranya adalah ambil kulit semangka tersebut dan kemudian cuci hingga bersih. Lalu gosok-gosokkan kulit dalam semangka tersebut ke kulit muka anda dan diamkan hingga beberapa saat. Dan kemudian cuci muka anda dengan menggunakan air bersih dan lap hingga kering.



Selain bahan-bahan alami tradisional di atas, masih ada lagi beberapa cara alami lainnya yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan dan mengatasi kulit wajah yang berkerut dan keriput. Namun, bahan-bahan alami ini harus anda makan atau anda minum. Apa sajakah bahan alami tradisional tersebut? Simak point2 di bawah ini…cekidot…


Ø   Daun teh (teh), namun yang perlu untuk anda ingat adalah jangan membuat teh terlalu kental ya…

Ø Ikan laut, ikan laut sangat kaya akan kandungan omega-3 yang dapat berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan dapat mengurangi kerutan di wajah cantik mulus anda…:)

Ø  Susu Kedelai, susu kedelai dapat membuat permukaan kulit anda menjadi lebih indah. Dan disamping itu, susu kedelai juga dapat berfungsi sebagai tabir surya alami.

Ø Coklat panas, siapa sih yang tidak menyukai cokelat. Ternyata meminum coklat panas khususnya yang “dark chocolate” dapat membuat kulit anda menjadi lebih cantik dan menarik. Asal…jangan lupa untuk mengurangi pemakaian gula di dalamnya.  

Ø   Jahe & Madu, campuran satu sendok makan jahe parut plus madu yang anda makan setiap harinya adalah salah satu cara traditional yang dapat anda lakukan untuk membuat dan menjaga agar kulit tubuh anda menjadi tetap sehat.



(referensi : dari berbagai sumber)





Demikianlah www.cara menghilangkan keriput di wajah.com. Anda bisa memilih salah satu cara dari tips-tips tersebut diatas yg anda anggap paling cocok dan mengena di hati untuk menghilangkan dan mengatasi permasalahan kerutan dan keriput di kulit wajah dengan menggunakan bahan alami traditional. Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang tips memutihkan selangkangan secara alami dan cara merawat wajah berminyak. Sampai bertemu di artikel aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com



2 comments:

  1. bahan alami memang efektif untuk kesehatan wajah ,udah saya pernah coba dan hasilnya memuaskan . terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang mendengarnya gan...terima kasih untuk kunjungan dan komentarnya

      Delete

Share This Article