Istilah Kamera Video Digital Camcorder Handycam Yang Perlu Anda Pahami


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Di artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk lebih memahami berbagai macam istilah-istilah yang ada di dalam kamera video digital camcorder handicam anda. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk memahami berbagai macam istilah pada kamera digital. Anda juga dapat membaca artikel tentang tips cara memilih camcoder/handicam yang tepat bagi anda




Aperture

Adalah merupakan fitur pada kamera video digital camcorder anda yang merepresentasikan kepada bukaan yang dapat anda atur untuk dapat mengendalikan banyaknya intensitas cahaya yang bisa melewati lensa handicam dan menuju ke arah sensor yang ada di baliknya.



Shutter

Merupakan kontrol elektronik yang akan berpengaruh kepada lamanya scanning terhadap sebuah gambar. Yang perlu untuk anda ketahui adalah semakin lambat shutterspeed camcorder anda maka akan semakin besar juga nilai aperture handicam anda, dan begitu juga dengan kebalikannya.



Zoom

Adalah merupakan sebuah fitur pada handycam yang dapat anda gunakan untuk melihat obyek secara lebih dekat dengan cara mengubah panjang fokus pada lensa camcorder anda. Pada kamera video digital, anda bisa melakukan zoom dengan menggunakan fitur digital zoom. Namun anda harus cukup bijaksana untuk menggunakan fitur ini karena digital zoom akan dapat mengakibatkan penurunan dari mutu video dan memungkinkan untuk tampilnya pixel pada video anda.



Auto Focus

Adalah merupakan sebuah fitur pada camcorder yang akan dapat menterjemahkan jarak terhadap obyek utama dan obyek lainnya serta menjaga ketajaman gambar dari obyek-obyek tersebut.




Diferential Focusing

Adalah sebuah teknik perekaman video, dimana anda menempatkan fokus pada suatu bagian dari scene dan lalu berpindah ke bagian yang lainnya dari scene tersebut. Metode ini biasanya akan memberikan hasil yang paling baik jika anda menerapkannya dengan menggunakan mode manual focusing.




Wipe

Adalah merupakan sebuah istilah yang menjelaskan tentang sebuah gambar baru yang sedang bergerak melewati frame dalam berbagai bentuk dan arah yang berfungsi untuk menggantikan gambar lama. Dengan kata lain menggantikan gambar baru dengan gambar yang lama dalam sebuah frame.




Assemble Editing

Adalah sebuah istilah yang menjelaskan tentang proses pemilihan rekaman/gambar yang terdapat di dalam sebuah master tape dan kemudian memindahkannya ke blank tape dengan urutan film/gambar yang benar atau berurutan.



White Balance

Adalah sebuah fitur pada kamera video digital camcorder/handycam yang berfungsi untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki untuk menyesuaikan dengan intensitas cahaya putih. Untuk camcorder umum, fitur white balance ini biasanya berfungsi secara otomatis. Namun untuk kamera video digital dengan tingkatan yang lebih tinggi/professional, fitur ini dapat diatur secara manual.



Audio Dub

Adalah sebuah teknik audio yang bertujuan untuk mengganti suara asli dengan suara lainnya tanpa harus menghapus atau merusak dari videonya. Teknik ini lebih sering anda kenal dengan nama dubling.




HI-F

Adalah merupakan sebuah sistem perekam suara pada kamera video digital yang menggunakan jenis pengaturan head yang sama seperti pada perekaman video. Namun yang perlu anda ketahui disini adalah perekaman suara/audio tersebut tidak dapat anda overdub di tape yang sama.




Strobe

Adalah suatu teknik perekaman video, dimana obyek gambar hanya akan ditangkap dalam beberapa frame saja dan kemudian di “freeze” dalam waktu yang singkat. Teknik ini dapat anda gunakan untuk menciptakan efek film atau slide-slow yang mampu bergerak cepat dengan tidak mempengaruhi audio film anda.



Backlighting

Adalah istilah yang menjelaskan tentang sebuah sumber cahaya yang berada di belakang obyek yang sedang atau akan anda rekam




Backlight Control

Adalah merupakan sebuah tombol switch yang ada pada camcorder anda yang berfungsi untuk meningkatkan nilai aperture handycam anda secara otomatis untuk mencegah obyek gambar menjadi underexposed apabila obyek gambar anda terkena backlight.




