Cara Untuk Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami Dengan Ramuan Tradisional


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel ini merupakan seri lanjutan dari artikel sebelumnya tentang hal-hal yang dapat menyebabkan bau mulut. Bukanlah hal yang tidak beralasan bagi setiap orang untuk selalu menginginkan utk dpt tampil “secara sempurna”, dan salah satunya adalah dengan cara memperhatikan dan menjaga agar nafas mereka tetap segar dan mulut mereka tidak bau…terutama sekali pada saat mereka sedang bersosialisasi dengan orang lain. Namun apa jadinya jika harapan anda tersebut tdk dapat anda wujudkan hanya karena anda gemar dalam mengkonsumsi makanan yang berbau tajam, contohnya makan pete dan jengkol? Tenang..di artikel ini akan membahas tentang resep cara alami yang dapat anda lakukan sebagai cara untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap dan nafas tak segar dengan menggunakan bahan tradisional sebagai “obat penghilang alami” untuk menghilangkan bau mulut secara permanen, alami dan cepat …so…silahkan disimak artikel berikut ini…

Bau mulut memang bukan sebuah trend yg anda jaga dan pelihara. Apalagi jika bau mulut anda sudah masuk kedalam jenis kategori yang berlebihan…wah…bisa berabe entar urusannya….:) Di artikel sebelumnya, saya sudah menerangkan banyak tentang penyebab dari bau mulut dan nafas bau tidak segar serta bagaimana cara pengobatan & pencegahannya. Nah..di artikel kali ini, saya akan sedikit menyinggung mengenai hal tersebut…sediikiiittt aja…J secara umum ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan seseorang mengalami bau mulut yang tidak enak, beberapa penyebab bau mulut tak sedap tersebut antara lain:

§      Terlalu sering dalam mengkonsumsi daging merah


Mengkonsumsi daging adalah bukan sesuatu yang salah. Yang menjadikannya salah adalah bilamana anda terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, sementara anda tdk mengimbanginya dgn makan makanan yang lain (yang sehat) seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dll. Daging termasuk jenis makanan yang tidak mudah utk dapat di cerna di dalam tubuh. Bahkan makanan yang satu ini, selain dapat menimbulkan bau mulut tidak enak..juga dpt membuat badan anda menjadi bau.. simak lagi artikel sebelumnya tentang Tips Menghilangkan Bau badan.

§      Alkohol Serta Minuman Ber-energi


Minuman beralkohol dan minuman energi memiliki dampak negatif yaitu menyebabkan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh jika anda terlalu sering & banyak dalam meminumnya, terutama sekali minuman yang ber-alhkohol…jika anda terlalu banyak dalam meminumnya..maka jangan heran jika nafas dan bau mulut anda menjadi sangat tajam dan membandel. Dan di samping itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan jumlah kuantitas air liur dalam mulut anda menjadi jauh berkurang, padahal air liur adl salah satu “jamu” alami dalam tubuh yang dapat berfungsi utk membunuh bakteri dan kuman dalam mulut yang menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap.

§      Susu


Ternyata di samping dampak positif yang dimiliki oleh susu, terdapat juga dampak negatifnya..yaitu dapat menimbulkan bau mulut yang tdk sedap. Hal tersebut diakibatkan oleh karena susu adalah merupakan media yang ideal bagi bakteri utk dapat berkembang biak. Biasanya mereka berkembang biak kepada sisa-sisa susu yang menempel di gigi dan mulut anda.

§      Permen


Siapapun pasti tidak akan bisa menahan godaan dari makanan yang satu ini, ya..PERMEN. Rasanya yang manis membuat banyak orang menyukainya bahkan ketagihan dalam mengkonsumsinya. Namun di balik rasanya yang menggoda tersebut, ternyata permen memiliki dampak yang sangat buruk bagi kesehatan gigi yaitu membuat gigi menjadi mudah sekali keropos dan berlubang yg ujung-ujungnya akan membuat anda menjadi ompong. Tapi…eiit…tdk hanya itu saja dampak negatif yang ditimbulkannya, ternyata “makanan penggoda” yang satu ini juga dapat menyebabkan bau mulut yang merupakan hasil dari pelepasan sulfur oleh bakteri yang ada di dalam mulut anda dengan bantuan dari sisa-sisa gula yang masih menempel di sela-sela gigi anda tersebut.

