Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh Yang Wajib Anda Ketahui


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Sesuai dengan komitment saya di artikel yang sebelumnya, cara menghilangkan hitam di bibir akibat rokok….kini saya akan mengulas tentang apa saja bahaya dari merokok rokok tersebut, bagi anak, bagi perempuan, bagi siswa dan kalangan pelajar atau generasi muda, ketika hamil, bahaya rokok pada otak, dan bahaya merokok bagi perokok aktif maupun perokok pasif. Dan di artikel ini juga, anda akan dapat melihat apa saja jenis-jenis rokok yang ada di dunia serta zat-zat yang terkandung di dalamnya dan mengapa orang menjadi perokok? So…sudah penasaran?? Langsung saja di simak artikel berikut ini…

Agaknya topik artikel kali ini akan menjadi perdebatan yang tidak kunjung usai, antara anda yang sebagai perokok aktif maupun anda yg tdk merokok sama sekali atau bahkan anda adalah perokok pasif (orang yang terkena imbas dari asap rokok orang yang berada di samping anda…tengok lagi siapa yang ada di samping anda saat ini..hehehe…). Tapi apapun pilihan anda, apakah menjadi perokok aktif ataupun tidak merokok sama sekali alias perokok pasif, sudah seyogyanya jika kita saling menghormati keputusan satu sama lainnya. Namun bagi anda, orang yang merokok secara aktif…alangkah lebih bijaksana jika anda mampu untuk melihat lingkungan sekitar dan memutuskan kapan anda harus merokok, dimana anda harus merokok, berapa batang rokok yang akan anda hisap hari ini?...:) Namun catatan yang penting di sini adalah saya tidak akan membahas mengenai produk-produk rokok apakah itu cerutu, sisha atau rokok arab, rokok mild, rokok elektronik atau elektrik, filter atau yang mengandung menthol/mentol, cengkeh, serta rokok lintingan ataupun klobot…karena di artikel ini lebih menekankan kepada dampak negatif merokok secara umum!


                          Sebab Menjadi Perokok


Lalu apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengapa orang merokok atau menjadi seorang perokok aktif ? Silahkan disimak point-point di bawah ini…

Karena Stres


Hal ini adalah penyebab utama kenapa orang menjadi merokok. Coba anda melakukan survey kecil-kecilan secara acak, anda pasti terkejut dgn hasilnya, bahwa 95 persen mengapa orang merokok adalah di mulai dari rasa frustasi dari dalam diri. So…mereka berusaha untuk mencari tempat melampiaskan atau lebih tepatnya tempat pelarian sementara utk menghilangkan “galau” yang sedang mereka alami.

Ingin Kurus


Banyak sekali anggapan bahwa seseorang yang merokok pasti akan memiliki bentuk tubuh yang lebih kurus bila di bandingkan orang yang tidak merokok. Mengenai benar atau tidaknya pendapat ini, sampai sekarang saya masih belum dapat mengetahuinya dengan jelas. Atau mungkin anda punya pendapat sendiri tentang hal ini? Tapi yang pasti, dompetnya jadi lebih kurus dari biasanya…hahaha…

Pengaruh Lingkungan


Tidak dapat di pungkiri oleh siapapun jika lingkungan berperan besar terhadap bagaimana anda bersikap. Dan remaja atau siswa dan kalangan pelajar adalah orang yang paling adaptif terhadap lingkungan di sekitar mereka. Oleh karena itu, hati-hatilah dalam bergaul, seperti yang tercermin dalam peribahasa berikut ini: “Bergaul dengan pandai besi maka akan terkena panasnya dan bergaul dengan penjual parfum maka akan terkena wanginya”.

Coba-Coba


Inilah salah satu penyebab merokok yang menurut saya paling konyol untuk di lakukan. Jika anda termasuk salah satu orang yang gemar untuk mencoba segala hal, ada baiknya jika anda berfikir terlebih dahulu sebelum anda melakukan uji coba terhadap hal tersebut. Menurut saya, merokok adalah sebuah kebiasaan yang dilakukan dengan sebuah kesadaran dan tanggung jawab, bukan sebagai sebuah ajang uji coba.

