Tips 12 Langkah Dalam Cara Memilih dan Membeli Handycam Camcorder


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kita kali ini masih tentang seputar dunia gadget, setelah di artikel yang sebelumnya kita sudah berbagi tentang tips cara memilih kamera DSLR yang cocok, di artikel kali ini anekatipsdanproduk.blogspot.com akan mencoba berbagi/sharing kepada anda tentang tips cara memilih handicam yang tepat untuk anda gunakan.

Dewasa ini kebutuhan akan dokumentasi baik untuk keperluan professional maupun untuk “Fun” adalah merupakan bagian dari gaya hidup masyarakat kita. Agaknya menyimpan sebuah kenangan atau dokumentasi dalam bentuk foto tidaklah cukup, masyarakat juga menginginkan untuk dapat menyimpan momen-momen berharga mereka dalam bentuk gambar bergerak atau video dengan menggunakan handicam atau camcorder.

Perkembangan yang sangat cepat dalam dunia digital video dewasa ini membuat kamera handycam atau camera video camcorder menjadi lebih canggih dengan fitur-fitur teknologi yang semakin lengkap dan menarik. Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya toko – toko yang jual handycam atau camcorder dengan daftar harga handycam yang semakin ramai. Semakin mahal harga sebuah camcorder tentu saja faslitas dan kualitas dari camera video tersebut akan semakin lengkap dan canggih yang memungkinkan anda untuk dapat menghasilkan gambar bergerak (video) atau bahkan gambar diam (foto) atau still image dengan kualitas yang bagus. Namun kebanyakan dari kita memang masih dominan dipengaruhi oleh faktor harga handycam itu sendiri.

Jadi pertanyaan besarnya adalah bagaimana cara untuk memilih dan membeli kamera video digital atau handycam atau camcorder dengan harga yang terjangkau dengan saku kita dan dapat mendapat camcorder dengan fitur, spesifikasi, dan kualitas yang baik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut anda bisa membaca tips cara memilih dan membeli handycam di bawah ini…

Oya…sedikit tambahan, bukan saya ingin menyalahkan anda tentang penyebutan nama handycam untuk kamera digital video atau camera video. Namun sebenarnya penyebutan nama Handycam untuk sebuah kamera video digital adalah sebenarnya kurang tepat, karena handicam adalah sebenarnya nama dari sebuah merk produk. Camera video digital sendiri lebih tepat disebut dengan nama Camcorder.

Oke…mari kita berbagi tentang cara memilih camcorder yang tepat dan cocok bagi anda, silahkan di baca tips berikut ini….



Tips Pertama


Tentukan Tujuan Penggunaan Dari Camcoder Anda. Menurut saya hal ini adalah faktor terpenting yang pertama saat anda hendak memilih camcorder yang akan anda beli. Kenapa? Karena tidak sedikit orang yang membeli sebuah produk di atas yang mereka butuhkan atau di bawah yang mereka butuhkan..so..tentukan tujuan penggunaan kamera video digital anda untuk apa, apakah untuk keperluan professional atau untuk merekam peristiwa dan momen yang penting, fun, dll. Jika anda menginginkan hasil video dengan kualitas gambar yang bagus dan tinggi, saya sarankan anda untuk memilih kamera digital video HD atau High Definition. Hanya saja untuk camcorder HD ini, ukuran file video yang dihasilkan lebih besar…so…sesuaikan dengan kemampuan dari komputer yang anda miliki ya…..


Tips Kedua


Tentukan Terlebih Dahulu Type Media Penyimpanan File Video Anda. Saat ini camcorder atau camera video digital menawarkan 3 jenis penyimpanan file video, yaitu di camcorder dengan kaset, kamera video digital dengan dvd, dan kamera digital video dengan kartu memory/hardisk. Dari ketiga macam jenis penyimpanan tersebut, saya sangat tidak menganjurkan kepada anda untuk memilih camcorder dengan jenis penyimpanan kaset karena sering kali hasil penyimpanan filenya menjadi tidak bagus dan dewasa ini sangat sulit untuk mencari media untuk memutar kaset hasil rekaman anda tersebut. 

Kamera video digital dengan type penyimpanan kartu memory, seperti SD, Mini SD, Memory Stick, dll, adalah camcorder yang paling banyak digunakan oleh orang. Karena kamera digital video dengan type ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk pemakaian ulang “media penyimpanannya” tersebut tanpa harus khawatir dengan penurunan hasil kualitas video. Sedangkan untuk camera video digital yang menggunakan media penyimpanan berupa DVD memiliki keuntungan yang hampir sama dengan camcorder dengan flash-card, hanya saja pada kamera digital video jenis ini memiliki keterbatasan dalam hal ruang penyimpanan ukuran hasil video anda.



