Tips Memilih Ultrabook Terbaik Termurah Berkualitas


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Seri artikel komputer yang ke-6 kali ini akan membahas tentang tips memilih ultrabook yang terbaik dan berkualitas, setelah di artikel yang sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk membahas tentang tips memilih netbook. So…silahkan disimak introduction berikut ini…

Saya yakin bahwa masih banyak dari anda yang belum begitu mengenali dan memahami dan sering bertanya tentang ultrabook itu apa sih? Nah untuk mengusir “kegelisahan” anda akan pertanyaan anda tersebut, saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang apa itu ultrabook, kelebihan dan kelemahan ultrabook, seperti apa ultrabook VS laptop, perbedaan notebook dengan ultrabook, spesifikasi ultrabook, dan yang terakhir bagaimana memilih ultrabook baru, bagus, dan terbaik saat ini.

Ultrabook adalah sebuah PC yang lebih ringan dan lebih tipis daripada laptop dan notebook namun kemampuan performa yang lebih besar daripada notebook atau performa kinerja yang biasanya hanya dapat ditemukan pada komputer desk karena ultrabook memang dirancang sebagai not book masa depan yang menyatukan keunggulan yang dimiliki oleh note book dan tablet dan menjadi sebuah perangkat komputer generasi terbaru yang dapat menggabungkan respon kinerja, keamanan, ringan, dan dengan desain bentuk yang elegan/mewah di kelasnya.

Komputer yang satu ini memiliki fitur lainnya yang tidak dimiliki oleh laptop netbook notebook, yaitu ultrabook telah dilengkapi dengan fitur Instans On yang memungkinkan anda untuk menghidupkan komputer jinjing portable ini tanpa harus menekan tombol power. Yang perlu anda lakukan hanyalah dengan membuka ultrabook anda dan menutupnya jika anda ingin mematikannya. Cukup gampang bukan…J

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa sih perbedaan antara Laptop/notebook dengan ultrabook?

·   Ultrabook memiliki berat yang lebih ringan dengan ketebalan yang lebih tips. Bahkan jika ultrabook di bandingkan dengan netbook sekalipun, komputer jinjing ini tetap lebih ringan dan lebih tips. Ketebalan yang dimiilki oleh PC ini rata-rata dibawah 20 mm dan memiliki berat rata-rata sekitar 1.12 kg - 1.36 kg. Namun yang perlu untuk anda ketahui adalah bahwa tidak semua komputer mobile portable yang tipis & ringan termasuk kedalam kategori ultrabook, karena ada juga PC yang memiliki bentuk dan berat yang sama yang disebut dengan nama Ultrathin (saya akan membahasnya di artikel selanjutnya).

·   Dari segi kemampuan, ultrabook memiliki struktur hadware komputer yang mendukung penggunaan berbagai macam aplikasi komputer yang berat, seperti software komputer 3D dan grafis (namun tidak semuanya memiliki kemampuan yang sama tapi kebanyakan memiliki kemampuan tersebut). Karena memang pada dasarnya komputer ini didesain untuk mendekati atau sama dengan kemampuan dari PC desktop, seperti ultrabook Samsung 9 Series 900X3C-A05ID, ultrabook Lenovo ThinkPad T430u, ultrabook Toshiba Portege Z930, ultrabook Dell XPS 14, dan saya yakin masih banyak lagi produsen yang menawarkan ultrabook dengan kemampuan yang tinggi.

Namun tidak dapat kita pungkiri juga bahwa di pasaran sekarang ini sudah terdapat laptop/notebook yang juga didukung dengan peralatan dan sistem komputer yang juga mendukung penggunaan berbagai macam software komputer yang berat-berat, seperti notebook Acer Aspire E1-451G, notebook Toshiba Qosmio X775 3DV78, notebook ASUS G55VW-ES71, notebook Samsung S535U4X, notebook Lenovo Y580, notebook Apple MacBook Pro, notebook Dell XPS 15, notebook HP Envy 17-3270NR, dan masih banyak lagi.

·  Ultrabook dilengkapi dengan fitur Intant On, sedangkan laptop, neetbook, not book, tidak dilengkapi dengan fasilitas ini.

·   Daya tahan baterai yang dimiliki komputer ultrabook bisa dikatakan cukup lama 5 hingga 8 jam.

·  Baterai yang dimiliki oleh Ultrabook tidak dapat dilepas karena sudah menyatu dengan casing-nya atau istilah yang lebih kerennya adalah unibody.

·  Procesor yang digunakan untuk komputer mobile portable ini adalah merk Intel seri Core. Karena memang Intel-lah yang menjadi penggagas dan pencentus ide untuk membuat komputer yang lebih konvertibel untuk anda gunakan secara mobile. Sedangkan laptop atau notebook memiliki berat yang bisa mencapai 4 kilo-an.

·  Ukuran Layar berkisar antara 11–15 inchi. Hal ini tentu berbeda dengan laptop/notebook yang memiliki layar mulai 12-18 inchi.