Gejolak Hati dan Pikiran


Jika hati dan pikiran seseorang sedang bergejolak atau galau maksimal, maka sudah tentu ia akan berusaha untuk mencari cara untuk meredam ke-galau-annya tersebut. Salah satu alternatif yg dipikir paling sedikit resikonya adalah dengan cara merokok…coz…daripada menjadi pengganggu bagi orang lain dan orang di sekitar…J. So…sangatlah penting bagi anda yang sering merasa galau utk dapat menemukan cara mengatasinya dgn berbagai kegiatan yg positif.

Mengangur


Mengangur adalah salah satu pekerjaan paling membosankan di dunia. Bagi orang-orang yang memiliki kreatifitas, mereka dapat memanfaatkan waktu mereka yang “luang” tersebut untuk menciptakan benda-benda yang unik & menarik. Sedangkan bagi mereka yg kurang kreatif, hmm…pasti coba-coba untuk merokok…utk mengusir kejenuhan yang ada.



Sementara itu, menurut Leventhal & Clearly…ada 4 tahap atau fase bagi seseorang utk akhirnya menjadi seorang perokok aktif. Fase apakah itu??...let’s see…


Fase Pertama


Pada fase ini, calon perokok biasanya akan mendapatkan/menemukan kenikmatan dan kenyamanan pd saat mereka merokok.

Fase Kedua


Pada fase ini, calon perokok tersebut akan mempertimbangkan apakah akan meneruskan “hobi” barunya tersebut ataukah berhenti sampai disini…tapi tanpa harus melambaikan tangan ke depan kamera lho ya….:)

Fase Ketiga


Pada tahap ini, seseorang sudah menjadi perokok aktif…namun intensitas merokoknya masih terbilang cukup rendah, sekitar 4 batang per-hari.

Fase Keempat


Dan yang terakhir adalah fase keempat atau bisa di bilang fase final. Di tahap ini, anda sudah resmi menjadi seorang perokok aktif, dimana merokok adalah bukan sebuah trend yang sedang anda lakukan…namun sdh menjadi sebuah kebutuhan bagi anda.




Hal Yang Membuat Sukar Berhenti Merokok


Lalu apa saja yang menyebabkan seseorang sangat sulit untuk berhenti merokok, selain sudah ketergantungan lho ya…


©   Kebiasaan Ngopi di Pagi Hari


Ngopi di pagi hari bisa di katakan adalah sebuah tradisi yang rutin untuk dilakukan bagi orang yang merokok. Merokok sambil di temani oleh secangkir coffee di pagi hari adalah sebuah kenikmatan tersendiri. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa perokok sangat sulit untuk menghentikan kebiasaannya tersebut.


©   Waktu Luang Yang Terbengkalai


Jika anda seorang perokok dan memiliki waktu luang di tengah kesibukan anda, dan anda tidak tahu akan berbuat apa yang akan anda lakukan? Tentu saja, pasti akan menyulut rokok anda bukan?


©   Stress Yang Terpelihara Tanpa Solusi


Seperti yang sudah saya singgung di atas, stress merupakan alasan mayoritas mengapa orang ngerokok. Selama anda tetap memelihara stress anda tersebut dan tidak pernah berusaha utk menemukan solusinya, selama itu juga anda akan menikmati setiap batang rokok yang anda hisap…J


©   Mengemudi


Kebiasaan merokok yang dilakukan sambil mengemudi adalah pemandangan yang umum kita jumpai. Seringkali seorang sopir menggunakan rokok sebagai salah satu senjata ampuh untuk menghilangkan rasa bosan dan mengantuk pada saat mengemudi. Tapi sebaiknya, anda hentikan kebiasaan yang satu ini. Jika rasa penat dan kantuk mulai menghampiri, sebaiknya anda mencari tempat yg aman utk berhenti dan beristirahat. Coz…jika anda lanjutkan perjalanan anda dengan kondisi yang seperti itu, maka bisa fatal jadinya.




Kandungan Zat Dalam Rokok & Perokok Pasif


Dan apa saja sih zat-zat yang terkandung di dalam sebatang rokok? Hmm…untuk hal tersebut saya tidak akan mengulasnya lebih dalam, karena saya melihat sudah cukup banyak artikel dan makalah tentang bahaya merokok rokok yang di bahas di berbagai macam blog atau website. Di sini saya lebih tertarik untuk membahas tentang apa saja sih zat-zat yang terkandung di dalam asap rokok. Mengapa demikian, karena saya berfikir pencemaran yang sebenarnya dari merokok adalah terhadap lingkungan di sekitar, khususnya bagi orang lain yang kebetulan berada di dekat anda atau yang biasa di sebut dengan perokok pasif.


