Tips Memilih Laptop Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Anda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Tip kali ini akan membahas tentang kiat bagaimana cara memilih kriteria laptop asli baru yang tepat dan bagus berdasarkan atas kebutuhan anda serta berkualitas terbaik & awet untuk anda para profesional, mahasiswa, pelajar, ataupun anak kesayangan anda. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah berbagi kepada anda tentang tips memilih komputer desktop. Silahkan di simak artikel komputer berikut ini…

Laptop adalah pilihan utama bagi mereka yang memiliki aktivitas mobile yang cukup tinggi. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya jika mereka harus membawa komputer desktop mereka kesana kemari untuk men-support aktivitas mereka, akan cukup merepotkan bukan? Dengan menggunakan komputer laptop portable anda cukup memasukkannya kedalam tas laptop anda dan ready to go and work! Perkembangan teknologi yang ada sekarang ini sudah semakin meningkatkan performa kinerja dari komputer laptop itu sendiri. Ada begitu banyak produk laptop terbaru yang diperkenalkan kepada pasar hampir setiap tahunnya.

Anda tentu mengenal brand/merk-merk terkenal dari pemain besar di bidang ini, seperti laptop asus, laptop acer, laptop Samsung, laptop Toshiba, laptop Dell, dan yang terakhir pasar komputer laptop diramaikan dengan di perkenalkanya laptop Lenovo, atau anda juga bisa memilih berbagai macam produk laptop lokal yang juga sudah memiliki kualitas yang baik. Yang kesemua dari produk-produk dengan brand ternama tersebut menawarkan berbagai spesifikasi dan kecanggihan fitur-fitur yang memiliki kelebihan dan kelemahan antara satu dengan yang lainnya.

Namun disini saya tidak akan membicarakan merk atau brand dari laptop, tapi saya lebih membahas tentang tips membeli laptop yang paling sesuai dengan jenis aktivitas dan kebutuhan anda (secara umum). Oya…saya hampir lupa, saya yakin pasti masih banyak diantara kita yang belum begitu memahami dengan jelas apa sih perbedaan antara laptop dan notebook. Berikut saya coba jelaskan sedikit:

·    Laptop adalah Personal Computer yang memiliki fungsi yang sama dengan desktop. Kelebihan yang dimiliki oleh komputer laptop ini adalah kemampuannya untuk digunakan dimana saja atau dengan kata lain laptop portable. Kelebihannya yang kedua adalah laptop memiliki perangkat-perangkat komputer yang compatible dengan hardware komputer yang lainnya, dan komputer laptop juga dilengkapi dengan fasilitas CD/DVD Room.

Kekurangan dari laptop adalah komputer portable ini lumayan cukup berat sekitar 3-4 kg. Dan konsumsi baterainya relatif lebih cepat habis. Namun untuk kehandalan sistem komputer dari komputer laptop terbaru bisa dikatakan sudah tidak kalah dengan komputer desktop.

·     Notebook adalah personal komputer yang memiliki fungsi yang sama dengan laptop. Hanya saja note book memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh komputer laptop portable, yaitu komputer ini mudah untuk digunakan, daya tahan baterainya lebih lama, dan berat dari note book tergolong cukup ringan jika dibandingkan dengan laptop.


Saya harap penjelasan mengenai perbedaan antara laptop dengan note book sudah cukup jelas. Sekarang kita akan memasuki bagian ini dari artikel komputer ini, so…silahkan disimak tip berikut ini…cekidot…


Tips 1.  Berfikir Ke Depan


Ini hal pertama yang biasanya saya lakukan sebelum membeli laptop. Sebaiknya anda selalu berfikir terlebih dahulu mengenai fungsi komputer seperti apa yang ada butuhkan nantinya, apakah laptop yang hanya sekedar untuk mengoperasikan sistem aplikasi komputer yang ringan seperti windows, atau beli laptop yang mampu menjalankan berbagai macam jenis software komputer yang anda butuhkan seperti design grafis, 3D dan game komputer (seperti laptop asus G745S yang memiliki hardware komputer yang compatible untuk gaming), atau yang lainnya.

Dan yang terpenting yang harus anda lihat adalah seperti sistem komputer laptop anda dan seperti sistem operasi komputer yang anda butuhkan, apakah windows, manchitos, atau OS lainnya. Oya...ada satu hal penting yang harus saya tekankan disini adalah bahwa saya tidak menganjurkan anda untuk membeli laptop bekas atau second, kenapa? Karena laptop keluaran baru juga memiliki harga yang sudah terjangkau kok...so..untuk apa anda harus membeli laptop seken???


