Tips Perawatan Rambut Pasca Rebonding Secara Alami


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini masih tentang seputar perawatan rambut cantik anda, setlah di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang cara perawatan rambut rontok scr alami. Dan di artikel ini saya akan mencoba mengangkat tema tentang “Bagaimana sih cara merawat rambut sesudah rebounding agar tetap awet, lurus, dan tahan lama?” so…untuk mengetahui jawabannya, silahkan disimak artikel berikut ini…

Mungkin banyak diantara anda yang menginginkan memiliki rambut yang tampak lurus, panjang, dan rapi. Tapi sayangnya tidak semua orang diberikan kesempatan untuk dapat memilikinya. Namun dengan perkembangan teknologi dan khususnya kemajuan dalam ilmu perawatan kesehatan dan kecantikan, para ahli dalam bidang tersebut beberapa dekade lalu telah membuat suatu terobosan dalam hal ini untuk dapat memberikan kesempatan kepada orang-orang yang ingin memiliki rambut lurus dan tampak rapi, terobosan tersebut dikenal hingga sekarang ini dengan nama teknik rebounding atau teknik pelurusan rambut.

Mungkin anda lebih ahli dari saya dalam melakukan teknik rebounding, namun saya rasa tidak ada salahnya jika saya mencoba untuk menerangkan sedikit tentang bagaimana rebounding umumnya dilakukan. Rebonding adalah merupakan salah satu teknik yang dilakukan yg bertujuan untuk meluruskan rambut dengan terlebih dahulu dilakukan proses “smoothing” dan proses pencucian rambut serta pengeringan rambut dengan rata-rata tingkat kekeringannya antara 50% hingga 70%. Kemudian rambut anda tersebut akan di catok (tentunya dgn menggunakan alat-alat salon ya…) dan selanjutnya tunggu hingga selesai….:)

Memang hasil yang dihasilkan dari proses rebonding ini secara umum menunjukkan hasil yang lebih baik dalam hal proses pelurusan rambut. Namun meskipun begitu, rebonding juga membutuhkan “perhatian” anda dalam hal cara merawat rambut hasil rebonding atau perawatan rambut sehabis rebonding agar tidak gagal, awet, tetap lurus, tahan lama, dan tidak rusak serta tidak rontok dengan menggunakan langkah dan cara yang alami. Lalu pertanyaannya adalah “Bagaimana sih tipsnya?” Tenang…agan bisa lihat di bawah ini…so..silahkan disimak tips cara perawatan rambut pasca atau setelah rebonding smoothing berikut ini…


Tahap 1: Masa Kritis Sehabis Rebonding


Masa-masa ini adalah merupakan faktor penentu apakah rambut hasil rebonding anda berhasil ataukah gagal. So..bijak-bijaklah “bertindak” dalam masa-masa ini…Silahkan di baca tips usaha merawat rambut setelah rebonding, di bawah ini:


Tips Pertama: Usahakan Utk Menggunakan Sisir Yang Renggang


Kenapa harus sisir yang renggang? Begini penjelasannya, sisir dengan tingkat kerapatan celah yang sangat padat akan membuat rambut hasil rebonding anda menjadi rusak. Kan sayang sekali tuh jika anda sudah mengeluarkan uang mahal-mahal tapi bukan rambut lurus yang anda dapat melainkan “gundul” karena sisir yg rapat akan memungkinkan rambut yang telah di rebonding tersebut menjadi rontok. hmm…nggak kebayang deh bagaimana sedih anda…eiit…yang gundul jgn marah ya…coz kata orang, orang gundul itu sexy…seksi konsumsi maksudnya…hahaha…..

Disamping itu, saat anda menyisir rambut anda, usahakan untuk tidak menyisir rambut dalam posisi kepala merunduk atau menyisirnya secara berlebih-lebihan. Kedua hal tersebut akan dapat merusak akar rambut kepala yang anda miliki.


Tips Kedua: Hindari Untuk Langsung Mencuci Rambut Anda


Hal ini dimaksudkan agar obat/formula rebonding yang sudah di “oleskan” di rambut anda, dapat bekerja dengan sempurna, tidak gagal dan rusak. Namun hal ini bukan berarti menjadikan pembenaran atas “kebiasaan” anda untuk tidak pernah/jarang mencuci rambut…ckckck…jorok ah…anda boleh melakukan keramas minimal 3 atau 4 hari setelah rebonding.


Tips Ketiga: Usahakan Untuk Tidak Menggunakan Alat Pengering Rambut


Kondisi rambut yang telah direbonding biasanya akan mengalami kondisi “kekeringan” baik pada bagian kepala dan rambutnya. Oleh karena itu, jika anda tambah lagi dengan menggunakan alat pengering rambut a.k.a catok, dikhawatirkan rambut bondingan anda akan menjadi patah. Untuk mengeringkan rambut anda (dalam masa-masa kritis pasca rebonding) anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan metode alami tanpa alat. Dan pastikan pada saat anda mengeringkannya dengan cara alami tersebut, pastikan rambut-rambut anda telah dalam keadaan berdiri dan lakukan dengan jurus “jalur searah” dan lakukan dengan lembut, smart, and confident, sehingga rambut anda akan tampak lebih rapi hasilnya nanti.


