Kamera Underwater Tips Cara Memilihnya


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Di artikel kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda mengenai tips cara memilih kamera underwater/kamera tahan air/kamera tahan banting yang tepat untuk anda gunakan, setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian dari kamera Polaroid. So…silahkan disimak intermeso berikut ini, sebelum akhirnya kita masuk ke topik artikel utamanya.

Bagi anda yang hobi dengan dunia menyelam dan snorkling atau anda memang mencintai kehidupan dunia bawah air, keberadaan sebuah kamera bawah air yang mampu bertahan dan khususnya mampu memotret di dalam air adalah merupakan sebuah keharusan bagi anda. Sama halnya dengan kamera darat, pemilihan yang tepat atas camera digital underwater baik yang jenis saku/pocket maupun yang kamera DSLR bawah air adalah merupakan syarat mutlak bagi anda untuk dapat menghasilkan gambar foto yang menakjubkan. Tapi tentu saja pada prinsipnya kamera secanggih apapun yang anda gunakan adalah akan menjadi percuma jika anda tidak memahami dengan benar tehnik fotografi itu sendiri. Dan saya rasa saya tidak perlu lagi untuk menjelaskan tentang pengertian dari kamera bawah air itu apa, bukan? coz...semua sudah sangat jelas.

Memilih kamera bawah air atau tahan air dan tahan banting/benturan yang bagus dan terbaik tidak semudah anda memilih camera digital lainnya (jika selama ini anda berfikir bahwa memilih kamera digital adalah sulit, sekarang anda akan berhadapan dengan yang lebih sulit lagi…hehehe…).  Jika pertanyaan ini menghantui anda “Manakah underwater camera yang terbaik untuk saya?”, maka jawabannya adalah kamera bawah air yang terbaik buat anda adalah kamera yang sesuai dengan kebutuhan aktivitas fotografi bawah air anda dan tentu saja budget anda sendiri.

Yang perlu untuk anda ketahui sebelum anda melakukan aktivitas fotografi bawah air adalah bahwa anda memerlukan dua hal, yaitu sebuah kamera digital dan sebuah waterproof housing (kerangka mesin kamera yang tahan air atau anda bisa menyebutnya sebagai cover & casing kamera bawah air). Pada umumnya antara kamera digital dan waterproof housing-nya (case kamera bawah air) dijual secara terpisah, namun jika anda beruntung, anda dapat menemukan penawaran produk yang menjual kamera & waterproof housingnya secara bersama-sama. So...saya berharap anda termasuk kedalam orang yang beruntung tersebut….:)

Ada beberapa merk kamera bawah air laut yang sudah cukup populer bagi anda, antara lain Nikon, Canon, Sanyo, Casio, Aquapix, Olympus, Lumix, Pentax, Sony, Kodak, Panasonic, dan masih banyak lagi yang lainnya (Anda bisa menambahkan di kotak kolom komentar...) yang bisa anda pilih dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang ditawarkan. Untuk melihat lebih jelas separti apa saja fitur dan spesifikasi dari masing-masing kamera bawah air yang teredia di pasaran, anda bisa bertanya kepada toko kamera digital atau toko kamera yang khusus jual kamera bawah air dan tahan air ini di kota anda. 

Atau anda bisa melihatnya di toko-toko online kamera, seperti yang ada di toko bagus, kaskus, bhineka, Lazada, untuk dapat melihat daftar harga dan review dari kamera underwater tahan air & tahan benturan tersebut secara lengkap. Disini saya hanya mencoba untuk berbagai tips mengenai kiat cara memilih dan beli kamera digital bawah air underwater yang murah, bagus, baik, dan semoga anda bisa mendapatkan yang terbaik & termurah sesuai dengan kriteria anda..:). Disamping itu, tidak hanya kamera digital foto underwater saja yang ada di pasaran...anda juga bisa melihat dan beli berbagai macam kamera video dan cctv bawah air...jika aja anda tertarik untuk mengkoleksi kamera...hehehe....so...silahkan mencari dan search di setiap toko kamera online & offilne yang anda temui ya....:)

Saya harap introduction di atas sudah cukup jelas…so….sekarang  kita masuk ke intisari dari artikel ini yaitu tips memilih dan beli kamera underwater yang tepat untuk anda…..cekidot….


