Tips Merawat Rambut Extension atau Sambungan Yang Baik Bijak


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Saya yakin anda sudah membaca artikel sebelumnya tentang cara perawatan rambut rebonding, jika belum anda bisa membacanya di artikel rebounding. Nah di artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana sih tips bagaimana cara perawatan rambut setelah extension...so..langsung aja, silahkan disimak artikel cara merawat rambut extension…

Sebelum saya mengajak anda “melangkah” lebih jauh tentang cara perawatan hair extension atau rambut sambung yang harus anda tahu, ada baiknya jika saya mencoba menjelaskan sedikit macam jenis dari rambut sambungan yang ada saat ini. Jika dilihat berdasarkan atas bahan bakunya, rambut sambungan dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu :

Ø  Human Hair/Rambut manusia – maksudnya adalah bahan untuk membuat rambut sambung ini adalah berasal dari rambut asii (manusia) yang sudah tidak terpakai lagi. Namun yang perlu untuk anda ketahui adalah bahwa sebelum rambut asli tersebut digunakan sebagai bahan pembuat rambut sambungan, sebelumnya sudah terlebih dahulu dibersihkan, mengalami proses pewarnaan dan pembentukkan sesuai dengan model yang anda kehendaki.

Human hair extension ini adalah lebih mudah untuk dibentuk dan di catok atau di cuci. Namun harganya juga cukup lumayan mahal bila dibandingkan dengan jenis yang lainnya.

Ø  Sintetic Hair/Rambut Sintetis – maksudnya adalah bahan yang digunakan untuk membuat rambut extension ini terbuat dari serat fiber dengan kualitas yang baik sehingga mampu memiliki bentuk dan sifat yang mirip dengan rambut manusia. Rambut sintetis ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan rambut manusia asli, namun rambut ini tidak dapat se-fleksible rambut asli saat hendak dilakukan proses pembentukan.


Sedangkan jika dilihat dari teknik penyambungannya, maka terdapat dua tehnik yang umumnya dipakai saat ini. Antara lain:

Ø  Pertama


Dengan cara direkatkan menggunakan semacam lem khusus yang merupakan campuran dari bahan akrilik, karet, serta plastik.

Ø  Kedua


Dengan cara menggunakan ring atau clip. Teknik penyambungan rambut ini lebih dikenal dengan nama hair extension ring atau hair extension clip



Sementara itu, ada beberapa silang pendapat atau opini yang beredar saat ini mengenai dampak rambut sambungan terhadap kesehatan kulit kepala dan rambut anda. Antara lain adalah adanya pendapat yang mengatakan bahwa teknik rambut sambung ini akan mempengaruhi folikel rambut menjadi lebih tipis dan memungkinkan untuk terjadinya kerusakan pada daerah tersebut. Disamping itu, ada juga yang mengatakan bahwa rambut sambung akan meningkatkan resiko untuk terjadinya kebotakan pada kepala anda yang diakibatkan oleh beban berat yang diberikan kepada rambut asli anda untuk mampu menyangga rambut sambungan yang ditempelkan kepadanya.

Oleh karena itu sangat disarankan kepada ada untuk melakukan penyambungan rambut baik dengan yang menggunakan lem atau hair clip dan ring extension, di salon-salon professional yang sudah memiliki tenaga ahli, terdidik, dan terlatih. Dan menurut beberapa artikel yang saya baca, sebaiknya dilakukan rotasi pada hair extension anda untuk menghindari beban berat yang menumpuk pada satu titik di rambut asli anda. Serta jika rambut asli anda sudah menunjukkan gejala-gejala rontok atau gugur, sebaiknya anda segera untuk memeriksakannya ke dokter yang terkait.