§      Bawang Putih


Ya…bawang putih. Salah satu bumbu dapur ini memang terkenal memiliki aroma yang sangat tajam. Mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat bau mulut anda menjadi bau yang diakibatkan oleh aroma tajam yang di bawa oleh bawang putih tersebut. Bahkan sebuah penelitian menyimpulkan bahwa aroma yang di tinggalkan oleh bawang putih ini dapat bertahan hingga ber-jam-jam lamanya.


§      Junk Food dan Makanan Berlemak Lainnya


Makanan yang mengandung lemak yang tinggi memang cukup menjadi ancaman yang serius bagi siapapun yang memakannya melebihi ambang batas kewajaran. Disamping ber-resiko tinggi terhadap kolesterol dalam tubuh, makanan yang berlemak serta junk food juga dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut busuk anda tersebut.


§      Makanan Berserat


What??? Makanan berserat? Setahu saya makanan berserat kan sangat baik bagi tubuh? Mungkin itu adalah reaksi anda pertama kali ketika membaca point ini…J Tapi tunggu dulu..baca dulu penjelasan singkatnya berikut ini: berbagai makanan yang mengandung serat yang tinggi maupun yang rendah, ternyata memiliki kandungan gas metana, karbondioksida, serta hidrogen…yang mana hal tersebut akan menghasilkan gas ketika tubuh anda melakukan proses pencernaan atasnya.


§      Makanan Yang Beraroma Tajam


Mungkin anda sudah mendapatkan sedikit gambaran dari point yang satu ini. Beberapa diantara makanan yang memiliki aroma yang tajam antara lain adalah jengkol, pete, dan durian. So..jangan heran jika nafas dan bau mulut anda menjadi lebih “beraroma” setelah anda selesai makan jengkol ataupun pete. Karena memang aroma bau mulut akibat bekas makan jengkol & pete memang sangat berasa sekali, bahkan sampai air seni anda pun akan terimbas dampak aromanya. Mau tahu bagaimana tips cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut sehabis makan jengkol dan pete? Dan apa saja penghilang bau mulut jengkol dan pete yang alami? Anda bisa menyimaknya di bagian akhir dari artikel ini…so…mesti sabar ya…karna mendapatkan sesuatu itu memang membutuhkan kesabaran…J


Di samping ke-8 makanan yang berpotensi menjadi penyebab bau mulut dan nafas tidak segar diatas, ada juga beberapa hal lainnya yg memungkinkan membuat aroma mulut anda menjadi bau dan nafas tak sedap, diantaranya adalah:


Æ      Mengkonsumsi Obat-Obatan

Pernahkah anda merasakan tiba-tiba saja mulut anda menjadi lebih kering dan nafas anda menjadi lebih bau pada saat anda sedang melakukan pengobatan dan mengkonsumsi obat-obatan tertentu? Jika pernah…maka itu wajar, karena memang beberapa jenis obat memiliki efek samping dapat membuat produksi air liur di mulut menjadi lebih sedikit. Padahal seperti yang sudah saya paparkan diatas, air liur memiliki peranan yg sangat besar terhadap “pembasmian” bakteri dan kuman di mulut anda tersebut.


Æ      Penyakit

Beberapa studi ilmiah pernah dilakukan mengenai bau mulut dan indikator penyakit dalam badan anda, dan hasilnya memang mengejutkan. Ternyata bau mulut tidak semata-mata di sebabkan oleh aktivitas bakteri dalam mulut, namun juga merupakan salah satu indikator penyakit yang sedang di alami oleh tubuh anda. Seperti bau nafas yang ber-aromakan buah…bisa dijadikan petunjuk akan gejala diabetes atau bau mulut amis, juga bisa dijadikan adanya gangguan pada ginjal anda. Oleh karena itu, biasakanlah untuk rutin melakukan cek-up terhadap diri anda secara berkala…meskipun pada saat itu anda sedang merasakan diri cukup sehat dan segar…J


Æ      Adanya Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi yang terjadi pada saluran nafas anda dapat menyebabkan terjadinya pelepasan substansi kimiawi dalam bentuk lendir atau yang lebih dikenal dgn nama sekresi, pada rongga hidung anda semakin meningkat. Bahkan lendir tersebut dapat mencapai tenggorokkan ataupun mulut ada. Hal tersebutlah yang akan dpt membuat mulut anda menjadi bau.


