Sepatu Suede dan Tips Cara Perawatannya


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Setelah di beberapa artikel sebelumnya saya sudah mengajak anda untuk berdiskusi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan komputer, anda bisa membaca artikel sebelumnya tentang tips memilih printer yang baik dan tepat, kini saya akan mengajak anda untuk melanjutkan aneka artikel tips selanjutnya. Kali ini saya akan mencoba berbagi kepada anda tentang bagaimana sih cara merawat dan membersihkan sepatu kulit suade? So..silahkan disimak introduction berikut ini…

Apakah anda sudah mengenal tentang salah satu produk sepatu yaitu sepatu Suade? jika belum, akan saya terangkan sedikit. Sepatu bahan suede adalah sepatu jenis sepatu baik untuk pria maupun wanita yang terbuat dari bahan kulit hewan seperti sapi dan domba namun penyamakkan kulitnya terjadi pada bagian kulit bagian dalamnya. Sehingga jika anda melihat secara sekilas anda akan melihat sepatu ini sepatu beludru. Bahan suede juga biasa digunakan dalam pembuatan tas, sehingga tidak jarang anda akan melihat tas-tas yang terbuat dari bahan suede ini.

Memang “roman-roman” beludrunya tampak lebih kental pada sepatu ini. Dan agaknya tidak sedikit juga orang yang menyukai untuk memakai sepatu suedeshoes ini karena bentuknya yang terlihat lebih elegan dan stylish serta memiliki banyak pilihan warna, tidak seperti sepatu kulit yang hanya terdiri dari dua warna kalau nggak hitam ya coklat…hehehe…. Meskipun tidak jarang juga orang yang mengurungkan niatnya karena berfikiran bahwa cara merawat sepatu kulit suede ini susah…tampaknya mereka harus berfikir lagi mengenai hal itu..nggak susah kok..cuman kudu telaten…J

Ada beberapa model sepat suede yang umum dapat anda jumpai di pasaran baik untuk pria maupun wanita, antara  lain:

Ø Sepatu Suede Casual
Ø Sepatu Angkle Suede Boots
Ø Sepatu Suede Wedges

Namun di artikel tips kali ini saya tidak akan membahas tentang berbagai model sepatu suede tersebut. Anda bisa mencarinya dan melihatnya di toko-toko sepatu yang jual sepatu suede dan anda juga bisa melihat harga sepatu suede tersebut disana. Banyak kok toko-toko sepatu online yang menjual sepatu suede ini…so… there are a lot of choice!!...statusiasi banget kata-kata saya kali ini…J

Pertanyaan yang ada di artikel ini adalah bagaimana sih cara membersihkan sepatu kulit suede? dan seperti apa cara perawatan sepatu suede agar tetap awet dan nyaman dipakai? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan simak tips-tip perawatan sepatu suede di bawah ini…cekidot…

Sebelum anda memulai membersihkan sepatu anda tersebut, ada beberapa hal yang harus anda persiapkan sebelumnya. Antara lain:


  • Siapkan pembersih khusus untuk sepatu suade anda. Anda bisa menemukannya dengan mudah di hypermarket di kota anda atau bisa membelinya dari toko online yang anda temukan.
  • Sebuah mangkuk kecil dan handuk yang bertekstur lembut.
  • Sikat berbulu lembut atau anda bisa menggunakan sikat gigi yang bertekstur lembut.
  • Sebuah karet penghapus. Haa..karet penghapus? Anda akan tahu gunanya alat ini nanti…J
  • Siapkan cairan pembersih noda. Cari yang khusus buat suede.
  • Suede cleaner dan suede protector. Anda dapat membelinya di hypermarket atau di toko online sepatu.
  • Shoe tress dan silica gel…jika dibutuhkan.