Namun, apapun pendapat atau pandangan yang ada saat ini…semuanya akan kembali kepada keputusan diri anda sendiri, apakah ingin memanjangkan rambut secara instan atau cepat dengan menggunakan metode hair extension atau dengan memanjangkan rambut secara alami dan bersabar menunggunya hingga dapat tumbuh panjang alami, kira-kira yang mana yang akan anda pilih?

Di luar konteks perdebatan pendapat diatas, di artikel tips dan produk kali ini, saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang bagaimana sih cara merawat rambut sambungan atau hair extension yang baik dan bijak…so…sudah tidak sabar? Silahkan disimak tips-tip berikut ini…cekidot…


Tips Pertama


Cara merawat rambut hair extension yang pertama adalah lakukan cek dan ricek setiap 1 bulan sekali untuk merapikan kembali rambut sambungan yang mungkin lepas di sisi-sisi bagiannya dan untuk menghindari penampilan rambut agar tidak terlihat kusut.


Tips Kedua


Bagaimana cara merawat rambut extension yang kedua adalah hindari untuk melakukan keramas atau ber-shampoo dengan cara membalikkan kepala dan melakukan jurus memutar, di khawatirkan hal ini akan membuat rambut sambung anda akan menjadi kusut. Sebaiknya anda berkeramas dengan posisi kepala yang tegak serta gerakan jari harus menggunakan “jurus” vertical/horizontal, dengan catatan jari-jari tersebut tidak boleh ada jarak yg lebar atau renggang. Dan pastikan tekanan air yang mengenai rambut anda dalam tekanan yang rendah, tidak kuat/deras.

Dan saat anda hendak mengeringkan rambut anda sehabis mandi atau keramas, sebaiknya anda mengeringkannya secara alami dan jangan pernah menggunakan hair dryer atau pemanas lainnya. Hal tersebut akan membuat lem yang merekatkan rambut ambung anda dengan rambut asli anda menjadi tidak kuat.


Tips Ketiga


Jika anda ingin menggunakan kondisioner pada rambut anda, sebaiknya anda oleskan hanya pada bagian ujung rambutnya saja dan jangan anda oleskan pada bagian sambungannya. Hal tersebut akan membuat daya lekat lem atau ring yang terpasang menjadi berkurang.


Tips Keempat


Sebaiknya sebelum anda hendak beranjak tidur, anda terlebih dahulu melepas hair clip extension yag terpasang. Hal ini untuk mencegah agar rambut sambungan anda tidak mudah kusut ataupun rusak.


Tips Kelima


Sedangkan untuk merawat hair extension clip atau ring, sebaiknya anda menyimpannya secara rapi seperti digulung di dalam kertas putih yang bersih atau di dalam kantong plastik…dengan catatan simpanlah secara per helai rambut, pada saat anda tidak memakainya.


Tips Keenam


Jangan pernah menggunakan hair extension yang bekas pakai atau seken. Karena pada prinsipnya rambut sambung dibuat untuk digunakan sekali pakai. Dan usahakan untuk tidak melakukan catok rambut pada bagian sambungannya atau di bagian lem atau hair clip/ring extension.


Tip Ketujuh


jika anda hendak menyisir rambut anda, usahakan menggunakan jurus dari atas ke bawah. Hal ini untuk menghindari rambut anda menjadi kusut.


Tips Kedelapan


Jika anda memiliki hobi berenang, sebaiknya sebelum anda berenang, anda terlebih dahulu menggunakan penutup rambut. Hal ini untuk mencegah kandungan klorin yang biasanya ada di kolam renang, untuk mengenai rambut extension anda yang menyebabkan sambungan yang ada menjadi rusak. Dan jangan lupa untuk membersihkan rambut anda setelah anda selesai berenang.


Tips Kesembilan


Jika anda termasuk wanita yang senang dalam menggunakan berbagai acceccories rambut, sebaiknya anda lebih berhati-hati pada saat memasangnya ataupun pada saat anda hendak melepasnya.