Posterization

Adalah sebuah tehnik video digital yang berguna untuk memanipulasi gambar secara elektronik untuk mengurangi gradasi warna dan menciptakan efek poster atau cat. Teknik ini sering juga dikenal dengan nama efek MTV.



CCD

CCD adalah singkatan dari Charged Coupled Device. Adalah merupakan solid state sensor yang terbentuk dari elemen pixel yang kemudian mengubah cahaya menjadi elektronik pulse yang lalu direkam pada tape atau memori untuk di extract dalam bentuk video atau still image. Camcoder handycam yang paling baik adalah yang memiliki 3 CCD untuk tiga warna primer, yaitu red,blue, green.



Point And Shoot

Adalah merupakan sebuah istilah dimana anda melakukan shoot/pengambilan gambar dengan menggunakan camcorder anda, dimana anda menggandalkan sepenuhnya kepada fungsi otomatis dari camcorder tersebut untuk dapat mengendalikan berbagai macam parameter yang ada.




Depth Of Filed

Adalah merupakan sebuah istilah yang menyatakan jarak titik terjauh dan terdekat yang akan difokuskan untuk setiap shot.



Image Stabilitation

Adalah sebuah fitur yang terdapat pada camcorder anda yang berfungsi untuk mempertahankan gambar/video agar tetap dalam keadaan yang stabil walapun camcordernya sendiri dalam keadaan bergetar/bergoyang. Image stabilitation sendiri dibagi menjadi 3 tipe, yaitu : Digital, Elektronik, Optical.



Disslove

Adalah sebuah fitur pada camcorder anda yang berfungsi untuk menampilkan suatu gambar pada saat gambar sebelumnya lenyap.



Gain Up Switch

Adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk mengaktifkan sensor camcorder anda untuk menguatkan cahaya yang ada sehingga anda dapat merekam dalam keadaan yang gelap.



Fade

Adalah sebuah istilah yang menggambarkan tentang gambar/video yang lenyap secara perlahan dan berubah menjadi warna hitam atau warna yang lainnya. Sedangkan pada audio, suara akan menghilang dengan perlahan.




Firewire

Firewire atau dikenal juga dengan nama i-Link atau IEEE-1394. Adalah merupakan sebuah interface digital bi-directoional dan high speed yang berfungsi untuk mendownload video secara digital dari camcorder, handicam, MiniDV, atau Digital 8, untuk ditransfer ke PC atau perangkat digital lainnya.



Picture Noise

Adalah merupakan sebuah istilah yang menggambarkan tentang terbentuknya grain dan buruknya sebuah warna akibat dari kondisi intensitas cahaya yang kurang.



Insert Editing

Adalah sebuah teknik yang digunakan untuk merekam video yang baru di atas video yang lama dan menggantikan video yang tidak diinginkan dengan video yang baru.



Photo Mode

Adalah sebuah fitur yang terdapat pada camcorder atau handycam yang berfungsi untuk mereka gambar still image atau yang biasa anda kenal dengan gambar foto, dengan tape tetap berjalan. Biasanya foto yang dihasilkan akan berukuran 640 x 480 pixel.



Linier Sound

Adalah merupakan sebuah fitur pada kamera video digital yang akan merekam video dengan menggunakan stationary head yang tidak terletak pada video head drum. Hasilnya akan berupa kamera video yang memiliki kualitas yang rendah, namun anda dapat melakukan overdub tanpa harus menghapus videonya.



Overlap

Hampir sama dengan fungsi dissolve, namun disini dipergunakan pada gambar still image ke arah moving image. Hanya camcorder dengan kemampuan dissolve built-in yang dapat menggunakan teknik ini.



Lux

Adalah merupakan ukuran terhadap tingkat pencahayaan dari camcorder handycam anda.



(Referensi:http://feyleo83.blogspot.com)



Demikian artikel kali ini tentang istilah-istilah yang perlu anda ketahui pada kamera video digital atau camcorder handycam anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

2 comments:

Share This Article