Tips Merawat Jeans Anda


Jeans, tentu kita semua sudah sangat akrab dengan jenis bahan pakaian yang satu ini. Bahkan tidak sedikit dari kita yang merupakan penggemar Jeans, baik pakaiannya maupun jaketnya. Memang sih dengan memakai Jeans seseorang dapat bergaya ala abg walau sebenarnya ia ABG..hehehe…

Tapi, dari semua orang yang menyukai dan memakai Jeans, berapa banyak yang sebenarnya sudah mengetahui tips cara merawat, mencuci, dan membersihkan celana Jeans dan bahan kain jeans yang baik dan benar agar tidak menjadi luntur atau fading (kabur) dan awet untuk anda pakai baik untuk jeans yang baru maupun yang lama?

Pada umumnya celana jeans dan kain jeans yang anda kenal saat ini ada beberapa jenis atau model, antara lain Dry/Raw Denim, Pre Wash Denim, Black Coated Denim, Selvage/Selvage Denim, jeans nudie, strecth, skinny /slimfit atau celana jeans yang ketat seksi, jeans dress, jeans gamis, jumpsuit, jeans kodok, model overalls, jeans pencil, model rok, dan model rompi. Meskipun selama ini anda mengetahui bahwa celana jeans dapat dipakai secara unisex (pria&wanita), namun ternyata ada lho model celana kain jeans yang hanya khusus diperuntukkan bagi para cewe, seperti Slight Curve, Bold Curve, Demi Curve, high waisted jeans.

Disamping itu, bahan kain jeans ternyata tidak hanya diperuntukkan bagi pembuatan celana panjang dan pendek saja, namun sudah lebih meluas penggunaannya. Antara lain digunakan sebagai bahan untuk membuat jaket dan tas jeans. Sedangkan warna-warna yang cukup populer untuk digunakan oleh para anak muda dan orang dewasa a.ka. tua adalah hitam, biru, dan navy black atau biru kehitam-hitaman a.k.a biru dongker, dan warna gradasi, hijau light, tapi sebenarnya ada beberapa warna lain yang bisa anda lihat dan beli, antara lain warna coklat, putih, merah, hijau...kalau pink saya belum pernah lihat sih...tapi lucu juga seandainya ada....:)

Dan juga jika dulu celana jeans sangat identik sebagai salah satu fashion khusus untuk pria dan wanita dewasa, kini anak laki-laki dan perempuan bahkan bayi dan balita sudah memiliki "tempat" untuk dapat merasakan bagaimana keren-nya mengenakan celana fashion yang terbuat dari bahan jeans. Tidak hanya itu, bagi anda yang memiliki paha yang besar, bertubuh gemuk, atau ibu hamil....ada lho...pakaian dan celana jeans yang diperuntukkan untuk anda, biasanya sih yang cocok untuk cowo dan wanita yang bertubuh gemuk adalah jeans yang berukuran besar xl, xxl atau yang jumbo..kalau ada yang buat...:). Dan untuk ibu yang lagi hamil biasanya mereka memilih pakaian & celana jeans yang elastis..yang ada karet-karet-nya gitu... Tapi apapun ukuran, model, dan motifnya, pastikan bahwa jeans yang anda beli dan pakai adalah sesuai dengan dan mengikuti bentuk badan anda serta match dengan tipe tubuh anda, sehingga anda akan merasa lebih nyaman, percaya diri, dan gaul dalam memakainya. Bicara soal jeans gaul, mungkin anda semua masih ingat trend dan mode celana jeans beberapa tahun yang lalu. 

Waktu itu tuh..banyak sekali teman-teman saya yang membeli dan memakai jeans yang sobek-sobek atau memang sengaja di robek sedikit bagian pahanya dan waktu itu model seperti itu yang lagi trend di kalangan anak muda. Katanya sih biar kelihatan tambah gaul, keren, modis, unik, rock and roll, dan bla bla bla. Tapi menurut saya sendiri sih, kelihatannya penjahitnya kurang bahan waktu membuatnya...hahaha.... Tapi apapun itu, yang penting jeans tersebut bagus untuk anda kenakan dan tidak menyalahi etika dalam berpakaian ya....

Ada beberapa merk atau brand celana jeans yang mungkin sudah cukup familiar bagi anda, antara lain: Levis, Lea, Wrangler, Lois, Logo, Lee Cooper, Zara, Ako, Carvil, Boss, Chino, Cardinal, Corner, Dust, Dickies, Emba, Evisu, Edwin, Embroidery, England, Eifinder, Enyce, Fallas, Favo, Factors, Guess, Giordano, Green Light, Gabriele, Hermes, Hugo, Hoodie, Hermes, Iron Heart, Inside, Jegging Zara, Kick Denim, Nike, Nudie, Nevada, Ombre jeans, Old Navy, Jeans PSD (Peter Says Denim),  Quicksilver, dll.

Dan untuk anda yang ingin membeli jeans secara grosir, anda bisa mendatangi pusat-pusat celana & jaket jeans di Indonesia, antara lain yang berada di pasar Tanah Abang Jakarta, Cibaduyut Bandung , Surabaya, dll. Yang pastinya disana anda akan dpaat memilih aneka macam model dan motif celana jeans baik for male or for female dan juga for kids, branded atau unbranded, ori atau kw, dari yang termahal sampai yang termurah dengan harga grosir yang pastinya akan lebih murah bila dibandingkan anda membelinya secara eceran. Dan satu hal yang perlu anda ketahui adalah bahwa pasar celana jeans di Indonesia tidak hanya di dominai oleh produk dan brand/merek impor saja, seperti dari korea, jepang, usa, atau eropa, tapi merk-merk dan buatan lokal dalam negeri pun juga ikut meramaikan pasar jeans di Indonesia dengan aneka model dan motif serta dengan kualitas yang baik atau berkualitas. 