Tips Keempat: Hindari Untuk Mengikat Rambut


Bagi anda yang sering mengikat rambut anda, baik dengan model “kepang kuda” sekalipun, usahakan dalam masa-masa kritis pasca di rebonding tersebut, untuk tidak melakukannya. Hal ini untuk menjaga & merawat rambut rebonding anda agar tetap lurus dan agar tidak rontok.


Tips Kelima: Usahakan Untuk Mengindari Sinar Matahari & Hujan Secara Langsung


Kedua hal tersebut akan membuat rambut rebonding smoothing anda menjadi tidak awet dan rusak. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan penutup kepala saat hendak berpergian ke luar gedung/rumah.


Tips Keenam: Jangan Menggrauk-Garuk Kepala


Meskipun rambut anda terasa gatal dan mengganggu, usahakan untuk tidak menggaruknya dan carilah teknik atau metode lain yang lebih bijak untuk menghilangkan rasa gatal tersebut. Karena jika anda menggaruknya, maka anda akan membuat kulit kepala anda menjadi rusak dan membuat rambut hasil rebonding anda menjadi rusak.



Tahap 2 : Cara Praktis Merawat Rambut Hasil Rebondingan


Tahapan ini berisi langkah-langkah yang bisa anda lakukan setelah mas-masa kritis sehabis rebonding tersebut lewat. Anda bisa melakukan perawatan rambut sesudah rebonding smoothing agar tetap awet, serta mengatasi dan mencegah rambut agar tidak rontok, tidak rusak, dan menjadi tetap lurus. Silahkan disimak tips-tipsnya berikut ini:


Tip Pertama


Anda bisa melakukan masker rambut atau istilah “salonnya” Hair Mask. Hal ini bertujuan agar rambut rebonding anda menjadi lebih sehat. Anda bisa menggunakan produk masker rambut yang tersedia di toko-toko kosmetik & kecantikan atau anda bisa menggunakan Hair Mask alami dengan menggunakan aloe vera atau lidah buaya. Caranya adalah belah lidah buaya tersebut hingga kelihatan bagian dagingnya, kemudian usapkan kepada rambut anda lalu diamkan selama paling tidak 1 jam. Setelah itu anda bisa mencucinya dengan menggunakan air+shampoo.


Tip Kedua


Setelah masa kritis lewat (3-4 hari) anda bisa ber-shampoo setidaknya 2 kali dalam seminggu. Pastikan anda untuk menggunakan shampoo dengan kandungan yang lembut dan usahakan untuk selalu mengakhirinya dengan menambahkan kondisioner bagi rambut anda terutama pada bagian ujung rambut. Hal ini akan membantu anda untuk merawat rambut rebonding anda menjadi lebih hitam berkilau dan sehat. Dan juga yang paling penting, anda bisa menggunakan shampoo khusus untuk perawatan rambut rebonding yang disarankan oleh salon kecantikan anda.


Tip Ketiga


Rajin-rajinlah untuk memberikan vitamin bagi rambut anda atau anda bisa menggunakan minyak zaitun. Tapi yang perlu anda ingat adalah, jangan terlalu berlebihan dalam frekuensi pemakaiannya dan penggunaannya, pakailah secukupnya.


Tip Keempat


Untuk mencegah rambut anda menjadi kusut, anda bisa menggunakan formula anti frizz spray atau anti frizz oil. Disamping dapat mencegah rambut yang direbonding untuk menjadi kusut, formula tersebut juga dapat membantu untuk melembabkan rambut anda.


Tip Kelima


Hindari untuk melakukan pewarnaan rambut paling tidak untuk 4 minggu kedepan setelah habis rebonding, karena hal tersebut akan membuat rambut anda menjadi tampak kusam, rapuh, dan mudah patah. Dan usahakan untuk rutin melakukan perawatan rambut setelah rebonding setidaknya setiap 1 minggu sekali di salon kecantikan yang anda percayai.


Tip Keenam


Jika anda berkeinginan untuk menggunakan alat styling seperti catok, sebaiknya anda mengimbanginya dengan menggunakan hair moisturizer untuk mencegah agar rambut anda tidak mengalami kekeringan yang berlebihan. Dan jangan lupa untuk tidak menggunakan catok atau peralatan styling lainnya dengan suhu yang panas serta sebaiknya anda jangan menggunakan catok rambut terlalu sering.


Tip ketujuh


Perhatikan dengan baik aneka produk perawatan rambut yang hendak anda pakai. Pastikan produk-produk tersebut tidak mengandung amonia dan alkohol.


Tip Kedelapan


Pastikan anda rutin dan bijak dalam menggunakan produk-produk hair treatment. Karena dengan sikap rutin dan bijak, rambut rebonding smoothing anda akan menjadi lebih awet dan terjaga kesehatannya dengan lebih baik.


Tip Kesembilan


Dan jika memungkinkan, gunakanlah lapisan kain satin diatas bantal anda saat anda hendak tidur. Hal ini untuk mengurangi tingkat kekusutan rambut anda dan akan membuat rambut anda lebih mudah untuk diatur di pagi harinya…:)



(referensi: dari berbagai sumber)



Akhirnya artikel www.cara merawat rambut pasca dan hasil rebonding.com selesai. Anda juga bisa menyimak artikel tentang perawatan rambut lainnya di tips merawatrambut sehat alami dan artikel tentang tips perawatan kulit tubuh alami. Sampai bertemu di artikel tips & produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

2 comments:

  1. makasih atas informasinya min... sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk kunjungannya dan komentarnya...semoga bisa bermanfaat tip tips diatas..:)

      Delete

Share This Article