Tips Memilh Netbook Terbaik dan Bagus


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Di artikel seri komputer kali ini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang bagaimana cara memilih sebuah netbook yang terbaik dan neetbook yang sesuai dengan kebutuhan kerja/sekolah anda. Setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tips memilih notebook terbaik. So…silahkan disimak introduction berikut ini tentang pengertian dan fungsi dari netbook….

Di beberapa artikel sebelumnya, saya sudah sempat menjelaskan tentang perbedaan dari laptop netbook notebook. Dan saya rasa di artikel komputer kali ini saya tidak perlu untuk mengulangi lagi penjelasan mengenai laptop dan not book, disini (introduction paragraf) saya hanya akan menjelaskan secara garis besar mengenai pengertian dasar dan fungsi dari komputer netbook ini untuk anda.

Pengertian dari netbook adalah merupakan salah satu jenis atau varian dari komputer portable atau komputer jinjing yang memiliki fungsi dasar untuk dapat memenuhi kebutuhan komunikasi yang dilakukan secara nirkabel dan atau untuk kepentingan anda dalam mengakses internet. Dengan kata lain, komputer PC yang satu ini memang dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan anda untuk dapat mengakses internet dengan lebih mudah.


Perbedaan antara komputer laptop, notebook dan netbook adalah:

Netbook

  • Netbook memiliki ukuran yang lebih ringan dan kecil bila dibandingkan dengan notebook. Biasanya komputer PC netbook dilengkapi dengan ukuran layar mulai dari 8 inchi hingga 12 inchi. Namun kecenderungan ukuran layar yang paling diminati oleh konsumen adalah netbook 12 inchi dan 10 inch yang merupakan favorit bagi sebagian besar orang terutama di tahun 2013 ini.
  • Untuk spesifikasi hardware komputer, netbook tidak dilengkapi dengan pemutar CD/DVD seperti yang biasa kita temui pada komputer laptop dan notebook. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, biasanya orang menggunakan peripheral komputer yang berupa CD/DVD Drive External. Untuk tipe processor yang biasa digunakan pada neetbook antara lain Intel Atom N570, N2600, N2800 dan prosesor AMD Dual Core E450, C60, namun tidak menutup kemungkinan anda akan menjumpai netbok yang dilengkapi dengan processor Intel Atom dan AMD Dual Core seri yang lainnya. 
  • Untuk ukuran memori yang biasanya dipasang di komputer PC ini adalah minimal berukuran 1GB. Namun kecenderungan orang sekarang ini untuk mencari netbook yang memiliki ukuran memory sebesar minimal 2 GB yang diharapkan mampu memberikan performance yang terbaik.
  • Komputer netbook memiliki daya tahan baterai yang lebih awet bila dibandingkan dengan jenis komputer mobile portable lainnya. 
  • Neetbook memiliki performa yang cukup baik untuk surfing internet dan untuk sekedar membuka email, situs social anda, atau chatting.
  • Kekurangan yang ada dari PC ini adalah jika anda berniat untuk melakukan olah data dengan software komputer yang berat seperti multimedia, 3D, grafis….hmm…agaknya anda harus mencari PC yang lain untuk melakukannya. Namun saya pernah membaca di sebuah artikel yang mengatakan Lenovo IdeaPad S12 adalah netbook pertama yang menggunakan kartu grafis NVIDIA ION yang memungkinkan anda untuk bisa menonton film dalam format HD dan juga bermain game 3D. 
  • Kekurangan lainnya adalah netbok biasanya dilengkapi dengan sedikit port untuk alat input komputer yang memungkinkan anda untuk menghubungkan PC anda dengan perangkat komputer yang lainnya.
  • Ukuran layar netbook yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan laptop dan notebook terkadang membuat mata anda menjadi cepat lelah jika anda “berhubungan” dengan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu usahakan untuk memilih layar netbook 10 - 12 inchi.

