Tips Perawatan Wajah Bebas Dari Jerawat Dengan Cara Yang Mudah Dan Alami


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Hari ini tema artikel tips kita berbeda dengan artikel yang sebelumnya yang membahas tentang cara merawat rantai motor. Di artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi dan menyimak tentang bagaimana sih cara menghilangkan jerawat tanpa obat serta cara membersihkan bekas jerawat yang tersisa sesuai dengan kaedah traditional atau dengan cara yang alami dan benar. So…silahkan disimak artikel berikut ini…

Setiap orang pasti pernah berjerawat bukan? Entah itu jerawat yang nongol di wajah, di hidung, di jidat, bahkan di tubuh terutama yang paling sering adalah di bagian belakang yaitu di punggung, bahkan ada juga jerawat yang dengan tidak malunya nongol di balik sela-sela rambut kita…di kepala, bukan rambut yang lain lho ya…atau ada yang pernah punya pengalaman jerawat tumbuh di area 51 (area terbatas rahasia) di tubuh anda? hmm…pasti anda akan merasa sangat terganggu dan tersiksa karenanya ya….:)

Tapi di artikel tips dan produk kali ini saya akan mengkhususkan untuk membahas tentang cara menghilangkan dan membersihkan jerawat serta flek hitam atau bekas jerawatnya yang ada di bagian wajah secara alami dan paling efektif serta tanpa menggunakan obat. Sementara untuk bagian-bagian yang lainnya, saya rasa sama saja lha ya…intinya adalah menjaga kebersihan dan pola makan yang baik. Ingat kebersihan adalah sebagian dari Iman sedangkan kekotoran adalah bagian dari sahabat kentalnya setan. So…tergantung anda sih..anda mau pilih sahabatan sama siapa…:)

Jerawat adalah suatu kondisi dimana pada saat itu pori-pori kulit anda tersumbat yang mengakibatkan timbulnya kantung nanah yang meradang. Selain itu jerawat juga dapat muncul sebagai akibat dari perubahan hormonal yang terjadi dan merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormon yang dimaksud disini diantara adalah menstruasi, kehamilan atau masa mengandung, pemakaian pil KB, dan yang paling sering terjadi adalah karena stress. Ada beberapa jenis jerawat yang anda kenal cukup baik selama ini, beberapa diantaranya adalah jerawat batu, jerawat halus, jerawat nasi, jerawat pasir, jerawat nanah, dan jerawat whiteheads atau bahasa tradisionalnya adalah komedo yang tertutup. Disamping itu, jerawat membandel juga bisa timbul karena beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Karena produksi minyak yang berlebihan pada kelenjar minyak yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran rambut dan pori-pori kulit.
  • Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit anda dan akhirnya bercampur dengan debu dan kotoran yang akhirnya semakin “menggunung” dan menyumbat pori-pori kulit anda. Hal ini bisa dilihat dengan adanya gejala jerawat awal yang berupa bintik-bintik hitam dan putih di kulit anda.
  • Bakteri p.acne yang berkembang biak di dalam kelenjar minyak yang tersumbat yang kemudian menghasilkan iritasi di daerah sekitarnya yang akhirnya akan menimbulkan radang di kulit sekitarnya. Hal inilah yang sering anda sebut sebagai jerawat batu yang memungkinkan untuk meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka jerawat seperti cacar yang permanen.
  • Penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau bedak yang digunakan menyatu dengan foundationnya. Boleh-boleh saja menggunakan kosmetik tapi yang harus anda perhatikan adalah pilihlah kosmetik yan cocok bagi anda. Dan yang paling terpenting adalah selalu bersihkan wajah anda setelah selesai menggunakan kosmetik tersebut.
  • Penggunaan telepon gengam atau Hp/ponsel yang tidak pernah anda bersihkan. Tips dalam menggunakan ponsel agar aman dari serangan jerawat adalah dengan selalu membersihkan permukaan telepon seluler anda dan usahakan untuk tidak menempelkannya ke pipi anda saat anda menggunakannya.
  • Jerawat juga dapat timbul karena orang tersebut mengalami stress. Streess dapat memicu produksi hormone tertentu dan kondisi stres yang anda alami juga dapat memicu anda untuk melakukan pola makan yang tidak sehat dan teratur, seperti makanan yang penuh dengan lemak dan makanan manis.
  • Pola hidup yang tidak sehat seperti anda yang banyak mengkonsumsi alkohol, merokok, kurang tidur, juga akan dapat memicu timbulnya jerawat di tubuh anda. Ditambah lagi dengan penggunaan kosmetik atau make-up yang berlebihan, maka hal tersebut akan semakin memperbesar peluang timbulnya jerawat yang meradang di kulit anda.
  • Pola makan yang tidak sehat. Agaknya anda harus benar-benar memperhatikan hal yang satu ini, apalagi pola makan adalah sesuatu yang sangat sulit untuk bisa anda rubah. Oleh karena itu mulai kini usahakan untuk melakukan pola makan yang sehat dan teratur dan jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak makanan berserat dan buah.

