Tips Merawat Kuku Secara Alami Agar Terlihat Indah Cantik Kuat Sehat Dan Tidak Mudah Patah


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah anda sudah mengetahui bagaimana tips merawat kaki yang baik dan benar, yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, kini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi tentang salah satu unsur kecantikan pada wanita dan indikator kebersihan baik baik pria maupun perempuan, yaitu tips merawat kuku tanpa harus pergi salon dan dengan menggunakan bahan alami agar tetap terlihat indah dan bersih. So…langsung saja, silahkan disimak artikel berikut ini…

Memiliki kuku tangan dan kaki yang bersih dan terawat dengan baik dengan bentuk yang indah akan membuat anda menjadi tampak lebih cantik dan ganteng. Oleh karena itu tidak heran jika banyak wanita pergi ke spa atau salon kecantikan untuk melakukan manikur pedikur serta berbagai perawatan kesehatan dan kecantikan lainnya dengan biaya yang tidak sedikit tentunya.

Namun banyak juga diantara masyarakat yang kurang memperhatikan untuk menjaga, merawat, dan mempercantik kuku jari tangan dan jari kaki mereka agar tetap sehat dan bersih. Padahal jika anda bersedia untuk merenung sejenak tentang apa tentang apa sih kebersihan kuku dalam hubungannya dengan kesehatan? Maka anda akan mendapati fakta yang akan mengatakan bahwa kebersihan kuku (khususnya kuku tangan) akan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan anda, mengapa? Karena coba anda bayangkan apa jadinya jika anda memiliki kuku yang hitam dan rusak serta tidak terawat….iiihhh…anda bisa membayangkan dong pada saat anda hendak makan dengan kondisi kuku tangan yang seperti itu, berapa banyak bakteri dan kuman yang bisa dengan leluasa masuk kedalam perut anda…aduuh gan..hari gini masih belum sadar akan kebersihan..ckckck…

Tidak hanya itu, salah satu dampak dari kuku yang tidak terawat dengan baik adalah kuku menjadi mudah patah, kuku menjadi mati atau bahkan lepas jika kuku jari anda pernah pecah atau terbentur akan sesuatu, dan yang paling ringan adalah kuku jari anda akan menjadi lebih rapuh dari normalnya. Dan yang paling sering terjadi adalah penyakit kuku cantengan atau yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan nama Paronychia. Apa sih “cantengan” itu dan apa penyebabnya serta bagaimana cara mengatasinya? Saya akan terangkan sedikit di bawah ini…

Berdasarkan atas hasil penelusuran saya serta dari salah satu sumber referensi saya yaitu first-treatment.blogspot, dikatakan bahwa Cantengan pada kuku dapat terjadi karena cara memotong kuku yang salah dimana terkadang masih dapat dijumpai adanya sisa-sisa kuku di bagian tepi pada saat anda memotongnya. Jika kuku tersebut kemudian tumbuh, maka sangat dimungkinkan kuku bagian tepi tersebut akan melukai kulit yang ada di sekitarnya dan akan menyebabkan bakteri dan kuman “hinggap” kedalam luka tersebut dan menyebabkan infeksi.

Dan jika tidak anda tangani secara tepat maka mengakibatkan komplikasi yang disebut dengan nama “abses” yang merupakan perubahan bentuk kuku yang bersifat permanen dan dapat mengakibatkan terjadinya penyebaran infeksi ke otot tulang dan dimungkinkan untuk menyebar ke pembuluh darah. Jika centengan anda menjadi semakin parah dan terus berlanjut serta menimbulkan gejala seperti demam, nyeri pada otot anda, serta kondisi luka yang semakin memburuk, maka itu saatnya bagi anda untuk segera mengambil tindakan cepat untuk segera pergi ke dokter guna mendapatkan pengobatan yang tepat dan penanganan lebih lanjut.



Lalu pertanyaannya adalah bagaimana sih cara merawat kuku dengan benar agar terhindar dari centengan? Berikut tipsnya…

  • Rawatlah kuku dan kulit kaki di sekitarnya dengan baik dan benar. Seperti jangan pernah memotong kutikula (kulit yg berwarna putih & mengeras yang berada di sekitar kuku), kemudian lindungi kuku dari deterjen dan bahan kimia lainnya (untuk ini anda bisa menggunakan sarung tangan plastik saat mencuci dsb), dan jangan pernah merusak kuku atau ujung jari anda karena sifat pertumbuhan kuku yang tumbuh secara perlahan dan dikhawatirkan jika mencederai kulit maka luka tersebut bisa berbulan-bulan lamanya.
  • Jangan pernah menggigit kuku…meskipun mungkin saat itu anda sedang merasa cemas atau lapar…ckckck…kuku bukan sesuatu yang harus anda makan…hehehe…
  • Sebaiknya jika anda pergi ke salon untuk meni pedi, usahakan untuk membawa peralatan menikur pedikur sendiri. Atau pastikan bahwa alat meni pedi tersebut sudah distelirkan terlebih dahulu.
  • Sebaiknya anda memotong kuku kaki anda sekitar 1 bulan sekali, namun pastikan anda tidak memotongnya terlalu pendek. Anda bisa memotong kuku anda dengan bentuk ujung yang agak membulat. Oya…anda bisa memotong kuku anda sesudah anda selesai mandi, karena pada saat itu kuku anda dalam keadaan yang lebih lunak dan lembut.
  • Pastikan anda menggunakan alat potong kuku yang tajam dan jangan yang tumpul. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada kuku jari dan kaki anda. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah jangan pernah membiarkan kuku anda terlalu panjang atau bahkan memeliharanya agar panjang…untuk apa to gan memelihara kuku sampai panjang-panjang, nggak ada untungnya. Cobalah untuk mencari hobi lain yang lebih bermanfaat…J


