Tip Memilih Desktop Komputer


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blospot.com. Artikel ini masih merupakan seri dari artikel tip sebelumnya yaitu Tips memilih PC. Di artikel gadget komputer yang kedua ini, saya akan berbagi kepada anda tentang tips cara memilih komputer desktop atau jika anda asing dengan istilah ini, anda pasti mengetahui komputer yang menggunakan CPU dan biasanya diletakkan bersama dengan meja komputer…nah…itu yang namanya komputer desktop….:)

Jika anda sudah menentukan pilihan untuk membeli dan menggunakan komputer desktop baik yang komputer rakitan maupun computer built-up, ada baiknya mencari referensi terlebih dahulu mengenai struktur komputer yang anda butuhkan untuk dapat menunjang aktivitas anda. Anda bisa mencari referensi tentang komputer tersebut melalui teman, saudara, atau dengan membaca artikel komputer yang ada di internet, seperti yang anda lakukan saat ini…:)

Tidak hanya itu, anda juga harus mengenali macam-macam komputer desktop yang tersedia di pasar saat ini, harga computer, alat-alat komputer, perangkat-perangkat komputer yang anda butuhkan, hardware komputer apa saja yang akan anda gunakan, dan apakah anda juga ingin untuk menambah peralatan komputer anda dengan menggunakan peripheral komputer dan aksesoris komputer yang saat ini tersedia banyak di pasaran. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah anda juga harus mencari dimana anda akan membeli atau toko komputer mana yang anda rasa baik dan bisa anda percayai untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan anda tentang komputer desktop yang anda cari.

Berbicara tentang memilih hardware komputer desktop dan sistem komputer yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas anda, ada baiknya jika anda membaca artikel tip langkah-langkah dalam memilih komputer desktop berikut ini:


Tips Pertama


Sebelum anda melihat tentang hardware komputer dan accessories komputer desktop yang anda pilih, ada baiknya jika anda berfikir dan merenung sejenak mengenai seperti apa sistem operasi komputer yang akan anda gunakan. Saat ini sistem operasi komputer yang cukup terkenal adalah sistem komputer windows dan sistem komputer mancitosh.

Jika anda menginginkan harga sistem operasi komputer yang terjangkau oleh budget anda namun sistem komputer tersebut tetap dapat memberikan keandalan dan kecepatan pada saat digunakan, anda bisa memilih sistem operasi komputer windows.


Tips Kedua


Hal yang kedua yang harus anda lakukan saat membeli komputer desktop adalah jangan pernah membeli komputer hanya berdasarkan atas harga paket komputer yang murah dibandingkan dengan harga komputer lainnya. Pilihlah desktop komputer berdasarkan atas fungsi komputer tersebut, komponen hadware komputer yang ada, hingga ke sistem aplikasi komputer yang disediakan.



Tips Ketiga



 Hal yang ketiga yang harus anda lakukan adalah melihat hardware komputer RAM anda. RAM merupakan salah satu komponen terpenting dalam sistem komputer anda. RAM sendiri bertugas sebagai penyimpan data dalam jangka pendek atau bisa dikatakan sebagai penyimpan memori yang nantinya akan digunakan untuk menjalankan berbagai macam sistem aplikasi komputer termasuk segala macam-macam software yang anda miliki. Fungsinya sama seperti hardware komputer processor anda.

Di masa sekarang ini komputer-komputer keluaran terbaru sudah mulai dilengkapi dengan ukuran RAM 1 GB. Semakin besar ukuran hadware komputer RAM anda, maka akan semakin cepat pula komputer anda dalam menjalankan berbagai macam aplikasi komputer yang ada. Bagi anda yang senang dengan game komputer, ada baiknya anda memilih komputer desktop yang memiliki ukuran RAM yang besar.


Tips Keempat


Langkah yang keempat adalah sebisa mungkin pilihlah desktop komputer yang dilengkapi dengan BUS yang memiliki 2 macam koneksi, yaitu USB dan firewire. Hal ini akan memudahkan anda dalam hal menghubungkan komputer anda dengan berbagai macam peripheral komputer yang anda butuhkan. Seperti PDA, kamera digital, printer, scanner, camcorder, handycam, dan peralatan sound audio lainnya yang mungkin anda butuhkan.


Tips Kelima


Langkah yang kelima, lihat apakah komputer desktop yang anda pilih sudah dilengkapi dengan drive seperti DVD RW. Peralatan komputer yang satu ini akan memudahkan anda dalam hal menjalankan CD atau DVD atau bahkan dalam meng-copy file kedalam CD/DVD. Meskipun sekarang ini kecenderungan orang untuk menyimpan file komputer kedalam flashdisk, namun tidak ada salahnya jika anda juga tetap melengkapi komputer anda dengan perangkat komputer yang satu ini.


Tips Keenam


Langkah yang keenam, pilihlah komputer yang menawarkan jenis VGA (kartu grafis) dan Sound Card (kartu suara) yang memiliki kualitas tinggi. Karena kecenderungan program sistem aplikasi komputer dewasa ini membutuhkan kualitas dan spek VGA yang tinggi untuk dapat menjalankan program aplikasi komputer tersebut.


Tips Ketujuh


Langkah yang ketujuh, beli komputer harus juga melihat jenis dan merk dari processor yang ditanamkan didalamnya. Prosesor sendiri adalah merupakan hardware komputer yang berperan penting dalam “berfikir”. Di samping ukuran RAM yang besar, ukuran processor juga akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan komputer anda dalam menjalankan berbagai macam aplikasi komputer yang anda miliki atau game komputer yang anda sukai. Ukuran kecepatan sebuah processor dalam satuan gigahertz (Ghz).


Tips Kedelapan


Langkah yang kedelapan, pilihlah komputer dengan jenis harddisk yang memiliki kualitas yang baik dan memiliki ukuran penyimpanan yang besar. Hal ini sangat penting untuk anda lakukan karena kecenderungan program-program komputer yang ada sekarang ini meminta lebih banyak ruang penyimpanan untuk menyimpan dan menjalankan program komputer tersebut. Ukuran harddisk 250Gb sudah menjadi hal yang lumrah untuk anda temui dalam computer built-up.


Tips Kesembilan


Langkah yang kesembilan adalah pilihlah komputer desktop yang masih memungkinkan anda untuk melakukan upgrade terhadap hardware komputer dan peralatan komputer lainnya di masa mendatang untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi komputer dan memenuhi beban tugas yang semakin kompleks dan besar di masa-masa mendatang.


(Referensi: dari berbagai sumber)



Sampai disini artikel komputer kali tentang tips cara memilih komputer desktop. Saya berharap artikel info komputer ini dapat menambah wawasan anda dalam memilih komputer desktop yang anda butuhkan, kuat, terbaik, dan awet, sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang anda tetapkan, dan syukur kalau termurah dan berkualitas....:). Anda juga bisa membaca tentang tip memilih laptop di artikel selanjutnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article