Tips Perawatan Sepatu Yang Handal Untuk Menjaga Agar Tetap Awet dan Nyaman


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang bagaimana sih cara merawat sepatu high heels. Di artikel ini saya tidak akan mengkhususkan mengenai perawatan untuk jenis-jenis sepatu tertentu, tapi lebih kepada bagaimana merawat sepatu kesayangan yang anda miliki tersebut secara umum. So…silahkan disimak….:)

Penggunaan sepatu di Indonesia sangat identik dengan kebutuhan fashion atau gaya berbusana untuk acara-acara yang formal, seperti sekolah, kerja atau kantor, pernikahan, dll. Sehingga otomatis anda akan berfikiran bahwa karena penggunaan sepatu yang terbilang “jarang” maka anda tidak perlu harus memperhatikan dalam urusan perawatannya. Pemikiran seperti itu menurut saya adalah kurang tepat, kenapa? Karena meskipun anda termasuk kedalam kategori orang yang jarang dalam menggunakan sepatu (hmm….ceker kali ya….), namun merawat sepatu adalah hal yang mutlak untuk anda lakukan.

Cara berfikirnya cukup sederhana sekali gan, coba anda bayangkan atau anda merenung jika memang pernah mengalaminya. Jika suatu saat tiba-tiba anda harus menghadiri sebuah acara formal yang sangat penting dan pastinya anda harus menggunakan sepatu untuk menghadiri, secara…anda tidak akan boleh pakai sandal apalagi nyeker…wuiihh…gaul udik banget gan….:). Dan sayangnya sepatu ada dalam keadaan yang “tidak ready”, lalu apa yang akan anda lakukan? Silahkan pilih salah satu dari pilihan di bawah ini:

A. Pura-pura sakit dengan gaya lebay dan ditambahkan sedikit bumbu alay gitu..?

B.   Berfikir sejenak menggunakan gaya Enstein dan lalu….?

C.   Lompat pagar ke rumah tetangga untuk pinjam sepatu formal yang baik.

D.  Belanja beli sepatu baru karena anda baru saja mendapatkan warisan.

E.   Atau anda langsung berangkat karena toh sepatu anda selalu “ready” oleh perawatan anda yang rutin, baik, dan rajin.

Dari beberapa opsi diatas tentu opsi no E adalah bukan pilihan anda, bukan? Karena jika anda memilih opsi E lalu anda pasti tidak akan mungkin mencari artikel tentang tips merawat sepatu yang baik dan benar…..:) sekali lagi bercanda gan…jangan sensi gitu to…dan jangan senyum-senyum sendiri………
Ada banyak aneka sepatu dengan beragam model koleksi sepatu terbaru baik untuk pria, wanita, dewasa, dan anak-anak. 

Dan perkembangan dunia teknologi yang ada sekarang ini yang ditandai dengan perkembangan internet yang begitu pesat, membuat banyak sekali toko sepatu bagus yang menjual sepatu on line yang akan lebih memudahkan anda dalam belanja sepatu murah online atau dengan kata lain anda bisa menyebutnya dengan shopping online sepatu. Dan tidak jarang juga, anda juga akan dapat belanja sepatu baik yang murah, branded, berkualitas, maupun sepatu-sepatu import yang selalu ready stock di toko sepatu online tersebut.  Saya rasa anda bisa mencarinya sendiri di internet…J

Namun meskipun di jaman sekarang ini anda akan dapat menemukan berbagai kemudahan dalam hidup, hal tersebut bukan berarti anda mengabaikan untuk merawat sepatu branded, murah, dan berkualitas yang anda miliki. Dan pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat sepatu yang baik dan benar dengan cara yang jitu dan oke? Tenang di blog ini saya berusaha untuk dapat memberikan solusi atas berbagai pertanyaan yang mungkin menghantui pikiran anda saat ini…J so…silahkan disimak tips-tip perawatan sepatu yang cantik berikut ini…


Tips Pertama


Usahakan untuk selalu menyemir sepatu anda sebelum memakainya. Dan pastikan juga bahwa sepatu murah berkualitas anda betul-betul bersih dan kering sebelum anda menyemirnya. Usahakan untuk selalu memilih warna yang sesuai dengan warna sepatu anda. Namun jika sepatu anda terbuat dari bahan kanvas, anda bisa melihat tip perawatannya di artikel sebelumnya atau klik sepatu canvas.


Tips Kedua


Untuk melindungi sepatu terbaru anda dari kesan yang kusam saat terkena oleh air hujan dan air lainnya, anda bisa menggunakan cairan pelindung anti-air.


