Tips Berkendara dan Merawat Mobil Saat Banjir


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tips cara merawat mobil bekas, maka di artikel kali ini saya akan memberikan tips tentang cara merawat mobil di saat banjir melanda kota anda…:). Banjir adalah sebuah musibah yang tidak pernah di inginkan oleh siapapun. Datangnya pun tidak terduga dan perginya tidak pernah kasih tahu, persis seperti jailangkung…hehehe… 


Apapun jenis mobil anda, banjir memang tidak pernah memilih-milih merk tertentu..so…saya rasa pada situasi ini anda memang harus benar-benar extra untuk merawat dan menjaga mobil anda agar tetap dapat berfungsi dan menemani aktivitas anda seperti biasa. So..tidak ada salahnya jika anda menyimak tips yang satu ini tentang tips cara berkendara dan merawat mobil saat banjir….cekidot…




Tips Pertama


Sebaiknya anda tidak memaksakan diri untuk menerobos daerah atau area yang sedang di genangi oleh banjir.




Tips Kedua


Jika anda memutuskan untuk tetap mengendarai mobil anda di daerah genangan banjir, pastikan anda menjalankan mobil anda secara perlahan dan gunakan gigi 1.




Tips Ketiga


Sebaiknya anda menjalankan mobil anda secara stabil saat anda melewati genangan banjir, bahkan jika perlu anda bisa memainkan kopling. Hal tersebut untuk menghindari air memasuki knalpot kendaraan anda.




Tips Keempat


Pastikan anda mengetahui dengan pasti ketinggian dari air tersebut. Jika ketinggian air tersebut melebihi dari batas knalpot anda, lebih baik anda putar arah dan mencari jalan lain atau berhenti di tempat yang aman hingga air banjir surut dan dapat di lewati.




Tips Kelima


Jika mobil anda tiba-tiba mati di tengah perjalanan anda saat melewati genangan banjir tersebut, jangan anda mencoba untuk menghidupkan mobil anda. Dan jangan membuka kap mobil anda saat mogok di tengah-tengah genangan banjir. Dorong mobil anda ke pinggir jalan atau ke tempat yang menurut anda lebih aman, kunci semua jendela mobil anda dan carilah tempat berteduh untuk sementara sambil anda mengawasi mobil anda.




Tips Keenam


Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghidupkan kembali mobil anda yang mogok di tengah-tengah genangan banjir. Namun di sini saya lebih menyarankan anda untuk mencari bengkel terdekat untuk melakukannya, karena tentu orang yang lebih professional dan terbiasa menangani mesin akan lebih baik hasilnya daripada orang awam…:)




Tips Ketujuh


Gunakanlah jasa derek resmi untuk menderek mobil anda menuju ke bengkel terdekat. Ingat ya..jasa Derek resmi. Anda bisa mulai mencari dan mencatat nomor hotline-nya…karena jika suatu saat mobil anda mogok, anda bisa dengan cepat menghubungi mereka.




Tips Kedelapan


Jika mobil anda sudah sangat sering menerjang genangan banjir, maka sebaiknya anda sering dan rutin untuk memeriksakan oli gardan mobil anda. Hal ini untuk memastikan apakah oli gardan kendaraan anda sudah terkontaminasi oleh air atau belum. Jika sudah, maka anda akan dapat melihat oli gardan kendaraan anda akan berwarna coklat susu, dan sebaiknya anda segera mengganti oli gardan kendaraan anda di bengkel kepercayaan anda.




Tips Kesembilan


Komponen kendaraan yang sangat riskan terhadap banjir adalah sistem kelistrikan mobil anda, sistem pengereman mobil anda, dan pelumas kendaraan anda. Sebaiknya anda rutin untuk melakukan cek umum atas kendaraan anda di bengkel kepercayaan anda untuk memastikan semua sistem kendaraan anda berada dalam kondisi yang baik. 




Tips Kesepuluh


Dan rajinlah untuk membersihkan mobil anda dengan cara mencucinya. Anda bisa menyimak tips mencuci mobil anda.





(Referensi: dari berbagai sumber)



Demikianlah tips berkendara dan melewati mobil saat banjir. Semoga tips ini membantu. Anda juga bisa membaca tentang tips mencuci mobil yang baik dan bersih di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di aneka info tips dan produk menarik lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article