Rantai Motor Bunyi dan Tips Perawatannya Agar Baik dan Awet


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Anda menyukai dunia otomotif atau anda memiliki masalah dengan rantai sepeda motor anda yang berada dalam kondisi yang kurang baik? Jika ya…maka anda datang ke blog yang tepat, karena disini saya akan membahas tentang bagaimana sih cara merawat rantai motor yang baik dan sekaligus dapat memperpanjang umur pakai-nya? Silahkan disimak paragraf demi paragraf di bawah ini….:)

Anda pernah membayangkan sebuah sepeda motor yang mampu berjalan tanpa memakai rantai di gear-nya? Tentu sudah ya…tapi untuk anda ketahui bahwa untuk saat ini saya rasa belum ada satupun sepeda motor yang dijual tanpa rantai. Mungkin di masa depan hal tersebut adalah hal yang lumrah untuk anda temui. Tapi permasalahannya adalah anda kan berada di masa sekarang dimana semua kendaraan roda dua bahkan sepeda sekalipun tetap memakai rantai untuk menggerakkan roda-rodanya. So…saya rasa adalah sebuah keharusan bagi anda untuk dapat menjaga dan merawat serta membersihkan secara rutin salah satu komponen kendaraan bermotor yang penting ini.

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman-teman saya mengenai bagaimana sih cara merawat & membersihkan rantai motor untuk Tiger, Vixion, Satria Fu, Ninja, dll. Jawabannya saya adalah apapun merek sepeda motor anda entah Yamaha, Honda, Suzuki, Kawazaki, atau Ducati sekalipun…metode perawatannya pada prinsipnya adalah sama. So…jangan sampai ada pemikiran bahwa lain motor lain cara merawat rantainya…hmm..kecuali untuk motor matic, agak sedikit berbeda mungkin karena jenis rantainya berbeda.

Saya pernah punya pengalaman tersendiri tentang masalah rantai motor yang putus saat saya melakukan perjalanan pulang kerumah. Begini ceritanya:

Waktu itu kan saya pulang dari kampus jam 02.00 WIB (bukan jadi satpam kampus lho ya…) karena ada gladi resik rapat panitia ospek. Kebanyang dong bagaimana rasanya naik motor sendirian jam-jam segitu. Dan yang paling membuat bulu kuduk saya merinding adalah bukan begal di jalan…kalau itu sih gue kepret mencret lho…hahaha…-sok jago banget-..Tapi yang paling membuat saya was-was adalah saat itu jumat malam dan untuk sampai kerumah saya harus melewati sekolah-sekolah tua dan pohon-pohon yang cukup lebat….hihihi…mengingatnya saja ogut merinding. Singkat cerita, ane ngebut seperti setan yang bersepeda motor (pernah nonton filmnya kan)..tapi jangan ditiru ya…coz..utamakan keselamatan dalam berkendara apalagi naik sepeda motor. Ingat..kalau ngebut kemungkinan untuk benjut lebih besar kata orang Jawa…J

Akhirnya ane sampai tuh di gang kampung..sedikit lega emang tapi perjuangan belum berakhir untuk mencapai peraduan yang empuk di kamar saya. Kebetulan sekali kampung ane cukup serem, denger-denger cerita waktu kecil dulu katanya ada kuntilanak dan pocong yang berkeliaran kalau malam-malam tertentu (tapi sebenarnya ane curiga, mungkin itu salah satu trik dari orang-orang tua di kampung agar anak-anak tidak keluyuran waktu malam)…namun cerita itu sudah masuk ke bawah sadar ane. Dan alhasil..ane nahan pipis selama sampai ke rumah. Disini letak relevansinya dengan artikel ini, pas waktu ane sampai di depan rumah..eh..nggak tahunya kelolosan beberapa meter (coz saking takutnya) dan alhasil “bruaakkk” bukan ane yang jatuh tapi rantai motor ane putus di tengah jalan kampung. Kabar baiknya adalah saya sudah berada dekat dengan rumah, kabar buruknya 1 adalah pipis ane sudah nggak ketahan lagi (tapi nggak ngompol lho ya…) , sedangkan kabar buruknya yang kedua adalah saya mesti ngeluarin uang tambahan buat beli rantai motor baru. Kebayangkan kan bagaimana seorang mahasiswa yang dijaman saya dulu makan hanya indomie tiba-tiba harus beli rantai motor yang harganya puluhan ribu. Sedangkan kalau dibelikan indomie sudah dapat 2,5 kotak tuh.