Tips Ketiga


Jika sepatu baru anda terlanjur terkena air maka usahakan untuk segera untuk mengelapnya dan jangan biarkan air tersebut terlalu lama “membasahi” sepatu murah online anda. Anda bisa menggunakan lap sepatu yang kering atau anda bisa menggunakan kertas tisu untuk mengeringkannya. P.S: Jika sepatu anda terkena lumpur, jangan membersihkannya sewaktu lumpur tersebut masih basah, karena hal tersebut sama saja dengan anda memperluas area dampak terkena lumpurnya…J bersihkanlah lumpur tersebut dari sepatu anda di saat telah betul-betul mengering.


Tips Keempat


Jauhkan koleksi sepatu terbaru anda dari “iklim” yang lembab. Dan pastikan aneka sepatu anda benar-benar dalam kondisi yang kering dan bebas dari debu dan kotoran sebelum anda menyimpannya di rak sepatu. Anda juga memasukkan silica gel atau kapur barus untuk menyerap udara lembab yang ada di dalam sepatu wanita kerja anda.


Tips Kelima


Sebaiknya anda tidak memakai sepatu kerja yang sama setiap hari (kecuali memang ketentuan dari kantor anda seperti itu). Karena hal tersebut akan mempercepat “umur pakai” sepatu anda habis. Disinilah letak dan peran dari koleksi sepatu branded anda. Karena dengan koleksi tersebut, anda bisa selang seling dalam menggunakannya setiap hari. Maksud selang seling disini adalah jika memungkinkan 2 hari sekali ganti memakai sepatu yang lainnya.


Tips Keenam


Saya rasa untuk kasus yang satu ini sangat jarang terjadi, tapi tidak ada salahnya untuk saya kemukakan disini. Jika anda berniat untuk mencuci sepatu anda, perhatikan terlebih dahulu jenis bahan pembuatnya. Sebab ada beberapa jenis sepatu yang tidak bisa dicuci oleh air, contohnya adalah sepatu kulit. Untuk mengetahui bagaimana mencuci sepatu yang baik dan benar, anda bisa melihat artikel tentang macam-macam perawatan sepatu yang sudah saya posting di artikel-artikel sebelumnya. 


Tips Ketujuh


Usahakan untuk tidak pernah menjemurnya sepatu formal anda di bawah terik dinar matahari. Kecuali jika sepatu anda anda tersebut terbuat dari bahan kanvas.


Tips Kedelapan


Sebisa mungkin untuk selalu menggunakan kaos kaki dan jika kaki anda termasuk kedalam kategori kaki dengan keringat berlebih, usahakan untuk mengelapnya terlebih dahulu sebelum memakai sepatu anda. Dan untuk menghilangkan bau sepatu anda, anda bisa menaburkan baking soda di dalam sepatu anda. Tapi jangan lupa untuk membersihkannya saat anda hendak memakainya atau keesokkan harinya.


Tips Kesembilan


Jangan pernah menyetir dengan menggunakan sepatu wanita high heels. Karena disamping berbahaya bagi keselamatan berkendara anda dan juga orang lain, tumit dari sepatu heels anda akan cepat rusak. Usahakan untuk memakai sepatu sandal wanita saat anda sedang menyetir atau sepatu dengan sol bawah yang rata.


Tips Kesepuluh


Simpanlah aneka sepatu koleksi anda pada tempatnya. Yang terbaik adalah tentu saja di rak khusus sepatu. Dan yang paling penting untuk anda ingat adalah jangan pernah menumpuk sepatu anda saat hendak menyimpannya dengan sepatu jenis lainnya, walaupun anda telah menggunakan kotak sepatu sekalipun. Dan yang tak kalah pentingnya adalah usahakan untuk tidak menyimpan sepatu anda pada tempat yang lembab dan bersentuhan langsung dengan ubin lantai kamar anda.

Sedangkan untuk menjaga agar bentuk sepatu pria dan wanita anda  untuk tidak berubah, anda bisa menggunakan pengganjal sepatu yang terbuat dari buntelan kertas putih yang dibentuk menjadi sepatu bola. Oya…satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya dalam merawat sepatu adalah jangan pernah menyimpan sepatu dalam keadaan kotor.


(referensi: dari berbagai sumber)





Demikianlah artikel tips tentang bagaimana cara merawat dan menjaga sepatu agar tetap awet dan nyaman untuk anda pakai. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menjawab pertanyaan tentang perawatan sepatu. Anda juga bisa menyimak tips merawat sepatu wedges di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka artikel tip dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.bogspot.com 

No comments:

Post a Comment

Share This Article