Tips Memilih Kamera Saku Digital atau Pocket Digital Kamera Terbaik


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kita kali ini memiliki topik yang berbeda dengan artikel – artikel sebelumnya (tips merawat sepatu kulit), yaitu tentang gadget. Kali ini saya akan mencoba berbagi dengan teman – teman semua mengenai cara memilih kamera saku atau pocket digital. Bagi anda yang kebetulan sedang menentukan pilihan untuk membeli kamera digital, artikel ini akan dapat menambah wawasan anda tentangnya.

Setiap orang pasti ingin mengabadikan moment – momen penting dalam hidup mereka, terlebih lagi jika moment tersebut tidak akan pernah terulang lagi…saya yakin anda juga memiliki sikap yang sama tentang hal ini…J. Nah…salah atau alat yang paling sering digunakan untuk mengabadikan moment – moment tersebut..apalagi jika bukan camera. Perkembangan teknologi kamera yang begitu pesat di tahun – tahun yang lalu menghasilkan kualitas dan jenis kamera yang semakin canggih dengan fitur yang semakin lengkap dan dengan keandalan yang semakin memuaskan penggunanya.

Ada beberapa jenis kamera, antara lain: compact digital atau yang biasa anda kenal dengan nama kamera saku digital/pocket digital, kamera Prosumer, Bridge Camera/DZLR, Consumer DSLR, Mirrorless/Hybrid, Semi Pro DSLR, Boutiqe Camera, dan Medium Format DSLR/Profesional DSLR. Namun di dalam artikel ini, saya hanya akan mengkhususkan untuk membahas tentang cara memilih kamera saku digital atau pocket digital. Ada banyak sekali produk kamera saku yang tersedia di pasaran baik di toko kamera di kota anda ataupun di toko kamera online seperti Lazada, Bhineka, kaskus, Toko Bagus, dll (anda bisa menambahkannya di kotak kolom komentar kalau belum ada yang kesebut...but no link and no url ya...), antara lain merk sony, canon, nikon, BenQ, panasonic, samsung, Fujifilm, Kodak, Olympus, Panasonic, Brica, Casio, dll. 


Dari sekian banyak jenis kamera yang ada, tentunya tidak semua jenis akan sesuai dengan kebutuhan anda. Contohnya jika anda hanya akan menggunakan kamera anda untuk keperluan – keperluan yang sifatnya “Fun”, mungkin ada baiknya jenis kamera yang anda pilih adalah kamera saku atau kamera pocket, karena kamera jenis ini mudah untuk dibawa (namanya juga kamera saku…hehehe…) dan sangat mudah untuk anda gunakan. Namun jika anda menggunakan kamera untuk hal yang lebih professional, maka saya rasa kamera telefoto dengan zoom lenza, shutter lag, auto focus, brust mode, dan shot-to-shot yang baik adalah merupakan pilihan yang paling tepat bagi anda.

Disamping itu, di era digital sekarang ini dengan perkembangan teknologi kamera yang cepat dan canggih, anda juga akan dihadapkan kepada dua pilihan, yaitu apakah membutuhkan kamera yang juga bisa digunakan untuk mengambil video atau hanya kamera yang hanya bisa digunakan untuk mengambil foto saja. Dan masih banyak lagi pilihan yang harus anda pilih, seperti misalnya apakah anda lebih sering menggambil gambar dengan cahaya yang cukup atau kurang, apakah anda sering mengambil gambar selagi melakukan aktivitas outdoor, apakah anda membutuhkan kamera yang bisa menghasilkan hasil cetakkan foto yang besar, dsb. Untuk mengetahui camera digital atau kamera saku terbaik yang anda butuhkan…simak tips memilih kamera digital berikut ini:

·      Harga Kamera Digital Yang Anda Pilih


Bagi sebagian orang faktor harga adalah bukan merupakan hal yang utama, yang penting produk camera digital tersebut klik di hati mereka dan “In”. Namun bagi sebagian lainnya faktor harga camera digital adalah merupakan salah satu faktor kunci dan penentu dari keputusan yang akan mereka buat.

Saran saya buat anda mengenai hal yang satu ini adalah untuk harga kamera saku digital memang memiliki rentang harga yang beragam, mulai dari dibawah 1 juta hingga diatasnya. Namun menurut saya, kamera pocket digital dengan harga 2 jt-an sudah cukup baik untuk anda pilih. Apalagi dewasa ini fitur – fitur yang tersedia di setiap kamera pocket digital semakin rame dan semakin canggih.


