Selamat
datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Anda menyukai dunia otomotif
atau anda memiliki masalah dengan rantai sepeda motor anda yang berada dalam
kondisi yang kurang baik? Jika ya…maka anda datang ke blog yang tepat, karena
disini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara merawat rantai motor yang
baik dan sekaligus dapat memperpanjang umur pakai-nya? Silahkan disimak paragraf
demi paragraf di bawah ini….:)
Anda pernah membayangkan sebuah sepeda motor yang mampu berjalan tanpa memakai rantai di gear-nya? Tentu sudah ya…tapi untuk anda ketahui bahwa untuk saat ini saya rasa belum ada satupun sepeda motor yang dijual tanpa rantai. Mungkin di masa depan hal tersebut adalah hal yang lumrah untuk anda temui. Tapi permasalahannya adalah anda kan berada di masa sekarang dimana semua kendaraan roda dua bahkan sepeda sekalipun tetap memakai rantai untuk menggerakkan roda-rodanya. So…saya rasa adalah sebuah keharusan bagi anda untuk dapat menjaga dan merawat serta membersihkan secara rutin salah satu komponen kendaraan bermotor yang penting ini.
Anda pernah membayangkan sebuah sepeda motor yang mampu berjalan tanpa memakai rantai di gear-nya? Tentu sudah ya…tapi untuk anda ketahui bahwa untuk saat ini saya rasa belum ada satupun sepeda motor yang dijual tanpa rantai. Mungkin di masa depan hal tersebut adalah hal yang lumrah untuk anda temui. Tapi permasalahannya adalah anda kan berada di masa sekarang dimana semua kendaraan roda dua bahkan sepeda sekalipun tetap memakai rantai untuk menggerakkan roda-rodanya. So…saya rasa adalah sebuah keharusan bagi anda untuk dapat menjaga dan merawat serta membersihkan secara rutin salah satu komponen kendaraan bermotor yang penting ini.
Saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman saya mengenai bagaimana sih cara merawat & membersihkan rantai motor untuk Tiger, Vixion, Satria Fu, Ninja, dll. Jawabannya saya adalah apapun merek sepeda motor anda entah Yamaha, Honda, Suzuki, Kawazaki, atau Ducati sekalipun…metode perawatannya pada prinsipnya adalah sama. So…jangan sampai ada pemikiran bahwa lain motor lain cara merawat rantainya…hmm..kecuali untuk motor matic, agak sedikit berbeda mungkin karena jenis rantainya berbeda.
Saya
pernah punya pengalaman tersendiri tentang masalah rantai motor yang putus saat
saya melakukan perjalanan pulang kerumah. Begini ceritanya:
Waktu
itu kan saya pulang dari kampus jam 02.00 WIB (bukan jadi satpam kampus lho
ya…) karena ada gladi resik rapat panitia ospek. Kebanyang dong bagaimana
rasanya naik motor sendirian jam-jam segitu. Dan yang paling membuat bulu kuduk
saya merinding adalah bukan begal di jalan…kalau itu sih gue kepret mencret
lho…hahaha…-sok jago banget-..Tapi yang paling membuat saya was-was adalah saat
itu jumat malam dan untuk sampai kerumah saya harus melewati sekolah-sekolah
tua dan pohon-pohon yang cukup lebat….hihihi…mengingatnya saja ogut merinding.
Singkat cerita, ane ngebut seperti setan yang bersepeda motor (pernah nonton
filmnya kan)..tapi jangan ditiru ya…coz..utamakan keselamatan dalam berkendara
apalagi naik sepeda motor. Ingat..kalau ngebut kemungkinan untuk benjut lebih
besar kata orang Jawa…J
Akhirnya
ane sampai tuh di gang kampung..sedikit lega emang tapi perjuangan belum
berakhir untuk mencapai peraduan yang empuk di kamar saya. Kebetulan sekali
kampung ane cukup serem, denger-denger cerita waktu kecil dulu katanya ada
kuntilanak dan pocong yang berkeliaran kalau malam-malam tertentu (tapi
sebenarnya ane curiga, mungkin itu salah satu trik dari orang-orang tua di
kampung agar anak-anak tidak keluyuran waktu malam)…namun cerita itu sudah masuk
ke bawah sadar ane. Dan alhasil..ane nahan pipis selama sampai ke rumah. Disini
letak relevansinya dengan artikel ini, pas waktu ane sampai di depan
rumah..eh..nggak tahunya kelolosan beberapa meter (coz saking takutnya) dan
alhasil “bruaakkk” bukan ane yang jatuh tapi rantai motor ane putus di tengah
jalan kampung. Kabar baiknya adalah saya sudah berada dekat dengan rumah, kabar
buruknya 1 adalah pipis ane sudah nggak ketahan lagi (tapi nggak ngompol lho
ya…) , sedangkan kabar buruknya yang kedua adalah saya mesti ngeluarin uang tambahan
buat beli rantai motor baru. Kebayangkan kan bagaimana seorang mahasiswa yang
dijaman saya dulu makan hanya indomie tiba-tiba harus beli rantai motor yang
harganya puluhan ribu. Sedangkan kalau dibelikan indomie sudah dapat 2,5 kotak
tuh.
