Tips Merawat Mobil Anda


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara merawat mobil yang baik dan benar. Setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tips merawat springbed. Kini saya akan mengajak anda untuk sedikit beralih topik, yaitu tentang bagaimana sih cara merawat mobil yang baik dan benar. Silahkan disimak introduction berikut ini...

Merawat mobil adalah merupakan suatu keharusan bagi anda yang sudah memiliki kendaraan jenis ini. Apalagi jika mobilitas anda tergolong cukup tinggi, apalagi perawatan untuk mobil operasional perusahaan anda yang setiap hari harus digunakan untuk mengumpulkan "uang"...hmm...anda harus betul-betul dapat memperhatikan dan merawat mobil dengan cara yang baik dan benar serta rutin sesuai dengan prosedur standar manual yang ada. Cara perawatan mobil yang baik dan benar akan dapat meningkatkan performance dan daya tahan dari mobil anda, di samping juga akan menolong anda dalam menjalankan aktivitas keseharian anda.

Tidak ada alasan yang cukup kuat bagi seseorang untuk "enggan" merawat mobil mereka karena alasan mobil mereka masih baru gress, mobil mereka jarang di pakai, mobil mereka adalah mobil eropa yang terkenal sangat "bandel" dan kuat serta awet dalam soal mesin dan body-nya, atau karena anda ada seorang pemula yg baru pertama kali memiliki mobil...:) Alasan-alasan tersebut hanyalah sebagai pembenaran bagi tindakan anda yang kurang bijak dalam memelihara mobil anda. Tidak perduli apakah mobil anda baru, lawas & lama, tua, kuno, jadul & klasik, sedan mahal, atau pick up angkutan sayur..."mereka" semua membutuhkan "perhatian" dan "kasih sayang" dari anda selaku pemiliknya. Dan lagi pula memiliki dan membeli mobil juga membutuhkan uang yang tidak sedikit bukan? Sayang kalau setelah anda beii, terus anda abaikan...hmm...ckckck...Merawat mobil itu gampang kok, kuncinya adalah ketelatenan, kedisiplinan, kehati-hatian, dan sesuai dengan standar prosedur yang ada di buku manualnya. Sedangkan untuk memperbaiki mobil, itu baru yang susah..coz hal tersebut membutuhkan tingkat keahlian yang cukup baik untuk melakukannya...:) Untuk tips perawatan mobil second/seken, anda bisa melihatnya di artikel lainnya di tips merawat mobil bekas.

So...dalam artikel blog merawat mobil sehari-hari ini, saya tidak akan mengkhususkan kepada jenis mobil yang ada di pasaran saat ini, seperti mobil bensin, mobil solar atau diesel, mobil automatic/otomatis atau matic, mobil injection/injeksi, atau kepada mobil pribadi dan mobil operasional. Tapi di artikel ini saya hanya akan membahas tentang bagaimana sih melakukan perawatan yang ringan, rutin, dan sehari-hari terhadap mobil kesayangan anda tersebut agar tetap dapat berjalan dan tampil dengan baik, anda bisa melakukannya sendiri atau kalau belum punya pengalaman sebaiknya anda meminta orang yang sudah ahli dalam melakukannya (bengkel/service center) sembari anda melihat bagaimana mereka melakukannya. Atau kalau mau lebih serius lagi dan punya waktu luang, ambillah kursus tentang bagaimana merawat mobil yang oke, banyak kok tempat-tempat kursus seperti itu...contohnya di BLK.

Oke..tanpa harus berbasa-basi lagi, silahkan di simak tentang tip cara merawat mobil secara umum berikut ini:



Tips Pertama


Usahakan untuk mengganti oli kendaraan anda dengan rutin, setiap 3000-5000 km. Oil ibaratnya "darah" bagi mesin mobil anda..anda bisa membayangkan sendiri bagaimana rasanya memiliki "darah" kotor dalam tubuh, tentu akan panas dingin bukan? Begitu juga dengan mobil anda jika oli-nya tidak pernah atau terlambat untuk anda ganti...:)



Tips Kedua


Jangan lupa ganti juga ban mobil anda setiap 5000-8000 km. Serta jangan lupa untuk membersihkan bagian brake dust-nya. Sering-seringlah untuk melakukan cek terhadap tekanan ban. Dan satu hal yang paling penting di sini adalah jangan sekali-kali anda menggunakan ban botak atau ban yang sudah tidak layak pakai…itu akan membahayakan bagi keselamatan anda dan orang lain. Dan lagi pula efek samping dari ban mobil yang tidak dalam kondisi yang baik atau sudah "aus" akan sangat mempengaruhi kondisi velg mobil anda. Untuk mengetahui tentang bagaimana cara merawat ban, silahkan klik tips merawat ban di artikel lainnya



Tips Ketiga


Usahakan anda melumasi bagian engsel pintu mobil secara berkala, agar tidak cepat berkarat. Terutama sekali untuk mobil-mobil yang sudah berusia tua, kuno, dan klasik...dimana biasanya ada begitu banyak karat disana-sini dan ditambah suara "berdencit" dari pintu-pintunya..hehehe...



Tips Keempat


Usahakan untuk memeriksa tingkat level dari air pada aki, air radiator, dan Wash Wipper secara berkala. Hal ini adalah merupakan perawatan umum mobil yang biasanya dapat anda lakukan sendiri. So...lakukanlah hal tersebut secara rutin demi keselamatan anda dan orang lain di jalanan.



