Tips Memilih Printer Baru Berkualitas dan Bagus Yang Sessuai Dengan Kebutuhan Anda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. setelah di artikel komputer yang sebelumnya kita sudah berdiskusi tentang bagaimana sih cara memilih tablet yang baik dan tepat, kini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang tips bagaimana cara memilih printer yang sesuai dengan keperluan dan kebutuhan kita dan yang pastinya awet dan bagus. So…silahkan disimak introduction berikut ini…

Saya yakin anda tentu sudah familiar sekali dengan salah satu peripheral komputer yang satu ini, Printer. Tidak lengkap rasanya jika komputer desktop anda atau notebook/laptop anda tanpa dilengkapi dengan perangkat-perangkat komputer yang akan lebih memudahkan dan membantu anda untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas, dan salah satu peralatan komputer yang harus anda miliki adalah printer yang bagus dan awet.

Lalu, pertanyaan adalah ada berapa banyak sih macam-macam jenis printer yang ada di pasaran saat ini? Jika dilihat dari jenisnya, maka printer cetak dapat dibagi menjadi 6 jenis, yaitu:


Printer InkJet


Bagi anda yang belum begitu mengetahui tentang printer inkjet akan saya jelaskan sedikit. Printer inkjet adalah salah satu jenis printer yang bagus dan berkualitas untuk mencetak dengan kualitas professional dan printer ini memiliki resolusi yang tinggi serta mampu menghasilkan hasil cetakan warna yang cerah dan cetakan teks yang tajam.

Printer ini memiliki daftar harga printer yang murah bila dibandingkan dengan jenis lainnya, sehingga banyak orang yang beli printer jenis ini untuk keperluan “rumahan”. Karena disamping harganya yang terjangkau, kualitas hasil cetakan baik untuk tulisan maupun grafis cukup bagus. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan printer inkjet ini untuk cetak foto. Kelebihan yang dimiliki oleh printer inkjet antara lain adalah desainnya yang relatif compatible dan mudah untuk anda pindahkan serta harga tinta printer nya yang murah dan ketersediaan dari stock tinta printer inkjet ini dapat dengan mudah anda temukan di toko komputer & printer yang ada di kota anda.

Dan satu hal lagi yang hal lagi, ketersediaan service printer untuk jenis ini dapat dengan mudah untuk anda temui di kota-kota sekitar anda, bahkan tidak sedikit orang yang memang mengkhususkan usahanya dalam bidang bisnis printer termasuk jual-belinya. Printer inkjet memang memiliki reputasi yang bagus sebagai printer cetak dan juga cukup berkualitas dan handal untuk anda gunakan sebagai printer photo. Meskipun jika dilihat dari sisi keekonomisannya, printer jenis ini memiliki biaya operasional yang cukup mahal. Jadi bila anda ingin menggunakan printer anda untuk keperluan percetakan atau kantor, saya sarankan anda mencari jenis printer yang lain.

Namun disamping kelebihan yang dimiliki oleh inkjet printer, ada satu kelemahan yang menurut saya banyak dialami oleh pengguna printer jenis ini, yaitu cartride printer nya yang cukup rentan rusak. Sehingga bila anda tidak hati-hati dalam mengisi ulang tintanya atau perawatan cartride yang anda lakukan tidak cukup bijak, tidak menutup kemungkinan anda akan sering beli cartride baru untuk printer anda tersebut. Untuk mengetahui artikel tentang tips merawat cartride printer, silahkan anda baca artikel sebelumnya yang saya posting. Namun meskipun demikian, hal tersebut tidak pernah menyurutkan orang untuk beli printer jenis ini…J

Sementara itu hasil penelusuran saya di internet untuk jenis-jenis printer baru atau printer terbaru, didapat hasil sebagai berikut:

·     Untuk printer canon, anda bisa melihat Canon Pixma MX392. Canon printer ini termasuk kedalam jenis printer all in one, dimana terdapat fitur automatic document feeder/ADF, Fax, dan Scan. Disamping tentu saja untuk mencetak berbagai macam dokumen yang anda butuhkan. Sehingga tidak heran jika printer canon pixma MX391 ini diberi label sebagai printer kantor atau office printer.

