Tips menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Traditional


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Apa kabar anda hari ini? Saya harap semua pembaca blog saya dalam keadaan sehat dan gembira, meskipun mungkin anda saat ini tengah dipusingkan tentang bagaimana caranya untuk menghilangkan flek-flek hitam di wajah,tubuh,ketiak,selangkangan, atau kaki anda. Tenang…jangan khawatir, saya punya tips menarik untuk anda untuk menjawab permasalahan yg tengah anda hadapi saat ini yaitu tips cara menghilangkan flek hitam yang membandel secara alami dengan cara menggunakan bahan traditional…so..silahkan disimak artikel berikut ini..

Saya rasa semua orang akan sepakat bahwa kemunculan felk hitam baik di wajah maupun di bagian kulit tubuh yang lainnya adalah bukan sesuatu yang seksi dan dapat anda banggakan. Oleh karena itu, tidak jarang orang berusaha mencari info penggobatan untuk menghilangkan flek hitam di wajah mereka dengan cepat dan secara instan, apalagi jika wajah mereka tergolong masih “baru” atau habis di permak di salon…hmm…sayang sekali jika harus “ternoda” oleh flek-flek hitam yg menyebalkan…J. Salah satu cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara instan dan cepat bahkan yang tercepat serta efektif adalah dengan menggunakan terapi laser, namun hal ini membutuhkan biaya yang lumayan. So…bagi anda yang tidak terlalu ingin mengeluarkan biaya yang mahal untuk menghilangkan noda flek hitam di wajah dan badan, anda bisa mencobanya dengan menggunakan cara yang alami dengan krim bahan alami, obat ramuan tradisional atau herbal, dan dengan buah/secara alami.

Tapi sebelum anda melakukan usaha mengatasi, mengobati, dan utk menghilangkan flek-flek hitam di badan atau di kulit wajah anda, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa penyebab flek hitam yang timbul pada wajah dan badan anda. Dari beberapa artikel kesehatan yang saya baca, ada beberapa faktor yang menyebabkan flek-flek hitam muncul, antara lain:

 v  Yang Pertama: Akibat Sinar Matahari

  
   Seperti yang sudah anda ketahui sebelumnya, sinar matahari mengandung ultraviolet yg sangat tinggi dan dapat memberikan efek negatif terutama bagi kulit wajah anda jika tdk segera ada “tangkal” dengan krim sunblock. Salah satu dampak negatifnya adalah timbulnya flek-flek hitam di sekitar kulit wajah anda akibat terlalu sering “terpapar” sinar matahari secara langsung.

 v  Yang Kedua: Akibat Terjadinya Perubahan Hormon dlm Tubuh Anda


   Saya yakin banyak diantara anda yang masih tidak menyangka bahwa flek hitam di kulit anda bisa disebabkan oleh akibat perubahan hormon yang terjadi. Perubahan hormon yang mengakibatkan timbulnya flek hitam pada kulit tersebut biasa terjadi ibu saat hamil, wanita yang memakai alat kontrasepsi (pil) atau KB. Dan flek hitam di wajah juga dapat muncul setelah ibu melahirkan..dan itu wajar-wajar aja. Untuk mengatasinya, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter anda.

 v  Yang Ketiga: Efek Pemakaian Obat


   Ada beberapa jenis obat yang memang dapat menimbulkan flek hitam pada kulit, seperti difenilhidantoin, mesantoin, klorpromazine, sitostatik dan minosiklin. Oleh karena itu konsultasikan kepada dokter anda dan usahakan untuk selalu menggunakan resep dokter untuk obat-obat tertentu.
   

 v  Yang Keempat: Karena Faktor Keturunan


    Gen atau genetik adalah kode yang menurut para ahli menjadi inti dari segala hal yang berkaitan dengan anda. Mulai dari tingkah laku, sifat, kecerdasan, dll. Flek hitam juga dapat timbul karena faktor keturunan. Mungkin saja orang tua atau nenek&kakek anda juga pernah mengalami masalah yang sama dengan yang anda hadapi saat ini…but…jangan menyalahkan mereka ya..jika anda dipusingkan dengan problema flek-flek hitam di kulit anda saat ini….:)

 v  Yang Kelima: Karena Pemakaian Kosmetik


  Pemakaian kosmetik yang tidak cocok dan tepat buat anda, juga dapat menimbulkan flek-flek hitam di sekitar kulit muka anda. So…sebaiknya anda lebih bijak dalam mengenali jenis kulit anda dan kosmetika yang cocok dengan kulit wajah anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak ada harapkan…:). Apalagi jika jenis kulit anda termasuk kulit yang sensitif…hmm…anda mesti banar-benar bijaksana untuk memilih kosmetik yang paling cocok bagi kulit wajah anda.

