Tips Cara Memilih dan Membeli Camera Digital DSLR


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini masih melanjutkan pembahasan artikel sebelumnya yang membahas tentang bagaimana cara memilih kamera saku digital yang tepat untuk anda. Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan anda tentang cara memilih kamera digital DSLR yang bijak untuk anda gunakan.

Sebelum saya berbagi tentang tips cara memilih kamera dslr, saya akan terlebih dahulu menerangkan sedikit tentang apa itu kamera dslr…pasti masih banyak yang belum tahu kan…:) Kamera dslr adalah merupakan singkatan dari kata Digital Single Lens Reflex, kamera jenis ini memanfaatkan sebuah cermin/single lens untuk memantulkan obyek gambar yang dibidik ke arah viewfinder karma. Viewfinder adalah merupakan lubang kecil di belakang kamera digital kita yang biasa kita gunakan untuk membidik obyek gambar kita…hmm…kecuali anda memang  lebih sering menggunakan layar untuk melihat obyek gambar.


Lalu pertanyaan yang mungkin timbul di benak teman2 semua adalah: “lho..apa bedanya dengan kamera pocket digital yang sudah dibahas di artikel sebelumnya, kan sama2 camera digital gitu lho…” ? Perbedaannya adalah seperti ini :


  • Tentang Kamera DSLR atau kamera SLR adalah kamera yang memungkinkan anda untuk dapat melihat obyek foto yang sama dengan yang akan anda cetak nantinya, karena kamera jenis ini menggunakan single lens untuk melihatnya. Sedangkan untuk kamera non-SLR biasanya menggunakan two lens untuk mengambil obyek gambar yang sedang anda “bidik” sehingga memungkinkan untuk terjadinya perbedaan antara obyek nyata yang sudah anda bidik dengan hasilnya di foto anda. Istilah kerenanya adalah kalau kamera SLR atau kamera DSLR “is a What You See is What You Get”. 


  • Kamera SLR/ camera dslr biasanya digunakan oleh para professional untuk Menjalankan aktivitasnya. Sehingga harga kamera dslr biasanya lebih mahal dari kamera saku digital, apalagi untuk kamera merk tertentu seperti kamera canon dslr dan kamera Nikon dslr yang keduanya sudah memiliki tempat di hati bagi konsumen. Sedangkan kalau kamera pocket digital biasanya digunakan untuk jalan-jalan santai dan aktivitas yang tidak terlalu serius alias “Fun”. Namun yang perlu saya tekankan disini adalah bahwa kamera dslr atau slr tidak harus dimiliki oleh kaum professional saja, para pemula yang ingin mempelajari teknik jeprat jepret atau teknik fotografi juga boleh kok untuk membeli camera digital jenis ini….:) 


    Nah setelah jelas dengan perbedaan antara kamera dslr dan kamera pocket digital…meskipun keduanya sama – sama camera digital…:) sekarang saya akan berbagi tips kepada anda tentang tips memilih kamera dslr untuk pemula maupun untuk yang sudah tidak lagi jadi pemula..hehehe…..cekidot…..



    1. Usahakan untuk mendapatkan/memiliki informasi yang lengkap tentang camera digital yang ingin anda beli tersebut.

    Jika anda membeli kamera dslr idaman anda dari toko kamera online maka usahakan anda memilih toko kamera online yang dapat memberikan spesifikasi lengkap tentang kamera digital yang sedang anda lihat di web-nya. Jika anda membeli camera digital dslr anda melalui toko offline, bertanyalah sebanyak – banyaknya kepada penjualnya…ingat…malu bertanya sesal kemudian..hehehe…..Dan satu lagi yang perlu saya tekankan adalah usahakan untuk tidak membeli kamera DSLR yang bekas atau seken dari teman atau saudara anda...beli saja yang baru. Kalau belum cukup, belajarlah untuk menabung...AYO Menabung!


    2.   Pertimbangkan Seberapa Besar Resolusi Yang anda Inginkan

    Resolusi sering dikaitkan dengan ukuran megapixel dari camera digital anda. Tidak salah memang jika anda selalu mengedepankan megapixel sebagai salah satu alasan kuat dalam memilih kamera digital dslr atau pocket digital kamera anda, karena makin besar ukuran megapixel camera digital anda maka akan semakin bagus juga kualitas foto yang akan anda hasilkan dan semakin besar ukuran foto yang dapat anda cetak.

    Namun saya akan memberikan anda pandangan sedikit tentang apakah harus memilih kamera dslr hanya berdasarkan megapixelnya saja? Jawaban saya adalah sudah pasti tidak, kenapa karena meskipun resolusi yang semakin besar memiliki andil dapat mencetak kualitas foto dengan lebih baik, namun ada komponen kamera lain yang juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya untuk kualitas foto anda yaitu Sensor Gambar atau Image Sensor. Dan camera digital biasanya memiliki dua sensor yaitu CCD dan CMOS, namun kebanyakan orang lebih memperhatikan tentang seberapa tinggi dari nilai sensor CMOS dari suatu camera digital. CMOS sendiri dianggap oleh sebagian besar orang sebagai sensor yang lebih baik daripada CCD, karena dapat menghasilkan nois yang lebih rendah.

