Manfaat Mainan Bagi Anak Dan Tips Cara Perawatannya Agar Tidak Cepat Rusak Serta Penuh Kuman


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini agak sedikit unik dari semua artikel yang pernah saya bahas di blog ini. Kali ini saya akan mengajak anda untuk berdiskusi dan menyimak tentang bagaimana sih cara yang tepat untuk merawat mainan sang buah hati agar terhindar dari kuman dan yang pastinya tidak cepat rusak. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang cara merawat kulit tubuh. So…silahkan disimak introduction berikut ini…

Mainan bagi semua anak adalah salah satu kebutuhan hakiki mereka. Coba anda flashback sebentar untuk melihat seperti apa anda dulu waktu masih kecil saat menginginkan sebuah mainan yang anda sukai. Anda tentu tidak segan-segan untuk merengek, menangis, bahkan ngambek hingga sampai di rumah…bukan? Hmm….agaknya anda memang sangat manja waktu masih kecil…J

Tingkah laku anak yang seperti ini memang tidak akan pernah berubah dari waktu ke waktu, generasi ke generasi..meskipun saat manusia menginjakkan kakinya di mars, anak-anak tetap tidak akan pernah berhenti untuk menggemari mainan kesayangan mereka. Dan hal tersebut adalah tidak salah, kenapa? Karena jika dilihat dari sisi psikologi, dengan bermain bersama teman-teman sebayanya, anak akan lebih mampu untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan lebih cepat, walaupun tetap harus anda awasi untuk menghindarkan dari hal yang tidak-tidak…asal jangan terlalu overprotected. Hanya saja memang fenomena yang ada sekarang ini adalah kecenderungan anak untuk lebih menggemari permainan video game daripada bermain dengan jenis-jenis permainan seperti jaman kita dulu..era 80-90’an.

Ada banyak sekali bentuk dan jenis mainan yang digemari oleh anak-anak baik laki-laki maupun perempuan, diantaranya adalah mobil-mobilan, robot-robotan, boneka, rumah-rumahan, pesawat, kereta api, Lego, dan sebagainya baik yang mahal maupun yang murah. Lalu sebenarnya apa sih manfaat mainan atau bermain bagi anak? Berdasarkan atas riset saya di internet, saya sempat mengunjungi salah satu website yang memuat tentang 9 hal manfaat bermain bagi anak dan saya anggap cukup menarik untuk anda ketahui. Hal-hal tersebut adalah:

