Computer Tablet dan Tips Cara Memilih Dan Membelinya


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com Seri artikel komputer kali ini masih membahas tentang bagaimana sih cara memilih perangkat-perangkat komputer dengan sistem komputer yang terbaik untuk kita sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan? Dan di artikel kali ini saya akan mencoba membahas tentang tips memilih tablet komputer, setelah di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian tablet dan fungsi tablet pc, klik tablets jika anda belum membacanya.

Kebutuhan akan peralatan komputer yang mampu mendukung aktivitas mobile dan memiliki bentuk yang portable menjadi salah satu syarat  mengapa computer tablet menjadi salah satu pilihan yang menarik untuk dibeli. Mendapatkan tablet murah dan bagus serta berkualitas adalah merupakan impian setiap orang dan tidak terkecuali anda…J. Namun sayang sekali dengan sangat terpaksa saya harus mengatakan bahwa tablet bagus dan apalagi tablet terbaru pastilah memiliki daftar harga tablet yang “bagus” juga. So…tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa indikator harga tablet PC adalah salah satu penentu awal dari asumsi “tablet terbaik dan bagus.”

Namun sekali lagi harus saya katakan bahwa tablet pc murah atau tablet termurah belum tentu mencerminkan kualitas dari tablet tersebut. Salah satu indikator yang dapat anda lihat selain dari seperti apa hardware komputer dan sistem komputer tablet yang ditanamkan didalamnya, kemampuan sebuah PC tablet atau tablet android dalam menjalankan berbagai macam aplikasi tablet tanpa adanya “defect atau hambatan” adalah merupakan indikator yang lebih tepat untuk anda gunakan dalam menilai kualitas dari tablet komputer yang hendak anda beli tersebut.

Selain itu, tinggi atau kurangnya kemampuan sebuah tablets murah kembali lagi kepada point awal (meskipun ini sering dilupakan) pada saat anda hendak memilih dan membeli sebuah tablet PC, yaitu “apa sih kegunaan tablet PC untuk anda?” dan “Apa juga fungsi tablet PC bagi pekerjaan/tugas anda?”

Saat ini terdapat banyak sekali pilihan di pasar untuk harga tablet lokal terbaru seperti tablet komputer Advan vandroid T3A 3G, tablet android ini dilengkapi spesifikasi antara lain ukuran 9.7 Capacitive Multi TouchScreen 1024 x 768 piksel, Memory Internal 4 Gb & 512 Mb Ram, serta Data 3G HSDPA 7.2Mbps, HSUPA 5.76 Mbps (untuk spesifikasi lengkapnya anda bisa search di internet). Atau Axioo tablet Picopad 10 3G yang mengusung Android OS, 4.3 Ice Cream Sandwich dengan ukuran layar 10″, 1024 x 768 Pixels TFT 10 point capacitive touch dan memory 1 GB DDR3. Dan Zyrex tablet OnePad SM742 yang mengusung sistem operasi android 4.0 Ice Cream Sandwich dan dilengkapi dengan prosesor Cortex A9 Single Core 1.2 Ghz plus GPU Mail 400 dan RAM berkapasitas 1 Gb & memori internal berkapasitas 8 Gb.

Dan yang tak kalah ketinggalan adalah tablet Mito T520 yang hadir dengan mengusung sistem operasi android 4.1 Jelly Bean dan dilengkapi dengan layar 7 inch dengan processor dual-core MTK 1Ghz dan RAM 1 Gb. Dan jangan lupakan Cross dengan tablet terbarunya Cross AT1G yang dilengkapi dengan prosesor dual core 1Ghz dan mengusung sistem operasi Android Jelly Bean 4.1. Dan masih banyak lagi merek-merk lokal yang lainnya.