 Laptop dan Notebook


Sebenarnya tidak ada perbedaan antara komputer laptop dengan notebook, keduanya sama-sama portable dan memiliki struktur komputer yang sama serta dilengkapi dengan sistem komputer dan hardware komputer yang setara. So…penjelasan singkat tentang komputer laptop dan notebook, saya gabungkan saja jadi satu, sebagai berikut:

  • Notebook dan laptop biasanya memiliki layar monitor komputer sebesar 10 inchi hingga 17 inchi. Hal ini mengapa notebook/laptop portable lebih saya sarankan untuk anda beli, karena dengan ukuran layar sebesar itu akan membuat mata anda tidak mudah lelah jika anda menggunakan peralatan komputer anda tersebut dalam waktu yang lama. Hanya saja memang harga dari notbook ini lebih mahal.
  • Untuk spesifikasi hardware dari notebook/laptop cukup lengkap dan sejatinya struktur komputer ini adalah sama dengan komputer desktop, hanya saya yang ini lebih portable daripada komputer desk.
  • Ukuran memori dari not book ini lebih besar bila dibandingkan dengan netbook terbaik sekalipun. Anda bisa dengan bebas untuk memilih dan mengupgrade kebutuhan anda akan ukuran memori yang ideal sesuai dengan jenis pekerjaan/tugas anda. Biasanya orang membeli notebook yang memiliki ukuran RAM minimal sebesar 3-4 GB.
  • Untuk daya tahan baterai notebook memang memiliki daya tahan yang lebih rendah bila dibandingkan dengan netbook 12 inchi sekalipun. Mengapa demikian? Karena dengan ukuran layar yang besar dan hardware yang tinggi, tentu akan membutuhkan energi yang lebih banyak. Dalam hal baterai komputer netbook awet.
  • Performa komputer notebook/laptop portable untuk aktivitas surfing internet, dll…saya rasa sama baiknya. Karena saya sendiri selalu menggunakan laptop saya untuk internet dll, dan tidak ada masalah sampai dengan artikel ini dibuat…J. 
  • PC ini sangat baik untuk anda gunakan untuk berbagai macam jenis pekerjaan/tugas yang terkadang membutuhkan software yang berat. Namun untuk menjalankan software yang berat seperti 3D, grafis, dll…anda harus melihat dan menyesuaikan dengan kapasitas hadware komputer yang anda miliki. Baca lagi artikel tentang notebook dan laptop sebelumnya.
  • Seperti yang sudah saya katakan diatas, notebook dan laptop adalah “komputer desktop portable”. So..untuk port alat input komputer yang dimilikinya pun tergolong cukup lengkap. Mulai dari port USB dan yang lainnya. Namun jika anda merasa bahwa port alat input komputer anda kurang, anda bisa menambahnya dengan peripheral komputer tambahan / port untuk alat input external.


Diatas adalah pengertian dari laptop netbook notebook. Dan saya rasa penjelasan saya sudah cukup mengenai ketiga perangkat komputer tersebut. Kini saya akan mengajak anda untuk memasuki paragraf inti dari artikel ini, yaitu tips memilih netbook yang bagus…cekidot…

·      Tip Pertama


Pilihlah ukuran layar monitor netbook minimal 10 - 12 inchi. Hal ini akan membuat mata anda tidak mudah capek, apalagi jika anda yang memiliki sedikit masalah dengan mata anda (misal pakai kacamata, dll). Meskipun dengan ukuran layar sebesar 12 inchi (misal Asus EeePC 1215P atau merk yang lainnya) akan membuat komputer netbok anda tampak lebih besar dan lebih berat dari normalnya, namun ukuran 10-12 inci adalah ukuran ideal bagi mata untuk netbook. 

·      Tips Kedua


Jika memungkinkan bagi anda, cobalah anda menekan tombol-tombol keyboard komputer netbok yang hendak anda beli. Hal ini agar anda dapat menentukan mana komputer yang memiliki keyboard yang paling nyaman bagi anda (P.S: jgn terlalu keras menekan tombolnya ya…nanti pemilik tokonya ngomel hehehe….). Namun jika anda membeli melalui internet, usahakan untuk bertanya kepada rekan/saudara anda mengenai se-nyaman apa netbook yang anda pilih tersebut. Atau anda bisa membaca spesifikasi netbook dengan tuntas yang biasanya selalu di tampilkan oleh toko komputer online, atau kalau masih belum jelas juga anda bisa menelephone toko komputer online tersebut dan menanyakan tentang berbagai hal yang berhubungan dengan produk yang anda minati tersebut (asal jangan tanya “apakah anda sudah punya pacar / belum?”…hehehe…).

