Notebook dan Tips Cara Memilih Yang Terbaik dan Tepat Sesuai Dengan Kebutuhan Anda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Tip Kali ini masih membahas tentang seputar artikel komputer dengan tema kali ini adalah tips memilih komputer notebook terbaik dan bagaimana cara membeli note book yang bijak. Setelah di artikel yang sebelumnya kita sudah membahas tentang tips memilih laptop. So..silahkan disimak introduction berikut ini

Sebelum kita memasuki inti dari artikel ini, saya rasa ada baiknya jika saya menjelaskan sedikit tentang pengertian notebook. Sebab saya yakin masih banyak orang yang belum begitu memahami dengan benar perbedaan yang ada antara laptop, note book, dan netbook. Notebook adalah pengembangan personal komputer lebih lanjut dari laptop untuk menjawab tantangan jaman yang dimana orang membutuhkan perangkat komputer yang lebih mudah untuk mereka bawa kemana-mana (tidak seberat dan serumit jika harus membawa desktop komputer…hehehe…).

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup mendasar antara laptop dan notebook dewasa ini. Laptop dibuat untuk menjawab kebutuhan orang yang membutuhkan sebuah PC yang portable. Sedangkan notebook dibuat untuk menjawab kebutuhan akan sebuah personal computer yang mobile portable, artinya notebook memang di desain untuk kebutuhan orang yang memiliki aktivitas mobile yang tinggi dan membutuhkan peralatan komputer yang mampu membantu aktivitas mereka di luar ruangan.

Di periode yang lalu, notebook memang memiliki fitur yang lebih kurang jika dibandingkan dengan laptop yang memiliki fitur yang hampir menyamai komputer desktop seperti CD-Room, Floppy Disk, ukuran layar lebih besar dari notebook, dan harga lebih mahal dari komputer notebook sedangkan harga notebook murah, karena memang sejatinya laptop adalah desktop portable.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi komputer sekarang ini, penggunaan nama “Laptop” mulai jarang digunakan oleh orang. Karena hampir sulit ditemukan perbedaan diantara laptop dan notebook, hal yang satu-satunya masih bisa kita bedakan adalah pada ukuran dan beratnya. Dan hal yang membedakan yang kedua adalah tergantung bagaimana toko komputer anda menyebutnya apakah “Laptop” atau Notebook”…hehehe….

So..berhentilah untuk mempermasalahkan nama antara laptop atau note book, lebih baik anda fokus kepada seperti apa struktur komputer yang ada di dalamnya. Yang masih jelas perbedaannya adalah antara notebook dan netbook, saya akan membahas mengenai netbook pada artikel selanjutnya.

Saya yakin anda sudah cukup memahami pengertian dari notebook itu sendiri, sekarang saya akan mengajak anda untuk memasuki inti dari artikel komputer kali ini yaitu bagaimana panduan kiat & cara memilih notebook dengan kriteria terbaik yang bisa menjawab kebutuhan aktivitas kerja/sekolah anda…cekidot…


Tips 1 : Tentukan seperti apa fungsi komputer notebook anda nantinya


Ada begitu banyak alasan kenapa anda harus beli notebook. Salah satu diantaranya adalah untuk menjawab tantangan tugas dan kerja anda yang menuntut lebih “mobile” dan “flexible”. Namun tugas dan pekerjaan setiap orang tentu berbeda-beda, ada orang yang setiap hari selalu berhubungan dengan software komputer yang berat seperti 3D, grafis, dll. Namun ada juga orang yang pekerjaanya demikian sibuknya sehingga membutuhkan komputer yang mampu “mobile” dan memiliki performance yang baik dalam hal kinerja sistem komputer di dalamnya, misal untuk keperluan presentasi mereka, dll. Namun ada juga orang yang hanya membutuhkan notebook untuk keperluan ngetik mengetik yang selalu berhubungan dengan sistem aplikasi office.