Dampak Bagi Perokok Pasif


Karena menurut para ahli, bahaya merokok bagi perokok pasif..selain menggangu bagi saluran pernapasan atau pada paru-paru, ternyata perokok pasif memiliki resiko atau dampak yang 3x lebih besar daripada perokok aktif. Mengapa demikian? Karena perokok pasif harus menghirup asap rokok yg berasal dari ujung batang rokok yang terbakar n juga harus menghirup asap rokok yang di hembuskan oleh si perokok, yang berdasarkan penelitian terdapat kandungan 4000 senyawa kimia dalam asap rokok yang berbahaya bagi kesehatan. Itu lah sebabnya kenapa merokok membahayakan kesehatan, terlebih bagi perokok pasif karena asap rokok tersebut sejatinya adalah merupakan hasil dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna sehingga jika terhisap maka tingkat konsentrasi zat berbahaya tersebut akan besar bagi perokok pasif…sedangkan perokok aktif, mereka memiliki filter rokok di setiap batangnya utk mengurangi dampaknya. So…bijak-bijaklah jika anda ingin merokok, anda harus melihat terlebih dahulu lingkungan di sekitar anda sebelum anda memutuskan untuk menghisap batang demi batang dari rokok anda tersebut, terutama sekali..anda harus mampu memahami efek bahaya merokok di dalam rumah bagi keluarga anda dan akibatnya, apalagi jika saat itu anda tengah berada di ruangan yang ber-ac….jangan pernah coba-coba untuk merokok di sana!!

Adapun resiko yang akan di hadapi oleh para perokok pasif jika terus menerus terpapar oleh asap rokok, antara lain: resiko untuk terkena kanker paru-paru, resiko utk terkena penyakit asma, dan resiko untuk terkena infeksi pada telinga. Sedangkan dampak bahaya merokok pasif bagi ibu hamil dan janin adalah membuka peluang bagi syndrome kematian mendadak, berat badan bayi baru lahir akan ringan, mengakibatkan gangguan asma & alergi pada bayi, kelahiran bayi yg prematur.

Dan bahaya merokok secara umum pd perokok pasif anak-anak, antara lain dpt menyebabkan memperbesar resiko kerusakan bagi organ tubuh, mengalami kesulitan dlm belajar & berkonsentrasi, memperbesar resiko terkena bronchitis, dapat menyebabkan alergi, memungkinkan utk terjadinya infeksi pada paru-paru, peluang untuk mengidap tuberkolosis menjadi lebih besar, meningkatkan resiko terjadinya kerusakan gigi, serta dapat menghambat perkembangan otak dan menggangu sistem syaraf.

Jika anda adl seorang perokok pasif, maka anda perlu untuk mulai bertanggung jawab dgn menyadari bahaya merokok yang dapat mengancam kesehatan bagi para perokok pasif (orang yg terpapar asap rokok anda). So…seperti kata saya diatas, mulailah untuk dapat lebih bijak dengan merokok di tempat yg benar di saat yang tepat.


Asap Rokok    


Begitu bahayanya asap rokok bagi kesehatan membuat anda pasti bertanya-tanya tentang “Apa sih sebenarnya kandungan zat yang umum ada pada asap rokok tersebut?”. Berikut rinciannya: 

Tar

Adalah salah satu zat dlm asap rokok yang menurut ahli kesehatan dpt menyebabkan penyakit kanker paru-parum bronchitis, ganguan pada sistem respirasi atau pernapasan.

Nikotin

Adalah kandungan zat pada rokok yang secara alami sudah ada dari sejak masih berupa tanaman tembakau. Zat nikotin inilah yang membuat para perokok menjadi ketagihan. Di samping itu, ada jg yang mengatakan bahwa nikotin sebagai zat yg dapat membuat org yang merokok menjadi merasa lebih kenyang.

Kabonmonoksida

Karbonmoniksida adalah salah satu dari ribuan zat yang terkandung di dalam asap rokok yang di hembuskan ke udara. Zat inilah yang disebut-sebut sebagai biang kerok dari penyakit jantung yang di derita baik oleh perokok aktif maupun oleh perokok pasif.




