Tips Cara Merawat Sepatu Olahraga


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Di artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk menyimak tentang tips merawat sepatu bola. Dan di artikel kali ini, saya akan membahas secara lebih umum lagi tentang cara merawat sepatu olahraga yang baik dan benar. Silahkan disimak introduction berikut ini…

Olahraga adalah salah satu sarana untuk membuat badan menjadi lebih bugar dan dapat semakin memperluas jaringan pertemanan anda. Dengan olahraga yang baik dan sehat serta sportif, akan memiliki dampak yang positif bagi kehidupan anda atau bahkan juga bagi karier anda di tempat anda bekerja….:)

Ada banyak sekali jenis-jenis sport yang bisa anda ikuti, namun yang paling popular di tengah-tengah masyarakat saat ini antara lain sepak bola, tenis, badminton, basket, dan renang, serta jangan lupakan salah satu olahraga yang paling murah meriah ini yaitu lari. Tentunya keseluruhan jenis sport yang ada tersebut pasti membutuhkan sepasang sepatu olahraga untuk anda kenakan bukan, kecuali renang? Karena sangat tidak disarankan bagi anda untuk bertelanjang kaki saat berolahraga ataupun hanya menggunakan sandal jepit…hmm…agaknya anda harus sedikit mau modal disini.

Lalu pertanyaannya adalah seperti apa sih sepatu olah raga yang baik itu? Menurut saya, sepatu olahraga yang baik adalah yang dapat memberikan rasa nyaman untuk anda kenakan dan sepatu tersebut sesuai dengan jenis olahraga yang anda lakukan. Karena mustahil anda akan mengenakan sepatu bola untuk bermain badminton dan menggunakan sepatu tenis untuk bermain sepak bola. Coz..setahu saya sampai saat ini belum ada sepatu olahraga yang multiguna, atau anda ingin menciptakannya sendiri?

Perawatan untuk sepatu ini memang harus anda lakukan dengan lebih sering dan telaten. Kenapa? Karena model sepatu ini tanpa anda sadari memiliki “beban kerja” yang lebih bila dibandingkan dengan model sepatu yang lainnya. Meskipun saat ini ada banyak model sepatu olahraga yang menggunakan teknologi desain sepatu terkini untuk lebih memberikan rasa nyaman dan memudahkan anda untuk berolahraga, namun tetap saja anda harus lebih sering dalam merawatnya dibandingkan dengan jenis sepatu yang lainnya. Dan jika suatu saat anda mendengar kata-kata sepatu sneaker, anda jangan bingung ya… “apa itu sneaker?” karena sepatu sneaker adalah nama lain dari istilah untuk sepatu olahraga yang memakai tali..tapi disamping itu sepatu sneaker juga ada yang bisa digunakan sebagai sepatu fashion. Sedangkan sepatu skate adalah jenis sepatu yang khusus digunakan untuk olahraga.

Ada begitu banyak model dan merek sepatu sport yang sudah tidak asing lagi di telingga anda, beberapa diantara mereka antara lain adalah sepatu league olahraga, sepatu olahraga Nike, sepatu sport Converse, sepatu olahraga adidas, sepatu sport Puma, sepatu Vans, sepatu olahraga DC, sepatu olahraga Reebook, sepatu sport Marc Ecko, sepatu olahraga New Balance, sepatu sport Royal, dll. Untuk mengetahui daftar harga sepatu olahraga tersebut, saya yakin anda bisa mencarinya sendiri di toko sepatu olahraga online ataupun yang ada di kota anda.

Lalu pertanyaan besarnya dari introduction yang saya jelaskan diatas adalah bagaimana sih tips cara merawat sepatu olahraga yang benar? Silahkan disimak tips-nya berikut ini…cekidot…

Langkah 1 : Tips Membersihkan Sepatu Olahraga Sport


Tips Pertama


Sebelum anda memulai, ada baiknya terlebih anda siapkan benda-benda yang akan anda butuhkan nantinya, yaitu:

ü  Sikat khusus sepatu
ü  Sikat gigi yang anda khususkan untuk sepatu
ü  Lap kering dengan daya serap yang baik
ü Sabun cuci, tapi jangan yang terlalu keras ya…ada anda juga bisa menggunakan sabun colek yang soft.
ü  Tentunya adalah air bersih.


Tips Kedua


Jika sepatu sneaker sport anda ditempeli oleh tanah atau lumpur, diamkan hingga kering dan kemudian bersihkan dengan menggunakan sikat sepatu hingga tanah dan lumpur tersebut benar-benar hilang.

Langkah yang selanjutnya adalah untuk sepatu olahraga yang berwarna putih, anda bisa menggunakan cairan pemutih yang soft. Caranya basahi ujung lap kering yang sudah anda siapkan sebelumnya dengan menggunakan cairan pemutih tersebut dan kemudian gosokkan ke tempat yang perlu untuk anda bersihkan pada sepatu sneaker tersebut. Lakukan dengan pola gerakan yang melingkar. Oya…jika di rumah anda tidak ada cairan pembersih, anda bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya. Caranya bukan dengan menaruh pasta gigi tersebut di kain kering, tapi dengan menaruhnya di bagian sepatu sport yang kotor tersebut dan kemudian mengosoknya dengan menggunakan sikat gigi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Sedangkan untuk perawatan sepatu berbahan kulit dan suede, anda bisa melihatnya di artikel tips sebelumnya….masih di blog ini.