Tips 2.  Hitung Budget Yang Anda miliki


Setelah anda sudah dapat menentukan untuk beli laptop yang seperti apa, kini saatnya anda untuk melihat seberapa besar dana yang anda siapkan untuk mewujudkan keinginan dan kebutuhan anda tersebut. Dan yang terpenting, jika dana untuk beli laptop tersebut ternyata masih kurang, lihat apakah anda bisa men-substitusi laptop yang anda pilih tersebut dengan laptop murah berkualitas yang lainnya seperti laptop asus K43U-VX070D yang sudah cukup untuk membantu aktivitas komputer anda sehari-hari atau laptop toshiba satelite C640D-1075U yang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan minimal anda untuk menjalankan macam-macam software komputer desain grafis.

Namun tentu saja jika budget dana anda cukup, kenapa tidak anda mewujudkan impian anda untuk membeli laptop model terbaru yang mampu menjalankan berbagai aplikasi komputer yang anda butuhkan dengan dukungan hardware komputer yang handal di dalamnya. Saran saya, rajin-rajinlah untuk melihat daftar harga laptop terlebih dahulu dan bandingkan antara komputer laptop yang satu dengan yang lainnya yang sesuai dengan struktur komputer yang anda tentukan.


Tips 3. Tentukan Seberapa Besar Layar Monitor Komputer Laptop Anda


Hal ini sering diabaikan oleh sebagian besar orang. namun bagi anda yang menyukai keleluasaan, ukuran dari sebuah layar monitor laptop akan memiliki pengaruh yang besar terhadap kenyamanan anda dalam beraktivitas menggunakannya. Hal-hal yang perlu untuk anda perhatikan dalam memilih layar monitor komputer anda adalah sebagai berikut:

  • Kemudahan Dalam Hal Mobile 


Laptop yang memiliki layar besar misalnya 17 inchi, tentu akan memiliki bentuk yang lebih besar dan lebih berat. Jika aktivitas anda lebih banyak mobile dan membutuhkan komputer laptop yang portable untuk anda bawa kesana kemari, sebaiknya anda memilih ukuran monitor laptop yang lebih kecil, misal 15 inchi.

  • Ketajaman Gambar 


Ketajaman sebuah gambar akan sangat dipengaruhi oleh besaran nilai resolusi monitor komputer yang dihasilkan. Tentu saja laptop dengan ukuran layar monitor yang lebih besar (17-18 inchi) akan bisa menghasilkan resolusi gambar yang lebih besar juga. Bagi anda yang menjadikan fungsi komputer laptop anda sebagai alat untuk menonton film atau main game komputer, monitor yang besar adalah sebuah pilihan. Namun bagi anda yang menggunakan komputer laptop anda untuk mendukung aktivitas bisnis anda, monitor yang lebih kecil akan lebih bermanfaat bagi anda ( tapi jangan terlalu kecil ya, misal 14-15 inchi…biar mata nggak cape’ kalau kerja lama….). 

  • Lihat Aspek Rasionya 

Untuk produk laptop terbaru sekarang ini biasanya selalu dilengkapi dengan multimedia viewing dengan rasio wide screen. Jika anda seorang pebisnis dengan aktivitas mobile yang tinggi, laptop dengan aspek ratio 16 to 9 agaknya kurang tepat untuk anda gunakan. Karena yang perlu anda ketahui adalah semakin besar aspek ratio PC laptop anda, maka akan semakin besar juga ukuran layar monitornya. Namun lain halnya dengan anda yang menggunakan PC laptop anda untuk keperluan multimedia dan game. Ukuran aspek ratio 16 to 9 akan sangat membantu kepuasan anda. 

  • Konsumsi Battery 


Layar monitor yang lebih besar tentu saja akan membutuhkan daya yang lebih besar juga, misal layar monitor laptop dengan ukuran 17 inchi akan mengkonsumsi baterai sebanyak 90 watt. Dan monitor komputer laptop berukuran 15 inchi akan membutuhkan daya sebesar 65 watt.