Tips Kelima


Jangan lupa juga untuk melakukan cek terhadap minyak pelumas yang ada di Power Steering, rem, transmisi, dll. Baca buku petunjuk manualnya mengenai kapan minyak pelumas tersebut harus diganti. Dan untuk hal ini, sebaiknya anda membawanya ke bengkel mobil kepercayaan anda atau ke service center resmi terdekat di kota anda. Jangan sampai mobil anda terkena penyakit "Oteoporosis" hanya karena minyak pelumasnya tidak pernah atau terlambat anda ganti. Istri anda pun akan ngomel kalau anda melakukan "yang itu tuhhh" tanpa adanya pelumas....hahaha....-khusus yang sudah nikah-....:) 



Tips Keenam


Sebaiknya anda mengganti sabuk mesin anda setiap 25 ribu km dan pastikan sabuk mesin ini selalu dalam kondisi prima dan terpasang dengan baik. Usahakan untuk menggantinya di bengkel kepercayaan anda atau service center resmi terdekat.



Tips Ketujuh


Yang tak kalah pentingnya untuk anda periksa secara rutin adalah lampu mobil anda, baik depan maupun belakang dan samping. Hal ini sangat perlu anda lakukan untuk memastikan anda sudah memenuhi syarat untuk “Saftey Riding”. Dan jangan lupa, periksa juga “warning light” pada dashbor anda, hal ini penting untuk di lakukan karena warning light dapat memberikan informasi kepada anda tentang kondisi mesin, level bahan bakar, dsb. Sebaiknya anda melakukan hal ini setiap hari sebelum anda berkendara, anda bisa melakukannya pada saat anda memanaskan mobil anda. Gampang kok..hanya periksa apakah lampu depan belakang hidup atau nggak, lampu sen berfungsi dengan baik atau tidak, lampu rem nyala atau tidak, dan apakah klakson berbunyi atau tidak. Hanya gitu doang kok gan..masa' nggak bisa...:)



Tips Kedelapan


Sebaiknya anda menghidupkan atau memanaskan mobil anda terlebih dahulu pada saat anda hendak melakukan perjalanan.



Tips Kesembilan


Sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara umum pada mobil anda di bengkel kepercayaan anda minimal setiap 2-3 bulan sekali, atau sebelum dan setelah anda menempuh perjalanan jauh & panjang.



Tips Kesepuluh


Pastikan anda selalu menggunakan suku cadang resmi dan asli. Jangan yang palsu ya gan….malu-maluin ah kalau beli yang palsu.



Tips Kesebelas


Dan jika anda ingin menaruh mobil anda di garasi, sebaiknya anda menaruhnya di garasi yang beratap. Atau kalau anda tidak memiliki garasi mobil, sebaiknya anda menyiapkan selimut mobil untuk menutupi mobil anda pada saat malam agar terhindar dari embun, udara malam, hujan, dan hal-hal lain yang tidak menyenangkan. Oya...jangan langsung ditutup ya...jika anda baru saja memakai mobil anda, biarkan beberapa saat dan kemudian tutup dengan selimut/penutup mobil yang banyak sekali tersedia di pasaran...terus anda tidur deh...see...merawat mobil itu gampang asal anda melakukannya dengan hati riang dan gembira...hehehe...


Tips Keduabelas


Sedangkan untuk perawatan interior mobil, anda bisa membacanya di artikel merawat interior mobil.




Tips KetigaBelas


Untuk Merawat Jok mobil, anda bisa menyimaknya di artikel jok mobil dan jok mobil bahan beludru.




Tips KeempatBelas


Untuk melakukan perawatan terhadap kaca film mobil anda, anda bisa membacanya di artikel kaca film mobil.




Tips KelimaBelas


Sedangkan untuk merawat mobil saat hujan&banjir, anda bisa membacanya di artikel berkendara&merawat mobil saat banjir. Dan untuk menyimak bagaimana tips cara mencuci mobil, anda bisa menyimaknya di artikel cara mencuci mobil yang baik.



(Referensi: dari berbagai sumber)


Demikian tip merawat mobil dari saya kali. Kalau ada yang mau menambahkan tips-nya, silahkan isi di kotak komentar…coz siapa tahu ada yang kurang. Anda juga bisa menyimak tentang tips merawat cat mobil agar tetap tampil cantik dan mulus. Sampai bertemu di artikel selanjutnya tentang aneka info tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


12 comments:

  1. untuk detail lebih mengenai perawatan mobil toyota dapat mengunjungi blog Tips perawatan mobil

    ReplyDelete
  2. salam sukses..

    sip om..bener perlu di garis bawahi bahwa segala sesuatunya memang rawatan rutinlah bikin mesin mobil jadi awet

    nice info

    tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas kunjungan dan komennya gan....:)
      sukses juga buat bisnisnya ya......

      Delete
  3. Memang dalam perawatan mobil butuh ketelatenan supaya dapat mendapatkan hasil maksimal

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali...sesuatu yang dirawat tentu akan lebih baik..terima kasih untuk kunjungan dan komentnya...:)

      Delete
  4. Pada intinya kendaraan yang terawat walau mungkin mengeluarkan maintenance yang tidak sedikit, itu nantinya akan mencegah pengeluaran yang lebih besar di kemudian hari )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup...bener sekali gan...agan pinter...terimakasih untuk kunjungan dan komenntnya...:)

      Delete
  5. trimakasih banyak manfaat yang saya peroleh atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan, terima kasih kembali sudah berkunjung dan berkomentar di blog tips & produk ini...semoga bermanfaat...:)

      Delete
  6. ini tips yg ane cari gan. nyesel nih beli mobil bekas tau gitu beli mobil baru deh, harga mobil baru sekarang juga denger2 diskonnya makin menggila ni karna pasar agak turun.

    ReplyDelete
  7. sama2 gan...terima kasih sdh berkunjung dan berkomentar

    ReplyDelete

Share This Article