Tips Ketiga


Diamkan beberapa saat dan kemudian bersihkan dengan menggunakan air sabun. Proses pembersihan disini anda lakukan secara menyeluruh, namun tidak dengan mengguyurnya dengan air sabun tersebut, tapi dengan menggunakan lap yang sudah anda basahi dengan air sabun tersebut. Anda juga bisa menggunakan sabun anti bakteri untuk membersihkan sepatu sneaker olahraga anda tersebut. Banyak kok yang jual jual...:). Untuk sepatu kulit & suede, anda tidak boleh menyiramnya dengan menggunakan air. Anda bisa menggunakan pembersih khusus yang tersedia di supermarket di kota anda.


Tips Ketiga


Bersihkan juga dengan menggunakan sikat dan lap bagian luar sol sepatu olahraga anda dan jangan lupa juga untuk membersihkan bagian pinggiran dari sol tersebut. Hal ini untuk menjaga agar kelenturan sol sepatu dan warna dari pinggirannya agar tetap terjaga dengan baik.


Tips Keempat


Lepaskanlah tali sepatu sneaker anda dan bersihkan/cuci dan sikat bagian dalam dari sepatu olahraga tersebut. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan bantalan pengganjal kaki yang umumnya terdapat di dalam sepatu sport. Cuci juga bantalan tersebut dengan menggunakan air sabun hingga bersih. Tapi khusus untuk sepatu sneaker yang terbuat dari bahan kulit, anda tidak boleh mencucinya dengan menggunakan air ya…. untuk mengetahui tentang bagaimana merawat sepatu kulit, anda bisa lihat di artikel sebelumnya.


Tips Kelima


Diamkan selama beberapa saat dan lalu sikat kembali dengan menggunakan sikat sepatu yang bersih dan selanjutnya anda bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat. Hal ini juga berlaku untuk bantalan pengganjal kaki sneaker anda.


Tips Keenam


Untuk sepatu olahraga yang terbuat dari bahan kulit dan bahan suede, anda tidak boleh menggeringkannya dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari, tapi cukup diangin-anginkan saja di depan kipas angin atau dikeringkan di dalam suhu kamar / di dalam ruangan. Tapi untuk sepatu olahraga yang terbuat dari bahan sintetik, anda boleh kok menjemurnya di bawah sinar matahari dengan catatan jangan terlalu lama. Untuk perawatan sepatu dengan bahan suede, anda bisa klik sepatu suede.



Langkah 2 : Tips Merawat Sepatu Sneaker Olahraga



Tips Pertama


Setelah anda selesai memakai sepatu olahraga anda, sebaiknya anda segera untuk melonggarkan tali sepatu sneaker tersebut agar sirkulasi udara dapat berlangsung lancar dan anda angin-angin terlebih dahulu.


Tips Kedua


Jangan pernah menaruh kaos kaki yang sudah anda pakai di dalam sepatu olahraga anda. Hal ini akan menyebabkan udara di dalam sepatu tersebut menjadi lembab dan semakin menyuburkan bakteri ataupun kuman untuk tumbuh di dalamnya.


Tips Ketiga


Sebelum anda menyimpan sepatu sport anda, cucilah sepatu olahraga anda tersebut. Ikuti tahap-tahapan pembersihan yang sudah saya terangkan diatas.


Tips Keempat


Setelah sepatu sneaker anda kering, masukkan bantalan pengganjal kaki dan masukkan juga pengganjal sepatu yang terbuat dari Koran bekas ke dalamnya yang dibuat dengan bentuk bulat/bola. Hal ini untuk menjaga agar bentuk sepatu olahraga anda tetap terjaga dan untuk menyerap kelembaban.


Tips Kelima


Jika ada bagian yang lepas, anda bisa merekatkannya kembali dengan menggunakan lem super. Atau yang lebih baik lagi, anda bisa membawanya ke tempat reparasi sepatu yang ada di kota anda.


Tips Keenam


Semprotkan juga cairan anti bakteri, baik di bagian luarnya maupun di bagian dalamnya. Dan jangan lupa untuk menaruh silica gel didalamnya.


Tips Ketujuh


Usahakan untuk menyimpan sepatu olahraga sneaker anda di rak sepatu. Jangan menyimpannya di dalam kotak atau menyimpannya dengan bersentuhan langsung dengan lantai.


Tips Kedelapan


Tips-tip ini berlaku juga untuk perawatan sepatu olahraga wanita termasuk sepatu olahraga wanita murah…coz..tidak ada perbedaan antara merawat sepatu olahraga pria dan wanita…hehehe…



(Referensi: dari berbagai sumber)




Akhirnya tips pembersihan dan perawatan sepatu olahraga ini, selesai. Anda juga bisa melihat tips perawatan sepatu lainnya seperti cara merawat high heels yg baik dan perawatan sepatu espandrilles. Sampai bertemu di artikel tips dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


4 comments:

  1. Kalo sepatu warna hitam berbahan suede dikasi semir bakal ngerusak sepatunya nggak ?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk perwatan sepatu jenis suade...agan bisa kunjungi artikel sy yang lainnya di https://anekatipsdanproduk.blogspot.com/2013/10/sepatu-suede-dan-tips-cara-perawatannya.html

      Delete

Share This Article