Penyebab Bau Mulut Tak Sedap & Tidak Enak Serta Cara Mengatasinya


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah selesai dalam membahas seputar dunia nyamuk dan tips cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk di artikel sebelumnya, kini saya akan beralih topik tentang apa saja yg dapat menyebabkan bau mulut & bagaimana sih cara untuk menghilangkan dan mengatasi bau mulut yang tak sedap dan tidak enak utk masing-masing penyebab tersebut? So…silahkan di simak artikel berikut ini…cekidot…

Bau mulut serta nafas yg tak sedap adalah permasalahan yang sering kali menghampiri & menghantui bagi sebagian besar orang. Terutama sekali bagi mereka yang aktivitas sehari-harinya adalah berhubungan dan harus berkomunikasi dengan banyak orang, contohnya CS, Guru, PR, dll. Anda bisa membayangkan apa jadinya jika mereka-mereka yang berprofresi sebagai “penyambung lidah” perusahaan tiba-tiba harus berkomunikasi dengan mulut dan napas yang bau…hadeeh…nggak akan kebayang apa jadinya karir dan pekerjaan mereka nantinya.

Sehingga sangat beralasan jika orang berusaha untuk mencari obat atau resep sebagai cara untuk dapat menghilangkan bau mulut yang tidak sedap, baik itu dengan menggunakan obat kumur modern ataupun dengan menggunakan obat herbal secara alami…salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah untuk menghilangkan bau mulut terutama sekali bagi mereka yang sehabis makan jengkol n petai. Memang jengkol dan pete adalah salah satu sumber yang dapat menyebabkan bau mulut dan nafas anda menjadi tdk sedap…dan anda harus buru-buru untuk segera mengatasi aroma yang tidak enak untuk tercium tersebut. Karena jika tidak, maka dapat dipastikan bahwa komunikasi anda berbicara dengan orang lain akan terganggu…apalagi jika anda makan jengkol dan petai nya berlebihan plus di tambah dengan rokok…ckckck…yang pasti saya orang pertama yang tdk akan mau dekat-dekat dgn anda…J

Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab dari bau mulut dan nafas tak segar serta tak sedap itu, baik pada wanita maupun pada pria? Hmm… sebelum kita masuk ke topik artikel mengenai cara menghilangkan dan cara untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, ada baiknya anda membaca ulasan mengenai hal tersebut di bawah ini:

Ada beberapa hal yang penting utk anda ketahui mengenai hal-hal apa saja yang menyebabkan masalah bau mulut dan nafas tidak sedap tersebut muncul, antara lain…


Bau Mulut Akibat Dari Asam Lambung



Kebanyakan orang pasti akan menyangka bahwa bau mulut tidak enak hanya berasal dari bakteri yg bersarang di mulut anda atau karena makan jengkol dan setelah makan pete. Anggapan seperti itu tidaklah salah, namun juga tdk selalu selamanya benar. Karena pada kenyataannya produksi asam lambung yang berlebihan adalah merupakan salah satu penyebab dari bau mulut dan napas anda.

Lalu apa yang menyebabkan produktivitas asam lambung anda naik? Beberapa diantaranya adalah pola makan yang kurang baik seperti tidak pernah sarapan pagi, tingkat stress yang tdk terkontrol, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, pola diet yang kurang bijak, dan kebiasaan merokok yang berlebihan. Anda pun bisa mengenali gejala-gejala yang timbul pd saat asam lambung anda meningkat, antara lain bila anda merasakan nyeri dan atau rasa panas di ulu hati anda yang disebabkan oleh katup di antara kerongkongan dg lambung tdk dapat menutup dengan sempurna yang menyebabkan adanya aliran balik asam lambung ke arah kerongkongan.

Lalu bagaimana cara mengatasi & menghilangkan bau nafas mulut akibat dari peningkatan asam lambung? Usahakan untuk banyak memakan makanan yang mengandung serat yang cukup (bukan rumput lho ya..entar di kira kambing sama orang…hehehe…), seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Di samping itu anda harus menghindari perut anda berada dlm keadaan yang kosong (terutama di pagi hari), serta perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari atau sesuai anjuran dokter.