 v  Yang Keenam: Akibat Jerawat


   Hal ini adalah hal yang paling umum dan sering terjadi. Untuk hal ini, anda bisa membaca artikel lainnya tentang merawat wajah dari jerawat dan mencegah jerawat muncul di wajah cantik anda.

 v  Yang Ketujuh: Lain-lain

   
   Disamping keenam hal umum yang bisa menyebabkan munculnya flek warna hitam di kulit tubuh atau wajah, ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menjadi penyebab atas “kemunculannya”. Antara lain: akibat bekas cacar air, bekas koreng dan gatal, bekas gigitan nyamuk, bekas luka, karena faktor usia dan penuaan pada kulit atau ketuaan, bekas eksim/penyakit kulit lainnya, bekas facial, akibat rokok, dll



Disamping itu, hal lainnya yang perlu untuk anda ketahui adalah flek-flek hitam pada kulit tidak hanya muncul di wajah saja, tapi juga di tempat-tempat lain di badan anda. Antara lain di leher, lengan, tangan, kaki, selangkangan, hidung, punggung, bokong, dll. Dan hal ini tidak hanya di dominasi oleh kaum perempuan atau wanita saja, tapi laki-laki atau pria juga tidak terhindar dari resiko mengalami flek hitam di kulit tubuh mereka. So…jika tidak segera anda obati dan atasi atau menghilangkannya, maka bisa-bisa flek-flek hitam tersebut akan menjadi semakin tebal atau menahun, dan jika itu yang terjadi…maka lumayan lama untuk menghilangkannya dan membutuhkan kesabaran extra untuk melakukannya.

Lalu pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara mengatasi dan menghilangkan flek hitam di kulit badan atau wajah secara alami dan dengan menggunakan bahan-bahan herbal atau obat traditional? Tenang…saya punya tipsnya untuk anda berikut ini…cekidot…


Tips Pertama: Menggunakan Kulit Mentimun atau Parutan Mentimun


Caranya adalah gosokkan kulit mentimun tersebut ke wajah anda yang terkena flek hitam yang ingin anda hilangkan. Atau anda bisa mencoba dengan cara yang lainnya, yaitu dengan cara memarut mentimun tersebut (tanpa dikupas) dan gunakan parutan tersebut sebagai masker wajah anda. Setelah itu diamkan hingga beberapa saat lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat dan kemudian bilas kembali dengan menggunakan air biasa. Oya…anda juga boleh memakan mentimun tanpa dikupas…asal sebelumnya anda cuci dengan bersih ya…:). Mentimun memiliki khasiat yang baik untuk kulit anda, salah satunya adalah dapat membuat kulit anda menjadi lebih kencang dan memberikan kesan segar serta mampu untuk melembabkan kulit tubuh&wajah anda.


Tips Kedua: Menggunakan Kulit Pepaya


Buah pepaya selain enak rasanya, terutama bagi anda yang gemar makan rujak, ternyata kulit dari buah pepaya ini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi masalah flek hitam kulit anda. Caranya adalah kupas pepaya tersebut dan kemudian ambil kulitnya dan tempelkan ke daerah yang terkena flek hitam lalu diamkan hingga beberapa saat. Selain untuk menghilangkan flek hitam pada kulit, kulit buah papaya ternyata juga berkhasiat untuk menghambat keriput di kulit wajah dan badan anda karena usia…:)


Tips Ketiga: Menggunakan Daging Buah Semangka


Semangka…hmm…siapa yang tdk kenal dengan buah yang satu ini….lezattt, apalagi jika dimakan pada waktu musim panas datang…wow…segeerrrr….:). Selain sebagai buah yang lezat, semangka juga dapat anda gunakan untuk mengobati flek hitam di wajah anda. Caranya adalah ambil daging buah semangka dan buang bijinya lalu kemudian haluskan dengan cara di blender. Setelah itu, gunakan sebagai masker wajah anda dan diamkan setidaknya selama 15 menit. Lalu bersihkan dengan menggunakan air yang hangat dan bilas dengan menggunakan air biasa. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali seminggu dan sabarlah menanti hasilnya…so…Semangat Kaka’….hehehe…


Tips Keempat: Menggunakan Minyak Cendana


Minyak cendana memang sudah terkenal akan khasiatnya sebagai antiseptik dan sebagai anti aging atau penuaan. Namun yang perlu untuk anda ketahui adalah ada efek sampingnya lho…jika anda menggunakan bahan alami traditional ini dengan cara yang kurang tepat. Salah satunya adalah timbulnya alergi pada kulit anda seperti iritasi, gatal-gatal, dan bengkak. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan kepada anda untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter atau orang yang ahli dalam ramuan herbal sebelum anda menggunakannya.


