Tips Merawat Mobil Bekas



Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini akan membahas tentang tips cara merawat mobil bekas anda, setelah di artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tips perawatan mobil yang baik dan benar.

Tidak salah memang jika anda ingin membeli mobil bekas. Apalagi dengan model dan harga mobil yang lumayan tinggi bagi sebagian orang dewasa ini, dan harga mobil bekas memang jauh lebih murah daripada baru-nya. Dan tidak hanya itu, untuk mencari mobkas yang dijual pun kini sudah jauh lebih mudah...anda bahkan bisa mencarinya secara online melalui berbagai toko online yang jual mobil bekas, seperti tokobagus dan berniaga yang biasanya banyak orang yang pasang iklan jual mobil bekas disana. Ataupun bursa mobil bekas yang ada di kota anda yang biasanya selalu diadakan setiap sabtu-minggu, mulai dari mobil-mobil sedan kelas bawah hingga BMW bekas pun bisa anda cari dan beli. 

Namun yang perlu anda ketahui disini adalah, bahwa perawatan mobil bekas membutuhkan perhatian yang lebih besar dan cemat jika di bandingkan dengan cara merawat mobil yang masih baru. Dan hal yang paling penting yang harus anda ingat disini adalah bahwa cara perawatan mobil bekas wajib anda lakukan secara rutin dan teliti meskipun mobkas anda sedan kelas top seperti BMW atau mobil bekas taxi. Yang membedakan dari perawatan tersebut adalah tentang cara merawat mesin mobil bekas-nya, karena setiap jenis & merek mobil memiliki karakteristik tersendiri...so...anda harus terlebih dahulu memahami "karakter" dan spesifikasi dari mobkas anda ya...:)

Namun anda tidak perlu khawatir, saya punya tip perawatan mobil bekas secara umum di bawah ini. cekidot…



Tips Pertama


Sebaiknya ada rutin untuk memeriksa kondisi mesin mobil anda secara keseluruhan, terutama sekali pada sistem pengapiannya.



Tips Kedua


Sebelum anda berkendara, sebaiknya anda selalu untuk memeriksa kondisi ban mobil anda terutama sekali pada tekanan ban-nya.



Tips Ketiga


Jika ban mobil anda sudah gundul, sebaiknya segera anda ganti. Dan pada waktu anda membeli mobil bekas, sebaiknya anda jangan membeli mobil bekas yang kondisi ban-nya sudah hampir gundul atau bahkan sudah gundul. Hal tersebut sama saja anda harus mengeluarkan uang extra untuk mengganti ban mobil anda….:)



Tips Keempat


Pastikan seluruh kabel mobil bekas anda terinstlasi dengan baik dan benar. Anda bisa meminta bantuan bengkel/montir kepercayaan anda untuk melakukannya.



Tips Kelima


Jangan lupa untuk memeriksa bagian kaki-kaki dari mobil anda. Dan yang paling penting di sini adalah hati-hatilah berkendara jangan sampai menghantam lubang-lubang yang terdapat di jalanan dengan kecepatan di atas rata-rata, karena hal tersebut akan memperpendek umur suspensi mobil anda dan membuat ban menjadi tidak awet.



Tips Keenam


Ini bagian yang paling penting dan jangan sampai anda terlewat dalam memperhatikannya. Usahakan untuk selalu rutin mengganti oli kendaraan anda setiap 3000 km – 5000 km atau sesuai dengan petunjuk dari bengkel/montir kepercayaan anda. Oli adalah komponen terpenting dari mobil anda, baik baru maupun bekas. Jadi dengan rutin memperhatikan oli kendaraan anda, maka mobil anda akan lebih awet dan nyaman untuk anda kendarai. Lakukan proses Tune-up secara teratur sesuai dengan petunjuk dan saran yang di berikan oleh bengkel/montir kepercayaan anda.



Tips Ketujuh


Atau jika anda sering menggunakan mobil anda untuk jarak yang jauh, maka sebaiknya penggantian oli harus lebih sering anda lakukan sesuai dengan petunjuk dan saran dari montir kepercayaan anda.



Tips Kedelapan


Usahakan untuk selalu memeriksa level dari air radiator mobil anda secara rutin. Air radiator sangat penting bagi mobil anda karena berfungsi untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil.



Tips Kesembilan


Sebaiknya anda juga rutin untuk memeriksa tangki bensin mobil anda, apakah sudah berkarat atau belum. Anda bisa meminta bantuan montir kepercayaan anda pada saat anda melakukan servis umum terhadap mobil bekas anda.



Tips Kesepuluh


Lakukan pengecekan secara rutin terhadap komponen kendaraan anda yang bernama Timming Belt. Hal ini penting untuk anda lakukan, karena Timming Belt berfungsi sebagai penjaga putaran dari roda-roda gigi mobil anda yang terhubung ke mesin mobil anda. Jika Timming Belt anda berada dalam kondisi yang kurang baik, biasanya akan di tandai dengan adanya suara dengung dan bising ketika mesin mobil anda nyalakan.



Tips Kesebelas


Periksa juga knalpot mobil anda secara rutin. Pastikan tidak ada benda asing yang menyumbat knalpot mobil anda.



Tips Ketigabelas


Periksa juga secara rutin berbagai minyak pelumas atau cairan pelumas yang ada di komponen mobil anda.



Tips Keempatbelas


Sebaiknya anda juga rutin untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen lampu mobil anda, dan pastikan mereka bekerja dengan baik dan benar, sebagai salah satu syarat anda dalam melakukan safety riding.



Tips Kelimabelas


Dan yang paling penting disini adalah rutin lah untuk melakukan pemeriksaan terhadap komponen keselamatan mobil anda, seperti rem, dsb.


(Referensi: dari berbagai sumber)




Demikianlah artikel kali tentang tips merawat mobil bekas anda. Semoga tips ini dapat memberikan tambahan wawasan bagi anda tentang cara merawat mobil bekas anda. Anda juga bisa membaca tentang tips mencuci mobil agar tetap terlihat bersih di artikel sebelumnya. Sampai bertemu di artikel selanjutnya tentang info tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com 

4 comments:

  1. Kunjungan balik sob. Tips yang berguna menurut saya tapi sayang blm punya mobil sendiri. Jadi nyimak dulu aja.

    Sukses ya sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyu sob atas kunjungan baliknya...nggak apa2...nyimak dulu besok beli mobilnya....:)

      Delete
  2. selamat pagi sob,,,,Insya Allah kalau nanti saya punya mobil saya akan menerapkan semua tips di atas untuk merawat mobil....doakan saja yaa sob....

    ReplyDelete
    Replies
    1. siang sob..terima kasih kunjungan baliknya...amin...semoga tips ini membantu...:)

      Delete

Share This Article