Bahaya Merokok Bagi Wanita


Dewasa ini, kita banyak melihat bahwa perokok bukan lagi hanya di dominasi oleh kaum pria saja, tapi para wanita pun juga sudah mulai menyukai “hobi” yg satu ini…dan menurut saya hal tsb adalah sebuah ironi. Mengapa?  Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa bahaya merokok buat wanita jauh lebih besar, karena memiliki resiko yang lebih tinggi utk terkena serangan stroke, osteoporosis, menopause dini, kanker, hingga ke masalah pada menstruasi. Terutama sekali bahaya merokok untuk ibu hamil dan bagi ibu yang sedang menyusui. So…menurut saya, perempuan yang merokok adalah tidak keren…J

Tapi ternyata bahaya merokok bagi wanita tidak hanya segitu doang, masih ada lagi nih beberapa dampak negatifnya buat anda para cewek dan perempuan, antara lain:


Menyebabkan Gangguan Ginekologi


Bahayanya merokok bagi kesehatan wanita antara lain adalah dapat mengurangi sekresi ekstrogen dalam organ reproduksi dan akan menyebabkan gangguan saat menstruasi termasuk rasa nyeri. Disamping itu, menyebabkan juga terjadinya perubahan di nada suara anda serta menyebabkan pertumbuhan bulu badan menjadi lebih cepat. Dan ternyata tdk hanya sampai di situ saja, bahaya merokok rokok bagi kesehatan perempuan salah satunya juga akan menyebabkan wanita perokok tsb mengalami menopause lebih awal dari normalnya serta mengurangi tingkat kesuburan bagi wanita hingga 50%. Dan dampak negatifnya dalam jangka panjang bagi wanita adalah memperbesar resiko perkembangan kanker serviks.


Memiliki Dampak Negatif Terhadap Kulit


Bahaya orang wanita yang merokok ternyata juga memiliki pengaruh terhadap kulit si perokok tersebut, baik bagi kulit wajah maupun bagi kulit badan. Hal tersebut di karenakan kulit menjadi kekurangan oksigen yang dpt menyebabkan kulit menjadi lebih kusam, kendor, dan keriput atau dgn kata lain penuaan dini. Untuk mengetahui bagaimana tips dan cara utk mengatasi keriput di wajah secara alami, anda bisa membaca artikel tentang cara mengatasi keriput di muka scr alami.


Bahaya Merokok dan Hubungannya dgn Pil KB


Menurut penelitian, 35% perempuan yang merokok yang di iringi dengan mengkonsumsi pil KB atau kontrasepsi akan memiliki resiko 4 hingga 10 kali lebih besar utk terkena penyakit kardiovaskular, yaitu penyakit pada jantung & pembuluh darah. Dan di samping itu, juga berpotensi terkena serangan stroke dan darah yang mengental.


Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil


Ternyata bahaya merokok terhadap kesehatan janin dalam kandungan adalah jauh lebih besar daripada ibu yang sedang mengandung tersebut. Dimana menurut hasil penelitian yang dilakukan, menyebutkan bahwa bahaya merokok saat hamil salah satunya adalah membuka peluang yang tingginya bagi resiko kematian janin dalam kandungan atau dengan kata lain mengalami keguguran. Di samping itu juga, resiko untuk melahirkan bayi yang cacat baik secara fisik maupun scr perilaku (sifat marah, perilaku implusif, & sifat negatif lainnya) juga akan jauh lebih besar. Dan tidak hanya sampai di situ, kemungkinan utk melahirkan bayi dalam kondisi prematur juga terbuka dengan lebar dan yang paling ngeri nih… memperbesar resiko untuk mengidap sudden infant death syndrome atau sindrom kematian mendadak bagi sang bayi.

Di samping itu juga, bahaya merokok saat hamil juga akan membuka peluang bagi bayi yang di lahirkan nanti untuk mengalami penurunan fungsi paru atau gangguan terhadap sistem respirasi mereka. Dan di samping itu juga merokok pada waktu anda hamil akan dapat menghambat pertumbuhan janin dan mengurangi tingkat produktivitas ASI anda, serta dapat membuat air ketuban anda pecah lebih dini dari yang seharusnya.