Nah dari sekian tipe pekerjaan orang diatas, termasuk yang manakah anda? Jika anda termasuk kedalam tipe orang yang pertama, tentu komputer notebook yang anda butuhkan bukanlah sembarang komputer. Sebab untuk memiliki sebuah notebook yang mampu menjalankan aplikasi komputer yang berat seperti 3D, Grafis, editing video, rendener, atau untuk main game atau gaming, tentu saja anda membutuhkan sebuah notebook dengan hardware komputer yang mumpuni di kelasnya dan tentu saja harga notebook tersebut akan lumayan mahal. Saya rasa notebook Asus G750JW yang dilengkapi dengan hardware komputer antara lain Intel Core i7 4700HQ & NVIDIA GeForce GTX 765M, cukup mumpuni untuk 3D dan grafis. Atau anda juga bisa melihat notebook Acer Aspire V3-772G-747A321 yang dilengkapi dengan hardware komputer seperti Intel Core i7 4702MQ & NVIDIA GeForce GTX 760M.

Namun jika anda termasuk kedalam orang tipe kedua yang membutuhkan notebook untuk keperluan bisnis, saya rasa anda bisa melihat notebook Sony Vaio Duo 11, MacBook Pro with Retina Display, HP Pavilion 14 Chromebook, Dell Inspiron 15z, Samsung Series 9 NP900X3D, Lenovo ThinkPad X1 Carbon Touch, Acer Aspire S7, Toshiba Satellite U940, Asus VivoBook S400C, dan Panasonic Toughbook CF-19.

Dan jika anda termasuk kedalam tipe orang yang ketiga, yang hanya membutuhkan notebook untuk keperluan tugas sekolah atau hanya sekedar menjalankan aplikasi komputer office atau tugas sekolah lainnya, saya rasa anda bisa membeli notebook dengan harga yang lebih murah berkualitas dengan rentang harga sekitar 2 – 4 jutaan, seperti notebook acer aspire one D257, notebook asus EeePC X101CH, dan Axioo Neon BNE.023…atau anda bisa melihat type dan merk yang lainnya.


Tips 2 :    Harga


Harga notebook adalah faktor dominan yang akan menentukan keputusan akhir bagi banyak orang. Namun disini saya hanya menyarankan jika kebutuhan aktivitas pekerjaan/tugas anda tergolong membutuhkan software dan aplikasi yang berat, sebaiknya anda jangan pernah membeli notebook harga murah. Namun jika kebutuhan anda hanya untuk aktivitas yang ringan, maka melihat daftar harga notebook murah adalah tempat yang tepat guna untuk mencarinya. Tapi secara umum, sebelum anda membeli sebuah notebook, usahakan untuk selalu melihat harga notebook terbaru. Sebab fitur-fitur dari notebook baru pasti lebih lengkap daripada yang lama. Syukur-syukur kalai lagi ada promo notebook, pasti lebih murah harganya dari harga normal.


Tips 3:   Notebook second????


Jika bisa dan sebisa mugkin hindari untuk membeli notebook second atau notebook bekas, karena membeli sebuah komputer akan sangat berbeda dari saat anda membeli motor atau mobil bekas. Lebih tepatnya anda akan untung-untungan saat membeli komputer notebook bekas. Dan lagi pula sekarang ini banyaknya harga notebook terbaru yang murah, dan juga sudah banyak toko komputer baik online maupun offline yang menyediakan fasilitas kredit notebook. So…kenapa harus beli yang bekas?


Tips 4: Lihat Processornya


Prosesor komputer adalah otak dari notebook anda, jadi jika anda membutuhkan sebuah komputer dengan kemampuan grafis & multimedia yang baik anda bisa melihat notebook yang dilengkapi dengan processor Intel Core Seri i atau processor AMD seri Phenom dan Opteron.

Namun jika anda membutuhkan komputer portable hanya untuk tugas sekolah, anda bisa melirik note book yang dilengkapi dengan processor seperti Intel seri Dual-Core atau AMD seri ATHLON.


Tips 5: Tentukan Ukuran Memory-nya


Ukuran memory sebuah komputer akan mempengaruhi tinggi rendahnya kecepatan performa kerja dari notebook anda. Jika anda membutuhkan sebuah notebook dengan performance kinerja yang tinggi maka anda bisa mencari notebook yang dilengkapi dengan memori minimal 4-8 GB. Sedangkan memori standar yang biasa digunakan saat ini berukuran 1 GB.