Setelah jelas tentang bagaimana sih cara mencegah dan merawat kuku jari tangan, jari kaki, jempol kaki atau ibu jari kaki agar terhindar dari yang namanya ‘Cantengan’, sekarang saya akan mengajak anda untuk melihat aneka tips cara merawat kuku agar supaya menjadi indah, sehat, kuat, cantik, mengkilap, dan tidak mudah patah dengan menggunakan bahan alami dan dengan cara yang traditional…so…silahkan disimak tipnya berikut ini…cekidot…



Tips Pertama


Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai salah satu bahan alami untuk perawatan kuku anda yang dapat berfungsi untuk menguatkan kuku. Caranya adalah parut bawang putih tersebut hingga halus dan kemudian tempelkan pada kuku-kuku anda atau anda bisa menggosok-gosokkannya pada kuku jari tangan dan kaki anda. Biarkan menempel selama beberapa menit dan setelah itu bersihkan kembali kuku cantik anda tersebut hingga bersih. Lakukan hal tersebut secara teratur tapi tidak perlu terlalu sering…1 atau 2 minggu sekali saya rasa cukup.


Tips Kedua


Anda juga bisa menggunakan lemon atau dalam bahasa lokal disebut dengan nama jeruk nipis. Fungsi dari lemon bagi kesehatan & perawatan kuku anda adalah untuk mengembalikan warna kuku yang kuning agar menjadi putih bersih dan tampak indah. Caranya adalah siapkan perasan lemon dan campur dengan menggunakan pasta gigi dan kemudian aduklah hingga rata. Lalu berikan “formula ajaib” tersebut kepada kuku anda dan diamkan hingga mengering. Sesudah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan ar yang hangat dan lakukan hal ini setidaknya 1 x dalam seminggu.


Tips Ketiga


Cara yang ketiga adalah anda bisa menggunakan campuran vitamin E (satu sendok teh) dan minyak zaitun. Hal ini berfungsi untuk membuat “Kutikula” anda menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut kepada kuku-kuku anda secara merata. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur (tidak perlu terlalu sering) biar kuku anda menjadi indah, cerah atau tampak mengkilap, dan tidak keras.


Tips Keempat


Jika anda menginginkan memiliki kuku yang bersih hingga ke sela-sela kuku dan kuat atau tidak mudah patah, maka anda bisa menggunakan buah belimbing wuluh.  Caranya adalah dengan mengosokkan belimbing wuluh tersebut pada permukaan kuku anda dan kemudian anda bisa membersihkannya dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali dalam seminggu.


Tips Kelima


Jika anda mengiginkan agar kuku anda menjadi tampak lebih bening, maka anda bisa menggunakan lidah buaya. Caranya adalah oleskan gel lidah buaya tersebut ke permukaan kuku anda secara merata dan lalu anda bisa membersihkannya. Lakukan hal ini secara rutin dan teratur supaya kuku anda tampak lebih cantik.


Tips Keenam


Jika anda menginginkan kuku anda agar tidak mudah pecah dan lepas atau dengan kata lain tidak rapuh, maka anda bisa menggunakan getah buah papaya. Caranya adalah oleskan getah pepaya tersebut ke permukaan kuku anda secara merata dan kemudian anda bisa membersihkannya.

Cara yang lainnya jika anda mengiginkan kuku yang kuat adalah dengan minum susu yang rajin dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti sayuran, ikan, keju, ataupun biji-bijian.


Tips Ketujuh


Jika anda berniat untuk melembabkan serta melembutkan kuku anda serta anda yang memiliki kuku yang kering dan ingin agar kuku-kuku anda lebih bernutrisi, maka anda bisa menggunakan cara ini. Yaitu dengan mencampurkan dua sedok makan madu serta minyak zaitun kedalam panci. Lalu panaskan dan aduklah hingga merata dan kemudian angkat panci tersebut dan tunggu hingga dingin. Setelah itu anda bisa menuangkannya kedalam mangkuk yang sudah berisi dengan kocokan telur dan lalu aduk hingga benar-benar merata. Oleskan campuran tersebut kepada kuku anda dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan kemudian anda bisa membersihkan kuku anda.


Tips kedelapan


Sedangkan agar kuku kuat dan cantik dari dalam maka perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih yang bersih dan sehat. Disamping itu, mengkonsumsi air putih akan membuat kuku anda jauh dari kesan kering dan kusam ataupun hitam.


(referensi: dari berbagai sumber)




Demikianlah www.caramerawatkuku.com kali ini. Semoga artikel tips merawat kuku agar cantik, bersih, kuat, dan sehat secara alami dengan cara yang mudah serta menggunakan bahan-bahan tradisional ini dapat bermanfaat bagi anda. Anda juga bisa menyimak tentang artikel aneka tips merawat kulit tubuh agar tetap tampak segar & Cara Merawat Rambut Rebonding di artikel lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya, masih di http://anekatipsdaproduk.blogspot.com


4 comments:

  1. Replies
    1. salam kenal kembali nopi...:) terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya....

      Delete
  2. Infonya sangat menarik, terimakasih

    ReplyDelete

Share This Article