Cara Mengatasi dan Perawatan Wajah Berminyak Berlebihan & Kusam


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel tip dan produk kali ini masih tentang seputar perawatan tubuh anda. Setelah saya sudah membahas tentang mencegah jerawat untuk muncul di wajah mulus anda, kini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara merawat dan mengatasi wajah berminyak yang berlebih baik bagi pria maupun wanita. So…silahkan disimak artikel tips perawatan wajah berminyak secara tradisional dan alami berikut ini…

Bagi sebagian orang menggangap bahwa seseorang dengan wajah yang berminyak pasti awet muda, anggapan tersebut tidak saya salahkan namun juga saya masih belum tahu tentang kebenarannya. Tapi yang saya tahu selama ini adalah bahwa jika wajah anda berminyak secara berlebihan maka potensial anda berjerawat menjadi lebih besar di bandingkan dengan jenis kulit yang lainnya. Memang segala sesuatunya pasti ada dampak positif dan negatifnya, namun bukan berarti kita harus membenci dampak negatif tersebut tapi harus mencari tahu tentang cara merawat wajah kulit berminyak yang paling tepat untuk anda, normal kok memiliki muka yang berminyak. Dan saya rasa untuk hal itulah anda berkunjung ke blog saya ini…:)

Namun memang jika kulit wajah anda mengalami kondisi berminyak yang berlebih apalagi di tambah lagi anda jarang memperhatikan untuk melakukan perawatan sehingga membuat kulit wajah anda menjadi tampak kusam dan berminyak…hmm…saya rasa anda pasti bisa membayangkannya sendiri bagaimana seorang laki-laki atau perempuan dengan kondisi kulit muka yang seperti itu….:), saya hal tersebut akan menjadi masalah tersendiri bagi anda di kemudian hari. Apalagi jika anda termasuk kedalam kategori orang yang selalu berinteraksi dengan orang banyak setiap harinya.

Tidak salah bilamana anda seorang pria yang menginginkan memiliki kulit wajah yang putih mulus bersih dan bersinar, apalagi jika tuntutan pekerjaan anda mengharuskan anda untuk selalu tampak rapi dan bersih. Demikian juga halnya bagi para wanita yang ingin selalu tampil cantik, itupun bukan suatu hal yang salah untuk dilakukan karena memang sudah menjadi kodrat bagi wanita untuk selalu berhias dan mempercantik diri. Yang menjadi sangat salah adalah apabila anda melakukan hal tersebut secara berlebihan, terutama jika tebal make up anda lebih tebal daripada kantong dan dompet anda. Atau anda memakai riasan wajah yang tidak cocok dengan karakter anda.

Pertanyaan sekarang ini adalah apa sih penyebab wajah berminyak? Coz…setahu saya minyak pasti berasal dari sisa fosil di masa lalu, sedangkan untuk wajah kulit berminyak asal muasalnya darimana sih? Jika anda memiliki pertanyaan tersebut, itu adalah pertanyaan yang bagus. Namun jia anda tidak pernah berfikiran untuk bertanya ke arah situ, maka sebaiknya anda mulai untuk melatih pikiran anda untuk selalu berpikir…hehehe…bercanda lho… Dari artikel yang saya baca di merdeka.com, ada Sembilan hal yang menjadi faktor penyebab kulit wajah seseorang berminyak, yaitu:

ü  Genetik

ü  Penggunaan kosmetik yang berlebihan dan tidak cocok.

ü  Pergantian musim yang menyebabkan suhu dan kelembaban cuaca memicu produksi minyak kulit tubuh anda bertambah.

ü     Obat-obatan

ü Kesalahan dalam memilih dan menggunakan aneka macam produk kecantikan yang tidak tepat bagi jenis kulit anda.

ü  Perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh anda.

ü  Stress

ü  Alat-alat kecantikan yang anda gunakan.

ü  Tanning atau proses pewarnaan pada kulit anda


Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus anda hindari bila anda adalah seseorang dengan kulit wajah yang normal berminyak, kusam berminyak, ataupun kering berminyak, yaitu:


ü  Sebaiknya anda menghindari penggunaan tabir surya yang berlebihan .

ü  Jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi makanan dengan kadar pedas yang tinggi dan sebaiknya memang anda tidak terlalu sering untuk mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas.

ü  Sebisa mungkin jangan minum-minuman yang beralkohol. Selain akan memicu produksi kelenjar minyak hingga dua kali lipatnya, alkohol juga tidak baik bagi kesehatan anda.

ü  Sebaiknya anda tidak menggunakan produk pembersih yang akan membuat kulit anda menjadi kering. Oleh karena itu setiap kali anda membeli produk kecantikan dan pembersih wajah, bacalah terlebih dahulu peraturan dan petunjuk yang ada.


Sedangkan untuk mengenali ciri-ciri kulit wajah yang berminyak, anda bisa melihatnya dari:


ü  Lapisan kulit ari yang sudah mati akan lebih sering untuk mengelupas dibandingkan dengan jenis kulit normal lainnya.