Dan saya yakin masih banyak lagi tablet pc Indonesia terbaru yang belum saya sebut disini. Anda bisa mencarinya di internet plus spesifikasi lengkap dan harganya, serta jangan lupa untuk melakukan compare tablet/membandingkan antara tablet satu dengan yang lainnya sehingga anda dapat menemukan pc tablet yang cocok dan terbaik bagi anda…syukur jika anda mendapatkan tablet murah berkualitas dan bagus….:). Oya..jangan lupa juga untuk melihat aneka produk tablet pc china, seperti tablet android ComboDroid Quad Core yang dipersenjatai dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, prosesor quad-core ATM7029 ARM Cortex-A9 1,2 Ghz, dan layar LCD 7,9 inch resolusi 1024x738 pixel serta dilengkapi dengan fitur multitouch hingga 10 jari.

Serta tablet Huawei mediaPad 7 LTE yang menggunakan OS Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich), ukuran layar 7 inch Size 800 x 1280 pixels ~216 ppi pixel density, 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 & 3G Network HSDPA 900 / 2100. Dan masih banyak lagi tablet pc cina seperti Ainol Novo Crystal 2 dengan prosesor Quad Core 1.5GHz dan mengusung sistem operasi Jelly Bean v 4.1. Anda cari & lihat spesifikasi lengkapnya dari produk-produk yang anda sukai di internet, untuk anda bandingkan antara satu dengan yang lainnya dan pilih mana tablet yang paling bagus untuk anda…:).

Sedangkan untuk tablets yang branded (saya kutip sedikit dari artikel yang saya temukan di internet di http://daftarhargatablet.com/) yang dinobatkan sebagai computer tablet terbaik di ajang pameran COMPUTEX tahun 2013 antara lain tablet asus Transformer Book Trio dengan layar 11.6 inchi,  tablet asus Transformer Pad Infinity dengan ukuran layar 10.1 inci, tablet acer Iconia W3 dengan tablet windows pertama yang memiliki layar berukuran 8 inch, serta tablet Toshiba Excite Pro & Toshiba Excite Write.

Sedangkan jika anda senang bermain game komputer dan sedang mencari tablet android gaming, anda bisa melihat pc tablet Sony Xperia Tablet S, Asus Transformer Pad Infinity TF700, tablet pc Google Nexus 10, tablet komputer Sony Xperia Z, dan tablet android google Nexus 7.

Dan jika anda sedang mencari seperti apa sih tablet terpopuler dan terfavorit saat ini dari sejak kemunculannya ke publik berdasarkan atas berbagai referensi yang saya baca (jika ada yang kurang anda bisa menambahkannya di kolom komentar), antara lain adalah tablet Ipad Mini yang mengusung sistem operasi IOS 6, Google Nexus 7 dan Nexus 10 yang masing-masing mengusung sistem operasi Android Jelly Bean 4.3 & Android 4.2 Jelly Bean, Tablet Ipad 4 & Apple Ipad 2 yang menggunakan sistem operasi IOS 6, Asus Transformer Pad Infinity Pc tablet yang menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, Amazon Kindle Fire HD yang mengusung operasi sytem Android Ice Cream Sandwich, tablet komputer Microsoft Surface, Samsung Galaxy Note 10.1, dan tablet Samsung Galaxy Tab 8.9 dengan operasi sistem Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Oke…saya rasa sudah cukup introduction paragrafnya…kalau kebanyakan introduction akhirnya artikel ini tidak menjadi artikel tips. So…sekarang saya akan mengajak anda untuk memasuki inti dari artikel ini, yaitu bagaimana cara memilih tablets PC yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita? Let’s cekidot…



Tips Pertama


Berfikirlah secara bijaksana sebelumnya mengenai apa fungsi dari tablet yang akan anda beli nantinya? Dan akan digunakan untuk apa? Hal ini adalah point pertama yang paling penting. Karena dengan mengetahui kegunaan dan fungsi dari gadget yang akan anda beli tersebut, anda akan dapat mengira-ngira seperti apa spesifikasi dari tablet yang terbaik untuk anda…J

Tips Kedua


Tentukan seberapa besar budget yang anda siapkan. Hal ini akan memiliki pengaruh yang besar kepada preferensi anda dalam menentukan, memilih, dan membeli. Apakah anda akan membeli tablet pc murah atau anda akan membeli tablet terbaik yang tentunya memiliki daftar harga tablet yang lumayan menguras kantong yang pas-pasan…hehehe….dilarang tersinggung untuk yang ngerasa…..:).