·  Untuk printer HP, anda bisa melihat printer HP Deskjet Ink Advantage 2520hc. Printer hp ini menggunakan teknologi ink advantage yang mampu menghemat pemakaian tinta tanpa harus mengurangi kualitas dari hasil cetakan. Sementara jika anda berniat untuk mencari printer hp all in one, anda bisa melihat printer HP deskjet 1050 meskipun printer ini tidak bisa dibilang printer model baru, namun dari search yang saya lakukan di internet, keyword “hp 1050” memiliki jumlah pencarian yang lumayan besar.

·   Untuk Printer Epson, anda bisa melihat Printer inkjet multifungsi Epson L355. Printer all in one ini selain dilengkapi dengan fitur cetak, scan, copy, fax, juga dilengkapi dengan fitur wireless dan kalau saya tidak salah printer Epson L355 ini dilengkapi juga dengan tabung infus original yang berada di samping kanannya, so anda tidak perlu melakukan printer modifikasi bagi kebutuhan cetak mencetak anda.. Printer ini juga mampu menampung 100 lembar kertas A4 75 gram dan kertas foto glossy hingga 20 lembar berukuran A4, dengan posisi portrait. Dan menurut saya printer ini cocok untuk anda gunakan dalam kepentingan usaha UKM anda.

Dan bagi anda yang tidak ingin terlalu repot dalam mempraktekan bagaimana cara infus printer, mungkin produk ini bisa menjadi salah satu pertimbangan pilihan anda dalam memilih dan beli printer. Dan lagi pula infus tinta printer nya dapat dengan mudah anda beli di toko printer yang ada di kota anda.

·      Dan untuk printer Brother, anda bisa melihat Brother MFC-J2510 Ink Benefit. Printer inkjet ini merupakan salah satu jenis printer all in one yang ada di pasar saat ini. Printer brother mfc-j2510 ini memiliki kelebihan yaitu mampu mencetak dengan posisi landscape, yang menjadikannya sebagai printer pertama di dunia yang mampu mencetak dengan posisi tersebut. Disamping itu, printer Brother terbaru ini juga dilengkapi dengan tinta Super High-Yield, tersebut  memiliki kemampuan untuk mencetak hingga 1200 halaman dengan pengaturan cetak normal. Dan satu lagi kelebihan dari printer baru ini, yaitu dengan kemampuan mencetak dalam posisi landscape membuat printer ini mampu melakukan proses cetak dengan ukuran kertas hingga A3. So..bagi anda yang saat ini sedang mencari printer a3, Brother MFC-J2510 dapat anda masukkan dalam daftar pilihan printer anda….:)



Printer Laser


Apa itu printer laser? Printer laser adalah pencetak untuk komputer yang menggunakan teknologi diode cahaya untuk mendapatkan partikel-partikel kecil toner dari cartride ke kertas. Alat ini sering lebih ekonomis dibanding menggunakan tinta pencetak tinta. Dengan proses mencetaknya yang menggunakan teknologi pemanasan dari serbuk tinta/toner, menjadikan printer laser ini mampu melakukan proses cetak dengan kecepatan tinggi atau cepat.

Jenis printer ini bagus untuk anda gunakan sebagai alat printer cetak dokumen untuk kebutuhan aktivitas di kantor anda. Dengan kecepatan cetak yang mencapai 6-40 halaman per menit dan bisa mencapai 1000-2000 lembar per sekali isi ulang tinta printer, membuat printer laser ini memiliki biaya operasional yang lebih ekonomis bila dibandingkan dengan inkjet. Dan printer ini cocok untuk anda gunakan sebagai printer untuk percetakan ataupun untuk perkantoran.

Hal yang perlu anda ketahui disini adalah bahwa tidak semua printer laser memiliki fungsi untuk dapat mencetak foto sebaik printer inkjet. Namun anda mungkin bisa melihat beberapa produk printer laserjet atau  printer laser color yang mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda dalam printer laser warna untuk cetak foto, antara lain seperti:

Ø  Canon imageCLASS LBP7780Cx, printer laser colour ini memiliki kemampuan cetak hingga 32 halaman per menit (ppm) dan resolusi maksimum hingga 9600dpi x 600dpi.