·      Jangan Terpaku Kepada Merk


Kebanyakan orang memang memilih kamera berdasarkan atas mereknya, namun disini saya menyarankan kepada anda untuk tidak hanya terpaku kepada hal tersebut, namun juga melihat spesifikasi yang ada di dalam kamera pocket digital tersebut. Seperti bagaimana shutter lag-nya (jeda saat menekan tombol shutter dan foto diambil), shot-to-shot (waktu tunggu dari foto pertama ke foto selanjutnya), brust mode (berapa banyak foto yang bisa diambil dalam satu detik), dll. Tanyalah kepada toko kamera baik online maupun offline yang bersangkutan tentang spesifikasi produk yang hendak anda beli...jangan pernah ragu untuk bertanya ya....:)

Namun hal yang perlu saya tekankan disini adalah semua kamera pocket digital atau kamera saku digital saat ini (semua merk) sudah menampilkan dan menyediakan berbagai macam fitur – fitur canggih yang akan memudahkan para penggunannya. Namun demikian, tidak ada salahnya anda membaca dengan lebih teliti fitur – fitur yang ditawarkan dan membandingkannya dengan produk sejenis yang lainnya.


·      Seperti Apa Sensor Yang Dimiliki Oleh Kamera Pocket Digital Tersebut


Umumnya camera digital dilengkapi oleh dua buah sensor didalamnya, yaitu CCD dan CMOS. Namun disini kebanyakan orang mengangap sensor CMOS adalah merupakan sensor yang lebih baik karena dapat menghasilkan noise pada foto lebih sedikit. Kualitas sebuah sensor dapat dilihat dari hasil foto yang dihasilkan oleh kamera digital tersebut.

Namun disini yang perlu saya tekankan adalah bahwa jangan hanya terpaku kepada seberapa besar Megapixel dari kamera digital saku tersebut. Karena sejatinya Megapixel hanyalah sebagai penentu seberapa besar nantinya sebuah gambar dapat dicetak untuk menjadi sebuah foto, bukan untuk menentukan seberapa baik kualitas dari gambar tersebut. Kamera digital dengan 8 MP keatas pun sudah dapat digunakan untuk mencetak foto dengan ukuran 4R.


·      Seberapa Tinggi ISO Kamera Saku Digital Yang Anda Pilih


ISO adalah sebuah fitur dalam kamera digital yang berfungsi untuk menentukan kepekaan sensor terhadap cahaya yang diterima. ISO yang tinggi akan memudahkan anda untuk memotret pada kondisi cahaya yang kurang, namun semakin tinggi ISO dari sebuah kamera digital maka memungkinkan untuk menghasilkan noise yang semakin tinggi juga.

Oleh karena itu, saya sarankan kepada anda untuk melihat apakah anda lebih sering memotret dalam cahaya yang cukup atau dalam cahaya yang kurang? Camera digital dengan nilai ISO sebesar 1600 adalah sudah cukup baik untuk anda gunakan. Namun jika aktivitas memotret anda lebih banyak dilakukan pada kondisi cahaya yang kurang atau pada malam hari, sebaiknya anda memilih kamera pocket digital dengan ISO 3200.

Oya…usahakan untuk mencari kamera saku digital yang dilengkapi dengan manual ISO dan kalau bisa juga dilengkapi dengan manual focus juga tapi kalau nggak ada ya nggak apa – apa. Namun menurut saya kamera saku terbaik adalah yang dilengkapi dengan Image Stabilizer, karena fitur ini sangat berguna untuk mengurangi resiko goyang saat anda memotret.


·      Perhatikan Lensa Dari Kamera Saku Yang Akan Anda Pilih


Lensa kamera adalah merupakan komponen terpenting bagi kualitas dan ketajaman dari hasil foto anda. Untuk itu anda perlu melihat dan membaca dengan baik bagaimana jangkauan kamera anda dalam menangkap gambar, mulai dari yang paling lebar hingga ke yang paling panjang atau yang anda kenal dengan istilah Zoom. Lensa kamera yang lebar akan membantu anda untuk memotret pemandangan dan bangunan dengan lebih baik. Sedangkan lensa camera yang panjang, akan membantu anda untuk memotret obyek yang letaknya jauh dari anda.

Rata –rata kamera saku memiliki 3X zoom, walapun tidak sedikit juga kamera saku yang menawarkan zoom dengan ukuran 4X, 5X, 6X , dan 10X. Saran saya, jika aktivitas memotret anda memang tidak terlalu sering harus menggunakan zoom yang besar, sebaiknya anda tidak perlu untuk harus memaksakan diri membeli kamera pocket digital dengan zoom yang tinggi, zoom dengan nilai 4X pun sudah cukup untuk dapat anda gunakan jalan – jalan…namun memang sih kamera saku dengan zoom yang tinggi akan lebih flexible untuk segala kebutuhan anda nantinya, akhirnya semuanya akan tergantung kepada keputusan anda ingin membeli yang mana.....:)


·      Berapa Nilai Diafragma Kamera Saku Pilihan Anda


Diafragma adalah komponen yang ada dalam camera yang akan menentukan seberapa banyak cahaya yang dapat masuk. Nilai rata – rata diafragma yang terdapat pada kamera pocket digital adalah f/3.2 dan nilai itu sudah cukup menghantarkan anda ke jenjang universitas…ups….salah…maksud saya adalah sudah cukup untuk anda gunakan dalam aktivitas jalan – jalan normal anda.