Merokok dan Berat Badan


Anda tentu sudah pernah mendengar istilah tentang merokok dapat membuat berat badan anda menjadi lebih ringan, bukan? Nah..menurut referensi yang saya baca, merokok dapat mengurangi sensitivitas anda terhadap rasa dan juga bau. Dan di samping itu, kandungan zat nikotin yang ada dlm setiap batang rokok yang anda hisap juga dapat memperlambat penyimpanan lemak dan sekaligus meningkatkan pengeluaran energi dari dalam tubuh hingga 200 kalori per hari. So…wajar aja jika wanita yang merokok memiliki bentuk badan yang lebih kurus (di luar ideal) jika di bandingkan dengan perempuan yang tidak merokok. Dan jika anda menjadikan rokok sebagai salah satu cara jitu anda untuk diet, hmm…sebaiknya anda baca lagi penjelasan diatas tentang bahaya merokok bagi wanita lengkap!


Demikianlah 5 bahaya merokok bagi wanita dan terutama sekali bagi perempuan yang sedang mengandung & pada ibu menyusui. Semoga anda bisa menjadi lebih bijak dengan tidak merokok ketika anda sedang mempersiapkan calon generasi anda selanjutnya…J



Bahaya Merokok Sesudah Makan


Bagi para perokok, kenikmatan untuk menghisap batang demi batang rokok adalah pada saat setelah makan. Namun tahukah anda, ternyata bahaya merokok setelah makan bagi kesehatan juga tidak kalah dahsyatnya, dimana di katakan bahwa orang yang merokok sesudah makan memiliki resiko 10x lipat untuk kesehatan. Hal ini di karenakan saat anda selesai makan, peredaran darah yang ada di dalam tubuh anda menjadi lebih meningkat. Sehingga dapat anda bayangkan, jika pd saat itu anda merokok..maka kandungan zat dlm rokok yang tidak baik bagi kesehatan juga akan terserap lebih banyak ke dalam tubuh anda. Dan tentu hal tersebut juga akan lebih meningkatkan resiko untuk mengalami berbagai macam penyakit seperti yang tertulis pada peringatan di bungkus rokok yang bisa anda baca sendiri, menjadi lebih besar.



Bahaya Merokok Sesudah Olahraga


Mungkin banyak orang yang berfikir bahwa dengan mengimbangi efek negatif dari merokok dengan melalui olahraga adalah hal yang bijak. Tapi tahukah anda, bahwa bahaya merokok setelah anda olahraga bagi kesehatan ternyata jauh lebih tinggi bila di bandingkan anda merokok tidak saat (sebelum & sesudah) ber-olahraga. Beberapa dampak negatifnya dari anda merokok setelah berolahraga, antara lain:

Bagi Jantung


Sesudah anda berolahraga, biasanya tubuh akan membutuhkan pasokan oksigen dalam jumlah yang besar. Namun jika pada saat tsb anda merokok, maka kadar oksigen yang ada di dalam tubuh anda akan terserap banyak oleh asap rokok yang anda hasilkan tersebut. Hal tersebut tentu saja akan membuat jantung bekerja lebih exstra untuk memompa oksigen yang di butuhkan agar dapat memasok suplai yang cukup bagi tubuh anda. Hal tersebut juga akan semakin di perparah oleh kandungan nikotin di dalam rokok yang anda hisap tersebut yang akan membuat jantung mendapatkan stimulasi tambahan untuk bekerja dengan lebih cepat. Alhasil anda akan lebih merasakan jantung anda berdetak lebih cepat daripada biasanya.

Bagi Paru-Paru


Bahaya merokok sesudah olahraga bagi paru-paru adalah dpt membuat saluran udara yang ada di sana menjadi lebih sempit. Alhasil pasokan oksigen yang di butuhkan oleh tubuh anda sesudah anda berolahraga menjadi berkurang.

Bagi Otak


Bahaya orang yang merokok bagi otak adalah dapat mengurangi pasokan oksigen yang di butuhkan pada otak dan meningkatkan kadar CO2 atau karbonmonoksida dalam darah, sehingga dapat mempengaruhi fungsi otak anda. Antara lain seperti terganggunya persepsi waktu, tergangunya kinerja visual, menggangu keterampilan motorik serta penalaran secara kognitif. Namun bahaya orang yang merokok untuk otak ternyata tidak hanya terjadi jika anda ngerokok setelah berolahraga saja. Secara umum otak akan sangat terpengaruh akibat rokok yang anda hisap secara berlebihan tersebut. Untuk hal ini saya akan mengupasnya di sub-topik khusus di artikel ini.




