PC Tablet Android, Ipad, dan Epad Apa Bedanya sih?


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Sebenarnya di artikel seri komputer kali ini saya akan mengajak untuk membaca tips memilih tablet tablet PC murah berkualitas, setelah di artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dari ultrathin notebook. Namun setelah saya “merenung” (wuihh…gaya banget ya…hehehe…) saya berfikiran tentang lebih baik saya mencoba untuk menjelaskan terlebih dahulu tentang apa sih bedanya pc tablet dengan ipad dengan epad dan dengan tablet pad? Secara….perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang pesat yang menyebabkan makin banyaknya dan bertambahnya aneka produk teknologi terbaru khususnya di dunia gadget komputer. So..silahkan disimak artikel berikut ini…


Tablet

Tablet atau orang lebih sering menyebutnya dengan nama PC tablet atau computer tablet atau tablet komputer atau juga ada yang menyebutnya dengan nama tablet tab serta dengan nama tablet android. Tapi apapun anda menyebutnya minumnya tetap*** ups salah..maksud saya adalah keseluruhan nama-nama gadget tersebut adalah mengacu kepada satu jenis produk yang sama yaitu “Tablet”, hanya memang terdapat perbedaan kecil diantara mereka seperti ada yang bisa anda gunakan untuk nelpon dan ada yang tidak. Lalu sebenarnya pengertian tablet itu sendiri apa? Dan apa sebenarnya fungsi dan kegunaan tablet pc bagi aktivitas kita?

Tablet PC adalah salah satu jenis komputer yang dibuat dengan tujuan untuk lebih memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas kantor seperti writing, browsing, memainkan berbagai aplikasi multimedia, dan bahkan untuk memotret dan merekam video. Tablet memang dirancang dengan sifatnya yang lebih portable daripada laptop/notebook atau netbook maupun ultrabook, dengan bentuknya yang hanya sebesar sebuah buku kira-kira memiliki lebar minimal 7 inch, sehingga membuat computer tablet memiliki sifat yang lebih mobile & flexible untuk anda bawa kemana-mana. Namun jangan anda berfikir untuk menggunakan pc tablet anda sebagai sarana untuk menjalankan macam-macam software komputer ya…karena meskipun terbilang cukup canggih, komputer yang satu ini tetap tidak bisa mengeser fungsi dari not book ataupun ultrabook untuk soal yang satu itu…:)

Dengan ciri khasnya yang berupa layar sentuh, membuat pengguna akan merasa lebih interaktif dengan menggunakan gadget komputer yang satu ini. Namun demikian, jika anda tidak terlalu senang menulis dengan menggunakan layar sentuh jangan khawatir, karena tersedia juga peripheral komputer seperti alat input keyboard untuk tablet bahkan mousenya pun anda, yang bisa anda lepas lagi saat sudah tidak menggunakannya.

Mengenai seperti apa sistem operasi komputer tablet, gadget yang satu ini umumnya memakai sistem operasi tablet android atau ada juga yang menggunakan sistem operasi tablet IOS serta ada juga yang menggunakan sistem operasi komputer windows (orang sering menyebutnya dengan nama tablet windows). Tentu saja masing-masing dari sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, saran saya pilihlah PC tablet yang menggunakan sistem operasi yang paling nyaman menurut anda untuk anda gunakan.

Ada banyak produsen yang memproduksi pc tablet dewasa ini, diantaranya adalah yang cukup terkenal seperti: acer tablet, lenovo tablet, Samsung galaxy tab & note, PC tablet asus, tablet Toshiba, LG tablet, PC tablet sony, PC Tablet HP, tablet PC Dell, PC Tablet Microsoft dengan sistem windows nya yang cukup terkenal tersebut dimana anda bisa memilih apakha akan beli tablet dengan sistem operasi windows 7 atau dengan tablet dengan sistem operasi windows 8, HTC tablet android, tablet archos, dan masih banyak lagi. Atau jika anda mencari PC tablets murah, anda bisa mencoba untuk melihat produk-produk tablet yang ditawarkan oleh produsen-produsen cina.

Bahkan anda juga bisa melihat aneka produk tablet lokal, seperti vandroid tablet, axioo tablet, zyrex tablet pc, advan tablet, dan sebagainya. Tapi apapun jenis dan merek PC tablet yang anda cari saya berharap anda dapat menemukan tablet pc terbaik untuk men-support aktivitas anda, syukur-syukur jika anda dapat menemukan tablet murah berkualitas…hehehe…..(Simak artikel selanjutnya tentang tips memilih tablet).