ü  Tingkat elestisitas kulit berminyak akan lebih tinggi dibandingkan dengan tipe kulit nomal ataupun kulit kering.

ü  Anda akan mendapati bahwa permukaan kulit di bagian dagu, dahi, dan hidung akan tampak lebih kasar dan lebih berminyak.

ü  Kulit wajah berminyak pasti erat kaitannya dengan kemunculan dari jerawat dan berkomedo. Dan biasanya kulit wajah yang berminyak akan memiliki bentuk komedo dan pori-pori yang lebih besar.

ü  Kulit wajah anda akan tampak lebih mengkilap terutama pada saat anda selesai membersihkannya.


Lalu bagaimana sih cara merawat wajah kulit kering kusam berminyak? Tenang…saya punya tipsnya untuk anda di bawah ini…


Tips Pertama


Sebaiknya anda selalu menyediakan tissue yang memiliki daya serap yang tinggi. Sehingga pada saat anda ingin menyeka atau mengusap bagian wajah anda, anda bisa menggunakan tissu tersebut untuk membersihkan sekaligus untuk menyerap kandungan minyak yang terdapat di wajah anda.


Tips Kedua


Gunakan sabun pembersih muka yang memang khusus untuk kulit dengan tipe berminyak…banyak kok yang jual so…anda tidak akan repot dalam mencarinya. Dan usahakan setiap kali anda selesai melakukan aktivitas dan kemudian pulang kerumah jangan pernah merasa malas untuk membersihkan dan mencuci muka anda tersebut. Lawan kemalasan anda!


Tips Ketiga


Pilihlah jenis make up yang “welcome” terhadap jenis kulit wajah anda tersebut. Dari beberapa artikel yang saya baca  www.cara merawat wajah berminyak, penggunaan bedak bubuk mampu menyerap minyak di wajah cantik anda tersebut. Tapi jangan berlebihan dalam menggunakannya.


Tips Keempat


Biasakan untuk menerapkan pola makan sehat dan 4 sehat 5 sempurna.


Tips Kelima


Lakukan scrub, masker, dan peeling paling tidak seminggu sekali. Jangan lupa untuk memilih produk-produk tersebut yang sesuai dengan jenis dan karakter dari kulit anda. Atau anda bisa menggunakan cara tradisional dan alami dengan menggunakan buah-buahan seperti yang akan saya bahas di bawah ini.


Tips Keenam


Jika memungkinkan gunakanlah krim malam pada malam hari. Hal ini karena kulit biasanya bekerja untuk melakukan “regulasi” terhadap kandungan minyak serta kandungan air yang ada di wajah anda. Pakailah krim malam secukupnya.


Nah…diatas anda sudah mengetahui tentang bagaimana cara merawat kulit wajah berminyak kusam dan kering. Selanjutnya saya akan memberikan tip lainnya kepada anda tentang tips cara perawatan wajah berminyak secara tradisonal dan alami, anda bisa memilihnya salah satu…cekidot…


Cara pertama


Yang pertama adalah dengan menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah dengan menggosokkan daging jeruk nipis tersebut (bukan airnya) ke wajah anda lalu kemudian diamkan setidaknya selama 15 menit dan bilaslah dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini rutin setidaknya satu kali dalam sehari hingga anda merasakan hasilnya.


Cara Kedua


Cara yang kedua adalah dengan menggunakan campuran dari buah pisang yang dilumatkan dan kemudian dicampurkan dengan menggunakan susu serta madu…wuihh…seperti membuat makanan ya…:) Lalu campuran tersebut anda gunakan sebagai masker wajah anda selama kurang lebih setengah jam dan bersihkan dengan menggunakan air yang hangat dan lalu bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam satu minggu.


Cara Ketiga


Menggunakan daun seledri. Caranya adalah dengan memotong kecil-kecil daun seledri tersebut dan kemudian direbus. Tunggu beberapa saat (tidak perlu terlalu lama), setelah itu dinginkan sebentar hingga airnya betul-betul dingin dan aman untuk digunakan di wajah putih bersih anda tersebut. Lalu usaplah air rebusan daun selederi tersebut ke wajah anda dan diamkan, cara mengusapnya sama seperti saat anda menggunakan masker wajah. Diamkan beberapa saat dna kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih dan lakukan setidaknya satu kali dalam sehari.


Cara Keempat


Mengunakan buah mentimun. Caranya adalah dengan memblender mentimun tersebut dan kemudian gunakan sebagai mana layaknya sebuah masker wajah dan diamkan setidaknya selama setengah jam. Lalu bilas dengan menggunakan air bersih dan lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu.


(referensi:pastipinter dan kirimcara)



Demikianlah tips perawatan kulit wajah yang berminyak secara traditional dan alami baik bagi pria maupun wanita. Anda juga dapat membaca artikel selanjutnya tentang cara merawat rambut secara alami dan anda juga bisa menyimak tentang tips perawatan kaki.  Akhirnya, sampai bertemu di artikel tipsdanproduk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

Share This Article