Bahaya Merokok di Pagi Hari


Mungkin banyak dari anda yang selama ini tdk menyadari apa bahaya merokok pada pagi hari setelah bangun pagi. Ternyata nih..setelah saya search kesana-kemari di mbah google, orang yang merokok pada pagi hari atau setelah bangun tidur memiliki tingkat kandungan nikotin yang lebih tinggi di tubuhnya. Selain itu, merokok pada waktu bangun tidur akan lebih meningkatkan resiko untuk terkena penyakit kanker paru-paru, leher, dan kepala apalagi jika anda merokok sebelum makan atau sarapan pagi. So….ada baiknya jika anda menahan diri untuk tidak merokok di waktu pagi atau setelah bangun pagi, meskipun kenikmatan merokok di pagi hari sambil minum kopi adalah sebuah kenikmatan tersendiri yang susah utk di gambarkan. Namun ada baiknya jika anda bisa melakukannya di waktu yang lebih tepat dan bijak…J




Bahaya Merokok Setelah Cabut Gigi


Anda pasti pernah dong ya..cabut gigi di dokter gigi…sakit nggak??? Bagi anda para perokok sejati, ada hal penting yang harus anda ketahui yaitu tentang bahaya merokok setelah cabut gigi, lho…kenapa? karena pada saat gigi anda di cabut, pasti akan menimbulkan “lubang terbuka” di gusi anda bukan? Nah..jika pada saat itu anda merokok maka kadar oksigen yang dibutuhkan oleh gusi utk menyembuhkan luka terbuka tersebut akan tidak terpenuhi/cukup yang di akibatkan oleh tergangunya pasokan udara akibat asap rokok yang sedang anda hisap tersebut. Dengan ternganggu tingkat oksigen yang dibutuhkan maka “nutrisi” yang dibutuhkan oleh gusi utk menutup luka terbuka tsb tidak akan terlaksana, sehingga tidak menutup kemungkinan utk terjadinya infeksi di area tersebut. Itulah sebabnya kenapa merokok rokok sesudah gigi di cabut itu adalah berbahaya bagi kesehatan anda.




Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Gigi, Mulut, Lidah, dan Gusi



Pengaruh Untuk Lidah


Merokok dalam jumlah yang banyak akan dapat mempengaruhi bentuk tonjolan dari lidah pada bagian atas atau yang biasa disebut dengan nama Papilafiliformis yang berfungsi untuk menerima rasa sentuh dari pengecapan. Nah..rokok yang selama ini anda hisap lambat laun akan mempengaruhi bagian tersebut sehingga membuat perokok menjadi sukar untuk merasakan rasa pahit, asin, dan manis.

Pengaruh Untuk Gusi & Gigi


Salah satu pengaruh merokok untuk gigi adalah timbulnya karang or plak pada gigi yang jika tidak anda bersihkan maka dpt menyebabkan gingivitis atau gusi berdarah.

Pengaruh Bagi Mulut


Salah satu dampak merokok bagi kesehatan mulut adalah timbulnya bercak  putih atau bisa juga di sebut dengan nama plak pada daerah mukosa mulut yang tdk dapat anda hapus. Hal tersebut terjadi akibat iritasi yang terus menerus yang berasal dari hasil pembakaran tembakau rokok yang anda hisap dan menyebabkan penebalan pada jaringan mukosa mulut. So…jika anda melihat adanya bercak putih pada mulut anda, sebaiknya anda mengkonsultasikannya dengan dokter gigi dan mulut yang ada di kota anda.




Bahaya Merokok Bagi Otak


Banyak sudah penelitian yang di lakukan untuk mencari dampak dan pengaruh dari kebiasaan merokok bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah pengaruhnya untuk otak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di King’s College London menyatakan bahwa kebiasaan merokok dapat memberikan pengaruh yang buruk pada otak, antara lain merusak memori atau daya ingat, menurunkan kemampuan belajar, serta mempengaruhi secara negatif terhadap daya nalar perokok. Atau dengan kata lain, jika memakai istilah gaul-nya…merokok dapat membuat otak seseorang menjadi lebih lemot alias loadingnya lambat…J

Namun ada sebuah penelitian lain yg dilakukan oleh para ilmuwan yg di rekrut oleh British American Tobacco yang mengatakan bahwa nikotin dapat membantu merangsang otak dan membuat otak bekerja lebih baik. Dan hal tersebut juga di amini (dengan catatan) oleh profesor John Britton dari Royal College of Physicians yang mengatakan bahwa mendapatkan satu dosis nikotin memang akan dapat memberikan efek yang positif pada otak. Namun ia juga mengatakan bahwa nikotin adl bersifat kecanduan dan dpt membuat seorang yang merokok kecanduan sehingga lambat laun otak mereka tidak akan bisa bekerja jika tdk menghisap nikotin dalam rokok. (sumber: merdeka)

Menurut saya sih, semuanya tergantung ke diri anda sendiri…karena merokok adalah hak setiap orang dan keputusan tidak merokok pun adalah merupakan hak dari setiap individu yang wajib untuk di hormati.