·      Ultrabook biasanya tidak memiliki CD/DVD Drive, sehingga untuk mengatasi hal ini anda harus siap untuk membeli peripheral komputer tambahan yang berupa CD/DVD external. Sedangkan untuk laptop & notebook, anda tidak perlu harus membeli peralatan komputer tambahan seperti dvd drive external.

·    Sedangkan untuk faktor harga, saya rasa relatif. Karena cara pandang orang terhadap harga jual suatu produk tentu akan berbeda-beda….:)

Setelah anda membaca penjelasan singkat, perbedaan laptop,notebook, dengan ultrabook, serta spesifikasi umum yang biasanya akan anda temui pada komputer jinjing ultrabook. Kini saya akan mencoba berbai kepada anda tentang tips cara memilih ultrabook yang sesuai dengan kebutuhan anda…cekidot…


·      Tips Pertama


Jangan pernah membeli sebuah komputer ultrabook bekas atau second. Usahakan untuk selalu membeli komputer yang dalam kondisi baru gress.


·      Tips Kedua


Selalu ikuti perkembangan teknologi dari komputer personal ini dengan membaca aneka ultrabook review yang dapat anda temui di berbagai majalah teknologi atau dari internet seperti yang saat ini sedang anda lakukan…J. Diharapkan nantinya dengan membaca berbagai macam ulasan mengenai produk-produk terbaru dari ultrabook tersebut, anda dapat menentukan pilihan akan spesifikasi yang seperti apa yang anda cari.

Saat ini terdapat pilihan jenis Ultrabook generasi terbaru yang dapat memadukan dua fungsi yang berbeda, yaitu anda bisa menggunakannya sebagai mana layaknya sebuah laptop dan anda juga bisa menggunakannya sebagai mana layaknya sebuah tablet dengan fasilitas layar sentuh. Varian produk ini dapat anda temui antara lain pada: Acer Aspire P3, Microsoft Surface Pro yang mengusung sistem operasi windows 8, Samsung Ativ SmartPC, Asus Taichi yang didukung dengan processor Intel Ivy Bridge yang merupakan prosesor Intel Core i7 generasi ketiga, HP Envy X2 yang dilengkapi dengan layar  IPS HD Touch 11,6 inchi, Sony Vaio Duo Tab 20 yang dilengkapi dengan layar 20 inchi dan processor intel core i5, Lenovo IdeaPad Yoga yang menawarkan 2 varian yaitu dengan layar 11 inchi dan dengan layar 13 inchi serta Lenovo ThinkPad Twist yang dilengkapi dengan sistem operasi windows 8 dan menggunakan prosesor Intel Core i7 didukung dengan teknologi 3G optimal dengan layar 12.5 inchi, Dell XPS Duo 12 yang layarnya dapat anda putar sebesar 180 derajat, dan Toshiba Satellite U925T. Saya yakin masih banyak lagi yang lainnya yang tidak sempat saya cantumkan disini. Atau mungkin anda ingin menambahkannya? Silahkan menambahkannya di kolom komentar di bawah….:)


·      Tips Ketiga


Pilihlah ultrabook yang mampu memberikan kenyamanan kepada anda pada saat anda menggunakannya.  Jika anda membelinya melalui toko komputer yang ada di kota anda, usahakan untuk mencoba memengangnya dan mencobanya, sehingga anda akan dapat menemukan rasa “klik” terhadap produk yang anda pilih tersebut. Namun jika anda beli ultrabook melalui toko komputer online, perhatikan dengan baik seperti apa bentuknya, ukurannya, beratnya, fitur-fitur yang tersedia, ukuran layarnya, dan yang terpenting adalah seperti apa hardware komputernya.
          
  

·      Tips Keempat


Ultrabook dirancang untuk memudahkan anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas bisnis dan kantor. Salah satu hal yang paling penting saat anda menggunakan gadget anda untuk berbisnis dan bekerja adalah performa-nya. Anda tentu tidak akan menginginkan bisnis anda menjadi berantakan hanya karena komputer anda “lemot” dalam memproses data yang dibutuhkan dan saya rasa untuk keperluan bisnis dan bekerja anda bisa mencoba untuk mencari ultrabook premium seperti antara lain: ultrabook HP ZBook 15, ultrabook  Samsung Series 7 Ultra, ultrabook Sony VAIO Duo 13, ultrabook Asus seri Zenbook, ultrabook Samsung 9 series NP900X3E-A03US. Atau bagi anda anak muda yang doyan dengan “ngebut-ngebutan” di dunia maya anda mungkin bisa melihat HP Elitebook Folio 9470m yang dilengkapi dengan konektivitas 4G wireless WAN.

