Tips Merawat Jok Mobil Anda Agar Tetap Bersih Dan Nyaman Untuk Dipakai


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah berbagi tips tentang bagaimana cara merawat jok motor anda agar tetap awet, di artikel ini saya akan beralih ke jenis moda transportasi yang lebih besar dan berkaki empat..ups..salah maksud saya adalah ber-roda empat (mobil)…so..silahkan disimak opening tips dibawah ini…:)

Sudah tidak bisa terbantahkan lagi bahwa jok mobil yang bersih dan terawat dengan baik akan dapat memberikan kenyamanan anda dalam berkendara. Anda bisa membayangkan bagaimana jika jok yang anda pakai dalam keadaan kumuh, kucel, kurang sedap aromanya, bahkan rusak….iiihhh…saya jamin anda pasti tidak akan nyaman dalam mengendarai mobil anda bahkan anda tidak akan merasa betah untuk berada lebih lama lagi di dalam kabin mobil anda…betul??? Apalagi jika jok mobil anda beli dengan harga yang mahal atau dengan model-model keren, lucu, elegan, seperti jok mobil model sofa atau jok modifikasi/modif model lainnya yang cantik dan penuh warna seperti merah,coklat,putih,hijau,pink,ungu, dan warna lainnya. Namun bukan berarti jika jok mobil anda adalah standar dan bukan model terbaru dan harganya murah...lantas anda berfikir bahwa anda tidak perlu untuk selalu merawatnya dan membersihkannya? hmm...agaknya anda harus meninjau ulang cara anda berfikir....:)

Ada beberapa tipe bahan jok mobil, seperti jok mobil kulit, jok mobil kain, jok mobil beludru, dan jok mobil modifikasi. Masing – masing dari tipe bahan jok mobil tersebut memiliki cara tersendiri dalam cara perawatan dan pembersihannya. Namun di artikel saya kali ini, saya hanya mencoba berbagi mengenai tips perawatan jok mobil secara umum atau general. So….silahkan disimak tips dibawah ini (kalau ada yang kurang, anda bisa menambahkannya di kolom komentar)



Tips Pertama


Sebelum anda memulai aktivitas anda membersihkan & merawat jok mobil anda baik yang kotor maupun yang bersih, ada baiknya anda terlebih dahulu mempersiapkan peralatan sebagai berikut: lap kain kering, lap kulit chamois, sikat yang lembut (anda bisa menggunakan sikat gigi,tapi jangan dipakai lagi buat menyikat gigi anda ya…hehehe….), penyedot debu yang khusus buat kendaraan, dan yang terakhir adalah obat/cairan pembersih yang khusus untuk jok mobil (anda bisa membelinya di toko kesayangan anda atau anda bisa meminta kepada orang kesayangan anda jika dia memilikinya..hihihi…..).



Tips Kedua


 Jika peralatan anda sudah siap, maka selanjutnya anda ambil lap kering atau lap Chamois tadi dan kemudian anda bersihkan lapis jok mobil anda secara merata (ingat ya..dengan perasaan, sebab “kecepatan” tidak dibutuhkan disini…hehehe….).



Tips Ketiga


Untuk bagian yang sukar dijangkau oleh tangan anda, anda bisa menggunakan vacuum cleaner mobil yang anda miliki untuk melakukannya.



Tips Keempat


Setelah lapis jok mobil anda sudah bersih dari debu, selanjutnya anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus jok mobil yang sudah anda siapkan sebelumnya, dengan cara menuangkannya secara bertahap, bagian per bagian. Oya…yang perlu anda ingat disini adalah jangan menuangkannya dalam jumlah yang banyak tetapi sedikit demi sedikit.



Tips Kelima


Setelah cairan pembersih tersebut anda tuangkan, maka selanjutnya gosoklah dengan menggunakan sikat yang sudah anda siapkan sebelumnya tadi. Oya…jangan terlalu lama antara menuangkan cairan pembersih tersebut dengan proses sikat mensikatnya ya…karena jika terlalu lama dikhawatirkan cairan tersebut menjadi kering sebelum anda menyikatnya.



Tips Keenam


Sebaiknya anda menyikat dengan cara perlahan – lahan dan searah (jangan bolak balik).



Tips Ketujuh


Jika anda mendapati ada noda pada salah satu bagian dari cover jok mobil anda, maka untuk membersihkan jok mobil anda dari noda, anda bisa menyikat bagian tersebut selama beberapa kali sampai noda tersebut betul – betul hilang.



Tips Kedelapan


Setelah proses sikat menyikat tersebut selesai, anda bisa langsung menggelap cairan pembersih tadi sebelum cairan tersebut mulai mengering.



Tips Kesembilan


Hal yang paling penting yang perlu untuk anda perhatikan dalam merawat jok mobil anda adalah jangan pernah menggunakan semir sepatu untuk membuat jok anda terlihat mengkilap…kenapa? Ya iya dong…semir sepatu kan untuk sepatu bukan untuk cover atau sarung jok mobil anda….:)



Tips Kesepuluh


Dan anda juga jangan menyiram jok anda dengan menggunakan air, hanya untuk membuat jok anda tampak bersih.



Tips Kesebelas


Untuk menjaga keawetan dari jok mobil anda, sebaiknya anda selalu senantiasa melindungi jok mobil anda dari sengatan sinar matahari dan air hujan. Parkirlah mobil anda di tempat yang teduh atau yang memiliki atap.



(referensi:dari berbagai sumber)



Demikianlah tips dari anekatipsdanproduk.blogspot kali ini. Semoga anda bisa mendapatkan informasi yang cukup mengenai bagaimana cara merawat jok atau cover jok mobil anda dengan baik. Anda juga bisa membaca artikel tentang tips merawat interior mobil yang baik & benar di artikel selanjutnya. Sampai bertemu di aneka tips dan produk lainnya. Sampai bertemu di artikel tips dan produk selanjutnya. masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

4 comments:

  1. Mantapbs...
    Terima kasih atas tipsnya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan...terima kasih atas kunjungannya dan komentnya...:)

      Delete
  2. Terima kasih bro tipsnya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...terima kasih untuk kunjungannya dan komentnya...:)

      Delete

Share This Article