Æ      Obesitas atau Kelebihan Berat Badan

Obesitas atau kegemukkan ternyata juga dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut dan nafas tak sedap anda. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa para penderita obesitas cenderung utk memiliki mulut dan nafas yang lebih bau dan tidak enak bila dibandingkan dgn orang normal lainnya. Hal ini dikarenakan para penderita obesitas tersebut memiliki mikroba di usus yang 30% lebih banyak dan mikroba-mikroba tersebut mengeluarkan gas yang berlebih.


Æ   Terlalu Sering Bernafas Dengan Mulut Pada Saat Tidur

Pada saat anda bernafas dengan menggunakan mulut, hal tersebut dapat mengurangi tingkat kelembapan pada mulut anda & membuat mulut anda menjadi lebi kering. Hal tersebutlah yang dapat membuat nafas n mulut anda menjadi bau.


Oya..agak sedikit terlupa, jika dari kemarin saya selalu menyebutkan tentang bakteri yang hidup di mulut yang selama ini menjadi biang kerok dari bau mulut dan nafas tidak sedap dan segar anda…agaknya agak janggal jika saya tidak memperkenalkan kepada anda siapa nama bakteri tersebut…J. So…berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, pada tahun 2008 silam..para ilmuwan melakukan penelitian terhadap 21 orang dengan masalah bau mulut yang kronis/parah dan 36 orang dengan kondisi bau mulut yang normal atau tanpa masalah. Hasilnya adalah pada 21 orang dengan masalah halitosis (bau mulut) tersebut, ditemukan bakteri yang menjadi sumber penyebabnya yang kemudian diberi nama Solobacterium Moorei.


Okelah…saya sudah memaparkan tentang makanan apa saja yang dapat menyebabkan bau mulut dan apa nama bakteri yang menjadi penyebab bau mulut tersebut. Sekarang tiba saatnya bagi saya untuk mengajak anda melihat tentang berbagai tips yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan dan mengatasi bau mulut dengan menggunakan ramuan herbal tradisional dan obat alami atau lebih tepatnya buah dan makanan yang dapat untuk menghilangkan dan mengatasi masalah bau mulut membandel anda. So…cekidot…



Tips 1: Buah Lemon


Penghilang bau mulut tradisional ini memang terkenal sudah cukup ampuh untuk mengatasi dan menghilangkan masalah anda dengan bau mulut yang mengganggu, terutama sekali setelah makan petai. Cara menghilangkan bau mulut dengan lemon terbilang cukup mudah untuk anda lakukan, yaitu anda cukup menghisap-hisap irisan lemon ataupun hanya sekedar menggigit bagian ujungnya saja dari irisan lemon tersebut. Atau anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis.


Tips 2: Buah Apel


Jenis buah kedua yang terkenal cukup ampuh nafas bau mulut adalah buah apel. Selain karena kandungan vitamin-nya yang baik bagi tubuh, ternyata buah yang satu ini dapat juga anda gunakan sebagai salah atau “senjata andalan” anda untuk melawan “musuh bebuyutan” anda tersebut, karena buah ini dapat memberikan kelembaban yg dibutuhkan oleh mulut anda untuk dapat mengusir bakteri di dalam mulut anda. Caranya cukup simple yaitu anda tinggal mengambil satu buah apel, cuci dengan air bersih..lalu anda makan…hmm...nyummy…J


Tips 3: Jambu Biji


Mengatasi bau mulut dengan menggunakan ramuan tradisional yang ketiga adalah dengan menggunakan jambu biji. Caranya cukup mudah dan sederhana yaitu anda tinggal mengambil 1-2 buah jambu biji yang sudah bisa dimakan, cuci bersih lalu makan..hlep..hlep..dan hlep….hehehe…


Tips 4: Yogurt


Salah satu produk turunan dari susu ini ternyata juga dipercaya mampu untuk mengatasi bau mulut tidak enak anda. Bahkan sebuah penelitian dari jepang mengatakan bahwa yogurt yang di “makan” tanpa gula dapat mengurangi senyawa berbau busuk yang menjadi penyebab bau mulut. Dan tidak hanya itu, yogurt juga dipercaya dapat mengurangi jumlah plak berlebih pada gigi anda.