Ø  Atau anda bisa melihat produk printer yang lainnya..karena saya yakin ada banyak printer laserjet yang juga dapat berfungsi sebagai printer cetak foto dengan kualitas yang baik. Anda bisa membaca berbagai review yang ada di internet atau bertanya kepada toko printer yang anda kunjungi, baik secara online maupun offline.

Sementara itu, berdasarkan jalan-jalan saya di internet, saya sempat berkunjung ke website http://printers.toptenreviews.com yang membahas tentang 10 printer laser terbaik 2013, yaitu:

v  Printer Laser Colour Xerox ColorQube, dengan max resolution B&W 2,400 dpi & max resolution colour 2,400 dpi.

v  Printer Laser Monochrome Lexmark MS, dengan max resolution B&W 2,400 dpi.

v  Color Printer HP LaserJet Enterprise, dengan max resolution B&W 1,200 dpi & max resolution colour 1,200 dpi.

v  Printer Laser jet Lexmark CS, dengan max. resolution B&W 1,200 dpi & max. resolution colour 1,200 dpi.                    

v  Printer laserjet colour Canon imageCLASS, dengan max. resolution B&W 2,400 dpi & max. resolution colour 1,200 dpi.

v  Printer laser warna OKI Data C, dengan max. resolution B&W 1,200 dpi & max. resolution colour 1,200 dpi.

v  Printer laser Brother HL, dengan max. resolution B&W 2,400 dpi & mx. Resolution colour 2,400 dpi.

v  Printer laserjet monochrome Samsung ProXpress, dengan max. resolution B&W 1,200 dpi.

v  Printer HP LaserJet Pro, dengan max. resolution B&W 1,200 dpi.

v  Dan printer laser jet color Samsung Printer Xpress, dengan max. resolution B&W 2,400 dpi & max. resolution colour 2,400 dpi.

Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa mengunjungi website tersebut diatas.             

Sedangkan jika anda mencari printer laser a3 atau printer laser yang mampu berfungsi sebagai printer cetak untuk kertas a3, mungkin anda bisa melihat printer-printer dibawah ini, antara lain:

v  Printer Brother MFC-J5910DW A3 Colour Multifunction Inkjet Printer.

v  Printer Laser Colour Lexmark C925 Series A3.

v  Printer OKI C9655 Series A3 Colour LED Laser Printer.

Atau anda bisa melihat beragam daftar produk printer lainnya di internet...:)


Foto Printer


Jenis printer yang ketiga adalah printer photo atau printer untuk cetak foto atau anda juga bisa menyebutnya dengan nama foto printer. Sesuai dengan namanya, produk ini memang didesain sebagai printer untuk foto dan sudah tentu layaknya sebuah produk yang memang memiliki spesifikasi khusus, pastilah printer foto ini memiliki hasil cetak foto yang bagus dan berkualitas dikelasnya.

Hal yang perlu untuk anda ketahui disini adalah pada umumnya printer photo untuk cetak foto ini menggunakan teknologi dari printer inkjet atau dengan menggunakan teknologi sublimasi warna atau yang lebih dikenal dengan nama dye sublimation. Sedangkan untuk harga tinta sublime printer tidak akan saya bahas disini, anda bisa menanyakannya langsung kepada toko komputer & printer terdekat atau anda bisa mencari dan melihatnya di toko komputer online…J

Oya…saya hampir lupa, ada beberapa seri dari foto printer yang juga mengadopsi teknologi layar LCD, sehingga anda dapat melihat foto-foto yang akan anda cetak melalui layar tersebut. Bahkan anda dapat melihatnya tanpa harus menghubungkan peralatan komputer printer anda dengan komputer atau laptop anda….wuiihh…..cangih ya….:)

Berikut ini ada daftar dari beberapa printer photo yang baik dan berkualitas, yang saya kutip dari http://www.pcmag.com, antara lain:

v  Printer Photo Epson PictureMate Charm

v  Foto Printer Epson Stylus Photo R2000

v  Printer Photo Epson Stylus Photo R2880

v  Printer Photo Epson Stylus Photo R3000

v  Printer Foto Canon Pixma MG8220 Wireless Inkjet Photo All-in-One

v  Printer Foto Epson Stylus Pro 3880

v  Foto Printer Canon Pixma PRO-1

v  Foto Printer Canon Pixma Pro9500 Mark II

v  Photo Printer Epson PictureMate Show

v  Photo Printer Polaroid Grey Label GL10 Instant Mobile Printer

Untuk melihat spesifikasinya anda bisa mengunjungi web diatas.