    Image sensor disini berfungsi sebagai alat untuk menangkap cahaya yang masuk kedalam lensa kamera. Semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap maka kualitas atau resolusi gambar anda akan semakin baik. Semakin banyak cahaya yang bisa ditangkap sama dengan semakin besar nilai image sensor kamera anda. Anda pasti akan berfikiran bahwa semakin besar image sensor maka semakin besar megapixel suatu kamera…maaf saya harus menjawab pemikiran anda tersebut dengan kalimat “Kurang Tepat…Anda Belum Beruntung…Silahkan Coba Lagi…hahaha…”…..bercanda lho…..:P

    Kenyataan yang ada bahwa semakin besar dan lebar ukuran image sensor kamera DSLR anda, maka akan semakin besar juga ukuran pixelnya..NAMUN…ukuran megapixel kamera tersebut akan semakin kecil. Hal ini bisa kita lihat dari banyak kamera DSLR yang memiliki megapixel lebih kecil dari kamera saku digital namun memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada kamera saku digital tersebut, karena kamera DSLR biasanya memiliki image sensor yang lebih besar daripada kamera pocket digital, dan hal tersebut juga yang menjadi salah satu sebab kenapa kamera dslr memiliki harga yang lebih tinggi daripada kamera pocket digital. So…..masihkah anda bimbang untuk menentukan seberapa besar resolusi dari kamera DSLR yang anda inginkan??....:)


    3.   Perhatikan Level ISO Dari Kamera DSLR Yang Akan Anda Beli

    ISO adalah sensitivitas sebuah kamera terhadap cahaya di sekitarnya. ISO ini akan sangat berguna sekali terutama saat anda memotret dalam keadaan gelap atau malam hari. Semakin besar ISO yang dimiliki oleh sebuah kamera DSLR maka akan semakin bagus kualitas gambar yang akan anda hasilkan. Umumnya nilai ISO rata – rata yang dimiliki oleh kamera DSLR saat ini sudah mampu mencapai sekitar 6100.


    4. Apakah Anda Ingin Kamera DSLR Yang Bisa Buat Ngerekam Juga  (Video)

    Teknologi yang berkembang pesat dewasa ini membuat kamera digital SLR tidak hanya dapat digunakan untuk menangkap gambar diam saja/foto, namun kamera DSLR dewasa ini sudah mampu untuk menangkap gambar bergerak/video, dan kebanyakan kamera dslr sudah memiliki fitur ini.

    Saran saya adalah pilihlah kamera digital SLR yang juga memiliki kemampuan untuk merekam video dengan baik. Anda bisa melihatnya dari spesifikasi yang dijelaskan oleh toko kamera tempat anda akan membeli, seperti misalnya berapa frame per second/fps yang bisa diambil. Dan satu lagi saran saya saat anda memilih kamera dslr jenis ini, sebaiknya anda juga membeli memory card cadangan jika ingin merekam video, karena ukuran video yang dihasilkan biasanya memiliki ukuran yang besar.


    5.   Konektivitas Kamera DSLR Yang Anda Beli

    Perkembangan kamera dslr akhir – akhir ini sudah dapat untuk menawarkan fitur yang mampu memindahkan file foto dari kamera ke computer tanpa harus menggunakan kabel data. Sebenarnya fitur ini bukan merupakan fitur utama/penting yang harus anda lihat saat memilih kamera dslr, namun jika anda termasuk orang yang lebih senang dengan sesuatu yang simple dan cepat, fitur ini bisa anda jadikan salah satu pertimbangan dalam memilih kamera DSLR.


    6.   Jangan Terlalu Banyak Mempersoalkan Merk

    Bagi sebagian orang yang fanatik akan merk tertentu, point ini pasti akan dibantah dengan keras oleh mereka…:) Namun disini saya berfikiran bahwa sebuah kamera yang dibuat dan ditawarkan ke publik tentu sudah melalui proses riset dan quality control yang ketat, apalagi jika produk kamera DSLR tersebut dibuat oleh perusahaan – perusahaan kelas dunia. Hanya saja memang masing – masing produk/merk memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda – beda. Oleh karena itu perhatikan dengan baik fitur dan spesifikasi dari camera digital DSLR yang hendak anda beli dengan teliti. Beberapa brand/merk kamera SLR yang tidak asing di telinga kita adalah Canon SLR, Nikon SLR, Olympus SLR, Pentax SLR, dan Sony SLR.

