Berbagai Istilah Kamera Digital Yang Perlu Anda Ketahui


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di keenam artikel sebelumnya saya sudah berbagai kepada anda tentang tips cara memilih kamera Pocket/Saku, DSLR, Prosumer, Mirrorless, Polaroid, dan Underwater Camera. Mungkin ada banyak istilah dalam artikel tersebut yang masih asing di telinga anda, di artikel kali ini saya akan mencoba untuk berbagi kepada anda tentang istilah yang fokus pada camera digital yang perlu untuk anda ketahui dan pahami. Baik istilah dalam kamera digital SLR/DSLR, istilah yang ada pada digital camera pocket, atau berbagai istilah yang ada di dalam digital kamera mirrorless dan prosumer...so...cekidot…..


CMOS


Adalah merupakan sensor gambar yang terdapat pada kamera digital. CMOS sendiri adalah merupakan singkatan dari Complementary Metal-Oxide Semiconductor. Sensor CMOS dewasa ini memang dibuat untuk menggantikan sensor CCD karena lebih cepat dan lebih irit dalam penggunaan baterai.




EXIF


Adalah merupakan informasi mengenai foto yang anda hasilkan dan biasanya data tersebut akan ditambahkan kedalam file foto anda. Informasi tersebut biasanya berupa tanggal, waktu, jenis kamera, dan pengaturan kamera.



Wide Angle


Adalah fitur pada kamera yang akan memungkinkan anda untuk dapat mengambil gambar dengan pandangan yang lebih luas.



Flash


Adalah merupakan cahaya buatan yang dihasilkan oleh sebuah camera digital. Pada masyarakat umum, flash sendiri lebih sering dikenal dengan istilah lampu kilat atau blitz.



Viewfinder


Adalah merupakan “jendela” yang dapat anda gunakan untuk melihat obyek gambar yang akan anda ambil. Viewfinder sendiri dibagi menjadi dua macam, yaitu: optical viewfinder yang dapat anda temui pada bagian belakang dari camera digital anda, dan yang kedua adalah Digital Viewfinder, yang biasa anda kenal dengan nama LCD Screen atau layar LCD pada digital kamera anda. 



Flash Memory


Adalah merupakan media peyimpanan data yang digunakan oleh kamera digital, istilah umumnya memory card. Terdapat beberapa macam tipe dan merk dari flash memory ini, jadi jika anda ingin mengganti mengganti memory card kamera anda, pastikan terlebih dahulu apakah memory card yang hendak anda beli tersebut di-support oleh kamera digital yang anda miliki atau tidak?



Self Timer


Adalah sebuah fitur yang terdapat pada kamera digital anda yang memungkinkan anda untuk dapat mengambil gambar secara otomotis. Dimana biasanya anda atau sang fotographer akan men-setting jeda waktu antara pengambilan gambar secara otomatis dengan kesiapan obyek untuk di foto.



Focal Legth

Merupakan istilah untuk menentukan jarak dari pusat lensa kamera anda hingga ke ujung lensa yang paling depan. Semakin besar nilai dari focal legt pada kamera digital anda, maka akan semakin mudah bagi anda untuk mengambil foto dari jarak jauh. Umumnya nilai focal length yang digunakan oleh para fotografer untuk mengambil gambar dari jarak jauh adalah 70 mm.



DOF

DOF merupakan singkatan dari Depth Of Field. Adalah fitur pada kamera anda yang akan dapat menentukan seberapa jauh obyek di depan atau dibelakang obyek anda sehingga tampak jelas di kamera. Dimana obyek-obyek yang berada jauh dari obyek utama anda akan tampak trelihat kabur.




Optical Zoom

Adalah merupakan fitur yang terdapat pada kamera digital anda yang berfungsi untuk memperbesar obyek gambar yang akan anda foto dengan cara mengubah focal legth pada kamera anda, atau dengan kata lain mengatur ulang lensa digital kamera anda sesuai dengan yang anda inginkan.

Optical zoom sendiri disebut-sebut oleh para ahli fotogarfi adalah lebi baik daripada digital zoom. Hal tersebut yang menyebabkan harga dari sebuah camera digital dengan nilai optical zoom yang tinggi akan lebih mahal daripada kamera dengan nilai optical zoom yang rendah.



Digital Zoom

Adalah merupakan salah satu fitur yang biasa terdapat pada camera digital yang digunakan untuk memperbesar gambar dengan menggunakan software yang terdapat pada kamera digital anda. Namun digital zoom memiliki kelemahan, yaitu gambar akan semakin kurang tajam saat anda memperbesar ukuran dari digital zoom kamera anda.



SDHC & SD Card

SDHC atau Secure Digital High Capacity adalah merupakan salah satu jenis dari flash memory atau memory card yang berfungsi untuk menyimpan file foto anda pada camera digital anda. Begitu juga dengan Sd card, juga termasuk salah satu jenis dari memory card kamera digital. Ada juga memory card yang bertipe MMC, Compact Flash (CF).