Printer Multifungsi


Printer multifungsi biasa kita temui di tempat kerja atau perkantoran, sekolah, atau mereka-mereka yang menjalankan bisnis. Salah satu alasan kenapa printer multifungsi ini menjadi salah satu pilihan mereka disamping printer lainnya adalah karena printer ini memiliki performance, konektivitas, kecepatan, dan dengan daftar harga printer yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Dan biasanya anda akan dapat menemukan fitur-fitur umum yang terdapat pada printer jenis ini yaitu fax, copy, dan scanner.

Printer multifungsi sering juga disebut dengan nama printer All in one. Disamping karena ketiga fitur utama yang sudah saya sebutkan diatas, printer all in one ini juga dipilih oleh sebagian orang karena alat input & output komputer ini dapat menghemat ruang dalam penempatannya dan jika dilihat dari nilai investasi yang dikeluarkan akan jauh lebih kecil daripada jika harus membeli printer, scanner, fax, dan copy secara terpisah.

Seperti yang dilansir oleh http://www.pcworld.com, saya coba mengutip sedikit tentang 10 printer multifungsi atau all in one terbaik, antara lain:

v  Printer All in one Epson WorkForce Pro WP-4590, dengan Monochrome optical resolution 600 x 600 dpi & Color optical resolution 600 x 600 dpi, tipe Scanner Flatbed dengan Optical Scan Resolution 2400 x 1200, Number of Colors 4 (Cyan, Black, Magenta, Yellow).

v Printer Epson WorkForce Pro WP-4540 All-in-One Printer, dengan Monochrome optical resolution 600 x 600 dpi & Color optical resolution 600 x 600 dpi, Tipe Scanner Flatbed dengan Maximum Scan Size Letter dan Optical Scan Resolution 1200 x 2400 dpi.

v  Printer HP Officejet Pro276dw, dengan ukuran kertas Media Sizes Accepted Legal & Letter, Tipe Scanner Flatbed & Flatbed with ADF, Number of Colors 4 (Cyan, Black, Magenta, Yellow).

v  Printer Epson Expression Premium XP-800 Small-in-one, dengan Memory Stick Duo & Compact flash & SD card ( SD Card, SD Memory Card, SDHC Card), Tipe Scanner Flatbed, dan Ports and Connections   ( USB 2.0, Wi-Fi, Ethernet Type10/100 Mbps, Wireless connection, PictBridge).

v  Printer Canon Pixma MG5320 Wireless Inkjet Photo All-In-One, dengan Monochrome optical resolution 600 x 600 dpi & Color optical resolution 600 x 600 dpi, Tipe Scanner Flatbed  dengan ukuran kertas maksimum (Maximum Scan Size ) jenis Letter serta Optical Scan Resolution 2400 x 4800 dpi, Number of Colors 5 (Cyan, Black, Magenta, Photo Black, Yellow).

v  Printer Canon Pixma MG8220 Wireless Inkjet Photo All-In-One, dengan Monochrome optical resolution 600 x 600 dpi & Color optical resolution 600 x 600 dpi, Tipe Scanner Flatbed with 35mm slide and film support & Maximum Scan Size Letter & Optical Scan Resolution 4800 x 4800 dpi.

v    Printer HP Officejet 6700 Premium e-All-In-One, dengan Monochrome optical resolution 600 x 600 dpi & Color optical resolution 600 x 600 dpi, Tipe Scanner Flatbed & Maximum Scan Size Letter serta Optical Scan Resolution 1200 x 1200 dpi, Number of Colors 4 (Cyan, Black,   Magenta, Yellow).