Nah…dari cerita nyata no mustahil yang ada di atas tersebut, kira-kira apa pelajaran yang paling penting yang anda ambil? Apa??? Kalau kebelet pipis harus segera pipis? Ckckck….bukan itu sobat, apa?? Kalau tidak mau ketemu mbak kunti dan mas ponco, harus bawa bawang putih???  Lu..pikir gue pemburu hantu apa??? Begini gan saya coba menerangkannya dengan lebih mudah agar agan mengerti, hikmah yang bisa dipetik diatas adalah selalu stock indomie setiap bulan…hahaha…nggak-nggak bercanda, hikmahnya adalah rajinlah dalam melakukan perawatan atas rantai motor anda agar awet dan lakukan dengan cara yang baik agar bagus hasilnya. Gitu loh….:) sudah faham? Kalau masih belum paham juga, saya bingung harus bagaimana menjelaskannya ke anda, coz bahasa satu-satunya yang saya pahami adalah bahasa manusia, kalau untuk bahasa yang lainnya saya nyerah dan angkat tangan….:(

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana cara yang paling baik untuk merawat rantai sepeda motor agar umur pakai-nya bisa lebih lama? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda simak artikel tips-tip rantai sepeda motor berikut ini…cekidout…


Tips Pertama


Lakukan pemeriksaan rantai secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar anda mengetahui seperti apa kualitas dan kondisi terkini rantai motor anda. Lakukan penyetelan atas rantai kendaraan anda tersebut jika anda merasa perlu untuk melakukannya dan pastikan rantai sepeda motor anda dalam keadaan yang lurus. Jangan lupa untuk melakukan pengecekkan atas kelurusan dari pelek ban motor anda. Ingat ban motor harus senantiasa dalam keadaan lurus (sama poisisinya antara sisi kiri & kanan) sehingga anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan lebih seimbang.


Tips Kedua


Bersihkan rantai dari kotoran dan debu. Kotoran disini bisa berupa tanah, lumpur, atau bahkan oli yang menempel. Gunakan kuas dengan tekstur bulu yang keras atau anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Lakukan secara menyeluruh dan jangan sampai ada bagian yang tertinggal/lupa anda bersihkan dan kemudian anda bisa mengelap sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel. Jangan lupa juga kesempatan tersebut anda gunakan untuk melakukan cek terhadap PIN (sambungan) rantai anda. Hal ini penting karena pin adalah merupakan “kunci” yang menjadi penghubung antara bagian rantai.


Tips Ketiga


Setelah itu anda bisa menggunakan chain cleaner atau pembersih rantai untuk membersihkan rantai anda. Oya…jangan pernah menggunakan oli bekas/bensin/minyak tanah/sabun untuk membersihkannya. Karena keempat jenis cairan tersebut bukan diperuntukkan untuk membersihkan rantai kendaraan roda dua anda tersebut. Gunakanlah cairan pembersih yang memang diperuntukkan untuk membersihkan dan merawat rantai motor anda. Untuk membeli chain cleaner saya rasa nggak mahal kok dan semua toko sparepart motor pasti menjualnya…J


Tips Keempat


Jangan lupa untuk memeriksa juga tutup rantai motor anda. pastikan untuk selalu berada dalam posisi & bentuk yang tidak berubah dari aslinya. Jika posisi dan bentuk dari tutup rantai tersebut berubah/bergeser maka bisa dipastikan rantai motor anda akan berbunyi karena gesekan yang terjadi.


Tips Kelima


Banyak yang melakukan pemotongan rantai dengan menggunakan alat pemotong rantai motor, pada saat mereka mendapati rantai tersebut dalam keadaan kendor. Untuk hal ini saya menyarankan sebaiknya anda jangan melakukannya. Karena pabrikan sepeda motor menentukan panjang dan jarak rantai dengan komponen lainnya adalah sudah sesuai dengan perhitungan mereka. Jika memang rantai motor anda kendor, coba terlebih dahulu anda periksa pelek ban kendaraan anda. Karena siapa tahu pelek ban anda mengalami pergeseran dari posisi awalnya. Jika ternyata tidak mengalami pergeseran, saya rasa mungkin itu saatnya bagi anda untuk menggantinya dengan rantai yang baru….:)


Tips Keenam


Jika musim hujan datang atau anda lebih banyak menggunakan motor anda untuk off road, maka anda harus lebih sering untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan serta merawat rantai motor anda agar tetap dalam kondisi yang baik. Ingat, sesuatu yang awet adalah tergantung seperti apa anda pandai untuk merawatnya. Sama seperti CINTA….hehehe….


(referensi: dari berbagai sumber)



Saya rasa cukup sekian tips dari saya kali ini dan semoga artikel tentang merawat rantai motor ini dapat membantu anda untuk menambah wawasan. Anda juga bisa menyimak aneka tip tentang cara merawat motor yang baik dan bijak. Serta bagi anda pecinta dunia mainan, anda bisa menyimak tip bagaimana cara merawat mainan yang tepat di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka tips dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdaproduk.blogspot.com

7 comments:

  1. rantai satria fu apa emang cepat kendor ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak gan...semua rantai motor sama saja awet ataupun tidaknya...tergantung cara pemakaian dan perawatannya...:) terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya...:)

      Delete
  2. Mas ntuk anda tahu vespa tdak pakai rantai ya tolong dipahami sebelum menulis.

    ReplyDelete
  3. Pen sambungan rantai saya sering lepas eh gan, itu knpa ya penyebab nya ??? Bisa tlong d bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena pen sambungan rantai motor anda sudah tidak "mengigit" lagi atau memang sudah waktunya rantai motor anda diganti yang baru...jangan lupa beli produk yang original ya

      Delete

Share This Article