Dari semua penjelasan singkat diatas mengenai apa saja yang menjadi sebab musabab timbulnya jerawat yang membandel di wajah dan tubuh anda, lalu sampailah kita di pertanyaan bagaimana sih cara menghilangkan bekas jerawat yang membandel, dan mencegah agar jerawat tidak muncul baik di wajah maupun tubuh anda, serta seperti apa tip membersihkan jerawat dengan bijak dan tepat? Simak artikel tentang cara mengatasi dan merawat jerawat berikut ini…cekidot…


Tips Pertama


Hindari untuk memencet jerawat pada saat jerawat tersebut meradang. Saya memaklumi jika anda berusaha untuk memencetnya, hal ini karena jerawat memang cenderung menimbulkan rasa gatal terutama untuk jerawat kecil dan dalam jumlah yang banyak serta jika jerawat tersebut mulai meradang…wuiih…mengganggu banget. Tapi tahukah anda bahwa dengan memencet jerawat tersebut tidak akan menyelesaikan masalah, yang ada justru akan menyebabkan infeksi dan akhirnya akan meninggalkan noda atau flek hitam dan bintik hitam dan jaringan parut setelah sembuh. Untuk mengatasi jerawat yang meradang dan bernanah, gunakan es batu dan kemudian anda bisa mengoleskan spot gel atau obat gel penghilang jerawat.

Biasanya disini setelah menggunakan es, saya selalu menggunakan salep hitam untuk mengolesinya dan alhasil beberapa waktu kemudian jerawat tersebut pecah. Tapi anda tidak harus menggunakan menggunakan salep hitam, ada banyak produk jerawat yang dapat anda beli di apotek. Ingat ya…belinya di apotek jangan di warung eceren di pinggir jalan…ckckck…


Tips Kedua


Hindari untuk berganti-ganti menggunakan produk obat jerawat hanya karena anda menginginkan jerawat anda dapat hilang dalam waktu yang cepat 1 hari atau 24 jam, 2 hari, 3 hari, 5 hari , 7 hari, dsb. Ingat, anda tidak tinggal di dunia ali baba yang mana segala sesuatunya bisa diselesaikan hanya dengan mengosok-gosok lampu ajaib dan mengajukan tiga permintaan. Kalaupun ada, pasti ujung-ujungnya wani piro…hehehe…kenapa anda tidak mencoba untuk lebih bersabar dalam mengatasi kulit wajah & tubuh yang berjerawat. Dan lakukan hal-hal yang efektif dalam menghilangkan dan membersihkan jerawat di muka anda dengan cara-cara yang lebih bijak. Jika jerawat anda terlalu membandel dan parah, sebaiknya anda konsultasikan ke dokter spesialis kulit yang ada di kota anda, daripada anda bertindak sebagai “dokter” bagi diri anda sendiri...akan sangat lain hasilnya lho…J


Tips Ketiga


Kebanyakan orang berfikir bahwa dengan mencuci muka maka jerawat dapat dapat segera hilang dari wajah anda. Anggapan tersebut agaknya kurang tepat, kenapa? Karena seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jerawat tidak hanya timbulkan oleh wajah yang kotor tapi juga karena faktor hormonal. Bahkan mencuci wajah yang terlalu sering dengan menggunakan pembersih wajah khusus jerawat tersebut justru akan semakin membuat kondisi jerawat semakin parah. Sebaiknya jika anda memang berniat membersihkan wajah anda dengan produk-produk yang ada, gunakanlah facial foam yang memiliki formula yang lembut dengan aturan paling banyak 3 kali dalam satu hari dan jangan lupa juga untuk mengoleskan pelembab sesudahnya.


Tips Keempat


Jika anda membeli produk-produk perawatan untuk wajah anda, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis karakter dari kulit wajah anda. Karena tidak semua produk perawatan wajah cocok untuk digunakan di semua jenis kulit. Contohnya untuk kulit wajah yang berminyak, anda bisa menggunakan pelembab yang “oil free” dengan bentuk lotion ataupun gel. Sedangkan untuk kulit wajah yang kering, anda sebaiknya menghindari lotion, toner, ataupun obat jerawat dengan kandungan alkohol di dalamnya. Sedangkan untuk kulit wajah yang sensitif, sebaiknya anda memilih pembersih wajah yang memiliki formula yang lembut serta aman untuk kulit sensitif anda.