Tips Kelima: Menggunakan Scrub & Masker


Cara ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Namun tidak ada salahnya jika saya memasukkannya kedalam salah satu tips cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami…:). Sebaiknya anda melakukan perawatan wajah ini setidaknya 2 kali dalam seminggu agar anda bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan memuaskan bagi anda. Serta jangan lupa untuk memilih jenis scurb dan masker yang juga dapat berfungsi untuk mencerahkan kulit wajah anda.


Tips Keenam: Menggunakan Lidah Buaya atau Aloe Vera


Menghilangkan flek hitam menggunakan lidah buaya, caranya adalah parut lidah buaya tersebut hingga benar-benar halus, kemudian tambahkan dengan minyak zaitun dan aduk hingga benar-benar tercampur merata. Lalu gunakan sebagai masker wajah anda atau bubuhkan ke area dimana flek hitam berada dan diamkan setidaknya selama 5 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih hingga betul-betul bersih.


Tips Ketujuh: Menggunakan Jeruk Nipis


Menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan jeruk nipis, caranya adalah belah satu buah jeruk nipis hingga menjadi 2 bagian. Lalu gosokkan jeruk nipis tersebut ke area di wajah anda yang terkena flek hitam dan tunggu hingga benar-benar kering, lalu bilas dengan menggunakan air bersih hingga betul-betul bersih. Hal terpenting yang harus anda ingat disini adalah hindari untuk menggunakan jeruk nipis pada daerah yang terdapat luka…karena anda pasti akan kesakitan dengan rasa perih yang timbul.


Tips Kedelapan: Menggunakan Kulit Jeruk Manis


Caranya adalah rebus kulit jeruk manis tersebut dan kemudian saring dan ambil airnya. Kemudian minumlah rebusan air kulit jeruk tersebut dalam kondisi yang hangat. Lakukan hal ini setidaknya setiap 1x sehari selama 3 bulan. Air rebusan kulit jeruk, disamping berguna untuk menghilangkan flek hitam pada kulit, juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah anda. Oya…sebelum anda merebus kulit jeruk manis tersebut, pastikan anda sudah terlebih dahulu mencuci buah jeruk tersebut sebelum anda kupas kulitnya.


Tips Kesembilan: Menggunakan Lemon


Menghilangkan flek hitam dengan menggunakan lemon, caranya adalah iris bua lemon tersebut dan peras diatas saringan yang bersih untuk diambil airnya serta tampung di dalam sebuah mangkok kecil. Setelah itu, gunakan kapas dan celupkan kedalam mangkuk yang berisi perasan air lemon tersebut, lalu kompres/tempelkan kapas tersebut ke daerah yang terkena flek hitam di kulit wajah anda. Biarkan perasan air lemon tersebut mengering dan kemudian bilas dengan menggunakan air yang dingin. Lakukan hal ini setiap pagi dan malam menjelang tidur hingga di dapatkan hasil yang anda inginkan.


Tips Kesepuluh: Menggunakan Putih Telur


Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan putih telur, caranya adalah ambil satu butir telur ayam dan kemudian ambil putih telurnya saja. Lalu ambil kapas dan celupkan kapas tersebut ke putih telur yang sudah anda tampung di dalam sebuah mangkuk kecil sebelumnya. Kemudian “totolkan” atau usapkan kapas tersebut secara merata ke wajah anda terutama pada bagian yang terdapat flek hitamnya dan diamkan hingga mengering. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih dan lap yang kering. Lakukan hal ini setidaknya setiap 3x dalam seminggu.


Tips Kesebelas: Menggunakan Bengkuang


Caranya adalah dengan mengupas kulit bengkoang dan kemudian di parut hingga halus. Lalu oleskan parutan bengkuang tersebut pada kulit anda yang terkena flek-flek hitam dan diamkan setidaknya selama 10 hingga 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali dalam satu minggu.


Tips Keduabelas: Menggunakan Jus Tomat


Caranya adalah buatlah jus tomat dan kemudian dicampur dengan jus lemon. Lalu kemudian anda tempelkan ramuan jus tomat dan jus lemon tersebut secara merata pada kulit wajah anda, terutama pada bagian yang terdampak flek hitam. Diamkan setidaknya selama 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Disamping efektif untuk menghilangkan flek hitam, ramuan tradisional ini juga efektif untuk menghilangkan bintik-bintik coklat di kulit anda.