Oya…supaya anda tidak salah dalam memahami diafragma kamera, akan saya jelaskan sedikit: semakin kecil nilai diafragma kamera saku anda, maka akan semakin lebar bukaan pada diafragma tersebut. Jika lebar bukaan pada diafragma (bukan lebar bukaan yang lain lho ya…..hehehe..) besar maka cahaya yang masuk akan semakin banyak. Dan menurut referensi yang saya baca, jika cahaya yang masuk semakin banyak maka kemungkinan akan dapat menimbulkan efek bokeh. Efek bokeh adalah suatu efek yang akan membuat kamera anda memiliki fokus yang tajam pada obyek utama dan namun blur pada latar belakangnya.


· Perhatikan Dengan Seksama Informasi Produk Dari Toko Kamera Yang     Menjual


Hal ini adalah merupakan hal yang paling penting dari keseluruhan tips diatas. Kenapa? Karena jika informasi yang tersedia di toko kamera yang anda sambangi sedikit, maka uraian tips diatas tidak akan dapat anda praktekkan…hehehe….dan anda juga tidak akan dapat mengetahui dengan jelas informasi produk kamera saku digital yang hendak anda pilih.

Pilihlah toko kamera yang dapat memberikan informasi yang sedetail mungkin mengenai produk kamera pocket digital yang anda inginkan. Dan jika anda membeli melalui toko kamera online, perhatikan dengan seksama spesifikasi yang ditulis mengenai produk yang anda inginkan tersebut serta alamat resmi dan reputasi dari toko kamera online tersebut. Dan usahakan untuk membeli camera digital yang dilengkapi dengan garansi resmi.



(Sumber referensi: dari berbagai sumber)




Demikianlah tips dari aneka tips dan produk kali ini tentang kiat cara memilih dan membeli kamera pocket digital. Semoga tip ini dapat membantu anda alam memilih dan beli kamera saku pocket digital yang terbaik, bagus, bahkan kalau bisa yang murah & termurah dengan kualitas yang recomended....:) Sampai bertemu di artikel info aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

17 comments:

  1. wow makasiih :D kebeneran lagi butuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali atas kunjungan dan komentnya...:)

      Delete
  2. sangat membantu...terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan...terima kasih atas kunjungan dan komentnya.

      Delete
  3. Agan mohon masukan nya dong, untuk kamera Sony DSC-WX80-16MP iti menurut agan udah maksimal belum ya dari siai merkam video dan pengambilan foto di outdor. Trimakasih

    ReplyDelete
  4. Terimakasih, insyaallah akan saya praktekan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... terima kasih atas kunjungannya dan komentnya...:)

      Delete
  5. menurut agan Nikon Coolpix S9500/S9400 bagus ga buat fotograpi? kaya misalnya buat selpi² dipajang di medsos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm...kalau untuk itu...saya nggak bisa komentar di blog ini, coz..blog ini bukan blog review produk sist...tapi blog tips....:) Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya.

      Delete
  6. sippppp....... saya lagi coba bandingin SONY DSC-W810 vs CANON IXUS 140 (WIFI) , yang 1 ISO nya sampe 3200 , satu lagi cuma sampe 1600 , bingung juga hahaha.. dua2nya ada kelebihan dan kekurangan ..terima kasih atas infonya.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama gan....semoga artikel kamera saku digital diatas dapat membantu...:) terima kasih atas kunjungan dan komentarnya

      Delete
  7. Replies
    1. sama2...terima kasih juga atas kunjungannya dan komentarnya.....:)

      Delete
  8. Ulasan tentang tips membeli kamera digitalnya bagus mas, terima kasih ya untuk pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih gan untuk komentnya yang mencerahkan...:)

      Delete
  9. Mau tanya kalo sensor digic 4+ Sama CMOS bagusan mana? Sorry kalo ga nyambung, maklum newbie

    ReplyDelete
  10. agan bisa membaca artikel bagus berikut ini di:

    https://yangcanggih.com/2011/08/21/perbedaan-antara-sensor-gambar-ccd-dan-cmos-di-kamera-digital/

    ReplyDelete

Share This Article