Nah…dari
cerita nyata no mustahil yang ada di atas tersebut, kira-kira apa pelajaran
yang paling penting yang anda ambil? Apa??? Kalau kebelet pipis harus segera
pipis? Ckckck….bukan itu sobat, apa?? Kalau tidak mau ketemu mbak kunti dan mas
ponco, harus bawa bawang putih??? Lu..pikir gue pemburu hantu apa??? Begini gan
saya coba menerangkannya dengan lebih mudah agar agan mengerti, hikmah yang
bisa dipetik diatas adalah selalu stock indomie setiap bulan…hahaha…nggak-nggak
bercanda, hikmahnya adalah rajinlah dalam melakukan perawatan atas rantai motor
anda agar awet dan lakukan dengan cara yang baik agar bagus hasilnya. Gitu
loh….:) sudah faham? Kalau masih belum paham juga, saya bingung harus bagaimana
menjelaskannya ke anda, coz bahasa satu-satunya yang saya pahami adalah bahasa
manusia, kalau untuk bahasa yang lainnya saya nyerah dan angkat tangan….:(
Lalu
pertanyaannya adalah bagaimana cara yang paling baik untuk merawat rantai
sepeda motor agar umur pakai-nya bisa lebih lama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda simak artikel tips-tip rantai sepeda motor berikut
ini…cekidout…
Tips Pertama
Lakukan
pemeriksaan rantai secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar anda mengetahui
seperti apa kualitas dan kondisi terkini rantai motor anda. Lakukan penyetelan
atas rantai kendaraan anda tersebut jika anda merasa perlu untuk melakukannya
dan pastikan rantai sepeda motor anda dalam keadaan yang lurus. Jangan lupa
untuk melakukan pengecekkan atas kelurusan dari pelek ban motor anda. Ingat ban
motor harus senantiasa dalam keadaan lurus (sama poisisinya antara sisi kiri
& kanan) sehingga anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan lebih
seimbang.
Tips Kedua
Bersihkan
rantai dari kotoran dan debu. Kotoran disini bisa berupa tanah, lumpur, atau
bahkan oli yang menempel. Gunakan kuas dengan tekstur bulu yang keras atau anda
bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Lakukan secara menyeluruh
dan jangan sampai ada bagian yang tertinggal/lupa anda bersihkan dan kemudian
anda bisa mengelap sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel. Jangan lupa
juga kesempatan tersebut anda gunakan untuk melakukan cek terhadap PIN
(sambungan) rantai anda. Hal ini penting karena pin adalah merupakan “kunci”
yang menjadi penghubung antara bagian rantai.
Tips Ketiga
Setelah
itu anda bisa menggunakan chain cleaner atau pembersih rantai untuk
membersihkan rantai anda. Oya…jangan pernah menggunakan oli bekas/bensin/minyak
tanah/sabun untuk membersihkannya. Karena keempat jenis cairan tersebut bukan
diperuntukkan untuk membersihkan rantai kendaraan roda dua anda tersebut.
Gunakanlah cairan pembersih yang memang diperuntukkan untuk membersihkan dan
merawat rantai motor anda. Untuk membeli chain cleaner saya rasa nggak mahal
kok dan semua toko sparepart motor pasti menjualnya…J
Tips Keempat
Jangan
lupa untuk memeriksa juga tutup rantai motor anda. pastikan untuk selalu berada
dalam posisi & bentuk yang tidak berubah dari aslinya. Jika posisi dan
bentuk dari tutup rantai tersebut berubah/bergeser maka bisa dipastikan rantai
motor anda akan berbunyi karena gesekan yang terjadi.
Tips Kelima
Banyak
yang melakukan pemotongan rantai dengan menggunakan alat pemotong rantai
motor, pada saat mereka mendapati rantai tersebut dalam keadaan kendor. Untuk
hal ini saya menyarankan sebaiknya anda jangan melakukannya. Karena pabrikan
sepeda motor menentukan panjang dan jarak rantai dengan komponen lainnya adalah
sudah sesuai dengan perhitungan mereka. Jika memang rantai motor anda kendor,
coba terlebih dahulu anda periksa pelek ban kendaraan anda. Karena siapa tahu
pelek ban anda mengalami pergeseran dari posisi awalnya. Jika ternyata tidak
mengalami pergeseran, saya rasa mungkin itu saatnya bagi anda untuk menggantinya
dengan rantai yang baru….:)
Tips Keenam
Jika
musim hujan datang atau anda lebih banyak menggunakan motor anda untuk off road,
maka anda harus lebih sering untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan serta
merawat rantai motor anda agar tetap dalam kondisi yang baik. Ingat, sesuatu
yang awet adalah tergantung seperti apa anda pandai untuk merawatnya. Sama
seperti CINTA….hehehe….
(referensi:
dari berbagai sumber)
Saya
rasa cukup sekian tips dari saya kali ini dan semoga artikel tentang merawat rantai
motor ini dapat membantu anda untuk menambah wawasan. Anda juga bisa menyimak
aneka tip tentang cara merawat motor yang baik dan bijak. Serta bagi anda
pecinta dunia mainan, anda bisa menyimak tip bagaimana cara merawat mainan yang
tepat di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka tips dan produk
selanjutnya, masih di http://anekatipsdaproduk.blogspot.com
rantai satria fu apa emang cepat kendor ya gan
ReplyDeletetidak gan...semua rantai motor sama saja awet ataupun tidaknya...tergantung cara pemakaian dan perawatannya...:) terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya...:)
DeleteMas ntuk anda tahu vespa tdak pakai rantai ya tolong dipahami sebelum menulis.
ReplyDeletehahaha...agan pasti penyuka vespa ya?
Deletesip sip gan...vespa tanpa rantai...fix
DeletePen sambungan rantai saya sering lepas eh gan, itu knpa ya penyebab nya ??? Bisa tlong d bantu
ReplyDeleteBisa jadi karena pen sambungan rantai motor anda sudah tidak "mengigit" lagi atau memang sudah waktunya rantai motor anda diganti yang baru...jangan lupa beli produk yang original ya
Delete