Pengertian Camera Polaroid


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com, kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara memilih dan membeli kamera Polaroid yang tepat bagi anda dan pengertian camera poraloid adalah apa sih? Setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk berbagi tentang tips cara memilih kamera mirrorless.


Sebelum masuk ke topik utama dari pembahasan kita tentang tip memilih kamera Polaroid, saya akan mengajak anda terlebih dahulu untuk membahas tentang pengertian kamera Polaroid itu sendiri. Banyak orang menyebut jenis kamera digital yang satu ini dengan nama kamera langsung jadi. Tidak salah memang jika mereka menyebutnya demikian, karena toh memang pada kenyataannya kamera ini dapat menghasilkan foto hanya dalam waktu beberapa menit saja, walaupun foto tersebut tidak memiliki negatif foto. Sama seperti halnya kamera digital yang ada sekarang ini, pada awalnya camera Polaroid tidak berbentuk digital, namun karena perkembangan jaman dan teknologi digital semakin maju maka camera Polaroid klasik dan antik ini pun ikut terkena dampaknya, sehingga menghasilkan generasi terbaru yang diproduksi oleh fujifim dengan nama Fujifilm Instax Mini dengan menawarkan 4 seri produknya, yaitu 7s, 25s, 50s, dan wide 210.

Perbedaan yang tampak jelas dari ke-4 seri tersebut adalah ukuran foto yang akan anda hasilkan, contohnya Fujifilm Instax Mini seri 7s akan menghasilkan foto dengan ukuran 5cm X 8.5cm (referensi: http://cokelatnut.wordpress.com). Dan masih ada beberapa merk lainnya yang juga membuat kamera polaroid, seperti Kodak Polaroid SC 1630 Android HD Smart Camera yang memiliki bentuk seperti smartphone...namun saya masih belum tahu banyak tentang kamera ini, saya rasa anda bisa search sendiri di internet.

Sekilas info sejarah mengenai camera Polaroid, kamera ini diciptakan oleh Edwin Land, dimana percobaan pertama atas kamera Polaroid ini dilakukan pada tahun 1944 dan mulai dipasarkan pada tahun 1947. Untuk menghasilkan sebuah foto, camera Polaroid digital menggunakan sebuah film khusus yang disebut dengan film poraloid. Jadi anda tidak bisa asal memasukkan film ya….coz…it’s special purpose….:)

Dan satu hal yang unik yang agak salah kaprah, yaitu penyebutan kata “Poraloid” untuk jenis kamera ini. Polaroid sendiri sebenarnya nama sebuah produk…so… nama yang benar untuk kamera poraloid adalah “Kamera Langsung Jadi”. Oya...kelebihan yang dimiliki oleh kamera digital jenis ini adalah anda tidak perlu repot-repot untuk harus pergi ke tukang foto untuk mencetak hasilnya, coz..hanya dalam hitungan menit, foto yang anda hasilkan akan langsung tersedia….wuiihhh…ajaib ya…seperti kantung ajaib doraemon…hehehe…… Oya...anda bisa beli kamera polaroid digital ini dengan beragam model-model yang lucu, antara lain dengan motif hello kitty, barbie, garfield, mickey mouse, dll. Anda bisa mencarinya sendiri dan beli di berbagai toko kamera digital online yang anda kenal, seperti lazada, bhineka, toko bagus, kaskus, dll. So...apapun pilihan anda saya berharap anda dapat menemukan kamera digital polaroid atau bahkan kamera polaroid jadul (seperti seri Polaroid 40, 30, 20, colorpack 100-200-300-400-80, SX-70, atau yang cukup familiar bagi anda Polaroid Impluse & OneStep 600 Express ) yang terbaik, termurah, dan terhebat...sesuai dengan kriteria dan spesifikasi yag anda tetapkan. Happy hunting!...:) 


Camera Poraloid Digital


Kamera ini merupakan generasi teranyar dari jenis kamera Poraloid. Dilihat dari bentuknya memang mirip banget dengan camera digital lainnya, yaitu dilengkapi dengan layar LCD. Tapi, kamera ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kamera jenis lain, yaitu meskipun sudah digital tapi tetap tidak meninggalkan ciri khas nya: mampu mencetak foto hanya dalam hitungan menit.

Camera Poraloid Digital ini di produksi oleh empunya, yaitu perusahaan Poraloid. Fitur standar yang dimiliki oleh kamera digital ini adalah memiliki resolusi 5MP dengan LCD sebesar 3 inchi, 4x digital zoom, red-eye remorval, dilengkapi juga dengan flash, dilengkapi juga dengan fitur timer, dan sudah dilengkapi dengan slot kartu memori & slot USB. Sedangkan kelebihan lainnya yang dimiliki oleh kamera ini adalah anda dapat melakukan melakukan crop & resize pada file foto anda (langsung pada kamera) sebelum anda mencetaknya. Anda dapat mencetak hingga 20 buah foto dengan syarat battery camera poraloid anda dalam keadaan penuh…hmm….menarik banget bukan……:)

(referensi: http://gopego.com)



Tips Merawat Film Polaroid



Setelah saya mencari kesana kemari, saya menemukan satu artikel yang menarik di http://maniacsgadget.blogspot.com, yang membahas tentang tips merawat film Polaroid. Berikut akan saya re-write sedikit artikelnya….cekidot….

1. Anda tidak dianjurkan untuk mengarahkan foto poraloid pada cahaya matahari langsung terlalu lama, karena hal tersebut akan membuat hasil foto anda menjadi cepat memudar….ckckck…sayang banget kan…..:)

2.   Dianjurkan bagi anda untuk dapat menyimpan film Polaroid anda tersebut di tempat yang sejuk agar tetap awet….tapi jangan tempat yang sejuk becek ya…hehehe…

3. Usahakan untuk menutup foto hasil jepretan anda tersebut dari sinar matahari secara langsung. Yang artinya hasil cetakan foto tersebut jangan langsung terkena kontak sinar matahari, setidaknya selama 30 menit sejak foto tersebut di cetak

4.   Hindari untuk menyentuh hasil foto anda secara langsung pada saat foto tersebut keluar dari kamera anda, karena hal tersebut akan membuat foto anda tersebut menjadi tidak sempurna…so…mesti kudu hati-hati ya….:)


(Referensi: dari berbagai sumber)



Demikianlah artikel kali ini tentang camera poraloid dan pengertiannya. Saya berharap artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang apa itu kamera poraloid, kelebihan dan kekurangannya. Jika ada yang kurang/salah..anda bisa mengkoreksinya di kolom komentar...:). Anda juga bisa membaca artikel sebelumnya tentang tips memilih kamera video  digital dan Tips Memilih Kamera DSLR. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

2 comments:

  1. Apakah polaroid itu tidak bisa di udara dingin ?terus kalo mau bawa ke bandara itu dinyatakan berbajya gak filmnya itu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya baru dengar itu gan? kalau untuk apakah boleh tidaknya di bawa kedalam bandara...hmmm...semua kembali ke regulasi masing2...untuk lebih jelasnya anda bisa tanyakan langsung kepada otoritas yang bersangkutan

      Delete

Share This Article