Bau Mulut Karena Sariawan



Bau mulut yang di akibatkan oleh karena sariawan adalah yang paling mungkin untuk sering terjadi baik pada pria maupun pada wanita. Sariawan akan menghasilkan nanah yang diakibatkan oleh infeksi yang terjadi. Penyebab sariawan pun bermacam-macam, namun umumnya terjadi karena: kekurangan zat & vitamin dalam tubuh seperti vitamin C,zat besi, folat, dan vitamin B; bekas luka tergigit pada bibir/mulut, stress, perubahan hormon seperti sebelum atau sesudah menstruasi pada wanita & perempuan, adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh anda, adanya infeksi yg disebabkan oleh bakteri/virus, terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan yang panas atau pedas yg dapat menyebabkan gusi dan bibir terluka serta menyebabkan panas dalam.

Namun anda bisa menggunakan resep herbal untuk mengobati sariawan anda, yang secara otomatis jika sariawan anda sembuh tentu saja bau mulut busuk yang ada akan hilang dengan sendirinya. Salah satu ramuan alami penghilang sariawan kategori ringan adalah dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam atau anda bisa berkumur dengan menggunakan daun sirih yg dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sariawan mereka dan membunuh bakteri penyebabnya serta dapat menghilangkan & mengatasi bau mulut yg diakibatkan olehnya. Jika sariawan anda masuk dlm kategori yang parah, sebaiknya anda membawanya ke dokter.


Bau Mulut Karena Gigi Berlubang & Karang Gigi



Semua orang pasti akan setuju jika bau mulut yang muncul karena gigi berlubang atau gigi bolong adalah sangat menjengkelkan. Kenapa tidak, karena anda akan merasakan 2 hal dalam waktu yang bersamaan yaitu sakit gigi yang luar biasa dan bau mulut yg akan membuat anda minder untuk berbicara dengan siapapun. Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab timbulnya bau mulut yang tidak enak tersebut?  Hal itu disebabkan oleh karena adanya penumpukkan plak gigi dan berbagai sisa makanan serta karang gigi pada ronga atau gigi berlubang anda tersebut. Yang mana hal-hal tersebut adalah kondisi dan situasi yg ideal bagi para bakteri dan kuman untuk bersarang di dalamnya.

Lalu pertanyaannya adalah gimana cara mengatasi untuk menghilangkan bau mulut tidak segar dan sedap akibat oleh karena gigi berlubang? Untuk menjawab hal tersebut sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi yang ada di kota anda dan meminta sarannya apakah lubang di gigi anda tersebut masih dapat di tambal atau harus di cabut. Karena pada dasarnya tidak selamanya solusi mencabut gigi berlubang adalah hal yang terbaik. Karena jika gigi rusak berlubang anda tersebut masih belum begitu parah, maka langkah utk mencabutnya dari rongga mulut anda bisa anda ada hindari…tapi jika sudah parah ya…apa boleh buat anda harus mencabutnya secara permanen.

Begitu juga halnya dengan tips cara menghilangkan bau mulut akibat oleh plak atau karang gigi, satu-satunya jalan yang ampuh dan secara cepat bisa anda lakukan adalah dengan pergi ke dokter gigi n menghilangkan karang gigi tersebut secara permanent. Memang akan sedikit ngilu saat anda melakukannya, tapi hal tersebut adalah lebih baik daripada anda harus menanggung malu & derita akibat bau mulut yang menahun…. So…pengobatannya hanyalah dengan ke dan berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi anda…J


Bau Mulut Karena Gigi Palsu



Gigi palsu atau gigi tiruan adalah merupakan salah satu penyebab utama bau mulut tak sedap. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari kurang rajin atau telatennya anda dalam menjaga kebersihan gigi palsu yg anda pakai tersebut, sehingga memungkinkan bagi sisa-sisa makanan untuk “tersangkut” di sela-sela gigi tiruan anda tsb dan akhirnya membusuk lalu menimbulkan bau mulut dan nafas yang menyengat. Gigi palsu sendiri di bagi menjadi 2 macam yaitu gigi palsu permanen dan gigi palsu lepas (bisa dicopot-copot). Untuk gigi palsu permanen, pemasangannya harus dilakukan oleh dokter gigi & tdk bisa anda lepas. Sedangkan untuk gigi tiruan lepas, pemasangan tetap harus di dokter gigi (utk awalnya) namun selanjutnya bisa anda lepas-pasang sendiri.
Lalu bagaimana cara melakukan perawatan atau merawat gigi palsu agar tetap bersih dan tidak menimbulkan bau tak sedap? Untuk merawat gigi palsu yang bersifat permanen, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan..antara lain:

  • Selalu rutin untuk membersihkan atau gosok gigi, baik sesudah makan ataupun sebelum tidur.
  • Lakukanlah “flossing” sehabis anda selesai menyikat gigi anda.
  • Rutinlah utk melakukan cek-up ke dokter gigi anda secara berkala, apalagi bila anda merasakan ada perubahan di gigi palsu anda tersebut.