Tips Ketiga


Perhatikan Nilai Resolusi Camera Video Digital Yang Hendak Anda Beli. Besarnya nilai resolusi yang dimiliki oleh camcorder anda akan mempengaruhi kualitas dari hasil video yang anda buat. Ukuran dari resolusi sering dikaitkan oleh orang dengan ukuran dari megapixels camera video anda…so..usahakan untuk memilih kamera video digital dengan ukuran nilai resolusi yang tinggi.



Tips Keempat


Pilihlah Camera Video Digital Yang Memiliki Ukuran CCD Yang Besar. CCD memiliki fungsi untuk menangkap informasi gambar yang diterima, fungsinya sama seperti menangkap cahaya film pada kamera film. Alat ini biasanya dapat anda temukan tepat di belakang lensa kamera digital video anda. Ukuran dari CCD ini berbeda – beda antara satu type camcorder dengan tipe yang lainnya, namun umumnya camcorder memiliki ukuran CCD sebesar 16-inchi hingga 1/3-inchi. Usahakan untuk memilih camcorder yang memiliki ukuran CCD yang besar, karena hal ini akan memiliki pengaruh terhadap gambar video yang anda hasilkan. Dan jika memungkinkan pilihlah camcorder dengan 3 CCD di dalamnya, karena 3 akan lebih baik daripada 1…hehehe…..   



Tips Kelima


Pilihlah Kamera Video Digital Yang Memiliki Performance Yang Baik Dalam Cahaya Yang Kurang. Disadari maupun tidak, kebanyakan dari kita lebih sering menggunakan camcorder di dalam ruangan, walaupun tidak sedikit juga yang menggunakannya di luar ruangan. Jika anda termasuk orang yang lebih sering menggunakan camcorder anda untuk aktivitas merekam di dalam ruangan, maka suatu keharusan mutlak untuk dapat memiliki camcorder yang mampu bekerja dengan performance yang baik meskipun dengan intensitas cahaya yang kurang.  Begitu juga jika anda terkadang juga melakukan aktivitas merekam di malam hari, maka usahakan untuk melihat dengan baik kemampuan dan keandalan camcorder yang akan anda beli, seperti berapa nilai Illuminationnya? Usahakan untuk dapat memilih camcorder yang dapat bekerja dengan kondisi Illumination minimal 1 Luv, lebih baik lagi jika dibawah 1 Luv. 

Lihat juga apakah camcorder anda memiliki fasilitas untuk nightshoot, biasanya warna video yang akan dihasilkan dari “nightshoot” ini akan berwarna monochrome (seperti jika anda melihat acara televisi “Dunia Lain”). Namun perkembangan teknologi yang terbaru sudah memungkinkan bagi sebuah kamera digital video untuk melakukan “nightshoot” dengan gambar yang dihasilkan berwarna atau yang biasa dikenal dengan nama Colour Night Shoot, tapiii…harganya masih lumayan mahal bila dibandingkan dengan camcorder yang lainnya.  

Oya…jika memungkinkan, pilihlah camcorder yang juga menyediakan lampu shoot. Lampu ini akan sangat berguna jika anda melakukan aktivitas shooting pada malam hari. Namun jika camcorder yang anda pilih tidak menyediakan fasilitas lampu shoot, maka lihatlah apakah camcorder tersebut menyediakan socket (colokan) untuk lampu shoot external.



Tips Keenam


Pilihlah Camcoder Dengan Nilai Zoom Yang Baik. Pada umumnya sebuah camera video digital memiliki dua buah macam tipe zoom di dalamnya, yaitu digital dan optical zoom. Pilihlah camcorder yang memiliki nilai optical zoom-nya besar, kenapa? Karena optical zoom merupakan pembesaran gambar yang dihasilkan dari hasil pengubahan lensa kamera, sedangkan digital zoom adalah merupakan hasil manipulasi gambar yang ditangkap oleh sensor CCD. Anda dapat melihat perbandingan hasil dari kedua jenis zoom tersebut, dimana untuk optical zoom gambar yang dihasilkan akan tampak lebih nyata sedangkan untuk digital zoom memungkinkan gambar yang dihasilkan akan tampak blur pada tingkatan tertentu.