Sementara itu, bagi anda yang ingin menghilangkan bekas jerawat di wajah dan tubuh anda secara alami…anda bisa memilih salah satu dari obat tradisional untuk mengatasi bekas atau noda flex hitam jerawat anda…silahkan disimak..n.b: jangan dilakukan semuanya tapi pilih salah satu yang paling cocok buat anda…J


Ø  Cara Pertama: Menggunakan Buah Tomat


Buah tomat tanpa anda sadari ternyata memiliki kandungan vitamin A & C yang cukup kaya. Dan vitamin tersebut data menghilangkan bekas jerawat serta jerawat yang baru muncul maupun yang sudah dalam kondisi yang meradang. Caranya adalah bersihkan tomat yang hendak anda gunakan tersebut dan lalu kemudian potong menjadi beberapa bagian. Setelah itu letakkan potongan-potongan tomat tersebut ke bagian wajah yang hendak anda hilangkan bekas jerawatnya, lalu kemudian bilas dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini selama 2 sampai 3 kali seminggu dan sabarlah dalam menunggu hasilnya.


Ø  Cara Kedua: Menggunakan Jeruk Nipis


Kandungan yang dimiliki oleh jeruk nipis ternyata dapat digunakan untuk membersihkan sel-sel mati serta mampu mengurangi kadar minyak di wajah anda. caranya adalah peras 1 hingga 2 buah jeruk nipis tersebut dan kemudian oleskan air perasannya di bagian wajah yang hendak anda hilangkan noda akibat jerawat tersebut. Lalu biarkan selama paling tidak 15 menit atau anda bisa mendiamkannya hingga mengering dan kemudian anda bilas dengan menggunakan air bersih. Lakukan hal ini selama 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan sabarlah menanti.


Ø  Cara Ketiga : Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya juga salah satu jenis obat tradisional yang dapat membantu anda untuk mengatasi dan menghilangkan sisa bekas jerawat yang bandel dan tersisa. Caranya adalah bersihkan terlebih dahulu wajah anda lalu kemudian pilihlah tanaman lidah buaya yang masih segar dan lalu patahkan bagian tengahnya dan pendet patahannya tersebut hingga gelnya keluar. Setelah itu anda bisa mengusapkan gel lidah buaya tersebut ke bagian wajah anda yang ingin anda bersihkan dari bekas jerawat. Diamkan selama setidaknya 10 hingga 15 menit dan kemudian bilas kembali wajah anda dengan menggunakan air yang bersih. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.


Ø  Cara Keempat :Menggunakan Minyak Zaitun


Minyak zaitun memang sudah dari sejak dahulu kala digunakan sebagai salah satu “kosmetik” untuk kecantikan dan kesehatan di jaman dahulu. Zaitun ini memang dapat melembutkan kulit wajah dan mampu mempertahankan keindahan dari kulit tubuh, selain itu juga minyak zaitun juga digunakan untuk mempertahankan keindahan rambut. Cara penggunaannya untuk menghilangkan noda jerawat adalah sebelum tidur anda oleskan minyak zaitun pada tempat dimana bekas noda jerawat akan anda hilangkan. Lalu pijat wajah anda secara perlahan selama kurang lebih 5 menit dan kemudian bilaslah dengan menggunakan air yang hangat. Lakukan setiap hari hingga bekas jerawat tersebut menghilang.


Ø  Cara Kelima : Dengan Menggunakan ampas Teh Hitam


Ampas teh hitam ternyata memiliki kandungan khasiat untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Dan tentu saja ampas teh ini juga dipercaya memiliki khasiat yang juga dapat menghilangkan bekas noda jerawat di wajah anda. Caranya bersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air yang bersih lalu kemudian oleskan ampas teh tersebut secukupnya (jangan berlebihan) ke area tempat noda bekas jerawat tersebut berada secara perlahan dan lembut. Lalu diamkan sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Lalukan hal ini setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu dan sabarlah menanti hasilnya.


(referensi: idwikipedia - http://www.sayacantik.com - wolipop.detik)



Memang tidak ada cara yang lebih mudah dalam mengatasi jerawat yang membandel dan bekasnya. Yang paling penting adalah bagaimana anda dapat menjaga dan merawat wajah anda dengan baik. Untuk itu saya sudah menyiapkan tipsnya di artikel selanjutnya tentang cara merawat wajah yang baik dan alami. Saran saya yang paling penting dalam membersihkan jerawat di wajah anda adalah dengan bersabar, karena menghilangkan jerawat di wajah tidak sama halnya dengan anda menghilangkan wajah di foto dengan menggunakan program photoshop…J So…dengan bersabar pasti akan ada hal yang positif yang akan anda dapatkan. Jika jerawat anda sangat parah dan sangat membandel segeralah untuk pergi ke dokter kulit untuk mengkosultasikannya disana, jangan tunda-tunda hingga jerawat anda menjadi semakin parah.



Sekian artikel tips perawatan jerawat dan nodanya secara alami. Anda juga bisa melihat artikel sebelumnya yang membahas tentang cara merawat kulit tubuh yang bijak dan tepat dan bagaimana merawat kuku kaki & tangan yang baik dan benar di artikel tips selanjutnya. Sampai bertemu di artikel tip dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


2 comments:

  1. Terimakasih infonya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali untuk komentar dan kunjungannya...:)

      Delete

Share This Article