Cara Mengatasi Iritasi Pada kulit Dengan Menggunakan Tips Pengobatan Tradisional dan Alami


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang cara mengatasi kulit wajah berminyak, di artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk membahas tentang bagaimana sih tip cara mengatasi iritasi kulit wajah dan tubuh secara lengkap…so…silahkan disimak artikel tips dan produk kali ini…

Iritasi pada kulit dapat terjadi kepada siapa saja, baik kepada orang dewasa maupun kepada anak-anak dan bayi. Lalu apa sih sebenarnya iritasi kulit tersebut? Iritasi adalah gangguan yang terjadi pada permukaan kulit anda yang disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya adalah:


ü     Penggunaan pakaian ketat yang mengakibatkan keringat yang akan keluar dari tubuh anda melalui pori-pori menjadi terhambat da menyebabkan keringat tersebut “terperangkap” di bawah permukaan kulit tubuh anda dan akhirnya akan menimbulkan peradangan ringan atau yang lebih anda kenal dengan istilah Ruam.

ü   Anda menggunakan pakaian berlapis yang terlalu berlebihan. Kulit tubuh juga membutuhkan ruang untuk bernapas bebas, namun bukan berarti anda harus berbugil ria demi memberikan kesempatan kepada kulit anda untuk bernapas…:)  so…bijak-bijaklah dalam mengenakan pakaian yang hendak anda pakai.

ü Penggunaan krim dan lotion yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ada serta tidak sesuai dengan anjuran takaran yang tertera di label kemasan produknya. Jika anda termasuk orang yang selalu menggunakan tabir surya saat hendak berpergian ke luar rumah, sebaiknya anda memilih sunblock yang mengadung SPF 30. Namun tetap anda tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya, termasuk berlebihan dalam menggunakan produk perawatan kecantikan lainnya seperti kosmetik, dll.

ü   Penggunaan deterjen dan pelembab pakaian

ü   Dan strees. Ternyata stress selain mengakibatkan anda jadi pusing dan malas ngapa-ngapain, penyakit hati&pikiran yang satu ini juga dapat membuat kulit tubuh anda bereaksi dengan timbulnya iritasi di kulit anda. So…cara yang paling gampang untuk mengobati stress adalah dengan relax dan hangout bersama dengan keluarga, teman, sahabat. Atau lebih bagus lagi dengan beribadah yang khusuk…:)


Iritasi pada kulit tidak hanya dialami oleh anda yang sudah dewasa lho…dari beberapa artikel kesehatan yang saya baca, ternyata iritasi kulit juga bisa dialami oleh bayi. Biasanya iritasi kulit pada bayi terjadi karena pemakaian popok sekali pakai atau yang lebih anda kenal dengan nama pampers yang jarang anda ganti..haduh hadehh…mbok ya diganti to gan…kasian bayinya…J Terus tidak hanya itu, kegemukan pada bayi juga bisa menimbulkan iritasi pada kulitnya, kenapa? karena kegemukan yang dialami oleh bayi pasti akan menimbulkan lipatan-lipatan pada tubuhnya bukan…iihh…montok deh…nah lipatan-lipatan tersebut cenderung lembab, so..anda mesti betul-betul harus memperhatikan daerah-daerah tersebut. 

Tapi bukan berarti bayi anda harus kurus kering untuk menghindari iritasi…hmm…gemuk boleh kok…yang penting bayi sehat dan kalaupun gemuk, kegemukkannya adalah wajar sesuai dengan anjuran dokter anak anda…:). Dan iritasi juga pada bayi juga dapat terjadi oleh karena pemakaian sabun mandi antiseptik yang anda gunakan secara terus menerus dan berlebihan. Seperti yang selalu saya katakan di artikel-artikel tip dan produk sebelumnya, sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik.


Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dapat mengatasi iritasi pada kulit bayi anda, seperti yang saya baca di web purebaby, yaitu sebagai berikut:

  • Jika kulit bayi anda mengalami peradangan kulit akibat iritasi, maka sebaiknya anda mengganti jenis popok bayi anda untuk sementara dari popok sekali pakai menjadi popok kain yang tipis dan bertekstur lembut, banyak kok swalayan dan toko ibu&bayi yang jual popok jenis ini.
  • Jika bayi anda selesai pup atau pipis, usahakan untuk selalu mencucinya dengan sabun khusus bayi yang lembut pada bagian daerah bokong dan jangan lupa untuk mengeringkannya dengan menggunakan handuk yang super lembut dan memiliki daya serap air yang tinggi dengan cara menepukkannya dengan lembut bukan di gosok. Secara…bayi bukan anda yang sudah dewasa gitu loh..jadi cara memakai handuknya pun beda…:)
  • Jika anda ingin memberikan pengobatan iritasi kulit bayi anda dengan menggunakan krim ataupun salep atau obat lainnya, anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak anda. Coz…mengarang obat adalah sesuatu yang sangat tidak diperbolehkan.
  • Untuk kulit bayi yang mengalami iritasi, sebaiknya anda menghindari terlebih dahulu pemakaian bedak dan kosmetik bayi lainnya.
  • Sedangkan jika anda ingin memandikan bayi anda (karena sudah waktunya mandi), jangan menggunakan air yang terlalu panas dan jangan mandi terlalu lama. Anda harus betul-betul bijak sebagai orang tua dalam cara memandikan bayi anda…:)
  • Anda juga bisa memilih pakaian bayi yang dapat menyerap keringat dengan baik.
  • Dari seluruh tips untuk mengatasi iritasi pada sang buah hati, kenali dan cari siapa “tersangka” yang menyebabkan anak anda mengalami iritasi kulit. Apakah pakaian yang dia pakai, popok yang dia gunakan, atau kosmetik bayi yang anda pilihkan, atau anda sendiri “tersangka utamanya” karena kurang begitu memperhatikan bayi anda…ckckck…anak adalah anugerah dan tumpuan serta harapan orang tua di masa depan, masa depan anda akan sangat tergantung kepada bagaimana anak anda sekarang dan esok…:)



Tips-tips diatas adalah khusus buat bayi yang mengalami gangguan iritasi kulit. Sedangkan untuk orang dewasa seperti anda misalnya, jika anda mengalami iritasi pada kulit mulus bersih anda, ada beberapa hal yang harus anda hindari, yaitu:

  • Jika iritasi tersebut terjadi di area wajah anda maka sebaiknya anda menghentikan pemakaian make up muka terlebih dahulu untuk setidaknya paling lama 3 hari atau tergantung ketentuan dari dokter kulit anda. Dan hindari untuk beraktivitas di tengah teriknya sinar matahari secara langsung.
  • Jangan pernah menggaruk ataupun mengusap area kulit yang teriritasi, meskipun hasrat dan godaan untuk mengaruknya sangat besar. Ingat iman gan…:)
  • Untuk wajah yang terkena iritasi, anda sebaiknya menghindari untuk menggunakan alkohol ataupun produk yang memiliki kandungan alkohol untuk menggelapnya. Serta jika anda ingin mengusap wajah anda dengan menggunakan handuk, sebaiknya anda mengusapnya dengan handuk yang super lembut dan memiliki kemampuan menyerap air yang tinggi serta anda tidak dianjurkan untuk mengosok-gosokkan handuk tersebut ke wajah anda, tapi cukup di tepuk-tepukkan saja dengan lembut.



Lalu setelah anda mengetahui apa yang tidak boleh anda lakukan pada saat kuit anda iritasi, pertanyaan selanjutnya adalah seperti apa sih iritasi kulit itu? Kulit tubuh ataupun wajah yang mengalami iritasi biasanya dapat anda deteksi dari sifat-sifatnya, yaitu:


Ø  Kulit berwarna kemerahan dan gatal, kering, serta bersisik.