Tips 6:  Perhatikan Daya Tahan Baterainya


Prinsip utama yang membedakan antara desktop dengan notebook/laptop adalah terletak kepada sumber daya listriknya. Desktop tidak memiliki baterai sehingga jika mati lampu anda harus menggunakan UPS untuk “mengamankan” semua file anda yang belum tersimpan. Sedangkan notebook dilengkapi dengan sebuah baterai notebook yang memungkinkan anda untuk menjalankan komputer anda selama 2-3 jam tanpa terhubung dengan arus listrik rumah.

Jika aktivitas mobile anda tinggi, anda mungkin bisa melihat jenis notebook yang memiliki daya tahan baterai yang lumayan lama sekitar 8 jam, seperti notebook seri Acer Timeline.


Tips 7: Tentukan Ukuran Layar Notebook Anda


Layar komputer adalah “jendela” bagi anda. Ukuran layar standar adalah 14 inchi. Tapi sekarang ukuran layar dengan model “wide screen” lebih popular di kalangan masyarakat. Hal yang perlu anda ketahui disini adalah semakin lebar ukuran layar komputer anda maka resolusi yang dihasilkan juga akan semakin tinggi dan semakin tinggi resolusi yang dihasilkan maka konsumsi daya energi juga akan semakin besar.


Tips 8: Perhatikan Kapasitas Hardisknya


Hardisk notebook berfungsi untuk menyimpan file-file data anda. Kapasitas minimum sebuah hardisk adalah sebesar 160 Gb. Namun jika anda membutuhkan komputer note book yang mampu menjalankan software komputer yang berat seperti 3D, dll, kapasitas hardisk notebook minimum yang anda pilih adalah 500Gb..syukur-syukur kalau anda memiliki notebook dengan kapasitas hardisk 1 TB…J


Tips 9:  Apakah Anda Perlu Notebook Dengan Optical Disk Drive?


Optical disk drive adalah peralatan komputer yang digunakan untuk memutar cd/dvd. Tanyakan kepada diri anda sendri apakah anda membutuhkan notebook yang dilengkapi dengan peralatan ini? Untuk anda ketahui, jika notebook anda tidak dilengkapi dengan optical disk drive, anda bisa membeli dan menggunakan optical disk drive external.


Tips 10:  Perhatikan Fitur Koneksitas Yang Tersedia Pada Notebook Pilihan Anda


Fitur koneksitas yang ada pada notebook seperti Port USB, Bluetooth, Port LAN, WiFi. Koneksitas ini akan menjadi penting manakala anda membutuhkan peripheral komputer atau hardware tambahan untuk menyelesaikan tugas/pekerjaan anda. Peripheral komputer itu seperti antara lain optical disk drive external, hardisk external, printer, scanner, dll.


Tips 11:  Lihat Sistem Operasi Komputer Notebooknya


Yang perlu untuk anda ketahui adalah ada beberapa notebook yang tersedia di pasaran yang dijual tanpa dilengkapi dengan operasi sistem komputernya alias dijual secara terpisah. Jika anda menginginkan sistem operasi komputer yang mudah dijalankan sebaiknya anda memilih notebook yang dilengkapi atau support dengan sistem operasi OS windows.


Tips 12:  Garansi


Saya tidak pernah berhenti untuk mengingatkan tentang arti penting dari sebuah garansi untuk produk elektronik. Garansi adalah penting artinya bagi produk notebook yang anda beli, contohnya jika notebook anda mengalami kerusakan dan tiba-tiba harus mengganti sparepart notebook padahal baru 1 minggu dibeli…nah peran garansi resmi disini sangat penting. Jika tidak ada garansi resmi, anda terpaksa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk memperbaikinya. Baca atau tanyakan dengan baik mengenai jenis garansi resmi apa saja yang diberikan oleh toko komputer anda, baik toko komputer online maupun offline. Ingat ya GARANSI RESMI!!!


(referensi: dari berbagai sumber)


Sekian seri artikel komputer kali ini tentang tips membeli notebook. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memilih dan beli notebook terbaik sesuai dengan kebutuhan anda. Oya...jika anda ingin agar notebook anda lebih awet, and bisa membeli accessories komputer yang berupa cooler..itu lho..meja kipas untuk laptop dan notebook. Anda juga bisa membaca tentang tips memilih komputer tablets di artikel lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com 

No comments:

Post a Comment

Share This Article