Tips 1.   Apakah Anda Menyukai Kamera Pocket Digital atau DSLR?


Mungkin tips yang pertama ini agak aneh untuk anda baca. Dalam hati anda pasti akan berkata “Admin tipsdanproduk.blogspot.com membuat saya bingung, kok ada kamera saku digital/DSLR untuk kamera tahan air?” Untuk menjawabnya saya akan menjelaskannya sebagai berikut:

Sama halnya dengan kamera digital jenis lainnya, di kamera underwater anda juga dapat menemukan produk yang berjenis pocket kamera dan digital SLR. Biasanya bagi kalangan fotografer pemula, mereka lebih memilih untuk menggunakan kamera saku digital untuk memfoto di bawah air. Kenapa? Karena kamera saku digital biasanya memiliki berat yang relatif lebih ringan dan sistem pengoperasian yang lebih sederhana, disamping itu harganya juga lebih murah jika dibandingkan dengan kamera DSLR. Namun jika anda memilih sebuah kamera berdasarkan atas kualitas foto dan kemampuan kamera dalam melakukan tugas photography serta anda memiliki dana yang cukup memadai untuk membelinya, saya sarankan anda untuk membeli camera underwater yang berjenis DSLR. Oya...hampir kelupaan...anda juga bisa memilih dan membeli kamera Lomo aquapix yang menurut referensi yang saya baca, kamera ini sudah diberi nilai IPX8 atau level tertinggi bagi sebuah kamera tahan air.


Tips 2.   Perhatikan Fitur Yang Tersedia Dari Kamera Digital Anda


Hal ini adalah faktor utama dan terpenting bagi sebagian besar orang. Karena semakin anda mengharapkan untuk mendapatkan hasil foto terbaik yang bisa anda hasilkan, maka akan semakin kompleks juga anda dalam memilih kamera tahan air tersebut. Diantara fitur-fitur yang perlu untuk anda pertimbangkan, saya akan mencoba untuk membahas fitur standar saja (yang harus ada), yaitu:


  • Kamera Yang Anda Pilih Tersebut Harus Memiliki Waterproof Housing Availability
Menurut saya in adalah fitur wajib yang harus dimiliki oleh sebuah kamera underwater. Karena fitur ini akan menjadi “tulang punggung” anda dalam melakukan aktivitas fotografi bawah air. Waterproof Housing/Underwater Housing akan dapat memberikan perlindungan yang cukup baik baik pada kamera tahan air anda pada saat anda melakukan photography di bawah air, atau dengan kata lain...housing tersebut berfungsi sebagai pelindung kamera bawah air anda. Namun meskipun demikian, anda juga harus dapat dengan teliti melihat kemampuan/fitur yang tersedia di underwater housing anda, antara lain:

ü  Apakah underwater housing anda memungkinkan anda untuk memiliki akses terhadap berbagai tombol control pada camera digital underwater anda?

ü  Seperti apa jenis koneksi untuk lampu bawah air yang terdapat di housing underwater anda?

ü  Apakah underwater housing anda memberikan akses untuk external add-on lenses, sehingga anda bisa melakukan teknik fotografi “wide angle” atau “macro closer”?


  • Sebaiknya Anda Memilih Kamera Underwater Yang Juga Menyediakan Fitur Manual Control
Bagi sebagian orang fitur ini tidak terlalu penting, khususnya bagi mereka yang menyukai segala sesuatu yang serba otomatis atau fully automatic control. Namun yang perlu untuk anda ketahui adalah mengambil foto di bawah air dengan memotret di daratan akan sangat berbeda kondisinya. Dimana umumnya automatic mode pada kamera digital anda tidak akan dapat berkerja secara maksimal di bawah air, apalagi jika anda sangat mengharapkan hasil foto dengan exposure dan warna yang bagus.


