Tips Cara Memilih dan Membeli Kamera Mirrorless


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blospot.com. Bagi anda yang sedang mencari-cari alternatif camera fotografi yang ingin anda beli, agaknya artikel ini akan bermanfaat untuk dapat menambah wawasan anda. Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda tentang tips memilih kamera mirrorless, setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk melihat tentang cara memilih kamera prosumer.

Mungkin ada diantara anda yang masih belum mengetahui dengan jelas apa apa itu kamera mirorless? Sebelum saya mengajak anda untuk melihat tips memilih dan beli kamera mirrorless, ada baiknya jika saya menerangkan terlebih dahulu tentang apa itu kamera mirrorless. Mirrorless camera adalah sebuah generasi jenis kamera terbaru yang kalau tidak salah mulai diperkenalkan ke pasar sekitar tahun 2008. Kehadiran dari mirrorless camera adalah untuk menjawab permasalahan yang sering dihadapi oleh para fotografer pemula manakala mereka berniat atau menggunakan kamera DSLR yang memiliki berat yang lumayan bagi anda yang awam dan masih belum terbiasa dalam menggunakannya, walaupun hasil foto yang dihasilkan oleh kamera digital SLR adalah yang terbaik. Tapi anda jangan kecewa terlebih dahulu, menurut beberapa artikel fotografi yang saya baca, Sony akan meluncurkan kamera mirorles A7 & A7R yang merupakan kamera Mirrorlees Full Frame yang pertama. Dimana teknologi full frame selama ini hanya "berada" di kamera SLR/DSLR.

Lalu pertanyaan besarnya adalah “apa sih kelebihan dan kekurangan dari kamera digital mirrorless?” kamera digital ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan DSLR dan memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan prosumer camera, yaitu mirrorless camera memberikan kemudahan bagi anda untuk dapat mengganti lensa, sehingga sebagian orang mengatakan bahwa kamera digital ini memberikan kemudahan bagi para fotografer pemula untuk dapat berkreasi dengan lebih baik. 

Bahkan ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa kamera mirrorless adalah merupakan camera fotografi bagi para pemula. Hanya saja kamera ini tidak dilengkapi dengan reflective mirror, yaitu sebuah alat yang berfungsi untuk memantulkan cahaya dari lensa kamera ke viewfinder. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara kamera DSLR dengan mirrorless camera. Sehingga banyak perusahaan-perusahaan kamera besar, seperti Nikon, Canon, Sony, Olympus, Leica, Pentax, Panasonic Lumix, Samsung (kalau ada yg kurang silahkan ditambahkan di kolom komentar) yang juga ikut memproduksi kamera digital jenis ini.


Dengan tidak terdapatnya reflective mirror pada kamera ini, otomatis membuat body dari kamera digital mirrorless menjadi lebih tipis yang akan memudahkan anda untuk membawanya kemana-mana. Di samping sisi portablenya, dengan tidak terdapatnya reflective mirror pada mirrorless camera, otomatis juga akan menghilangkan fitur optical viewfinder yang banyak terdapat pada kamera DSLR, dan digantikan dengan fitur electronic viewfinder.

Namun meskipun demikian mirrorless camera tetap memiliki fungsi yang hampir sama atau bahkan sama dengan kamera DSLR, yaitu seperti memiliki fitur mode auto, manual, Av, Tv, tersedia juga fitur untuk dapat men-setting ISO, White Balance, dan sebagainya, serta anda juga dapat mengganti lensa kamera mirrorless anda dengan menggunakan lensa wide, lensa tele, dan lensa fix. Dan tidak hanya itu, bila mirrorless camera dibandingkan dengan kamera pocket digital pada saat pengambilan gambar dengan kondisi cahaya yang kurang, maka kualitas gambar yang dihasilkan oleh mirrorless camera akan jauh lebih baik. Kenapa demikian? Karena meskipun bentuknya yang ramping, namun kamera mirrorless juga dilengkapi dengan ukuran sensor yang sama atau hampir sama dengan kamera digital SLR pada umumnya.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kamera digital ini adalah bila dibandingkan dengan kamera DSLR, mirrorless camera memiliki jumlah setting-an yang relatif lebih sedikit. Hal ini tentu saja merupakan sebuah kabar gembira bagi anda yang masih amatir di dalam dunia fotografi untuk dapat mengekspresikan kreatifitas anda. agaknya semboyan “Expresikan dirimu” adalah merupakan semboyan yang tepat untuk di sandangkan kepada mirrorless camera. Namun dengan semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kamera mirrorless, saya hanya ingin mengatakan kepada anda bahwa keputusan untuk membeli mana kamera digital terbaik bagi anda adalah tergantung kepada anda sendiri dan sesuai dengan kebutuhan aktivitas fotografi anda.