  • Anak dapat memahami diri sendiri dan mengembangkan harga diri. Maksudnya disini adalah anak-anak saat bermain, mereka akan menentukan sendiri jenis mainan, dimana, dan dengan siapa mereka akan bermain. Hal-hal tersebut akan membantu perkembangan jiwa anak untuk terbentuknya gambaran akan diri mereka dan membuat anak-anak tersebut merasa dapat mengendalikan dirinya.
  •  Anak dapat menemukan & mengetahui apa yang dapat mereka lakukan sekaligus hal tersebut akan mengembangkan rasa percaya diri mereka. Dengan bermain yang baik & benar, anak-anak secara otomatis akan belajar untuk bersosialisasi dengan cara mendekati & bersama dengan anak yang lainnya, berkompromi, dan bernegosiasi dgn teman sebayanya. Disamping itu, bermain juga dapat mengembangkan keterampilan fisik, sosial, serta intelektual mereka.
  • Bermain dapat melatih mental sang anak. Maksudnya adalah ketika seorang anak tengah bermain maka tidak jarang ia akan menemukan ide-ide baru yang tersimpan di “imajinasinya” dan mengungkapkannya lewat permainan yang ia lakukan. Dengan kata lain, anak-anak pata mengekspresikan pengetahuan yang dimilikinya dan sekaligus mendapatkan pengetahuan tambahan yang baru.
  • Bermain mampu meningkatkan kreativitas sang anak dan membebaskannya dari stress. Banyak sekali model dan macam mainan yang ada di toko mainan online ataupun di kota anda saat ini. Dan dari sekian macam jenis mainan yang ada, menurut saya pribadi mainan yang paling tepat untuk dimainkan oleh seorang anak adalah mainan edukatif atau edukasi. Biasanya memang mainan jenis ini berbentuk mainan edukatif kayu, tapi di jaman sekarang ini anda juga dapat menemukan mainan edukasi yang juga terbuat dari bahan selain kayu contohnya adalah mainan dari kertas dan mainan Lego.
  • Dengan bermain sosialisasi/pergaulan serta emosi anak-anak dapat lebih berkembang. Coba saja anda perhatikan manakala anak-anak tengah bermain, dimana yang satu membawa mainan zord power ranger, yang satunya lagi membawa mainan bima satria garuda dan yang lainnya membawa gradon warior. Tentu saja anda akan dapat membayangkan nantinya akan seperti apa, ya…ada yang berpura-pura untuk menjadi tokoh antagonis dan protagonis. Hal ini akan membuat “perasaan emosi” sang anak menjadi lebih kaya, dimana mereka akan belajar tentang perasaan yang berhubungan dengan ketakutan dan perasaan penolakan atas situasi yang sedang mereka hadapi.
  • Permainan dapat melatih fungsi motorik dan kemampuan analisa anak. Ada banyak sekali jenis mainan ekudukasi yang dapat meningkatkan kecerdasan bagi anak, dan jika saya melihat harga rata-rata dari mainan edukatif tersebut tidak terlalu mahal kok. Anda bisa mencarinya dan beli mainan baik melalui toko online mainan atau toko mainan yang ada di kota anda.
  • Bermain dapat menjadi sarana bagi anak-anak untuk menyalurkan kebutuhan dan keinginannya.
  • Bermain dapat menjadi tempat bagi sang anak untuk menentukan standar moral.
  • Mainan atau bermain dapat membantu sang buah hati tercinta untuk dapat mengembangkan otak kanannya.



Namun jika anda bertanya kepada saya tentang “apa sih mainan yang paling cocok untuk anak saya?” sabar…saya akan menjawab pertanyaan anda tersebut di artikel selanjutnya tentang cara memilih mainan…so…stay tune on http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Tapi secara garis besar saja, saya telah melakukan beberapa riset di internet dan ada beberapa jenis mainan yang tampaknya popular untuk dibeli dikalangan anak-anak dan bahkan orang dewasa seperti action figure atau mainan yang dibuat berdasarkan tokoh favorit dalam suatu film dan tokoh dalam suatu games baik yang dari dunia barat ataupun dari dunia Jepang, bahkan ada yang dari Indonesia lho….

Beberapa diantara seperti: Mainan Gundam, Barbei, Ben 10, Despicable Me 1&2 atau ada juga yang menyebutnya dengan nama mainan Minion dan Papoy, Iron Man, Daigunder, Cars Disney, Angry Birds, Dora The Expoler, Lego Ninjago, Naruto Shipuden, X-men, Hulk, Spiderman, Transformer, Ultramen, Woody dari film toys story, hello kity, Princess. Sponge Bob, BTX, dll. Mainan action figure memang lucu-lucu, jadi jangan heran jika tiba-tiba suami atau istri anda pulang dari kerja dengan membawa mainan figure yang bukan untuk anaknya tapi untuk dirinya. Dan saya yakin salah satu dari pembaca artikel ini adalah termasuk kedalam kategori itu…hehehe…. Wajar kok…bukan masa kecil kurang bahagia tapi masa kecil kurang puas….:P