Tips Ketiga


Tentukan dimana anda akan membelinya? Apakah melalui toko tablet pc yang ada di kota anda atau anda lebih menyukai untuk belanja online di toko komputer online kepercayaan anda? Ada kelebihan & kekurangan saat anda memilih untuk berbelanja di toko komputer di kota anda. Salah satunya adalah anda dapat dengan mudah & langsung melihat bentuk fisik serta kinerja dari tablet yang anda inginkan tersebut. Disamping itu, salah satu hal terpenting dalam memilih tablet adalah anda harus benar-benar mengetahui dan mencoba seberapa baik fitur capacitive display. Fitur ini adalah merupakan fitur khas & utama dari sebuah komputer tablet dimana capacitive display berfungsi sebagai sebuah pondasi dasar bagi tingkat sensitivitas layar dari tablet pc anda.

Akan menjadi sebuah hal yang kurang berarti manakala tingkat sensitivitas dari layar sentuh tersebut memberikan respon yang lambat alias lemot. Karena pada intinya tablet komputer mengandalkan “sentuhan” anda untuk menjalankannya, walaupun sebenarnya anda bisa menggunakan juga alat input komputer seperti keyboard untuk tablet. Tapi tidak semua tablet memiliki port/chanel yang cukup untuk hal ini. Sedangkan kekurangan dari anda belanja di kota sendiri adalah tidak semua toko komputer di kota anda memiliki stock, merk, dan tipe yang lengkap atas tablet pad yang anda cari. So…hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang Indonesia mulai gemar berbelanja secara online, salah satunya adalah karena mereka bisa melihat dan membandingkan berbagai macam tipe, merk, dan seri dari produk yang mereka cari.

Lalu bagaimana dengan hal dimana anda harus mengetahui dengan jelas tingkat sensitivitas layar sentuh dari smart tablet anda? hal tersebut bisa anda lakukan dengan melihat secara teliti keterangan tentang spesifikasi tablet yang ditawarkan dan jika anda masih merasa belum cukup, anda bisa menelepon customer service dari toko online tersebut atau bertanya dengan teman2 anda dan mencari berbagai referensi di internet seperti yang sedang anda lakukan saat ini…J. Dan jangan lupa, usahakan untuk meluangkan waktu “berjalan-jalan” menelusuri toko-toko tablet PC yang ada di internet sebagai salah satu metode “compare tablet”. Dan untuk hal yang satu ini..wanita adalah jagonya jika harus berjalan-jalan keliling toko…hehehe…


Tips Keempat


Salah satu fungsi tablet adalah untuk “menangkap obyek gambar/foto”. Saat ini banyak pc tablet yang dilengkapi dengan dual kamera depan-belakang. Dual kamera ini akan sangat bagus bagi anda jika anda berniat melakukan telewicara secara online face to face. Namun yang perlu untuk anda ketahui adalah tidak semua komputer tablets memiliki dual camera dan biasanya tablet yang hanya dengan single kamera, harganya jauh lebih murah.

Pertanyaannya adalah akan seberapa sering anda menggunakan gadget anda tersebut untuk mengambil gambar atau merekam video? Jika sering, maka sebaiknya anda memilih tablet pc yang memiliki tingkat resolusi kamera yang tinggi (tapi jangan anda bandingkan hasil fotonya nanti akan sama dengan kamera dslr atau mirrorless ya…). Ada beberapa tablet komputer yang mampu menghasilkan kualitas gambar dan video yang cukup bagus, antara lain adalah pc tablet windows 8 Acer Iconia W510 yang memiliki tingkat resolusi kamera belakang sebesar 8 MP dan 2 MP untuk kamera depan, Samsung Galaxy Tab 2 yang dilengkapi dengan resolusi kamera belakang sebesar 8MP dan kamera depan sebesar 2 megapixel, dan computer tablet Sony Xperia Tablet Z yang dilengkapi dengan 8 MP untuk kamera belakang dan 2.2 megapixel untuk kamera depan. Atau anda bisa mencari produk lainnya yang lebih anda sukai.