Tips 4. Tentukan Hardware Komputer dan Peralatan Komputer Laptop Yang Anda Pilih


Bagi anda yang menyukai game komputer, agaknya anda perlu betul-betul melihat secara teliti hardware komputer laptop yang dipasang didalamnya. Seperti misalnya untuk Processor AMD athlon II 64 X2 245 2.8 GHz yang dilengkapi dengan memori sebesar 2GB, dan dengan harddisk minimal 320 GB atau kalau bisa minimal kapasitas hardisk sebesar 500 GB, serta monitor lcd 17-21 inchi,  sudah cukup baik untuk memenuhi hobi main game anda. Atau anda bisa melihat minimum reqruitment hardware laptop yang dibutuhkan sebagai berikut yang saya re-write dari http://iky55.blogspot.com:

Minimum System Requirements: 

Windows XP SP3, Vista SP2, 7 ; Intel Pentium IV 2.4ghz or equivalent procesor ; 1GB RAM; directx 9.0c compatible video card. 128MB Pixel Shader 3.0 (VGA NVIDIA geforce 6600 or AMD  ATI Radeon x1300 video card) 

Recommended system requirements:

Windows XP SP3, Vista SP2, 7; Intel Core2 Duo 2.0ghz or equivalent prosesor; 2GB RAM; directx 9.0c compatible video card. 512MB Pixel Shader 3.0 (VGA NVIDIA geforce 7900 or AMD ATI Radeon HD2600 or better)

Atau

OS: Windows XP/Vista/7 Processor: Intel Pentium 4 @ 2.4 ghz / AMD Athlon XP 2500+ Memory: 1 Gb Hard Drive: 8 Gb free Video Memory: 256 Mb Video Card: 3.0

 



Tips 5.      Perhatikan Daya Tahan Battery Laptop Anda


Bagi anda yang menggunakan laptop untuk aktivitas mobile yang tinggi, maka daya tahan sebuah baterai laptop akan menjadi sebuah keharusan bagi anda. Biasanya toko laptop pasti akan memajang spesifikasi hardware laptop dan sistem komputer yang ditanamkan didalam komputer laptop yang mereka jual pada brosur. Perhatikan dengan seksama brosur tersebut dan lihat apakah minimum system reqruitment yang anda butuhkan sudah tercantum disana?

Oya..sedikit tambahan, supaya computer laptop anda tetap awet & dingin...anda bisa menambahkan accesoris atau aksesoris laptop berupa cooling pad atau coling fan. Model dari kipas external laptop ini ada yang berbentuk meja atau yang biasa disebut dengan nama laptop stand, biasanya sih ada banyak warna dan bentuk yang bisa anda pilih. Ada juga yang hanya berbentuk tatakan. Fungsi dari cooling fan ini adalah untuk menjaga temperatur suhu laptop anda untuk tetap stabil saat anda menggunakannya untuk waktu yang lama. Jika di toko komputer di kota anda tidak ada yang jual, anda bisa membelinya di toko komputer laptop online kepercayaan anda...:) 

 



Tips 6.    Garansi


Baik anda membeli laptop melalui toko laptop offline atau toko laptop online, perhatikan dengan betul apakah toko komputer tersebut menyediakan fasilitas garansi resmi atau tidak. Dan perhatikan apakah ada service center di kota anda atau tidak atas produk laptop yang anda beli tersebut.

 




Sekian artikel komputer kali ini tentang cara memilih laptop dan tips membeli laptop yang tepat dan benar serta terbaik dan syukur kalau harganya murah atau termurah dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi anda...:). Anda juga bisa membaca tentang cara memilih komputer tablets android yang baik, di artikel selanjutnya.

Semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah wawasan anda dalam menentukan keputusan untuk memilih laptop yang baik dan tepat bagi anda. Sampai bertemu di artikel tip dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

8 comments:

  1. makasih banyak atas informasinya mas, jadi makin tau tentang laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2...terima kasih atas kunjungannya dan komentnya..:)

      Delete
  2. Replies
    1. Sama2..terima kasih atas kunjungannya di artikel cara memilih laptop yang baik dan terima kasih atas komentarnya...:)

      Delete
  3. Pengen beli laptop gan ... bingung cari yg kuat untuk segala aktifitas ... dan harga ekonomis...
    Boleh langsung tanya yg pantas leptop ap ya ... yg sekitar 4jt ke bawah

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin agan bisa cek perkembangan harga lapto yang up to date di berbagai toko online yang ada

      Delete
  4. Kak.., laptop yg pas untuk ngejalanin bisnis toko online apa yah..??? Lagi nyari nih bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. minimal core i3...tapi sebenarnya apa saja bisa...yang penting koneksi internet bagus dan gunakan pendingin atau kipas tambahan saat menggunakannya..karena tentunya penggunaannya akan lama bukan?

      Delete

Share This Article