Sedangkan bagi mereka yang tidak terlalu menyukai mainan tokoh, ada beberapa model mainan yang tampaknya banyak di cari internet, antara lain mainan hot weels, ikan-ikanan, robot, RC Helikopter atau radio control, kasir-kasiran, kereta api Thomas, salon-salonan, naga tempur, pesawat, dinosaurus, ataupun mainan yang bisa dimainkan secara outdoor seperti mainan water gun  dan Nerf. Sedangkan untuk bayi dan balita yang memiliki usia antara 0 th – 2 th biasanya sih mereka menyukai jenis mainan Vtech, dan untuk yang 3 th, 4 th, dan 5 tahun biasanya mereka lebih menyukai mainan selain action figure. Anda bisa memberikan mereka mainan LEGO dan Trans-X yang merupakan mainan bongkar pasang serta mainan Xylophone yang merupakan mainan musik dan mainan Fun Doh yang merupakan mainan anak yang terbuat dari lilin, mainan-mainan tersebut merupakan salah satu bentuk mainan edukatif yang mampu meningkatkan daya kreatifitas dan analisa anak. Tapi saya tidak akan membahas secara lebih mendetail tentang mainan apa yang paling cocok untuk anak sesuai dengan usianya di artikel ini. Untuk hal tersebut, saya akan membahasnya di artikel tentang mainan selanjutnya….:)

Baiklah…kini sampai sudah bagi saya untuk mengajak anda menyimak tentang tips cara merawat mainan anak dan bayi yang tepat dan bijak baik yang mahal, murah, ataupun yang import. Gampang…saya punya tips perawatannya untuk anda di bawah ini…cekidot…


Tips Pertama


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah pada saat anda memilih atau membeli mainan, usahakan untuk memastikan apakah jenis mainan anak tersebut aman untuk digunakan dan mudah untuk dibersihkan. Baca juga petunjuk penggunaannya yang biasanya tertera di box-nya atau dicantumkan di keterangan produk pada website toko online mainan tempat anda membelinya.


Tips Kedua


Sebagai orang tua yang baik, disamping harus memperhatikan sang buah hati tercinta, anda juga memiliki kewajiban untuk memperhatikan juga dan mengajari anak anda (jika memungkinkan) untuk memperhatikan kebersihan dari mainan yang digunakannya. Bersihkan mainan kesayangan anak anda tersebut secara rutin atau pada saat mainan tersebut tampak kotor. Ingat, jangan suka menunda segala sesuatu yang sifatnya baik…J


Tips Ketiga


Jika anda ingin membersihkan mainan anak anda dengan cara mencuci, hal terpenting yang harus anda ketahui adalah ada beberapa model mainan yang tidak memperbolehkan anda untuk mencucinya. Biasanya mainan-mainan tersebut digerakkan dengan tenaga baterai dan memiliki unsur mekanik di dalamnya. Namun jangan khawatir, anda bisa membersihkannya dengan cara mengelapnya dan jika diperlukan anda bisa menggunakan disinfektan yang amat buat anak. Note: Jangan terlalu banyak menggunakan disinfektan ya….


Tips Keempat


Jika mainan anda tidak menggunakan baterai dan tidak mengandung unsur mekanis di dalamnya seperti mainan yang terbuat dari plastik keras dan kayu, anda bisa mencucinya dengan menggunakan air hangat + sabun. Dan kemudian jangan lupa untuk membilasnya dan mengelapnya sampai bersih dan tidak meninggalkan sisa sabun.


Tips Kelima


Sedangkan untuk mainan yang mengandung air, seperti water gun dll. Setelah habis digunakan, sebaiknya anda langsung membuang air yang berada di dalamnya hingga tanpa sisa.


Tips Keenam


Jika mainan anak anda dimainkan oleh anak yang lagi sakit, sebaiknya setelah mainan tersebut digunakan anda harus segera membersihkannya dan jika dibutuhkan anda bisa menggunakan disinfektan yang aman buat anak dan khusus buat mainan kalau ada. Tapi sekali lagi, jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan disinfektan.


Tips Ketujuh


Sedangkan untuk menyimpannya, anda bisa menyimpan mainan-mainan kesayangan anak anda tersebut pada sebuah kotak yang berukuran sedang/besar (tergantung seberapa banyak mainannya). Usahakan untuk menyimpannya dengan cara memilah-milah sesuai dengan kategori, jenis, dan modelnya. Jangan sampai anda mencampur adukkan antara mainan dengan ukuran besar dan kecil atau mainan keras dengan lunak. Hal ini disamping akan menyulitkan anak anda untuk mengambil mainan yang disukainya, hal tersebut juga akan memperpendek usia pakai dari mainan tersebut.