v   Printer Epson WorkForce 845, dengan Scanner Type Flatbed & Maximum Scan Size Letter serta Optical Scan Resolution 2400 x 2400 dpi, Number of Colors 4 ( Cyan, Black, Magenta, Yellow).

v  Printer HP Photosmart 7520 e-All-in-One Printer, dengan Scanner Type Flatbed with ADF, Number of Colors 5 (Cyan, Black, Magenta, Photo Black, Yellow).


v  Printer Brother Business Smart MFC-J4510DW, dengan Available Interfaces USB 2.0, Wireless connection ( 802.11b, 802.11g, 802.11n, Wi-Fi ), PictBridge, Tipe Scanner Flatbed, Monochrome print speed 35.0 ppm & Color print speed 27.0 ppm.

Untuk spesifikasi lengkapnya anda bisa melihat di web yang bersangkutan.



Printer Portable


Jenis printer yang kelima adalah printer portable. Printer jenis ini biasanya digunakan bagi mereka yang memiliki aktivitas mobile yang tinggi, sehingga mereka bisa menyandingkan perangkat-perangkat komputer ini (antara notebook dan printer) untuk memenuhi kebutuhan akan pekerjaan atau tugas yang mereka miliki. Meskipun printer ini memiliki sifat portable, dan pastinya memiliki ukuran yang lebih kecil daripada printer lain pada umumnya, namun portable printer ini termasuk printer bagus dengan mampu menghasilkan kualitas cetak yang baik dan handal. Printer ini juga sering disebut dengan nama mobile printers.

Jika anda penasaran seperti apa sih printer portable itu? Mungkin anda bisa melihat beberapa printer jenis ini, antara lain:

Ø  Canon iP100 Portable Printer, dengan max. resolution 9600 x 2400 dpi, daya tampung kertas sebanyak 50 lembar, wireless, ukuran 12.7 x 24 x 7.2 inci, dan berat 4.4lbs.

Ø  Epson PM225 Portable Printer, dengan max. resolution 5760 x 1440 dpi, daya tamping kertas 20 lembar, ukuran 13.5 x 9.1 x 10.5 inchi, berat 7.9lbs.

(sumber: http://www.stinkyinkshop.co.uk)

Dan saya yakin masih banyak lagi jenis dan lainnya yang tidak sempat saya tulis disini. Anda bisa mencarinya di internet dan melakukan compare atas produk-produk printer yang anda minati.



Printer Wireless


Apa sebenarnya perbedaan antara printer wireless dengan printer yang lainnya? Wireless printer dapat terhubung dengan komputer anda tanpa harus menggunakan kabel atau yang biasa sering disebut dengan nama nirkabel.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh printer wireless ini, antara lain: anda dapat menempatkan printer anda dengan posisi yang agak jauh dari tempat anda berada sehingga tingkat kebisingan printer dapat anda redam, dapat meminimasi atau bahkan menghilangkan penggunaan kabel USB yang panjang yang biasa selalu ada untuk menghubungkan antara perangkat-perangkat komputer ini dengan komputer anda, disamping itu anda dapat meletakkan printer ini di sebuah lokasi terpusat yang dapat digunakan secara bersama-sama oleh pengguna yang lainnya atau dengan kata lain sharing conection printer. Namun untuk melakukan sharing connection printer, anda harus memastikan bahwa tempat anda tersebut telah memiliki Wireless Local-Area Network (WLAN).

Berikut daftar 10 printer wireless terbaik yang saya kutip dari http://www.pcmag.com, antara lain:

v  Printer HP Officejet Pro X551dw. Kategori printer laser all in one, Maximum Standard Paper Size Legal, Number of Ink Colors 4.

v  Printer HP Officejet Pro X576dw MFP. Kategori printer laser all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colors 4.

v  Printer Brother MFC-8950DW. Kategori printer laser all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 1.

v  Printer Brother MFC-J4510DW. Kategori printer Inkjet all in one, maximum standar paper size Tabloid, number of ink colour 4.

v  Printer Canon Pixma MX922 Wireless Office All-In-One. Kategori printer inkjet all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 5.

v  Printer Dell 1355cnw Multifunction Color. Kategori printer laser all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 4.

v  Printer Epson Expression Premium XP-800 Small-In-One. Kategori printer inkjet all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 5.

v  Printer Epson WorkForce Pro WP-4533. Kategori printer inkjet all in one, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 4.

v  Printer Ricoh Aficio SG 3110DNw. Kategori printer Inkjet, maximum standar paper Legal, number of ink colour 4.

v  Printer Samsung CLP-415NW. Kategori printer laser, maximum standar paper size Legal, number of ink colour 4.