Sedangkan untuk gigi tiruan lepasan…anda cukup harus rajin dn rutin untuk membersihkannya, terutama sekali pada saat hendak beranjak tidur.



Bau Mulut Karena Sinusitis



Banyak orang yang menyamakan penyakit sinusitis dengan pilek. Tapi sebenarnya kedua penyakit tersebut adalah berbeda. Dan yang paling penting yang perlu untuk anda ketahui adalah salah satu penyebab yang dapat membuat nafas dan mulut bau adalah karena penyakit sinusitis ini. Ada beberapa gejala umum yg dpt di jadikan acuan mengenai gejala dari penyakit sinusitis ini, antara lain:


·         Rasa nyeri dan seperti tertekan di bagian wajah anda
·         Ingus kental dan berwarna kuning atau kehijauan
·         Hidung menjadi bengkak
·         Batuk berdahak
·         Demam
·         Penciuman menjadi terganggu dan tidak bekerja dgn baik
·         Mata berair


Lalu langkah apa saja yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan dan mengatasi bau mulut yang diakibatkan oleh karena penyakit sinus tersebut? Berikut paparan singkatnya:

§      Perbanyaklah untuk minum air putih yang bersih

Dengan memperbanyak minum air putih ternyata dapat membantu untuk lebih meringankan infeksi yang terjadi. Selain itu, air putih yang sehat dan bersih ternyata juga dapat untuk mengatasi bau mulut dan nafas anda. tapi…jangan overdosis ya..ingat kata pepatah “Banyak minum air pasti perut kembung” hehehe…

§      Gunakan obat tetes hidung yang sesuai dengan anjuran dokter anda.

§  Beristirahatlah yang cukup dan berkualitas atau sesuai dengan anjuran dokter anda.

§  Usahakan untuk tidur dengan posisi kepala lebih tinggi daripada badan anda.



Bau Mulut Akibat Ganguan Penceranaan



Agaknya ungkapan mengenai segala sumber penyakit adalah di mulai dari perut adalah benar. Karena pada dasarnya bau mulut tak sedap dan nafas tak segar bermula dari adanya bakteri yang bersarang di saluran pencernaan anda, yang dimulai dari mulut, tenggorokkan, hingga ke lambung. Itu sebabnya mengapa dewasa ini sangat di galakkan untuk selalu dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut…terutama sekali mulut. Agaknya menyikat gigi secara teratur saja tidaklah cukup untuk dapat mengatasi dan menghilangkan bau mulut dan nafas tidak sedap anda. Karena anda juga harus untuk memperhatikan kebersihan lidah dan juga menyikat lidah anda untuk menghilangkan jamur yang menempel di area tersebut, terutama sekali setelah anda bangun tidur di pagi hari. So..usahakanlah untuk selalu menyikat gigi dan lidah anda secara teratur, terutama sekali pada saat bangun dan akan tidur. Sedangkan untuk bau mulut karena lambung…saya sudah membahasnya di atas.



Bau Mulut Karena Rokok


Saya rasa, saya tidak perlu untuk berpanjang lebar mengenai rokok dan bahayanya. So…saya masuk saya ke bagian tentang bagaimana sih cara menghilangkan bau mulut & nafas yang tdk sedap & segar akibat karena rokok atau cara menghilangkan bau rokok di mulut? Caranya sangat gampang yaitu anda tinggal berkumur-kumur saja dengan menggunakan obat kumur atau mouthwash…atau kalau tidak sempat anda bisa menghisap permen penyegar mulut…hmm…gampang banget kan…J



(referensi: dari berbagai sumber)





Okelah kalau begitu, sekian artikel kali ini tentang apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut dan nafas tak sedap serta tidak segar dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Di artikel selanjutnya, saya memuat artikel tentang tips menghilangkan bau mulut (secara umum). Anda juga bisa menyimak artikel lainnya tentang cara menghilangkan bau badan tak sedap dan macam & jenis keringat. Sampai bertemu di artikel lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article