·      Tip Ketiga


Usahakan untuk memilih netbokk yang dilengkapi dengan baterai 6 cell, meskipun memang harganya akan lebih mahal. Kenapa harus 6 cell? Karena baterai yang dilengkapi dengan 6 cell akan memiliki daya tahan yang lebih lama dan lebih baik untuk anda gunakan dalam aktivitas mobile, biasanya sekitar 6-9 jam dalam kondisi unplugged/tidak tersambung ke listrik rumah.

Saya mencoba untuk mencari artikel mengenai aneka berita netbook, dan saya mendapatkan artikel komputer yang menarik untuk saya baca yang membahas tentang Netbook Toshiba Mini NB305-410 yang dilengkapi dengan baterai tahan lama dan dikatakan oleh sebagian orang sebagai netbook murah berkualitas tinggi dan dengan spesifikasi netbook yang bagus ( ref: suara merdeka ).


·      Tips Keempat


Usahakan untuk mencoba charger baterai notebook anda. Pastikan neetbook anda compatible dengan charger yang dimilikinya dan tidak ada longger-longgar sedikitpun saat di colokkan. Tapi kalau anda membeli melalui online, misal melalui .com, usahakan untuk mencari dan memilih komputer PC anda yang dilengkapi dengan garansi resmi dari distributor notebook/laptop/netbook.

·      Tips Kelima


Pastikan anda untuk memeriksa terlebih dahulu fitur-fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah netbok, seperti Card Reader, USB Port, WiFi, Bluetooth, Web Camera. Fitur-fitur tersebut wajib dimiliki oleh netbook yang anda beli, hal ini dikarenakan fungsi netbook sendiri adalah sebagai salah satu jenis perangkat komputer yang di desain khusus untuk memudahkan anda dalam “berseluncur” di internet. Kalau fitur-fitur wajib tersebut tidak dimiliki…lalu apa kata internet dunia? Hehehe….

·      Tips Keenam


Jika bisa, usahakan untuk memilih dan membeli netbook yang dilengkapi dengan fitur konektisitas 3G. Fitur ini tidak dimiliki oleh setiap netbook dan neetbook yang memilikinya biasanya harganya lebih mahal. Tapi dengan adanya fitur tambahan ini, akan memudahkan anda untuk lebih nyaman dan leluasa dalam melakukan aktivitas internet. 

·      Tips Ketujuh


Jika memungkinkan, cek juga bagaimana speaker komputer netbook anda “berbunyi”. Meskipun hal ini bukan termasuk kedalam salah satu syarat wajib untuk mendapatkan netbook terbaik, namun sebagian orang yang senang memutar lagu dan musik di PC mereka akan lebih merasa puas dengan speaker bawaan yang mampu memberikan suara yang jernih. Tapi sebenarnya jika anda menginginkan suara yang lebih jernih dan bagus lagi, anda bisa mengabungkannya dengan aksesoris komputer tambahan, seperti misalnya speaker yang memiliki suara yang baik.

·      Tips Kedelapan


Lihat kemampuan dari prosesor netbook anda. Kemampuan sebuah processor dinyatakan dalam satuan GHZ, semakin tinggi nilai dari GHZ tersebut maka procesor netbook anda akan semakin baik. Usahakan untuk memilih processor dengan nilai minimal 1.6 Ghz, syukur-syukur yang 2 Ghz tapi harga akan lebih mahal pastinya.

·      Tips Kesembilan


Tentukan seberapa besar ukuran memori atau RAM yang anda inginkan. Semakin besar ukuran dari RAM netbook anda, maka akan semakin cepat waktu pemrosesan dari sistem aplikasi komputer yang ada jalankan. Saat ini kapasitas minimal dari sebuah memori netbook adalah 1 GB.

·      Tips Kesepuluh


Tentukan ukuran hardisk atau penyimpanan dari neetbook anda. ukuran harddisk netbook minimal yang biasanya tersedia di pasar adalah berukuran 320 GB. Tapi jika anda tidak dapat menemukan yang berukuran 320 GB, 250 GbB juga sudah cukup untuk sekedar berselancar di dunia maya. Oya…usahakan untuk memilih hardisk yang memiliki jenis HDD, meskipun harga lebih mahal, lebih berat, dan lebih banyak membutuhkan daya listrik bila dibandingkan yang berjenis SSD, namun hardisk HDD mampu memberikan kecepatan transfer data dan kapasitas yang lebih dapat memuaskan anda.