Tips Kedelapan


Simpanlah kotak mainan tersebut pada tempat yang mudah untuk dijangkau oleh anak anda. Karena jika anda menyimpannya pada tempat yang tidak dapat dijangkau oleh anak, contohnya di atas lemari atau kalau kurang kerjaan di atas loteng…J takutnya anak anda akan mengalami cidera yang serius saat hendak mengambilnya. Dan hindari untuk menggunakan kotak penyimpanan mainan dengan tutup yang keras atau tertutup sangat rapat. Sekarang kan banyak dijual kotak-kotak yang memakai sejenis “penjepit” di bagian kanan dan kirinya yang bentuknya transparan, anda bisa menggunakan kotak jenis itu untuk menyimpan mainan.

Karena jika kotak penyimpanan yang anda gunakan terlalu keras penutupnya, maka dikhawatirkan anak anda mengalami cedera otot saat hendak membukanya. Kecuali anak anda hulk…baru no problemo…hohoho…
  

Tips Kesembilan


Jika anda menemukan mainan anak kesayangan anda ada yang rusak, maka jika memungkinkan untuk diperbaiki segeralah untuk memperbaikinya. Namun jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki, maka buanglah mainan tersebut pada tempatnya… Jangan buang sembarangan ya… Oya…satu hal lagi, khusus untuk mainan yang menggunakan baterai, sebaiknya anda rutin untuk memeriksanya apakah baterai tersebut masih memiliki “tenaga” atau tidak. Jika sudah tidak “bertenaga” maka gantilah dengan baterai yang baru (P.S hal ini tidak berlaku untuk pasangan anda ya…meskipun dia-nya kurang bertenaga…hahaha….bercanda…nggak boleh marah lho…cepat tua…).

Jika anda “lalai” dan membiarkan baterai yang rusak tersebut masih “tertanam” di mainan tersebut, maka dikhawatirkan baterai tersebut akan menjadi berkarat dan hal tersebut adalah racun yang sangat berbahaya untuk anak. Demikian juga halnya dengan mainan yang memiliki unsur mekanika di bagian dalamnya, usahakan untuk selalu rutin dalam memeriksanya dan pastikan tidak ada karat yang melekat di komponen-komponen mekanika tersebut.


Tips Kesepuluh


Sebisa mungkin luangkanlah waktu untuk bermain bersama anak-anak anda dan mainannya. Ingat, hal tersebut akan meningkatkan hubungan yang harmonis antara orang tua dan anak. Dan lagipula setua apapun anda, anda tetap memiliki sifat anak-anak yang terkubur jauh di dalam diri anda…so…tidak ada salahnya untuk mengeluarkan sifat tersebut dan bermain bersama sang buah hati tercinta. Catatan: Jangan terlalu sering mengeluarkan sifat anak-anak ya…secara…anda sudah dewasa gitu loh….:) Dan satu hal lagi, jangan pernah membelikan mainan yang berukuran kecil yang memungkinkan untuk dimaksukkan ke dalam mulut…hal tersebut akan sangat berbahaya bagi sang anak jika tertelan. Disinilah fungsi kebijaksanaan anda sebagai orang tua dalam memberikan yang terbaik dan ter-aman untuk anak anda…J


(referensi: dari berbagai sumber)


Akhirnya tips perawatan mainan anak agar tetap baik dan “sehat” untuk dipakai, selesai. Anda juga bisa menyimak artikel tentang tips perawatan baju bayi dan baju anak di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

4 comments:

  1. Mainan vtech cepat habis baterai nya. 1-2hr sudah habis. Padahal dulu bs lama. Kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barang elektronik semakin lama dia akan semakin aus sist...terutama yang sifatnya menggunakan baterai...namun bisa juga karena pemakaian yang lebih sering daripada sebelumnya sehingga "menguras" energi yang ada

      Delete
  2. makasih info tentang mainan anaknya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete

Share This Article