Tips Merawat Jaketkulit


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana tips dan kiat cara merawat, membersihkan, mencuci, dan menjaga agar jaket kulit yang anda miliki dapat menemani anda dalam waktu yang lama. Setelah di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang perawatan jeans.

Perawatan untuk jaket kulit memang agak susah-susah gampang, hampir sama seperti perawatan pada pakaian sutera dimana kita harus benar-benar teliti dan hati-hati dalam merawatnya. Terlebih lagi jika jaket kulit yang anda miliki memang betul-betul asli, hmm…pasti mahal dong harganya...dan anda harus betul-betul pandai dalam merawat jaket kulit asli anda tersebut agar tidak menjadi bau, kusut, berjamur/jamuran ataupun kaku dengan cara yang baik dan benar serta tetap menjaga warna dari jaket anda agar tetap baik dan "cemerlang" .

Yang perlu untuk anda ketahui adalah ada beberapa jenis bahan yang digunakan untuk membuat jaket kulit, antara lain jaket kulit imitasi, sintesis, semi kulit, jaket kulit suade (itu lho...yang kulitnya dibalik, kulit bagian dalam yang halus jadi luar), jaket kulit asli dari kulit sapi, domba, atau kambing...yang pasti kulit ayam belum pernah ada ya..xixixi...atau anda mau menciptakannya? kreatif tuh....:) 

Ada banyak sekali produk jaket kulit baik untuk pria/laki-laki dan untuk wanita/perempuan baik yang dewasa maupun anak-anak yang bisa anda beli di pasaran. Mulai dari yang branded, asli import, yang berkualitas ekspor, atau yang murah meriah. Dan jika dilihat dari modelnya, ada banyak sekali model-model jaket kulit keren dan cantik yang bisa anda cari&beli, antara lain yang model kupluk, lengan karet, jumbo (untuk yang berbadan gemuk biasanya xl dan xxl), model jas, jangkis, casual couple, bikers/riders, fashion, formal, klasik, model impor korea, safari, model motor sport, model militer - polisi -pilot - PM, racing, model korea dan jepang, model ironman - film ghost rider - valentino rossi - xman wolverine - ben10, model kalong, jaket kulit model artis ariel noah - changchuter, jaket kulit/leather jacket model motor yamaha - kawasaki - honda - suzuki - rzr, tiger jaket kulit model nazi, national geographic, rock n roll, dan jaket kulit model distro, serta model& motif yg lainnya.

Sedangkan untuk merk/brand jaket kulit yang biasa dicari di internet baik yang import branded atau yang buatan lokal Indonesia berkualitas dan untuk cewe/female dan cowo/male, antara lain: avenged seven fold, etienne aigner, lamborghini, ferrari, porsche, nevada, nudie, nike, rey, RA leather, ramoes, zara men, eiger, erwin hamdani, eddo, garin, hodie, harry jacket turangga 59, leather jacket don aghiesto, pacita, qof, usa, vino g bastian, zara, sego, zahra, jaket kulit 17 again, astiga, armani, cardinal, elco, filendra, fresco, fight club, harley davidson original, hodie, levis, vorsite, volcom, jkn-1, jaket kulit 88, jkn 572, orange, GAP, ghos, dll.

Dan bagi anda yang ingin membeli secara grosir, anda bisa membeli aneka macam jaket kulit dari yang ori hingga yang kw3, baik dengan harga yang paling mahal maupun yang paling murah di pusat-pusat grosir leather jacket di Indonesia, antara lain di sukaregang jawa barat, bandung, tanah abang, tulungagung, surabaya, dan jogjakarta, dengan model-model terbaru, terkini, dan untuk anak muda maupun anak dan orang tua. Atau anda bisa membelinya secara eceran melalui berbagai toko jacket kulit online yang ada banyak bermunculan di internet seperti toko bagus, kaskus, atau online shop fashion jaket yang paling terkenal untuk mendapatkan model terbaru, bagus, dan best quality best price baik fashion untuk ladies maupun gentelman serta aneka produk lainnya.

Dan jika harganya menurut anda masih kemahalan, anda bisa saja membeli jaket kulit second/bekas dengan harga dibawah 500 ribuan, 200 ribu, dan 100 ribuan, di berbagai pasar bekas yang ada di kota anda...namun saya sangat tidak menyarankan anda untuk membeli yang seken...coz...akan amat susah perawatan jaket kulit tersebut nantinya meskipun asli....:)

So pasti anda tidak akan mungkin mau jika jaket kulit anda tiba-tiba rusak atau kusam, karena kekuranghatian anda dalam merawatnya. Tapi sekarang anda tidak perlu khawatir lagi, karena saya punya tips yang menarik untuk anda coba…cekidot…



Tips Pertama


Sebaiknya anda tidak menggunakan jaket kulit anda jika hujan. Hal berlaku untuk anda yang hobi naik sepeda motor atau jalan kaki. Karena tanpa kita sadari, air hujan yang mengenai jaket kulit kita jika tidak segera di lap akan menimbulkan bercak-bercak putih dan jamuran atau berjamur. Akan malu sekali jika anda mengenakan jaket kulit yang terdapat bercak-bercak putihnya, nanti bisa di duga ketombe oleh orang lain.