Tips 5: Buah Pir


Buah yang kaya akan serat ini dipercaya mampu untuk mengatasi bau mulut. Dimana buah pir dapat membantu untuk meningkatkan jumlah produksi air liur dalam mulut anda.


Tips 6:  Buah Strowbery


Buah stoberi memang sudah cukup terkenal memiliki kandungan vitamin C yang kaya. Vitamin C tersebut dipercaya dapat menghilangkan dan mengatasi masalah bau mulut dan nafas tidak segar, karena vitamin C memiliki sifat yang dapat membuat bakteri dan kuman sulit untuk hidup di dalam mulut.


Tips 7: Daun Kemangi


Siapa yang tidak kenal dengan daun kemangi? Daun yang satu ini memang cukup terkenal dengan aroma wanginya yang cukup menyengat. Sehingga tidak heran setiap kali anda makan pecel lele, penjualnya pasti akan selalu menyertakan daun kemangi sebagai salah satu lalapan yang bisa anda makan sesudah anda menyantap hidangan utamanya.


Tips 8: Minuman Teh


Ternyata tidak hanya makanan ataupun buah yang dapat menghilangkan bau mulut tidak sedap secara alami, herbal, dan tradisional. Minuman teh juga memiliki kandungan khasiat yang cukup baik untuk menghilangkan serta mengatasi bau mulut tak sedap karena teh memiliki kandungan polifenol yg dpt membantu untuk menghancurkan pertumbuhan bakteri di dalam mulut anda. Caranya adalah anda tinggal minum secangkir teh hangat tanpa gula.


                                                                      Tips 9: Kayu Manis        


Batang dari kayu manis tersebut di yakini dapat membantu aroma tak sedap yang timbul usai anda makan bawang putih ataupun bawang Bombay. Bahkan minyak kayu manis juga di percaya dapat membunuh perkembangan bakteri di dalam mulut anda.


Tips 10: Mint


Yang saya bicarakan di sini adalah permen rasa mint. Sudah rahasia umum jika permen mint adalah salah satu “jurus” ampuh utk mengatasi bau mulut. Namun yang perlu anda ketahui adalah bahwa permen mint hanya memiliki sifat sementara utk menghilangkan bau mulut anda dan bukannya permanen. So…saat bau mulut tersebut datang kembali…anda harus menghisap permen rasa mint yang baru.


Tips 11: Hazelnut


Hazelnut atau sejenis kacang-kacangan import ini memang dipercaya mampu untuk mengatasi permasalahan bau mulut yang mengganggu karena hazelnut memiliki kandungan vitamin dan protein yang cukup tinggi. Dan untuk menghilangkan bau mulut anda, anda tinggal mengunyah-nya secara baik dan juga teratur. Dan juga jenis biji-bijian ini di ketahui juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi…so..bagi anda yang sering mengalami gusi berdarah…mungkin ada baiknya jika anda mengkonsumsi hazelnut (asal jangan berlebihan ya…)…tapi saya sarankan sebelum anda melakukannya, ada baiknya jika anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi anda dan bertanya lebih dalam mengenai manfaatnya…J


Tips 12: Air Putih


Air putih memang adalah salah satu karunia Illahi yang sangat besar bagi hamba-hambanya di muka bumi ini. Meminum air putih secara teratur dan sesuai dengan anjuran yaitu minimal 8 gelas sehari, dapat membantu menjaga kelembaban dalam mulut anda. So…mulailah untuk membiasakan diri hidup sehat denga rutin meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas sehari…J





Referensi: dari berbagai sumber





Akhirnya, demikianlah artikel tips dan produk kali ini tentang bagaimana cara untuk dapat menghilangkan bau mulut tidak enak dan nafas tidak segar secara alami dengan menggunakan ramuan dan resep tradisional dan herbal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk memberikan pencerahan yang bijak dalam mengatasi permasalahan dengan baik mulut yang menggangu dan menjengkelkan tersebut. Anda juga bisa menyimak artikel lainnya tentang tip membuat bibir merah alami dan tips cara alami memperindah bentuk bokong anda. Sampai bertemu di artikel lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com  

No comments:

Post a Comment

Share This Article