Oke…setelah saya sudah sedikit menjelaskan tentang apa itu kamera mirrorless, sekarang saya akan mengajak anda untuk melihat tips-tip apa saja yang perlu anda ketahui saat anda memilih dan membeli mirrorless camera….cekidot…..

Tips 1.   Perhatikan Design dan Iterface-nya


Pada umumnya mirrorless camera memiliki design yang hampir sama dengan kamera saku digital, namun terdapat perbedaan yang mendasar dimana kamera mirrorless dilengkapi juga dengan berbagai variasi pada tombol-tombol yang berfungsi sebagai interface antara kamera dan anda. Ada beberapa type/merk dari kamera digital ini yang menyediakan cukup banyak tombol interface, sehingga seakan-akan membuat anda terasa sedang menggunakan DSLR. Namun ada juga type/merk yang menggunakan internal menu dan touchsreen sebagai senjata andalan mereka, sehingga akan membuat anda seakan-akan terasa sedang menggunakan kamera pocket digital.

So…apapun pilihan anda minumlah air putih…ups salah, maksud saya sesuaikan pilihan anda dengan kenyamanan anda dalam memotret, apakah ingin yang berasa seperti dslr atau yang berasa seperti kamera pocket digital…..:)


Tips 2.   Perhatikan Ukuran Sensor Yang Sediakan


Ukuran sensor yang semakin besar akan memberikan kemudahan kepada anda pada saat harus memotret di dalam kondisi cahaya yang kurang atau istilah kerenanya kondisi low light (ISO). So…jika anda gemar untuk melakukan aktivitas fotografi malam, ukuran sensor dari sebuah kamera akan sangat penting artinya bagi anda. Jika anda masih belum mengetahui berapa ukuran sensor kamera mirrorless minimal yang harus ada, anda bisa membandingkannya dengan ukuran sensor dari kamera DSLR. Silahkan lihat artikel DSLR untuk melihat rata-rata ukuran sensor yang mereka miliki.


Tips 3.   Lihat Pilihan Setting Yang Tersedia


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, mirrorless camera memiliki pilihan setting yang tidak jauh berbeda dengan kamera dslr level pemula maupun level enthusiast.


Tips 4.   Image Stabilizer


Fitur ini merupakan fitur yang akan dapat meminimasi dampak dari goyangan yang ada saat anda tengah mengambil gambar. Meskipun body camera mirrorless tergolong ramping, namun tidak ada salahnya jika anda juga menjadikan ketersediaan fitur image stabilizer sebagai salah satu point dalam pengambilan keputusan untuk membeli.


Tips 5.   Perhatikan Ketersediaan Dudukan Untuk Flash External


Istilah kerenanya adalah flash hot shoe. Usahakan untuk memilih mirrorless camera yang juga dilengkapi dengan fitur yang satu ini. Fitur ini akan sangat berguna manakala anda sedang memotret pada kondisi cahaya yang kurang dan atau anda tidak dapat menemukan camera digital mirrorless yang memiliki sensor yang cukup besar (baca lagi point-point diatas).


Tips 6.   Perhatikan Konektivitas Kamera Mirrorless Tersebut


Fitur ini akan menjadi penting manakala anda hendak melakukan transfer file foto ke media elektronik lainnnya, seperti laptop, pc, dsb. Usahakan minimal kamera mirrorless yang anda beli memiliki konektivitas USB 2.0 dan kalau dilengkapi juga dengan HDMI bagus sekali.


Tips 7.   Garansi


Ini bukan fitur dari kamera mirrorless, tapi adalah salah satu point terpenting setelah semua point diatas. Usahakan untuk membeli mirrorless camera dari toko kamera online ataupun offline yang dilengkapi juga dengan jaminan garansi resmi. Jadi jika suatu saat terjadi apa-apa (rusak) dengan kamera mirrorless anda pada rentang waktu masa garansi yang ditentukan, anda akan lebih terbantu untuk mengatasinya…..:)


Demikianlah 7 point yang bisa anda perhatikan untuk memilih kamera mirrorless. Sengaja point harga tidak saya cantumkan, karena jika saya cantumkan maka semua point-point diatas akan menjadi terabaikan. Karena umumnya mirrorless camera memiliki harga yang sama dengan harga digital camera DSLR.

(sumber:dari berbagai sumber)



Demikianlah tips kali ini tentang bagaimana cara memilih kamera mirrorless dan apa itu sebenarnya mirrorles camera? Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda dalam membantu anda untuk menambah wawasan dan memilih kamera digital mirrorless yang anda sukai serta semoga anda mendapatkan kamera mirorless terbaik, bagus, murah bahkan termurah, yang sesuai dengan spesifikasi dan kriteria yang anda tetapkan, inginkan, dan butuhkan. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article