  • Perhatikan Ketersediaan Fitur Manual White Balance Pada camera underwater Yang anda pilih
Fitur ini akan menjadi hal yang penting bagi anda manakala anda ingin memotret tanpa menggunakan lampu bawah air (strobe/flash) dan hanya menggunakan cahaya alami di lingkungan sekitar atau yang biasa kita kenal dengan nama ambient light. Fungsi dari fitur white balancing ini adalah untuk mengeliminir ambient light yang ada. Dimana seperti yang kita ketahui bersama warna dominan yang akan anda temui saat berada di bawah air adalah biru, biru, dan biru. Dan jika memungkinkan, pililah kamera tahan air yang dilengkapi dengan fitur HDR (High Dynamic Range)


  • Perhatikan Apakah Kamera Tahan Air Anda Juga Mensupport External Lens
         
Hal ini harus anda perhatikan dengan benar manakala anda memustuskan untuk menggunakan camera digital underwater jenis pocket/point to shoot. External lens atau kita sebut saja dengan nama “Wet Lenses” adalah merupakan ooptic tambahan pada kamera underwater anda yang biasanya di gunakan oleh para photographer saat akan melakukan teknik fotografi “Wide Angle” atau juga “Closer Macro Shooting”. Untuk dapat melakukan tehnik fotografi tersebut, pemilihan kamera underwater yang support terhadap external lens adalah tidak cukup, anda juga harus mencari dan memilih underwater housing yang compatible dengan hal ini. Sehingga, meskipun anda menggunakan jenis point to shoot camera dalam mengambil gambar di bawah air, namun tetap dapat memungkinkan anda untuk mengambil gambar dari jarak sedekat mungkin yang tentu saja akan dapat menghasilkan foto yang lebih berwarna dan lebih detail

Namun jika anda memutuskan untuk menggunakan kamera tahan air jenis DSLR, saya rasa anda tidak perlu begitu memperhatikan point yang satu ini. Yang perlu anda perhatikan hanya anda harus benar-benar menggunakan ports yang tepat untuk setiap lensa yang anda gunakan.


  • Perhatikan Shutter Lag-nya
       
Shutter lag adalah jeda waktu antara saat anda menekan tombol “shot” dengan gambar yang berhasil di “tangkap”. Untuk kamera pocket/kompak biasanya memiliki nilai shutter lag yang berbeda-beda antara model yang satu dengan yang lainnya. Shutter lag sendiri akan berpengaruh sangat besar terhadap hasil foto anda saat anda mengambil obyek yang bergerak, seperti contoh ikan. Jika anda menggunakan kamera underwater jenis pocket atau saku, maka usahakan untuk mencari kamera digital underwater yang memiliki nilai shutter lag yang kecil.


  • Tentukan Format Gambar Yang  Anda Pilih
 
Jika anda berencana untuk tidak melakukan editing foto yang terlalu banyak di photoshop atau software editing foto lainnya, maka kamera digital underwater dengan format JPEG adalah merupakan pilihan yang bijaksana. Namun jika anda memang berencana untuk meng-edit hasil foto anda dalam aktivitas edit yang banyak, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk memilih camera digital underwater yang men-support format file RAW.


  • Tentukan Yang Terpenting Bagi Anda, Ukuran Megapixles atau Ukuran Sensor Kamera
               
Yang perlu untuk anda ketahui disini adalah bahwa ukuran megapixel yang besar dari kamera digital anda tidak akan menjamin ukuran resolusi yang besar juga. Ukuran megapixel 8-10 MP hanya akan meningkatkan resolusi foto anda sebesar 8%. Faktor utama yang paling berpengaruh terhadap resolusi foto anda adalah ukuran sensor kamera. Itu sebabnya mengapa kamera DSLR menghasilkan resolusi gambar yang lebih baik daripada kamera saku digital, meskipun misalnya sama-sama menyandang ukuran megapixel sebesar 10MP.