Tips Kelima


Perhatikan dengan baik seberapa besar resolusi layar tablet PC anda. Karena anda sadari maupun tidak, resolusi sebuah layar monitor akan memiliki dampak yang sangat besar akan “kejernihan” anda dalam memandangnya. Serta yang tak kalah pentingnya adalah resolusi layar yang baik akan membuat mata anda tidak cepat lelah. Untuk tablet berukuran 7 inchi, sebaiknya anda memilih yang memiliki resolusi sebesar 1.024x768.

Berdasarkan hasil pencarian yang saya lakukan, ada beberapa tablet yang rasa memiliki tingkat resolusi yang cukup baik, antara lain: tablet pc Google Nexus 7 inch yang mampu menghasilkan 1.024.000 pixel dan membeli sudut pandang penglihatan perangkat yang luas, Samsung Galaxy Tab 7.7 yang sudah menggunakan layar AMOLED yang mampu untuk memberikan kedalaman layar dan tingkat kecerahan yang lebih baik, tablet Acer Iconia Tab A700 yang mampu menghasilkan kualitas warna yang lebih baik dengan sudut pandang yang lebih nyaman serta menggunakan layar beresolusi tinggi dengan ketajaman teks & grafis, PC tablet Asus Transformer Pad Infinity TF700 dengan resolusi sebesar 1.920 x 1.200 piksel dan dilengkapi dengan wide-angle panel IPS yang mampu menghasilkan akurasi serta reproduksi warna menarik.


Tips Keenam


Anda tentu menginginkan untuk memiliki perangkat-perangkat komputer dengan struktur komputer yang kuat atau dengan kata lain dengan spesifikasi yang handal bukan? Ada beberapa komponen hardware komputer yang akan sangat berpengaruh terhadap performance kerja dari tablet komputer anda, yaitu:

Ø  Processor


Seperti halnya laptop ultrabook, besaran kapasitas yang dimiliki oleh processor pc tablet juga akan sangat berpengaruh terhadap kinerja dari berbagai sistem aplikasi komputer yang sedang anda jalankan. Minimal procesor dari tablet yang ada pilih adalah sebesar 1 GHZ, karena “tuntutan jaman” untuk menjalankan aplikasi tablet yang anda miliki makin hari makin besar. Atau jika anda hobi untuk bermain game, maka usahakan untuk membeli tablets yang dilengkapi dengan prosesor dual-core atau quad-core.

Dari hasil “blusukan” saya di internet, ada banyak tablet pc yang memiliki spesifikasi processor minimal & diatas 1 GHz, diantaranya adalah Tablet TREQ A10G Duo, Advan vandroid tablet T1B, IMO Z1 Pad, CutePad F-7001 Slim, tablet cdma SmartFren AndroMax Tab 7.0 (EVDO), pc tablet Acer iconia B1-A71, Asus MemoPad ME172V, Axioo Pico Pad 8 3G GHM, Zyrex tablet ONESCRIBE ZA-987, Samsung Galaxy Tab2 7.0 Expresso-P3100, DELL Streak 5″, FUJITSU Stylistic Q550 – Pro 62GB, Samsung ATIV Smart PC, dan masih banyak lagi (anda bisa melihat spesifikasi lengkapnya dengan searching di internet ya…)


Ø  Memory/RAM


Untuk memory sendiri yang saat ini tersedia di pasar adalah mulai dari yang berukuran 125 Mb, 256 Mb, 512 Mb, dan 1 Gb. Saran saya adalah sebaiknya anda memilih tablet android yang dilengkapi dengan RAM 1Gb.


Ø  Besaran Kapasitas Data Yang Disediakan


Kapasitas data berfungsi seperti hardware komputer hardisk pada komputer. Saat ini besaran kapasitas data yang tersedia di pasar mulai dari 16 Gb, 32 Gb, 64 Gb, dan 128 Gb. Untuk hal yang satu ini, saya hanya ingin menyarankan kepada anda agar bijak dalam memilih. Karena jika anda tidak berniat menyimpan data terlalu banyak seperti lagu, foto, beragam aplikasi tablet, dll…saya rasa ana tidak membutuhkan tablet dengan kapasitas data yang besar. Tapi semuanya kembali kepada preferensi anda sendiri.