Untuk spesifikasi lebih lengkapnya anda bisa kunjungi web yang bersangkutan.



Printer Dot Matrix


Printer yang satu ini memang sangat lazim kita jumpai di perkantoran. Kelebihan yang dimiliki oleh printer dot matrix adalah kemampuannya dalam mencetak pada kertas rangkap atau NCR, mencetak faktur, surat jalan, dll.

Dari referensi yang kutip di http://www.hotseller.net, berikut 10 printer dot matrix terbaik, antara lain:

v  Panasonic KX-P1131E Dot Matrix Printer – Monochrome

v  Epson FX-890N Networking Impact Printer (C11C524001NT)

v  Okidata OKI Microline 390 Turbo

v  Epson LX-350 Dot Matrix Printer – Monochrome

v  Epson LQ-590 Dot Matrix Printer

v  Okidata ML186 Impact Printer (Serial/USB)

v  Oki Data 62411601 Microline 320 Turbo Dot Matrix Impact Printer

v  Okidata ML490 24-PIN impact printer

v  Epson LX 300+ II Impact Printer (C11C640001)

v  Okidata Microline 320 Turbo 9-Pin Impact Printer

Untuk spesifikasi lengkapnya, anda bisa melihat di web yang bersangkutan.
Baiklah..setelah introduction yang cukup panjang mengenai jenis-jenis printer yang ada di sekitar saat ini dan keterangan singkat tentang apa itu printer dan fungsi dari masing-masing jenis printer tersebut, kini saya akan mengajak anda untuk memasuki inti dari dari artikel tips printer ini…so…silahkan disimak…cekidot…


Tips pertama


Sebelum anda membeli, tentukan dahulu untuk apa printer tersebut akan anda gunakan? Secara…menurut beberapa referensi yang saya baca, berdasarkan fungsinya printer dibagi menjadi 5 macam, yaitu:

ü  Printer untuk penggunaan di rumah.
ü  Printer untuk pelajar/mahasiswa.
ü  Printer untuk keperluan fotografi digital.
ü  Printer untuk keperluan bisnis kecil.
ü  Printer untuk perusahaan atau perkantoran.


Tips Kedua


Tentukan juga budget yang anda miliki. Besar kecilnya dana yang anda butuhkan untuk membeli sebuah printer tergantung kepada “untuk apa printer tersebut anda gunakan?”. Jika anda menggunakan printer anda untuk penggunaan rumah, pilihlah printer dengan rentang harga di bawah 1 juta dan pilihlah printer yang juga berfungsi sebagai printer warna. Begitu juga halnya dengan printer untuk pelajar/mahasiswa, pilihlah yang memiliki harga di bawah 1 juta dan jangan lupa usahakan untuk memilih printer warna atau anda bisa juga memilih printer all in one yang dilengkapi dengan scanner…ada kok yang di bawah 1 juta..seperti printer HP Deskjet 1050.

Namun jika anda seorang fotografer atau anda terbiasa dengan cetak foto warna, maka pilihlah yang memiliki kemampuan untuk mencetak sebuah foto dengan kualitas terbaik. Printer inkjet memang terkenal dengan kehandalannya dalam mencetak image, tapi jika anda menggunakan inkjet sebagai printer cetak foto untuk keperluan bisnis fotografi anda…maka dapat dipastikan biaya yang anda keluarkan akan sangat besar, dan satu hal yang tidak boleh anda lupakan adalah apakah anda membutuhkan kertas foto untuk mencetak foto anda tersebut?.