FPS

FPS adalah singkatan dari Frame per Second, artinya adalah gambar akan ditampilkan dalam jumlah tertentu dalam 1 detik. Misal 30 Fps, artinya 30 buah gambar akan ditampilkan dalam waktu 1 detik.



Resolution

Adalah merupakan indikator yang menunjukkan besaran jumlah pixels dalam digital kamera. Dimana semakin besar jumlah pixel yang dimiliki oleh kamera anda, maka akan semakin tajam foto yang anda hasilkan.




Pixel

Adalah merupakan elemen terkecil dalam sebuah gambar yang akan membentuk sebuah gambar secara utuh.




Megapixels

Sama halnya dengan pixels yang sudah saya bahas sebelumnya. Namun megapixels adalah sama dengan 1 juta pixels, dimana semakin besar angka dari megapixel pada digital camera anda maka akan semakin tinggi juga resolusi kamera yang akan anda dapatkan.




HDMI

HDMI atau High Definition Multimedia Interface adalah merupakan sebuah fitur untuk mengirimkan gambar/video ke perangkat digital lainnya seperti komputer, blue-ray, dvd, dll melalui sebuah port yang disebut dengan HDMI konektor.



HD-Video

HD-Video atau High Definition Video adalah merupakan video yang memiliki resolusi yang tinggi. Umumnya sekitar 1024X768 pixel.



Movie Mode

Adalah indicator yang menunjukkan kemampuan yang dimiliki oleh kamera digital anda untuk dapat merekam sebuah video.



Redeye Reduction

Adalah merupakan salah satu fitur yang dapat menghilangkan warna merah pada pupil mata seseorang (yang ditangkap oleh gambar) pada saat orang tersebut terkena kilatan lampu flash/blitz.




LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah meruapak sebuah layar kecil yang akan anda temukan di bagian belakang dari kamera digital anda yang berfungsi untuk menampilan obyek foto, hasil foto, atau menampilkan menu settingan pada camera digital.



Panorama Mode

Adalah sebuah fitur dalam kamera digital yang memungkinkan sang fotografer untuk dapat menyatukan sebuah set foto menjadi sebuah foto pemandangan yang dapat dilihat seluruhnya hingga 180 derajat sampai 360 derajat.



Macro Mode

Adalah mode dari sebuah kamera digital yang biasa digunakan oleh kalangan fotografer untuk dapat mengambil foto yang tajam dari jarak yang sangat dekat.



Continous Shot Mode

Adalah kemampuan sebuah kamera digital untuk dapat mengambil beberapa gambar dalam waktu yang singkat. Fitur ini juga dikenal dengan nama brust mode.


AE

AE adalah merupakan singkatan dari Automatic Exposure. Adalah merupakan kemampuan dari sebuah kamera untuk dapat mengatul nilai bukaan dari lensa dan kecepatan shutter dengan berdasarkan atas kondisi cahaya yang berada di sekitarnya.



Aperture

Adalah nilai pada kamera digital yang menunjukkan besarnya bukaan lensa kamera untuk dapat menentukan seberapa banyak cahaya yang bisa masuk dan dapat mengenai sensor kamera. Untuk kamera pocket digital, nilai aperture sudah diatur secara otomatis. Sedangkan untuk kamer DSLR, Prosumer, Mirrorless, nilai aperture bisa anda atur secara manual.



AF

AF merupakan singkatan dari Autofocus. Adalah kemampuan dari kamera digital untuk membuat obyek gambar menjadi tampak l;ebih tajam dan lebih jelas. Fungsi ini biasanya aktif secara otomatis pada kamera digital pemula, namun untuk kamera digital professional, anda dapat mengarahkan fokus kamera anda secara manual.



 AF-Lock

AF-Lock merupakan singkatan dari auto focus lock yang berfungsi untuk mengunci fungsi dari autofocus. Caranya dengan menekan tombol shuuter dengan nilai setengah sampai fokus gambar terkunci. 



Aspect Ratio

Adalah merupakan perbandingan ukuran dari foto dengan video, umumnya nilai aspect ratio adalah sebesar 4:3 dan 16: 9 untuk ukuuran wide screen.


4:3 Ratio

Adalah ukuran dimensi pada sebuah foto atau video yang paling umum, khususnya jika foto/video ingin dicetak atau ditampilkan. Untuk video, biasanya ditampilkan pada televise yang non wide screen.




16:9 Ratio

Adalah merupakan ukuran dimensi dari sebuah foto atau video untuk ukuran panjang:lebar. Untuk video, ratio ini biasanya untuk ditampilkan pada layar wide screen.



(Referensi: http://denisuryana.wordpress.com)




Sekian artikel kali ini tentang istilah dasar pada kamera digital yang perlu untuk anda ketahui. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article