  • Apakah Anda Juga Ingin Kamera Underwater Yang dilengkapi Dengan Fasilitas Video

Perkembangan teknologi dari kamera tahan air/tahan banting ini juga tidak kalah dengan perkembangan yang dimiliki oleh camera digital lainnya. Anda bisa memilih kamera tahan banting yang juga dilengkapi dengan fasilitas video untuk merekam aktivitas anda/aktivitas obyek yang anda amati. Dan jika memungkinkan, anda juga bisa memilih kamera underwater yang juga dilengkapi dengan fitur GPS.


  • Perhatikan Ukuran dan Berat Dari Kamera & Housing Underwater Yang Anda Pilih

Bagi para fotografer professional, ukuran dan berat dari sebuah kamera yang mereka pakai tidak akan berpengaruh banyak terhadap kenyamanan mereka dalam memotret. Mau tahu rahasianya kenapa? Karena mereka sudah terbiasa Bung! Bagi anda yang masih amatir dalam dunia fotografi, khususnya untuk underwater photography, ukuran dan berat dari underwater camera yang anda beli akan sangat menentukan kenyamanan anda dalam memotret di bawah air.

Oya...hampir lupa, sau hal lagi yang tidak kalah pentingnya untuk anda perhatikan saat membeli kamera digital underwater adalah pastikan bahwa produk kamera tahan air yang anda beli tersebut dilengkapi dengan garansi resmi, baik anda membelinya dari toko kamera online maupun anda membelinya dari toko kamera offline


( Referensi: http://www.divephotoguide.com )




Demikianlah tip kali ini tentang cara memilih kamera underwater atau kamera tahan air atau kamera tahan banting. Semoga tip kali ini dapat menambah wawasan anda dalam memilih underwater camera atau kamera bawah air yang terbaik, murah dan termurah, dan tepat untuk anda gunakan sehingga aktivitas menyelam ataupun snorkling anda dapat terasa lebih nyaman dan tentu saja anda dapat menghasilkan foto-foto bawah air yang baik. Sedangkan untuk bisa menghasilkan efek foto bawah air yang baik khususnya foto di bawah laut...ada baiknya anda juga membeli berbagai buku fotografi tentang panduan cara menggunakan kamera bawah air atau digital camera underwater yang banyak tersedia di berbagai toko buku ternama di kota anda atau anda bisa beli di toko buku & kamera online.

Anda juga bisa membaca artikel tip lainnya, tentang kamera saku digital  dan kamera prosumer.  Sampai bertemu di aneka tip & produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

6 comments:

  1. iwah keren nih infonya, tertarik untuk memiliki kamera Underwater, keren kan mengabadikan moment ketika didalam air bersama orang- orang kesayangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan atas kunjungan dan komentanya...kalau mau beli kamera underwater, silahkan aja klik dan lihat di iklan-iklan di atas atau dibawah...:)

      Delete
  2. kenapa ga kasih referensi kamera apa yang bagus. kalau cuma gini doang mah yah .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sista yang cantikkkk....ini kan blog tentang tips dan produk...:) so....bukan blog review produk...jadi isinya tentang aneka tips dan untuk produk2nya...silahkan lihat di banner yang ada atau di iklan produk di blog ini (meskipun tidak tentang gadget). Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  3. Blog boleh juga menyarankan produk tertentu sesuai ulasan pada artikelnya. Banyak kok yang membandingkan beberapa merek produk di blog. Saya sedang bingung memilih kamera tahan air mana yang terbaik yang harga 3 jutaan.
    Nice article by the way 'though it doesn't help me a lot. Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan dan komentarnya....:) nice....

      Delete

Share This Article