Dan satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya bagi keberhasilan bisnis anda, pilihlah ultrabook yang menurut anda memiliki penampilan dan bentuk yang paling menarik dan “cantik” tanpa mengabaikan performance-nya. Karena tidak dapat dipungkiri penampilan adalah salah satu penentu bagi keberhasilan bisnis dan pekerjaan anda (tentu saja tanpa melupakan kualitasnya..hehehe….)


·      Tips Kelima


Lihat kualitas dan daya tahan dari baterai ultrabook yang anda pilih tersebut. Karena seperti yang saya sudah jelaskan diatas, komputer ini dirancang untuk memenuhi tuntutan aktivitas anda yang saat ini semakin mobile dan menuntut perangkat komputer yang mampu memberikan dan mendukung aktivitas mobile anda.


·      Tips Keenam


Perhatikan seberapa besar kapasitas penyimpanan yang disediakan oleh ultrabook anda tersebut. Saat ini terdapat dua pilihan jenis media simpan yang ada, yaitu:

ü  Yang hanya menggunakan jenis SSD. Jenis ini mampu memberikan performa & daya tahan yang baik. Namun SSD sayangnya hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil. Bagi anda yang gemar dalam “mengkoleksi” berbagai macam file dan terutama file-file yang berukuran besar, agaknya media penyimpanan jenis ini akan menjadi kendala bagi anda.

ü Yang menggabungkan antara SSD + Hardisk (HDD). Jenis ini memungkinkan anda untuk dapat menyimpan aneka macam file (berukuran besar ataupun kecil) tanpa harus terlalu banyak “mengganggu” performance kerja yang diberikan oleh ultrabook anda. Ultrabook jenis ini juga dikenal dengan nama ultrabook hybrid.


·      Tips Ketujuh


Dan yang tak kalah pentingnya untuk anda perhatikan adalah kemampuan grafis dari ultrabook yang anda pilih tersebut. Bagi anda yang memiliki kecenderungan untuk menggunakan komputer anda sebagai tempat untuk menyalurkan hobi bermain game komputer atau gaming, saya rasa anda harus dapat memilih ultrabook yang memang men-support hobi anda tersebut. Dan juga bagi anda yang pekerjaannya berhubungan erat dengan menggambar (grafis) dan 3D, maka ultrabook dengan kemampuan grafis yang tinggi adalah sebuah keharusan.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyatakan bahwa ultrabook yang didukung dengan “chips grafik ganda” akan dapat memberikan performance grafis yang cukup baik untuk anda gunakan.


·      Tips Kedelapan


Tipis bukan alasan bagi anda untuk harus mengabaikan jumlah port yang tersedia di ultrabook anda tersebut, seperti contohnya port USB. Seperti yang kita ketahui bersama, port USB adalah salah satu “fasilitas” yang dapat berfungsi sebagai alat input komputer untuk menghubungkan perangkat komputer kita dengan aneka macam peripheral atau peralatan komputer dan alat input komputer lainnya yang kita butuhkan. Walaupun jika “fasilitas” port USB anda minim, anda masih bisa menggunakan port USB external.


·      Tips Kesembilan


Seperti yang sudah saya katakan diatas, harga adalah ukuran relatif bagi banyak orang. Ada orang yang mengatakan ultrabook dengan harga diatas 10 juta adalah murah namun ada juga yang orang yang mengatakan ultrabook dibawah 10 juta adalah yang murah. Apapun ukuran anda mengenai harga, saya hanya menyarankan kepada anda untuk tidak memaksakan diri untuk membeli sesuatu yang masih diluar budget anda, apalagi jika sebenarnya anda tidak begitu membutuhkan produk tersebut. So…bijak-bijaklah dalam berbelanja.


·      Tips Kesepuluh


Jika anda membeli sebuah produk elektronik baik offline maupun online, pastikan produk yang anda beli tersebut memiliki jaminan garansi resmi dari distributor atau pabrik tempat produk tersebut berasal. Hal ini akan lebih membantu anda manakala jika tiba-tiba produk yang anda beli tersebut mengalami kerusakan pada masa garansi masih berlaku. Anda tentunya akan lebih terbantu dengan fasilitas garansi resmi ini bukan?



Referensi: dari berbagai sumber…banyak banget sumbernya…jadi nggak bisa disebutin atu-atu….harap maklum… :)




Demikianlah seri artikel komputer kali ini tentang tips memilih ultrabook yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Saya harap artikel ini dapat membantu anda untuk menambah wawasan anda dalam memilih dan membeli produk yang anda cari. Jika ada koreksi atau kekurangan dalam artikel ini, anda bisa mengkoreksinya dan menambahkannya pada kotak kolom komentar dibawah. Sampai bertemu di  tips-tip selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

2 comments:

  1. kalau yang gue punya sih baru ultrabook dell xps 13 tuh, performanya keren, cepet, dan layarnya juga mantap pas buat orang supersibuk kayak gue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims gan atas kunjungannya dan komentnya...moga jadi tambahan referensi buat yang baca artikel ini...:)

      Delete

Share This Article