Biasanya para pelaku bisnis foto digital akan memilih dan membeli printer dengan rentang harga hingga puluhan juta rupiah. Dan jika anda menggunakannya sebagai salah satu sarana untuk menunjang bisnis kecil anda/ukm, maka anda bisa memilih printer all in one dengan rentang harga 1 juta keatas. Serta jika printer tersebut anda gunakan untuk menunjang aktivitas kantor anda maka sebaiknya anda memilih printer multifungsi wireless atau non wireless dengan rentang harga diatas 3 jutaan.


Tips Ketiga


Perhatikan ukuran dari resolusi yang anda miliki. Resolusi sebuah printer yang disimbolkan dengan dpi akan menentukan kualitas dari hasil cetakkan anda baik berupa tulisan maupun gambar. Pada umumnya resolusi sebuah printer adalah 300 x 300 dpi dan 600 x 600 dpi dan sudah cukup bagus sebagai printer cetak untuk mahasiswa/pelajar dan saat ini sudah banyak printer standar yang dilengkapi dengan software untuk meningkatkan tingkat resolusi yang dimiliki. Namun semakin besar resolusinya maka akan semakin bagus juga kualitas cetakan anda. dan jangan lupa, sesuaikan kebutuhan resolusinya dengan kebutuhan pekerjaan anda, ‘coz semakin besar resolusi maka harga akan semakin mahal.


Tips keempat


Tentukan apakah anda lebih menyukai sebuah printer yang dilengkapi dengan cartride printer dengan tinta printer cair di dalamnya (atau yang biasa disebut dengan inkjet) atau sebuah printer laser dengan menggunakan katrid berkapasitas besar yang berisi serbuk tinta? Atau sebuah printer photo inkjet yang biasanya dilengkapi dengan 4 hingga 6 buah cartride di dalamnya? Apapun pilihan anda nantinya, pastikan bahwa printer yang anda beli akan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada anda dalam menggunakannya terutama dalam melakukan isi ulang tinta printer tersebut. Dan yang tak kalah pentingnya adalah memudahkan anda dalam melakukan perawatan atasnya dan dapat memberikan hasil cetak yang bagus dan berkualitas.


Tips Kelima


Tidak semua printer akan kompatibel dengan komputer anda. pastikan bahwa printer yang anda beli tersebut compatible dengan komputer yang anda miliki, seperti misalnya seperti apa konektivitasnya, seperti apa kompabilitas drivernya, dan seperti apa perangkat lunaknya atau softwarenya.


Tips Keenam


Jangan lupa untuk memperhatikan seberapa cepat printer anda dalam mencetak.  Hal ini akan sangat penting bagi anda yang memang membutuhkan printer bagus baik dalam kualitas hasil cetakan ataupun kepada kecepatan mencetaknya. Pada umumnya perkantoran akan sangat sering membutuhkan perangkat-perangkat dan peralatan komputer yang mampu cepat dalam memberikan output keluaran.


Tips Ketujuh


Jika anda menggunakan printer anda untuk keperluan percetakan dan kantor, maka anda juga harus memperhatikan tentang seberapa besar kapasitas daya tampung kertasnya? Hal ini bisa anda lihat dari seberapa besar “baki” yang tersedia di printer anda tersebut. Atau anda bisa melihat spesifikasi lengkapnya pada brosurnya. Atau jika anda membelinya dari toko printer komputer online, anda bisa melihat keterangan yang tertulis di web penjual tersebut yang biasanya selalu mereka tampilkan, atau anda juga bisa bertanya secara langsung kepada customer servicenya tentang produk yang anda minati tersebut.


Tips kedelapan


Selalu lihat spesifikasi yang ditanamkan kedalam printer yang anda minati tersebut. Jika belum jelas tentang spesifikasi tersebut, usahakan untuk tidak malu bertanya kepada penjualnya.


Tips Kesembilan


Usahakan untuk selalu membeli printer yang dilengkapi dengan garansi resmi. Mintalah garansi akan produk printer yang anda beli kepada toko yang jual printer baik secara online maupun offline. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan ketersediaan layanan purna jual di kota anda. Hal ini akan memudahkan anda manakala suatu saat printer anda mengalami kerusakan, namun kita semua tentu tidak mengharapkan hal tersebut bukan?