    Disamping itu cobalah untuk bertanya kepada diri sendiri terlebih dahulu, apakah tujuan anda dalam membeli sebuah kamera DSLR, apakah hanya untuk sekedar “Fun” atau memang ingin belajar dan menekuni teknik fotografi/professional? Ada sebuah kalimat yang pernah saya baca, bunyinya seperti ini “kamera  DSLR terbaik adalah kamera yang anda miliki”. Dan bagi saya adalah di dunia ini tidak ada kamera dslr untuk pemula maupun kamera digital SLR untuk professional, yang ada adalah kamera yang dilengkapi dengan fitur dan kemampuan yang lebih baik daripada yang lainnya. Jadi jika anda hanya mencari dan memilih kamera DSLR untuk pemula, saya khawatir anda tidak akan pernah jadi untuk membelinya…karena tidak ada gan!

    So…baik buruknya kualitas gambar yang akan anda ambil adalah tergantung kepada diri anda sendiri dan di dukung oleh fitur dan spesifikasi yang handal dari camera digital DSLR anda. Dan satu lagi, seberapa sering dan intents anda memotret, kata orang Jawa..”Iso Soko Kulino” atau bisa karena terbiasa. Dan Let it flow in your soul anda your body…then shot!....:)

    Oya..saran saya yang terakhir adalah jika anda sudah memilih kamera dslr anda dengan merk tertentu…jika suatu saat nanti anda ingin membeli kamera digital SLR lagi…usahakan untuk tidak gonta ganti merk, kenapa karena tidak menutup kemungkinan saat anda telah membeli camera digital dslr anda, anda juga akan membeli lensa kamera tambahan. Nah…jika suatu saat anda ganti merk yang lainnya, kan kasihan tuh lensa kagak bisa berfungsi disana, sebab setiap merk memiliki lensanya sendiri – sendiri, tidak ada yang namanya lensa universal…hehehe……


    7.   Perhatikan Ukuran Kamera DSLR Yang Anda Beli

    Ukuran dan berat disini adalah penting bagi kenyamanan anda dalam melakukan fotografi. Karena jika kamera dslr yang anda beli terlalu berat bagi anda, dikhawatirkan akan menganggu kenyamanan anda dalam melakukan aktivitas fotografi. Namun bagi yang sudah professional atau terbiasa…hal ini adalah bukan masalah bagi mereka…:).


    8.     Belilah Di Toko Kamera Yang Kredibel

    Jika anda membeli sebuah kamera digital baik melalui toko kamera online maupun offline, pastikan toko tersebut kredibel dan bonafit. Anda tentu bisa melihat dan membedakan sendiri mana toko yang oke dan mana yang tidak. Dan satu hal yang paling penting disini adalah belilah kamera dari toko yang juga menyertakan garansi service resmi.


    9.    Pastikan ketersedian Service Center Dari Merk Kamera Yang Anda Beli Di Kota Anda

    Point kesembilan ini adalah hal yang penting bagi perawatan kamera anda. Karena jika service center dari merk yang akan anda pilih tersebut tidak ada di kota anda, anda akan sedikit repot jika suatu saat kamera anda rusak dan butuh perbaikan, karena satu – satunya jalan adalah anda harus mengirimkan kemera anda tersebut kepada service center resmi terdekat dari kota anda


    10.  Harga


       Berbeda dengan artikel sebelumnya (tips memilih kamera saku digital), point harga disini saya tempatkan di urutan yang paling belakang. Mengapa? Karena rata – rata harga kamera dslr lumayan tinggi bila dibandingkan dengan kamera saku…so…menurut saya harga adalah urutan yang kedua kali ini, meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang harga adalah faktor penentu anda dalam memilih kamera dslr yang cocok buat anda khususnya bagi para pemula atau amatir…..:)


    (Referensi: dari berbagai sumber)



    Anda juga bisa membaca artikel tentang berbagai macam istilah yang ada di kamera digital, silahkan klik istilah di kamera digital

    Demikianlah tips kali ini tentang kiat bagaimana cara memilih kamera DSLR yang bijak dan benar bagi anda, khususnya bagi anda yang masih amatir atau pemula. Semoga anda bisa mendapatkan kamera DSLR yang bagus, baik & terbaik, murah & termurah, recomended, sesuai dengan spesifikasi dan kriteria yang anda inginkan, butuhkan, dan tetapkan. Anda juga bisa menyimak tentang tips memilih/membeli kamera Underwater di artikel lainnya. 

    Semoga tips ini dapat membantu anda dan jika teman – teman merasa ada yang kurang tepat atau kurang lengkap dari tips diatas, mohon sekiranya teman – teman bisa menambahkannya atau mengkoreksinya di kolom komentar, terima kasih. Sampai bertemu di aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogpsot.com


    4 comments:

    1. Luar biasa, makasih Agan atas kesediaan hati nya menulis artikel ini dan sangat membantu.... (Y)

      ReplyDelete
      Replies
      1. sama-sama gan, terima kasih juga atas kunjungan dan komentnya....:)

        Delete
    2. Replies
      1. sama-sama gan...terima kasih atas kunjungannya serta komentarnya...:)

        Delete

    Share This Article