Merokok dan Hubungannya Dengan Hipertensi


Banyak dari anda yang mungkin bertanya tentang kenapa merokok dapat menyebabkan hipertensi? Berdasarkan atas “geriliya” yang saya lakukan di internet, saya menemukan sebuah artikel yang menarik untuk saya kutip. Berikut penjelasannya: nikotin yang ada di dalam rokok memiliki kemampuan untuk merangsang produksi hormon epinefrin atau adrenalin yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi mengerut, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh anda menjadi sulit dan dapat menyebabkan tekanan sistolik. Belum lagi kandungan tar dalam rokok yang juga memiliki kemampuan untuk menaikkan tingkat kadar kolesterol dalam tubuh anda serta karbonmonoksida yang merupakan produk hasil pembakaran tembakau yang anda hisap tersebut yang dapat mempengaruhi pasokan oksigen yang di butuhkan oleh tubuh. So…merokok pada siang hari dapat menyebabkan tekanan darah anda meningkat 5-10 mm Hg.



Bahaya Merokok Sebelum Tidur


Dan sub-topik yang terakhir adalah bahaya merokok sebelum tidur. Ada banyak faktor yang membuat seseorang menjadi insomnia, salah satunya adalah rokok. Kandungan zat nikotin yang ada di dalam rokok dapat membuat pola tidur anda menjadi “berantakan”. Sehingga wajar saja jika anda memiliki pola tidur yang berbanding terbalik dengan pola tidur orang normal, seperti susah tidur di malam hari dan sulit bangun di pagi hari serta mengantuk di siang hari. Dan satu hal lagi yang paling penting untuk tidak anda lakukan adalah jangan pernah merokok sambil tiduran atau berbaring, apalagi di atas kasur. Anda bisa bayangkan apa jadinya jika api rokok yang anda hisap tersebut tiba-tiba “menyambar” kasur anda, pasti bolong dong ya… dan syukur-syukur tidak terbakar.





Ref: dari berbagai sumber (yang pastinya banyak banget…jadi nggak bisa di sebutin atu-atu)





Demikianlah artikel kali ini tentang bahaya-nya orang yang merokok untuk jangka panjang dan pendek…dan bukan hanya 3, 4, 5, dan 7 point bahaya merokok…tapi sudah cukup banyak saya jelaskan mengenai dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh. Oya..hampir kelupaan, mungkin ada banyak diantara anda yang bertanya tentang kenapa merokok dapat membatalkan puasa? Menurut agama Islam (agama yang saya anut dan percayai), segala sesuatu yang memberikan kenikmatan pada saat anda sedang berpuasa adalah di haramkan untuk di lakukan pada saat anda sedang berpuasa. Dan merokok adalah sesuatu hal yang memberikan kenikmatan tersendiri bagi anda para penikmatnya bukan? Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel tentang pengertian puasa di artikel sebelumnya.

So…mungkin artikel kali ini masih kurang jelas atau lengkap bagi anda, ada baiknya jika anda ingin mengetahui bahaya merokok secara lebih lengkap dan terperinci baik menurut who dan depkes, anda bisa googling di internet untuk membaca berbagai macam jurnal yang ada kaitan dengan hal-hal tersebut atau anda bisa mencari tahu di Wikipedia. Sedangkan untuk cara pencegahannya dan penanggulanganya , saya rasa semuanya kembali kepada diri sendiri. Tapi apapun keputusan anda…anda juga wajib menghormati keputusan orang lain…J. Yang terpenting adalah jangan pernah anda memakai narkoba dan minum-minuman keras, karena merokok saja sudah segitu bahayanya…apalagi jika anda gabung dengan yang lain…widiihh…ndak kebayang deh…ckckck…. Akhir kata, anda juga dapat membaca artikel lainnya tentang tips merawat wajah agar awet muda dg bahan alami...Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya…masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article