Jika jaket kulit anda sudah terlanjur kena air hujan, maka setelah anda sampai di rumah segera lap dengan menggunakan kain pembersih yang lembut. Dan kemudian gantungkan jaket kulit anda di depan kipas angin atau gantungkan saja di dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, biarkan jaket kulit anda kering secara alami.

Jika terpaksanya anda harus melaju di tengah derasnya hujan, maka sebaiknya anda menggunakan jas hujan (yang berbentuk pakaian) untuk melindungi tubuh anda plus jaket kulit anda. Ingat…sedia payung sebelum hujan….:)



Tips Kedua


Jika anda ingin mencuci jaket kulit anda, jangan pernah menggunakan deterjen. Karena deterjen hanya akan membuat jaket kulit anda menjadi kering dan kemudian rawan akan kerusakan. Untuk mencuci jaket kulit yang baik dan benar adalah dengan cukup di lap saja dengan menggunakan kain atau handuk basah yang lembut dan kemudian di jemur di tempat yang teduh atau di dalam ruangan. Ingat gunakan air biasa, jangan di campur dengan bahan-bahan lainnya.



Tips Ketiga


Jika jaket kulit anda terkena noda atau kotoran dan anda ingin membersihkan jaket kulit anda, berikut tips dari saya: untuk menghilangkan kotoran yang hinggap pada jaket kulit, cukup anda olesi dengan menggunakan cairan minyak goreng pada bagian yang terkena noda/kotoran tersebut. Jika noda/kotoran tersebut agak membandel, anda bisa menggunakan kapas atau kain yang betul-betul lembut untuk menggosoknya secara perlahan hingga noda/kotoran tersebut hilang. Kemudian lap dengan lembut hingga minyak goreng tersebut menghilang dari jaket kulit anda.

Untuk menghilangkan bau minyak goreng tersebut, anda bisa menggunakan pelembut pakaian atau lotion yang berkualitas baik. Cukup semprotkan sedikit dan kemudian lap hingga kering. Jangan pernah menggunakan minyak wangi untuk membuat jaket kulit anda wangi, karena penggunaan bahan kimia yang keras pada jaket kulit anda akan menyebabkan kerusakan secara perlahan tapi pasti pada jaket kulit anda. Jangan lupa untuk menjemurnya di dalam ruangan setelah anda selesai menghilangkan noda tersebut.



Tips Keempat


Untuk menjaga kelenturan jaket kulit anda, anda bisa mengikuti tips berikut ini: oleskan lotion atau cream pelembab pada seluruh permukaan jaket kulit anda. Biarkan selama satu jam, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap yang lembut. Lakukan hal di atas setidaknya satu bulan sekali agar jaket kulit anda tetap terasa lembut saat di kenakan.



Tips Kelima


Jika jaket kulit kesayangan anda tergores atau terkena oleh warna lain, biasanya tergores oleh tembok, maka anda bisa menggunakan semir sepat yang sesuai dengan warna jaket kulit anda. Cukup anda oleskan semir tersebut pada bagian yang tergores atau terkena noda tembok tersebut dengan menggunakan lap. Oleskan hingga rata dan menyatu dengan warna jaket kulit anda tersebut. Ingat ya…tidak usah banyak-banyak menggunakan semirnya, secukupnya saja.

Untuk mengetahui apakah semir tersebut sudah menyatu dengan warna jaket kulit anda, cobalah anda letakkan jari anda di atasnya, jika semir tersebut tidak membekas di jari anda maka itu berarti bahwa semir tersebut sudah bersatu dengan warna jaket kulit anda. Pada tahap ini anda harus sabar dan tidak boleh terburu-buru.



Tips Keenam


Untuk mengatasi kusut yang ada pada jaket kulit anda, sebaiknya anda membawanya ke laundry untuk di setrika dengan menggunakan setrika uap. Atau kalau anda memiliki setrika uap sendiri, itu akan lebih baik. Jangan pernah menggunakan setrika biasa untuk menghilangkan kerutan pada jaket kulit anda.



Tips Ketujuh


Jika resleting jaket kulit anda macet, tidak perlu panik. Anda bisa mengoleskannya dengan menggunakan lilin pada resleting anda tersebut. Jika langkah tersebut tidak berhasil, maka sebaiknya anda membawanya ke tukang jahit kepercayaan anda untuk mengetahui letak permasalahannya.




Tips Kedelapan


Jangan pernah menyimpan jaket kulit anda dengan cara di lipat di dalam lemari. Karena hal tersebut akan merusak jaket kulit anda dan suhu lemari yang lembab akan menyebabkan jamur hinggap di jaket kulit anda. Untuk menyimpan jaket kulit anda, cukup anda gantungkan pada hanger di luar lemari.




(Referensi: dari berbagai sumber)




Sekian tips kumpulan cara merawat jaket kulit dari saya tentang bagaimana cara merawat jaket kulit yang baik dan benar. Semoga artikel www.cara merawat jaket kulit.com ini dapat membantu anda. Anda juga bisa membaca tentang bagaimana cara merawat pakaian dalam dan tips merawat sepatu kulit di artikel lainnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya tentang aneka tips dan info produk menarik lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


2 comments:

Share This Article