Ø  Menunjukkan gejala yang meradang pada area sekitar kulit yang mengalami gangguan iritasi.

Ø Kulit juga akan melepuh kecil-kecil serta terkadang disertai benjolan yang menimbulkan nyeri, rasa terbakar, rasa menyengat, serta terjadinya ruam dan terkadang kulit juga sampai pecah-pecah.


Apakah gejala-gejala tersebut ada pada anda? Jika ada, lalu pertanyaannya adalah bagaimana sih cara mengatasi iritasi pada kulit? Untuk mengetahui jawabannya, saya sudah melakukan search di internet dan menemukan artikel yang menarik di merdeka.com tentang tips mengatasi iritasi kulit dengan bahan alami, yaitu sebagai berikut:


Tips Pertama


Anda bisa mengkompres dengan menggunakan air dingin pada area kulit anda yang terkena iritasi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dan meredakan pembengkakkan yang mungkin terjadi dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi tersebut.


Tips Kedua


Anda bisa menggunakan baking soda yang anda campur dan aduk dengan air seperti layaknya sebuah pasta dan kemudian anda oleskan pada daerah yang terkena iritasi tersebut.


Tips Ketiga


Anda juga bisa menggunakan gel dari aloe vera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada area terdampak iritasi di kulit anda. Aloe vera ternyata dapat mengurangi kemerahan, bengkak, serta gatal-gatal yang ditimbulkan oleh gangguan kulit anda tersebut.


Tips Keempat


Khusus untuk iritasi kulit yang di akibatkan oleh sengatan sinar matahari atau akibat dari luka cukur anda, maka anda bisa menggunakan sari apel untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan “menyiramkan” sari apel tersebut ke tempat iritasi tersebut berada. Tentunya anda harus “menyiramnya” degan menggunakan kapas dan bukannya ember…:).


Tips Kelima


Anda bisa juga menggunakan campuran madu dan kayu manis sebagai obat tradisional penyembuh iritasi kulit anda. Caranya campurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan bubuk kayu manis dan kemudian aduk hingga membentuk pasta yang kental. Setelah itu gosokkan “ramuan pasta” anda tersebut ke area terdampak dan setelah kering bilas dengan menggunakan air yang bersih. Sangat disarankan kepada anda untuk membilasnya dengan menggunakan air yang mengalir yang langsung keran rumah anda jika area terdampaknya mudah dijangkau oleh air keran tersebut dan bukannya dari keran rumah tetangga anda…hehehe….


Tips Keenam


Khusus untuk iritasi yang terjadi pada kulit wajah anda, anda bisa menggunakan campuran madu dan telur yang kemudian dapat anda gunakan sebagai mana layaknya masker wajah. Hal ini bertujuan untuk meredakan iritasi kulit wajah yang terjadi. Gunakan masker buatan anda tersebut setidaknya selama 10 menit dan kemudian bersihkan.


Tips ketujuh


Anda juga dapat menggunakan irisan mentimun untuk meredakan iritasi yang terjadi. Caranya adalah taruh irisan mentimun tersebut pada kulit yang terkena iritasi…jadi bukan dimakan lho ya….:)


Tips Kedelapan


Jika iritasi kulit anda mengganas atau terjadi iritasi pada area sekitar tubuh anda yang vital, segera konsultasikan kepada dokter kulit anda dan jangan di tunda-tunda lagi.



Jadi itulah beberapa tip tentang cara mengatasi iritasi pada kulit anda. Saran saya adalah pilihlah salah satu dari tips tersebut untuk anda gunakan dan jangan menggunakan semuanya.




Akhirnya sampai disini artikel tips dan produk kali ini, semoga tips merawat kulit yang teriritasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Anda juga bisa membaca beberapa artikel sebelumnya tentang perawatan wajah seperti perawatan wajah agar bebasjerawat dan tips perawatan tubuh agar tetap tampak segar. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com 


No comments:

Post a Comment

Share This Article