(referensi: dari berbagai sumber)




Akhirnya artikel tips printer, selesai. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan anda dalam memilih dan membeli printer yang sesuai dengan kebutuhan anda. anda juga bisa melihat & membaca tentang tips memilih PC, desktop, laptop, notebook, neetbook, ultrabook, ultrathin, dan tablets di artikel komputer yang sebelumnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

40 comments:

  1. TERIMAKASIH BANYAK INFONYA ^_^

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. sama-sama...terima kasih sudah berkunjung dan atas komentarnya...:)

      Delete
  3. Terima kasih buat info nya.. sangat jelas sekali (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan....terima kasih atas kunjungan dan komentnya...:)

      Delete
  4. thx bro infonya ,sangat detail ,mantab bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama...terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  5. ajiib dah.. mantep gan infonya.. thx banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali atas kunjungannya dan komentnya di artikel mengenai tip memilih printer...semoga membantu....:)

      Delete
  6. gan mo tanya utk printer yg dipakai buat rumahan dan pelajar apa ya? karenakan dipakai ngeprint kl ada tugas dari sekolah dan keperluan sewaktu waktu aja......txs
    infonya gan.....semoga selalu sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe deskjet yang ada scannernya bisa gan...tapi jangan terlalu lama tidak di pakainya, karena jika lama tidak dipakai maka tinta atau cartride printernya bisa kering dan akhirnya agan mesti beli catridge baru lagi. Untuk mengetahui cara merawat cartridge printer (klik sitemap dan pilih judul artikel yang mau di baca), agan bisa lihat di artikel yang sebelumnya...:) Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya...:)

      Delete
  7. Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  8. terima kasih infonya mas, lgi bingung beli printer buat anakku yg baru masuk kuliah.
    teruslah menulis yg bermanfaat.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...semoga bermanfaat...terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  9. terimakasih bermanfaat sekali infonya..
    tetap semangat menulis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...aminn...baru mengumpulkan semangat buat menulis kembali...:)

      Delete
  10. Sya minta rekomendasi nya dong utk printer laser warna yang bagus, merk dan type apa ya? (Isi ulang tinta juga jadi pertimbangan) tapi di kisaran harga 3jt kebawah,,, maaf skalian alasannya dong utk recommendnya... trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm...untuk harga yang up to date agan bisa cek di toko online/olshop yang ada

      Delete
  11. Beli Printer Photo kecepatan nya bagus tipe berapa ? Trims
    Cari Plotter

    ReplyDelete
  12. Terimakasih infonya sangat bermanfaat. Lagi bingung nyari printer soalnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga membantu gan....Terima kasih untuk komentnya..:)

      Delete
  13. Replies
    1. tq atas kunjunannya dan komentarnya sista...)

      Delete
  14. Gan mau tanya kan printerku epsin t13 suruh ganti mainboard yg harganya mahal jg drpd ganti mending beli baru aja..yang cocok untuk printer rumahan yg pake inkjet yg bagus apa gan hanya u print tugas dan kebutuhan biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. agan bisa membandingkan dengan melakukan survei di berbagai toko offline maupun online yang ada...coz...hanga untuk barang elektronik sangat dinamis gan

      Delete
  15. keren mas tulisannya.. bermanfaat bagi pembaca.. printer berkualitas yg pernah saya coba dari salah satu merk diatas itu brother.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kembali mas david....nice....terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  16. Untuk mahasiswa printer yg cocok apa gan selain yg diatas? Tapi harga ya dibawah 1 jutaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak gan...agan bisa melihat dari yang ber merk canon hingga Hp

      Delete
  17. Makasih tipsnya, bermanfaat bgt buat yg baru mau beli printer👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih untuk kunjungannya dan koemntarnya...semoga info dan tips yang ada dapat bermanfaat...:)

      Delete
  18. Replies
    1. kemabali kasih sudah berkunjung ke blog ini...semoga tips2nya dan info yang ada bisa berguna...:)

      Delete

Share This Article