Atau anda juga bisa beli celana & tas dari bahan jeans melalui berbagai online shop yang menjual produk jeans di Indonesia, seperti di kaskus, toko bagus, madalay, lazada, zalora, dan lain-lain. Akan terdapat banyak sekali produk aneka fashion pria, wanita, dan anak, dengan berbagai macam model baru, motif, dan dengan trend-trend terbaru & terkini yang bisa anda pilih di berbagai online shop yang ada di internet.


Nah, untuk menjawab pertanyaan diatas, anekatipsdanproduk.blogspot.com kali ini akan menyajikan info tips menarik seputar, Tips Cara Perawatan celana Jeans Yang Benar dan Bijak…so…langsung aja…cekidot…



Tips Pertama


Jika Jeans anda belum kotor ataupun belum bau, sebaiknya jangan langsung di cuci. Lebih baik anda angin-anginkan saja. Karena mencuci Jeans kelewat sering, justru akan dapat merusak warna dari Jeans itu sendiri. Namun hal tersebut bukan berarti celana jeans anda boleh tidak dicuci selamanya ya....


Tips Kedua


Jika anda ingin merendam Jeans anda, sebaiknya anda pisahkan dengan pakaian lain. Hal ini untuk menghindari Jeans anda melunturi pakaian anda yang lain. 



Tips Ketiga


 Hindari menggunakan Pemutih, karena akan merusak warna Jeans anda.


Tips Keempat


Periksa label pada Jeans. Label tersebut biasanya berada di bagian dalam atas dari celana Jeans anda. Label tersebut sangat berguna sekali bagi anda untuk mengetahui bagaimana harus merawat Jeans yang anda miliki.



Tips Kelima


 Sebelum anda memasukkannya ke dalam cucian, pastikan bahwa di saku-saku kantong Jeans anda udah tidak terdapat lagi benda-benda yang akan dapat merusak Jeans anda. Serta yang tak kalah pentingnya adalah pastikan seluruh resleting Jeans anda sudah dalam keadaan tertutup.


Tips Keenam


Sebaiknya anda menggunakan tangan pada saat anda hendak mencuci Jeans anda, karena hal tersebut akan menambah keawetan Jeans anda. Namun anda tetap boleh menggunakan mesin cuci, hanya saja jangan terlalu sering menggunakannya.


Tips Ketujuh


Pisahkan Jeans anda dengan pakaian-pakaian lainnya saat anda mencucinya. Jika anda menggunakan mesin cuci, maka sebaiknya maksimal 5 potong Jeans yang anda cuci di mesin cuci tersebut.


Tips Kedelapan


Jika anda mencucinya dengan tangan, maka usahakan untuk mendahulukan bagian yang kotor terlebih dahulu. Ingat…jangan pernah menyikat Jeans anda, karena jika hal itu anda lakukan berarti anda harus siap-siap untuk punya Jeans baru….:)


Tips Kesembilan


Saat anda akan memeras Jeans anda, usahakan untuk tidak memerasnya dengan sekuat tenaga meskipun anda termasuk orang yang paling kuat sekampung. Usahakan untuk memerasnya dengan lembut dan “penuh kasih sayang”…yang gentle lah….hehehe…


Tips Kesepuluh


Usahakan untuk menjemur Jeans anda di tempat yang teduh, dalam artian tidak terkena kontak langsung dengan sinar matahari. Hal ini untuk menjaga keawetan warna Jeans anda.


Tips Kesebelas


Saat anda menjemur Jeans anda, usahakan untuk membalikkanya..luar jadi dalam…dalam jadi luar. Dan yang paling baik adalah di jemur dengan menggunakan hangger kayu.


Tips Keduabelas


Saat anda hendak menyeterikanya, sebaiknya anda menyetrika Jeans anda dari dalam. Dan pilihlah level panas pada tingkatan sedang pada setrika anda.


Tips Ketigabelas


Untuk menyimpannya, sebaiknya Jeans jangan anda lipat. Karena hal tersebut akan merusak kontur Jeans itu sendiri cepat atau lambat. Sebaiknya anda menggantungnya pada lemari pakaian anda.


(referensi:dari berbagai sumber)


Demikianlah tips kali ini tentang bagaimana cara merawat Jeans yang baik dan bijak. Semoga artikel ini dapat membantu anda memecahkan permasalahan seputar Jeans..ingat ya..seputar Jeans…kalau Jin itu bukan di sini tempatnya…hehehe….. Anda juga bisa menyimak tentang tips perawatan pakaian renang dan tips merawat pakaian berwarna putih di artikel sebelumnya. sampai bertemu di aneka info tips dan produk menarik lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

3 comments:

  1. gwe kan beli celana jeans baru gimana cara mencucinya klo masih baru biar awet dan ga gampang luntur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perawatan jeans yang baru, mungkin anda bisa mencoba cara sebagai berikut:

      Pisahkan jeans dengan pakaian yang lain

      Perhatikan waktu perendaman, jangan terlalu lama

      Kucek dengan menggunakan tangan...jangan keras...dengan perasaan ya sist..seperti di film demi more ghost itu...hihihi

      Umumnya setelah dicuci, celana jeans akan mengencang...untuk itu anda perlu untuk mengibas2nya dan menarik bagian pinggang serta bagian bawah jeans agar normal kembali...sekali lagi, lakukam dengan perasaan yang lembut dan so sweat ya sist
      Setelah itu di jemur deh di tempat yang tidak terlalu terik dan tidak terlalu redup

      Semoga membantu

      Delete

Share This Article