Tips Ketujuh


Pilihlah Camcoder Yang Dilengkapi Dengan Fasilitas Image StabilityIni adalah hal yang terpenting kedua yang perlu anda perhatikan saat anda memilih camera video digital anda. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan akan gambar yang bergoyang-goyang saat mereka merekam dengan menggunakan kamera video digital-nya. Fitur image stability pada sebuah camcorder akan sangat membantu anda untuk dapat mengatasi hal tersebut, sehingga anda dapat merekam video tanpa harus khawatir dengan kualitas penangkapan video yang bergoyang – goyang…kecuali memang anda termasuk orang yang gemar dengan berbagai macam jenis goyangan, seperti goyang ngebor, ngecor, patah-patah, itik, bebek, sapi…..ups…kok kita jadi membicarakan goyangan dangdut sih..hmmm…sebaiknya kita kembali ke laptop untuk melanjutkan tips yang selanjutnya….).

Oya…ada dua macam jenis image stabilizer pada camcorder, yaitu optical image stabilizer dan digital image stabilizer. Jika anggaran dana anda cukup memadai, pilihlah camera video digital yang dilengkapi dengan optical image stabilizer. Tapi jika masih belum cukup, camcorder dengan digital image stabilizer pun sudah cukup baik untuk anda gunakan.



Tips Kedelapan


Tentukan Tipe dari Intercobectivity (interkoneksi) Yang Anda Sukai Dari Kamera Digital Video AndaHDMI output dari sebuah camcorder adalah hal yang terpenting yang harus anda perhatikan disini. Setiap camcorder pasti akan dilengkapi dengan socket (colokan) di bagian belakang yang akan memungkinkan anda untuk meng-koneksikan kamera digital video anda dengan VCR atau DVD/Blue-Ray untuk dapat mentransfer video/gambar atau untuk melakukan proses editing video melalui komputer anda.

Jika anda berencana untuk meng-edit video kedalam komputer anda terlebih dahulu sebelum anda melihat hasilnya secara langsung melalui camcorder anda atau melalui DVD/Blue-Ray, usahakan untuk memilih camcorder yang memiliki Firewire port seperti IEEE1394 Interface atau USB 2.0 (atau bisa juga USB 3.0 jika komputer anda men-supportnya).

Semua komputer yang ada di masa sekarang ini sudah dilengkapi dengan fasilitas USB 2.0, namun tidak semua komputer memiliki fasilitas IEEE1394 atau USB 3.0.



Tips Kesembilan


Pilihlah Camcoder Yang Dilengkapi Dengan Layar LCD dan ViewFinder. Kebanyakan dari camcorder yang ada sekarang ini atau yang sudah menggunakan teknologi terkini, sudah dilengkapi dengan layar LCD atau LCD screen, bahkan ada juga camcorder yang dilengkapi juga dengan projector untuk melihat hasil video rekaman serasa di bioskop atau layar tancap….:) Penggunaan layar LCD yang intent untuk melihat hasil merekam video dan memutarnya ulang akan menguras baterai camcorder anda dengan intent juga. Oleh karena itu usahakan untuk memilih camcorder yang juga dilengkapi dengan ViewFinder untuk melihat hasil rekaman video anda. ViewFinder ini juga akan berguna sekali pada saat siang hari, dimana biasanya tampilan video yang ditunjukkan oleh layar LCD camcorder akan sedikit silau.

Dan untuk hal ini juga anda agaknya perlu untuk melihat kapasitas baterai dari camcorder yang anda pilih. Anda juga harus bijak untuk melihat ketersediaan baterai untuk jenis camcorder anda, jangan sampai jika suatu saat baterai anda sudah aus, anda kesusahan dalam membeli di toko camcorder. Pilihlah tipe camcorder untuk baterainya mudah anda temukan atau anda beli lagi suatu saat nanti di toko camcorder baik online maupun offline. 



Tips Kesepuluh


Usahakan Untuk Memilih Camcoder Dengan Hasil Suara Yang Bagus. Meskipun seluruh camcorder sudah dilengkapi dengan fasilitas mikropone yang ditanam didalamnya, namun kebanyakan dari camcorder tersebut hanya dapat menghasilkan suara video yang kurang begitu jernih untuk anda dengar. Untuk mengatasi permasalahan ini, sebaiknya anda juga perlu untuk melihat apakah camcorder tersebut juga menyediakan socket (colokan) untuk dihubungkan dengan microphone external.