Tips Ketigabelas: Menggunakan Beras + Bubuk Kayu Manis


Caranya adalah tumbuklah beras tersebut hingga benar-benar halus lalu kemudian tambahkan dengan campuran bubuk kayu manis. Setelah itu gorenglah campuran tersebut tanpa menggunakan minyak goreng sama sekali, dan lakukan hingga kedua bahan alami tersebut tercampur merata dan berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan kemudian dingginkan, lalu setelah dingin oleskan ke bagian kulit yang terkena flek hitam. Lakukan hal ini setidaknya 3x dalam seminggu.


Tips Keempatbelas: Menggunakan Yogurt


Caranya adalah oleskan yogurt tersebut pada kulit tubuh anda yang terkena flek hitam. Lakukan hal ini pada waktu anda beranjak tidur dan biarkan hingga 1 (satu) malam, lalu bersihkan keesokkan harinya pada saat anda mandi.


Tips Kelimabelas: Dengan Menggunakan Madu


Menghilangkan flek hitam di wajah dengan menggunakan madu, caranya adalah terlebih dahulu anda mencuci wajah anda dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-porinya. Kemudian oleskanlah madu ke wajah anda secara merata dan diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu kemudian pijatlah secara halus dan lembut kulit wajah anda, terutama sekali pada bagian-bagian yang terkena flek hitam dan lakukan hal ini setidaknya selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah anda hingga betul-betul bersih dengan menggunakan air biasa dan keringkan dengan menggunakan handuk bersih.


Tips Keenambelas: Menggunakan Kulit Pisang Mas


Caranya adalah gosokkan kulit pisang mas tersebut ke daerah yang terdapat noda/bintik hitam atau flek hitam. Setelah itu diamkan hingga mengering dan kemudian bilaslah dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini secara disiplin dan teratur hingga didapatkan hasil yang memuaskan.


Tips Ketujuhbelas: Menggunakan Bawang Merah


Caranya adalah blender bawang merah tersebut hingga halus, lalu tuangkan kedalam tatakan gelas yang bersih dan kemudian ambillah beberapa lembar kapas dan celupkan kapas tersebut kedalam “bubur” bawang merah tersebut dan kemudian oleskan pada pada kulit yang terdapat flek hitam/noda/bintik hitamnya. Biarkan hingga beberapa saat setidaknya selama 10 menit dan kemudian bilaslah hingga bersih.


Tips Kedelapanbelas: Menggunakan Buah Persik


Caranya adalah haluskan buah persik tersebut dengan cara di blender dan kemudian oleskan “bubur” buah persik tersebut ke wajah anda secara merata dan kemudian pijat-pijatlah secara halus selama kurang lebih 10 menit dan lalu bilaslah dengan menggunakan air bersih hingga betul-betul bersih.


Tips Kesembilanbelas: Menggunakan Ubi Kayu


Menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan menggunakan ubi kayu, caranya adalah parutlah ubi kayu tersebut dan kemudian peraslah dan ambil airnya. Setelah itu usaplah ke bagian kulit anda yang terkena flek hitam dan diamkan hingga beberapa saat dan kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih.


Tips Keduapuluh: Minum Air Putih Secukupnya


Sengaja saya menempatkan point ini sebagai tips terakhir. Karena air putih yang dikonsumsi secara sehat dan cukup dapat memberikan manfaat yang baik bukan hanya untuk menghilangkan flek hitam tapi juga untuk tubuh anda secara umum. Idealnya setiap orang diharuskan untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya untuk mencegah dehidrasi dan membantu metabolisme serta mengeluarkan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh.




Demikianlah 20 kiat dan cara untuk menghilangkan flek-flek hitam pada kulit tubuh dan wajah dengan mengunakan bahan alami dan secara alami traditional. Anda bisa memilih salah satu tips diatas untuk anda terapkan yang menurut anda paling ampuh untuk mengobati dan mengatasi flek hitam pada kulit anda. Sebenarnya ada juga yang menyarankan untuk menggunakan odol, tapi di artikel ini saya tidak mencantumkannya karena menurut saya kurang efektif untuk dilakukan.



(referensi: dari berbagai sumber)






Semoga artikel tips ini bermanfaat untuk anda. Anda juga bisa menyimak tip dan kiat cara perawatan tubuh dan rambut di artikel lainnya, seperti cara merawat rambut berketombe, cara menghilangkan kerutan&keriput di wajah secara alami, dan tips cara memutihkan kulit ketiak. Sampai bertemu di artikel aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com



7 comments:

Share This Article