·      Tips Kesebelas


Lihat seperti apa sistem operasi komputer netbook anda. Biasanya sistem operasi komputer yang disediakan untuk netbook di pasar adalah windows, mas os, linux, dan Ubuntu. Pilihlah netbok yang dilengkapi dengan sistem operasi komputer yang familiar oleh anda. Sistem komputer windows biasanya cukup familiar dikalangan para pengguna komputer di tanah air. Namun Linux juga termasuk kedalam sistem operasi komputer yang cukup baik dan aman untuk digunakan untuk aktivitas internet dan software komputer open office serta harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan windows. Namun ada beberapa jenis software komputer yang membutuhkan sistem operasi yang berbasiskan windows. So…bijak-bijaklah dalam memilih dan tentukan seperti apa penggunaan neetbook anda nantinya.

·      Tips Keduabelas


Sebenarnya saya tidak cukup fanatik akan suatu merk dari sebuah produk. Namun kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk memilih produk berdasarkan sebuah merk. Berikut aneka merk produk yang cukup terkenal di kalangan pengguna komputer di tanah air, antara lain netbook acer, netbook asus, netbook, Toshiba, netbook Lenovo, netbook Samsung, netbook apple, netbook HP, dan Netbook msi.

Bahkan kini sudah ada beberapa tipe netbook dengan material ramah lingkungan yang dikeluarkan oleh produsen netbook, antara lain (kalau ada yang kurang silahkan di tambahkan di kolom komentar) netbook Acer TravelMate Timeline X TM8172, netbook BenQ JoyBook Lite U121 Eco, netbook Aspire One 725, netbook Asus Eee PC 1008HA, netbook Toshiba NB520, netbook SE-S084D, Lenovo Lenovo S10-3T, netbook Samsung NC215S yang kabarnya menggunakan tenaga surya sebagai sumber energinya, dan hampir seluruh netbook appel (karena memang apple dikenal dengan keunggulan teknologinya yang ramah lingkungan). 

·      Tips Ketigabelas


Pastikan untuk selalu membeli netbook yang dilengkapi dengan garansi dari distributor netbook resmi. Hal ini sangat penting bagi anda saat membeli sebuah produk elektronik.

·      Tips Keempatbelas


Dan tips yang terakhir adalah usahakan untuk selalu mencari dan melihat aneka berita netbook terbaru dan terbaik dari tahun ke tahun. Sehingga anda tidak akan ketinggalan tentang informasi teknologi netbook terbaru dan terbaik untuk anda beli dan gunakan.


(Referensi:dari berbagai sumber)




Akhirnya seri artikel komputer tentang tip cara memilih netbook yang terbaik dan tepat guna untuk anda selesai. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

8 comments:

  1. Tips yang sangat membantu,tentunya sebelum membeli laptop kita musti pikirkan matang-matang dulu supaya sesuai dengan kebutuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget sobat G plus atas kunjungan dan komennya...Dan benar banget kesimpulannya....:)

      Delete
  2. ralat aja mas buat tips kedelapan saya kurang setuju...
    peforma CPU tergantung hasil benchmark bukan kekuatan GHz..benar memang kemampuan GHz dapat meningkatkan peforma, tp tidak selalu bagus dalam hasil benchmarking...makin tinggi GHz juga mempengaruhi konsumsi daya batere :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas ralatnya mas Richard....memang benar apa yang anda katakan, konsumsi daya pasti akan lebih tinggi...) Terima kasih atas masukkannya...

      Delete
  3. Tlong bantuanx.. netbook yg nyaman n awet.. netbook ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk mencari netbook yang nyaman, tergatung kebutuhan anda...semakin tinggi kebutuhan anda, semakin besar spesifikasi yang dibutuhkan dan semakin mahal. Kalau untuk mencari yang awet, semua awet gan..tergatung bagaimana anda menggunakan dan merawatnya

      Delete
  4. Thanks gan. Sangat membantu informasi x. Kalau bisa lebih sering di update tntang komputer jinjing ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali untuk kunjungannya dan komentarnya

      Delete

Share This Article