Tips Kesebelas


Belilah Kamera Video Digital di Toko Yang Juga Menyediakan Fasilitas Garansi Resmi. Point ini sangat penting untuk anda jadikan patokan dalam membeli sebuah camera video digital di toko camcorder baik secara online maupun offline. Karena jika suatu saat terjadi kerusakan (walau kita semua tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada anda), anda dapat dengan mudah menggunakan fasilitas garansi resmi tersebut, tentu saja sesuai dengan masa garansinya ya…..:) 



Tips Keduabelas


Ukur Dana Anda. Seperti halnya artikel tip memilih camera DSLR yang sudah kita bicarakan di artikel sebelumnya, point ini sengaja saya tempatkan paling akhir karena jika anda mencari camera video digital dengan kualitas yang bagus tentu saja harganya akan lebih mahal. Namun jika budget dana anda masih kurang mencukupi untuk hal tersebut, maka saya menyarankan anda mungkin bisa mensubstitusinya dengan jenis dan merk yang lain yang memiliki kemampuan satu tingkat dibawah camcorder yang anda inginkan, asal syarat – syarat minimal  dari sebuah camcorder yang baik terpenuhi….:)



(Referensi: dari berbagai sumber)


Anda juga bisa melihat artikel tentang berbagai macam istilah yang ada di kamera video digital, silahkan klik istilah di kamera video digital

Akhirnya artikel tentang tips cara memilih camera video digital atau camcorder selesai. Saya berharap artikel ini dapat membantu anda untuk menambah wawasan anda dalam menentukan pilihan untuk membeli camcorder yang anda inginkan. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

27 comments:

  1. okey...mksh byk byk atas info...n moga banyak manfaat nya buat kita .....n slm knl aja ...!

    ReplyDelete
  2. untuk tips 12 langkah memilih camcoder sprt yg telah di jelaskan diatas.. camcoder merk/tipe apa saja penjelasan nya..& hrga nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi...gan...terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Hmm...kebetulan di blog saya ini, saya tidak menyebutkan merk alias netral...:) Dan setahu saya, perkembangan camcorder sudah semakin maju dari sejak artikel ini saya post. Untuk mengetahui camcorder yg tepat buat anda, anda bisa melihat dgn teliti berbagai spesifikasi yang di infokan oleh penjualnya atau dengan melihat spesifikasi tsb (jika membeli scr online). Dan jangan lupa bertanya kepada yang jual ya....:). Terima kasih atas komentnya, semoga jawaban saya ini membantu...:)

      Delete
  3. bagaimana dengan camcorder yang dilengkapi dengan projector? apakah kualitas projector tsb bagus, mengingat selisih harganya bisa sampai 1juta. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips dari saya adalah sesuaikan dengan budjet anda, lihat kebutuhan anda akan camcorder tsb utk apa, dan jika anda ingin membeli camcorder dgn projector, maka usahakan anda minta di coba dulu kepada penjualnya (di toko tempat anda membeli) untuk melihat seperti apa kualitas gambar yang dihasilkan. Demikian, semoga membantu...terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  4. Mohon maaf gan, jika utk nyebutin merk...hmm...kelihatannya nggak sesuai dengan judul blog ini "Tips". Agan bisa melihat spesifikasi masing2 camcorder yg agan minati sesuai dg kebutuhan agan...:) Diatas sdh saya berusaha utk jabarkan tentang apa saja yang perlu di perhatikan yg disesuaikan dgn tiap2 kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, agan bisa bertanya ke toko kamera video terdekat di kota agan saat hendak membeli. Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

    ReplyDelete
  5. trimakasih untuk sarannya..,bermanfaat banget.Saya bisa jadi pembeli yang cerdas :)

    ReplyDelete
  6. Trimakasih gan, sangat bermanfaat kebetulan mau cari comcorder

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  7. Replies
    1. sama2...terima kasih sudah berkunjung ke blog aneka tips saya ini...:)

      Delete
  8. Replies
    1. Sama-sama gan....terima kasih atas kunjungan dan komentarnya...semoga bermanfaat...:)

      Delete
  9. Apa dah punya handycamnya coba jelaskan secara
    Rinci mungkin ada yang punya merk sama jadi lebih membantu
    Jadilah blogger cerdas

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya apa ini gan? kalau agan tidak suka dengan artikel saya tidak usah dibaca...apa agan sudah punya handycam? jadilah pembaca yang cerdas!

      Delete
  10. Replies
    1. semoga membantu.....terima kasih untuk kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete
  11. Terimakasih infonya gan ,
    Sekalian mau tanya gan ,
    Ini saya ada 3 pilihan ,
    1.sony hdr cx240e
    2.sony dcr sr80e
    3.sony hdr pj410e

    Menurut agan bagusan yg mana gan ?
    Sangat dinanti masukannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tergantung kepada kebutuhan agan akan gadget tersebut....semuanya akan kembali kepada preferensi si pembeli...karena kebutuhan saya dan kebutuhan agan tentu berbeda...:)

      Delete
  12. semoga jadi amal sholeh..dan deposito di akhiratmu Mas Sauqy..

    ReplyDelete

Share This Article