Tips Cara Merawat Rambut Bagi Wanita Yang Berjilbab


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Dia artikel sebelumnya saya sudah cukup banyak menjelaskan tentang bagaimana sih cara merawat rambut extension. Nah…di artikel kali ini agak sedikit berbeda ya…Kali ini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang bagaimana cara perawatan rambut untuk wanita yang mengenakan jilbab? Karena seperti yang kita ketahui bersama, banyak sekali wanita berjilbab yang selalu mengajukan pertanyaan ini kepada temannya, keluarga, atau kepada mbah google…seperti apa yang sedang anda lakukan saat ini. So…langsung saja, silahkan disimak aneka tip merawat rambut berjilbab berikut ini…

Jilbab bagi seorang wanita muslimah adalah sebuah “pakaian” yang harus dikenakan sesuai dengan perintah ajaran agama Islam. Seorang perempuan muslimah yang berjilbab tampak lebih anggun dan jauh lebih terhormat serta terjaga..sehingga tidak jarang banyak sekali laki-laki dan pria yang memiliki prinsip untuk mencari dan menikahi wanita muslimah yang berjilbab.

Namun meskipun demikian ada beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui adalah cara merawat rambut saat dan sesudah berjilbab akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan merawat rambut untuk wanita yang tidak memakai jilbab. Masalah yang sering kali muncul pada rambut orang yg berjilbab adalah “aroma apek rambut” dan rambut yang mengalami rontok, khususnya bagi perempuan yang memiliki rambut panjang.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana langkah atau cara dan kiat yang bisa dilakukan bagi orang wanita yang berjilbab untuk dapat melakukan perawatan atau merawat dan mengatasi rambut berjilbab agar tetap kelihatan segar, harum, dan tidak rontok dengan cara yang alami dan praktis? Tenang…anda bisa menyimak tips dan caranya di bawah ini…cekidot…


Tips Pertama


Dalam melakukan pemilihan jenis bahan jilbab yang akan anda kenakan, sebaiknya anda memilih yang berbahan cotton atau katun. Bahan katun sendiri terkenal akan kelembutan teksturnya dan memiliki bentuk pori-pori kain yang dapat membantu kelancaran sirkulasi udara pada saat anda berjilbab. Sirkulasi udara yang baik akan mencegah keluarnya keringat berlebih di kulit kepala anda dan tentu saja secara otomatis akan menekan laju pertumbuhan ketombe di rambut kepala anda.


Tips Kedua


Sebaiknya anda lebih bijak untuk memilih model jilbab yang akan anda kenakan. Hindarilah mengenakan jilbab dengan model bertumpuk atau terdiri dari 4 sampai 5 lapisan, terutama sekali bagi anda yang memang termasuk wanita yang memiliki aktivitas yang padat. Kenakanlah model jilbab yang praktis namun tetap dapat menutup “aurat” anda dengan baik dan elegan. Dan satu hal lagi yang perlu untuk anda ingat adalah jangan menggunakan jilbab dengan warna yang gelap (hitam) termasuk juga warna lapisan bagian dalamnya. Sebaiknya anda memilih warna jilbab yang selain hitam atau gelap, sehingga daya serap panas akan dapat di eliminir dengan baik.


Tips Ketiga


Saat anda berjilbab sebaiknya anda menghindari untuk memiliki rambut yang terlalu panjang, karena hal tersebut akan membuat kepala anda terasa panas atau bahasa jawanya “sumuk”. Dan hal yang tidak boleh anda lupakan adalah hindari sejauh-jauhnya model rambut dengan gaya poni, karena hal tersebut hanya akan membuat anda kerepotan sendiri nantinya manakala anda harus merapikan setiap saat rambut poni anda yang “menyembul” ke arah luar.


Tips Keempat


Jangan pernah mengenakan jilbab pada saat rambut anda masih dalam keadaan basah. Disamping hal tersebut akan membuat rambut anda menjadi apek, hal tersebutlah yang akan menjadi salah satu penyebab rambut anda menjadi rontok. So..rambut yang rontok bukan karena berjilbab ya…tapi karena anda kurang bijak saat akan memakai jilbab dimana kondisi rambut anda masih dalam keadaan basah.


Tips Kelima


Pada wanita yang berjilbab, sebaiknya anda harus rajin-rajin untuk keramas dan usahakan untuk memilih jenis shampoo yang soft atau lembut. Hal ini untuk tetap menjaga dan merawat rambut anda agar tetap sehat dan harum. Serta jika perlu, usahakan untuk memilih sampo yang anti ketombe, dimana hal ini dilakukan untuk mengatasi atau mencegah ketombe untuk tumbuh subur di kepala anda. Serta bagi perempuan yang memakai jilbab, sebaiknya anda juga lebih sering (dari biasanya) untuk menggunakan kondisioner bagi rambut cantik anda tersebut.


Tips Keenam


Tips perawatan rambut panjang & pendek yang berjilbab yang keenam adalah gunakan juga masker rambut atau nama kerennya “hair tonic” minimal seminggu satu kali. Hal ini bertujuan untuk menguatkan akar rambut anda agar tidak mudah rontok karena anda memakai jilbab. Oya…jangan lupa untuk memilih tipe hair tonic yang sesuai dengan jenis dari rambut anda, misalkan saja untuk rambut yang kering anda bisa memilih masker rambut jenis sari alpulkat. Sedangkan untuk tipe rambut yang berminyak & berketombe, anda bisa menggunakan masker rambut jenis sari jeruk nipis. Sedangkan untuk menguatkan akar dari rambut hitam berkilau anda, anda bisa menggunakan hair tonic jenis gingseng..sehingga anda bisa merasa lebih tenang saat berjilbab dan bebas dari perasaan galau akan kerontokkan rambut…:)

Serta rajinlah untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi rambut panjang hitam indah berkilau anda dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan protein dan vitamin b6, b12, dan vitamin c.


Tips Ketujuh


Tips merawat rambut bagi wanita yang berjilbab, yang ketujuh adalah usahakan untuk selalu merapikan rambut anda pada saat anda sudah melapas jilbab anda di rumah. Gunakanlah sisir yang memiliki gerigi yang jarang, hal ini bertujuan untuk menghindari rambut anda menjadi rontok. Disamping itu, menyisir rambut indah anda secara teratur, juga akan membantu peredaran darah di kulit kepala anda menjadi lebih lancar. Usahakan untuk menyisir rambut anda dengan pelan dan hindari untuk melakukannya dengan keras atau terburu-buru.


Tips Kedelapan


Sedangkan tip yang terakhir untuk cara merawat rambut panjang berjilbab adalah sebaiknya pada waktu anda hendak mengikat rambut anda, gunakanlah ikat rambut yang memiliki tekstur yang lembut dan ikatlah rambut anda dengan “formasi” di gelung atau di ikat dalam kondisi rambut yang renggang. Jangan pernah menggunakan karet gelang dan ikat rambut yang terbuat dari besi untuk mengikat rambut anda serta usahakan untuk tidak mengikat rambut anda terlalu kencang karena hal tersebut akan menjadi salah satu penyebab rambut rontok.



(referensi: dari berbagai sumber)




Akhirnya artikel tip tentang bagaimana cara melakukan perawatan atau cara merawat rambut panjang ataupun pendek bagi wanita/perempuan yang berjilbab secara alami serta cara mengatasi rambut rontok karena berjilbab selesai. Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang tips mencegah & mengatasi rambut rontok dan tips mengatasi iritasi pada kulit serta tips mengatasi flek hitam pada kulit. Sampai bertemu di artikel aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article