Untuk fungsi atau kegunaan dari tablet PC sendiri adalah untuk: browsing dengan menggunakan teknologi wireless seluuler seperti 2G,3G,4G, dan menggunakan WiFi. Anda juga bisa menggunakan gadget ini untuk menerima dan mengirim e-mail, menggunakan aneka media sosial, chatting, mengoperasikan GPS anda, menggunakannya untuk melakukan panggilan video, atau hanya sekedar membaca berbagai macam jurnal dan artikel dengan menggunakan sistem aplikasi komputer E-book reader, dan yang lainnya (seperti yang sudah saya jelaskan secara singkat di paragraf sebelumnya).

Sedangkan untuk sistem operatornya sendiri, anda bisa memilih apakah ingin membeli tablet android dengan dukungan operator GSM atau tablet android cdma seperti Smartfren Andro Tab 7.0, Hyundai MediaPad MP-RC 701, Advan Vandroid 01-A, IVIO Twilight 7 MD-70, AHA PAD, Samsung Galaxy Tab CDMA, atau merk yang lainnya. Anda bisa search di internet untuk melihat tipe dan daftar harga tablet serta untuk melakukan compare tablet atas aneka tipe dan jenis yang ada untuk menentukan pilihan anda…..:)..oya..jangan lupa juga untuk melihat produk-produk next generation dari tablet PC, yaitu tablet hybrid.


iPad


Jika anda berfikiran bahwa tablet dan iPad adalah memiliki fungsi yang berbeda, agaknya anda harus memahami lagi penjelasan yang ada di paragraf sebelumnya. Antara pc tablet dan ipad sama sekali tidak memiliki fungsi yang berbeda. Hanya saja yang membedakan diantara keduanya adalah sistem operasi komputer yang digunakannya. Computer tablet rata-rata menggunakan sistem operasi yang berbasiskan IOS, karena produk ini memang didesain dan dibuat oleh perusahaan komputer Apple.

Ada beragam seri Ipad yang dapat anda lihat dan beli di pasar. Antara lain: Apple iPad mini WiFi+cellular 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad mini WiFi 16Gb/32Gb/64Gb, New Apple iPad WiFi 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 1 3G WiFi 64Gb, Apple iPad 2 3G 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 2 3G WiFi 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 3 3G WiFi 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 3 4G WiFi 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 4 Wi-Fi + Cellular 16Gb/32Gb/64Gb, Apple iPad 4 WiFi 16Gb/32Gb/64Gb…(kalau ada yang kurang, anda bisa menambahkannya di kotak kolom komentar di bawah).


ePad


Hmm…epad..apalagi ini? hehehe…ePad adalah salah satu jenis komputer tablet yang di produksi oleh cina dan merupakan replika dari apple iPad namun memiliki sistem operasi yang berbasiskan android. Atau anda bisa juga mengatakan bahwa epad adalah tablet pc china. Sebagaimana produk-produk yang dibuat oleh cina, harga epad cenderung lebih murah dari harga tablet dari merk-merk yang “branded”.  Fitur standar yang dimiliki oleh komputer tablet ini antara lain:
  • Menggunakan Os Android.
  • Tentu saja menggunakan layar sentuh sebagai media interfacenya.
  • Memiliki ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan.
  • Tersedia berbagai macam fitur multimedia seperti musik, video, kamera foto&video, gallery picture, dan fitur standar lainnya.
  • Tersedia juga aplikasi internet yang meliputi browser, push mail yang menggunakan Gmail, YouTube Video, Android App Market.

Produk tablet komputer ini adalah merupakan alternatif bagi sebagian orang yang ingin membeli tablet atau iPad namun budget yang mereka miliki belum mencukupi. Dan harga yang ditawarkan oleh tablet ini tergolong murah, namun tablets ini tetap dapat memberikan hasil yang bagus.



(referensi: dari berbagai sumber)


Saya rasa penjelasan diatas sudah cukup. Dan itu berarti artikel kali ini harus selesai sampai disini. Simak juga artikel selanjutnya tentang tips membeli tablet PC.

Sampai bertemu di artikel komputer selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


6 comments:

Share This Article