Sedangkan untuk tips perawatan dan mencuci hair clip extension, anda bisa menyimaknya di bawah ini…cekidot…


Tip Pertama


Sisirlah terlebih dahulu hair clip extension anda hingga tidak terdapat bagian yang kusut. Lakukan dengan lembut dan tidak perlu tergesa-gesa. Dan jangan lupa untuk terlebih dahulu menyiapkan baskom yang berisi dengan air hangat dan dicampur dengan kodisioner dan sampo (sedikit saja).


Tip Kedua


Rendamlah hair extension clip anda tersebut di dalam baskom selama kurang lebih 10 menit dengan kondisi layer yang terpisah dan kemudian bilas hingga betul-betul bersih. Dan kemudian keringkan hair clip extension tersebut diatas sebuah handuk yang bersih yg memiliki daya serap yang tinggi dan keringkan dengan cara menepuk-nepuknya secara halus dan hindari untuk memerasnya.


Tip Ketiga


Setelah itu anda bisa mengangkatnya dan memberinya serum rambut seperti makarizo dan kemudian sisir dengan menggunakan sisir yang memiliki gigi-gigi yang jarang, gunakan jurus dari atas ke bawah seperti yang sudah diuraikan diatas.


Tips Keempat


Setelah itu, anda bisa menata kembali bentuknya seperti semula dan keringkan dengan cara yang alami (diangin-anginkan) saja.




Oya…sedikit tambahan yang perlu saya sampaikan disini adalah ada beberapa hal yang perlu untuk anda ketahui sebelum anda melakukan proses penyambungan rambut, antara lain:


Hal pertama


Perhatikan terlebih dahulu kondisi rambut anda. Karena hair extension hanya dapat dilakukan pada rambut asli yang memiliki kondisi akar yang kuat dan sehat. Yang artinya, rambut asli harus tidak rontok, berketombe, pecah, rapuh, patah, bercabang, dll.


Hal kedua


Usahakan untuk menggunakan rambut sambungan yang sesuai dengan bentuk tekstur asli dari rambut anda. Hal ini bertujuan agar rambut sambung dan rambut asli anda kelihatan lebih menyatu.


Hal Ketiga


Usahakan untuk menggunakan hair extension yang terbuat dari rambut asli manusia atau human hair, dan bukan rambut sintetis. Hal ini bertujuan untuk membuat penampilan rambut anda dapat terlihat lebih asli dan disamping itu perawatannya pun akan menjadi lebih mudah.


Hal keempat


Pilihlah rambut sambungan yang memiliki kualitas yang baik, tidak pecah, bercabang, ataupun rusak.


Hal Kelima


Pastikan anda terlebih dahulu berkonsultasi secara intents kepada penata rambut atau spesialis di bidangnya mengenai apa dan bagaimana bentuk, model, dan jenis rambut sambungan yang paling tepat dengan bentuk dan kondisi rambut asli anda.


Hal Keenam


Sedangkan hal yang paling penting yang perlu untuk anda lakukan setelah extension adalah lakukan perawatan yang rutin baik ke salon kepercayaan anda maupun perawatan rutin di rumah seperti yang sudah diajarkan oleh tempat anda memasang rambut sambungan tersebut.



(referensi:dari berbagai sumber)






Demikianlah artikel www.tip cara merawat rambut sambung.com, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda. Dan jika ada koreksi atau tambahan, silahkan di isi di kotak kolom komentar…but..no link & url ya…:) Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang bagaimana cara merawat rambut yang rontok dan tips mengatasi ketombe. Akhirnya, sampai bertemu di artikel tips & produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


2 comments:

  1. Kalau saya biasanya memakai yang rambut asli karena terlihat lebih enak di banding yang terbuat dari sintetis. tetapi saya setuju dengan tips anda yang lainnya. Terimakasih telah di persilahkan berkomentar di blog ini.
    nitip link ya gan
    Cara Mencuci HairClips

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini....:)

      Delete

Share This Article