Tips ketujuh


Lihat seperti apa sistem operasi komputer tablet anda. Mengenai apa saja sistem operasi yang ada saat ini, sudah saya terangkan di artikel sebelumnya. Jadi saya rasa saya tidak perlu lagi untuk menjelaskannya disini. Hanya saja yang perlu anda ketahui adalah apa saja sistem operasi terbaru saat ini, antara lain: sistem operasi IOS 7 untuk produk-produk Apple, sistem operasi windows 8, sistem operasi Android Jelly Bean 4.2.


Tips Kedelapan


Pastikan juga produk tablet yang anda beli memberikan kemungkinan bagi anda untuk melakukan update terhadap O.S (operasting system) pc tablet android anda di masa yang akan datang. Hal ini penting, karena disamping memberikan kesempatan kepada anda untuk mengikuti perkembangan jaman, juga akan lebih memudahkan anda nantinya saat harus menggunakan berbagai macam aplikasi yang membutuhkan OS terkini.


Tips Kesembilan


Tentukan juga tipe konektivitas yang anda butuhkan apakah WiFi atau 3G atau bahkan 4 G. Kalau menurut saya sih yang keduanya aja…J. Tapi saya sarankan anda untuk memilih yang menyediakan tipe konektivitas 3G/4G, sehingga anda akan lebih mandiri dalam menggunakan internet walaupun biaya operasional anda pasti akan lebih mahal bila dibandingkan dengan yang hanya menggunakan WiFi.


Tips Kesepuluh


Lihat juga seberapa baik tingkat daya tahan penggunaan baterai tablet yang anda pilih. Tablet dirancang untuk memenuhi aktivitas mobile anda..so…tablet pc/android dengan daya tahan yang lebih lama akan lebih memberikan kenyamanan kepada anda dalam menggunakannya.


Tips Kesebelas


Lihat ukuran, berat, dan bentuk dari pc tablet yang anda pilih. Ketiga hal tersebut juga akan memberikan pengaruh bagi kenyamanan anda dalam menggunakannya. Dan ketiga hal tadi juga akan memberikan pengaruh kepada pemilihan akan seberapa besar ukuran layar tablet yang anda sukai (bukan butuhkan lho ya…). Dan yang tak kalah pentingnya adalah dari material jenis apa case tablet tersebut dibuat.


Tips Keduabelas


Cermati juga sensor apa saja yang “ditanamkan” didalamnya. Ada beberapa sensor yang mungkin akan anda temui pada sebuah computer tablet (karena tidak semua tablets komputer memilikinya), antara lain:

Ø  Sensor Accelerometer yang berfungsi untuk mengukur akselerasi.

Ø  Sensor Gyroscope yang berfungsi untuk mengukur rotasi.

ØSensor Magnetometer yang berfungsi untuk mengukur kekuatan medan magnet bumi, seperti layaknya kompas.

ØSensor Proximity yang berfungsi untuk mengukur jarak terhadap suatu obyek.

Ø  Sensor GPS yang berfungsi untuk menentukan posisi dan lokasi.

Ø  Sensor ALS yang berfungsi untuk mengukur cahaya.


Tips Ketigabelas


Lihat juga ketersediaan service resmi dari produk yang anda pilih. Hal ini akan sangat membantu anda jika suatu saat tablets anda mengalami kerusakan.


Tips Keempatbelas


Pastikan bahwa produk gadget yang anda beli tersebut memiliki garansi resmi dari pihak pabrikannya atau dari distributornya.


(referensi: dari banyaaakkkkk sumber)



Wuihh….akhirnya selesai juga nih artikel….:) Sampai disini artikel tentang tips cara memilih dan membeli tablet PC yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang tips memilih Laptop dan cara memilih komputer desktop. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article