Tips Memilih Menjaga Merawat Karpet Agar Tetap Awet Dan Cantik


Selamat datang di anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel kali ini akan membahas seputar cara merawat karpet anda agar tetap tampak awet dan indah bagi ruangan rumah anda. Di artikel rumah tangga sebelumnya, saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang bagaimana sih cara memilih, memakai, dan merawat blender yang baik? So...di artikel tentang peralatan rumah tangga kali saya akan mengajak anda untuk menyimak tentang cara perawatan karpet rumah agar selalu terlihat bersih dan nyaman. Silahkan disimak introduction berikut ini...

Karpet adalah salah satu komponen “penghias” atau hiasan bagi rumah anda. Ada beberapa alasan kenapa orang senang untuk meletakkan karpet pada ruangan-ruangan tertentu dalam rumahnya. Salah satunya adalah karena karpet dapat menambah suasana ruangan menjadi terkesan lebih elegan dan nyaman untuk di tempati. Namun penggunaan karpet cantik  dewasa ini sudah semakin luas, antara lain digunakan juga di masjid, rumah sakit, dan baliroom hall, dsb. Disamping itu, dengan banyaknya toko karpet online yang jual karpet rumah dengan harga yang murah atau kompetitif dengan beragam motif dan koleksi yang menarik plus terkadang mereka juga menerima jasa/servis pemasangan atau pasang karpet rumah (jika masih satu kota), membuat daya bel dan orang yang cari karpet semakin baik dan bagus. Disamping itu anda juga bisa beli grosir-an kepada mereka juga lho....:)

Ada beberapa cara dalam memiliki bentuk dari karpet yang akan anda beli dan tempatkan di ruangan anda. Beberapa di antaranya adalah dengan mencocokkan warna dan bentuk karpet anda dengan “tema” dari ruangan yang anda pilih, apakah karpet minimalis, karpet klasik, carpet modern, dsb. Di samping itu, usahakan juga untuk memilih warna karpet untuk rumah yang berbeda dengan warna dari cat dinding dan warna dari lantai rumah anda. Hal ini agar terkesan lebih “kaya” dari segi penataan ruangan..namun jangan terlalu banyak warna ya… entar terkesan norak gitu loh….hehehe….

Baiklah, setelah di atas kita sudah membahas tentang tip memilih karpet yang baik dan benar bagi ruangan anda. Kini kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat karpet yang anda miliki…silahkan di simak di bawah ini:



Tips Pertama


Khusus untuk karpet yang baru anda beli pada saat anda akan memasangnya di dalam ruangan anda, pastikan ruangan tersebut memiliki ventilasi udara yang cukup baik. Hal ini untuk menghindari debu dan aroma yang biasanya terdapat pada karpet yang masih baru. Dan jika perlu, pada saat anda memasangnya usahakan untuk membuka semua pintu dan jendela.



Tips Kedua


Usahakan untuk tidak menempatkan karpet rumah anda di tempat yang terkena langsung oleh sinar matahari. Hal ini untuk menjaga agar warna karpet anda tetap terjaga.



Tips Ketiga


Usahakan untuk menyedot debu yang terdapat pada karpet tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner.



Tips Keempat


Khusus untuk karpet yang sudah lama, usahakan  untuk menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet anda minimal 3 kali seminggu. Atau anda bisa menggunakan sikat roll yang khusus untuk karpet.



Tips Kelima


Usahakan untuk mengubah posisi karpet rumah anda setidaknya setiap  2-3 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar permukaan karpet dapat menjadi lebih rata. Maksudnya bagian yang sering anda injak-injak tersebut dapat merata ke semua sisi…hehehe….



Tips Keenam


Cucilah karpet anda setidaknya setiap 6 bulan sekali.


Tips Ketujuh


Setelah anda cuci, jemurlah karpet tersebut dengan cara menjemur bagian bawah terlebih dahulu.



Tips Kedelapan


Jika karpet anda terkena noda, gunakanlah air biasa plus kain lap yang memiliki daya serap tinggi dan usaplah permukaan karpet yang terkena noda tersebut dengan mengikuti alur benang karpet, jangan berlawanan arah. Dan sebaiknya anda langsung menggelap karpet anda jika ketumpahan cairan, seperti minuman dll.



Tips Kesembilan


Jika karpet anda memiliki bau yang apek, anda dapat mengatasinya dengan memercikkan sedikit baking soda ke tas permukaan karpet. Diamkan selama 30 menit dan kemudian bersihkan.


(Referensi: dari berbagi sumber)




Demikianlah tips kali ini tentang bagaimana cara memilih, merawat, dan menjaga karpet rumah anda agar tetap awet dan indah untuk anda gunakan. Semoga tip ini dapat membantu anda. Anda juga bisa menyimak tentang tips perawatan springbed dan Cara Merawat Pakaian di artikel lainnya. Sampai bertemu aneka info tips dan produk lainnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article