Langkah Pertama

Kini saya akan mengajak anda untuk menyimak tips perawatan sepatu suede…cekidot…

v Tips Pertama

Semprotkan suede protector yang sudah anda siapkan sebelumnya. Fungsi dari suede protector ini adalah untuk melindungi sepatu kulit suede anda dari debu dan kotoran. Caranya cukup anda semprotkan secara merata… Usahakan untuk tidak berlebihan.


v Tips Kedua

Gunakan sikat gigi yang lembut dan kering untuk menyikat permukaan sepatu anda dan lakukan degan pola searah dan lakukan dengan lembut.


v Tips Ketiga

Jika sepatu suedeshoes anda terkena noda-noda yang ringan…jangan panik! Karena kepanikan anda adalah awal dari bencana bagi sepatu anda. gunakanlah karet penghapus yang sudah anda siapkan sebelumnya dan gosoklah secara perlahan dengan pola searah dan lakukan dengan lembut…syukur-syukur jika anda bisa melakukannya dengan penuh perasaan…J


v Tips Keempat

Jika noda tersebut ternyata masih menempel, untuk mengusirnya anda tidak perlu “marah-marah” karena nggak ada gunanya. Lakukan langkah ini, celupkan sikat gigi bulu lembut tersebut kedalam air bersih dan sikatlah secara lembut dengan pola searah. Kenapa harus selalu dengan pola searah? Karena jika anda menyikatnya dengan pola bolak-balik, maka sama saja anda akan merusak tekstur dari sepatu kulit suede anda.


v Tips Kelima

Untuk mengeringkannya, anda bisa mengeringkannya dengan menggunakan kipas angin atau mendiamkannya hingga kering pada “suhu kamar”. Jangan pernah sekalipun untuk mengeringkannya dibawah terik sinar matahari…bahkan mencoba pun jangan!


v Tips Keenam

Jika noda tersebut masih membandel, maka anda bisa menggunakan suede cleaner yang sudah anda siapkan sebelumnya. Caranya anda bisa lihat di langkah yang kedua “tips membersihkan sepatu suede anda” di paragraf selanjutnya.


v  Tips Ketujuh

Anda juga bisa menggunakan semir sepatu yang khusus diperuntukkan bagi sepatu sudeshoes anda. Anda bisa mencarinya di hypermarket atau di toko sepatu online. Usahakan untuk menggunakan semir sepatu yang memiliki warna yang sesuai dengan warna sepatu kulit suede anda.

   
v  Tips Kedelapan

Jangan lupa juga untuk menyemprotkan bagian dalam sepatu suede anda dengan menggunakan cairan khusus penghilang bau dan kuman. Hal ini untuk mencegah agar sepatu anda tidak bau dan kaki anda akan terkena dampak bau-nya. Note: jangan berlebihan dalam menggunakan cairan kimia pada sepatu anda, gunakan secukupnya. Banyak tidak selalu selamanya baik… J


v  Tips Kesembilan

Jika anda berencana untuk tidak memakai sepatu bludru suede anda, maka simpanlah sepatu suede beludru anda di dalam sebuah wadah khusus. Masukkan juga “shoes tress” yang sudah anda siapkan sebelumnya, kedalam sepatu suede anda. Shoes tress berfungsi untuk menjaga bentuk sepatu anda agar tidak berubah, anda bisa membeli benda ini di toko sepatu terdekat atau secara online. Dan jangan lupa untuk memasukkan silica gel kedalam kotak sepatu anda agar kelembabannya tetap terjaga.


v  Tips Kesepuluh

Hindari mencuci sepatu suede anda dengan menggunakan deterjen apalagi sampai merendamnya. Karena air dalam “volume” yang besar akan dapat membuat sepatu kesayangan anda tersebut menjadi keras ketiga kecil. Intinya, jangan pernah mencucinya!


   v  Tips Kesebelas

Hindari penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat merusak warna dan bahan sepatu suade anda tersebut. Dan yang paling tidak boleh anda lupakan disini adalah jangan menggunakan cairan-cairan pembersih suede anda secara berlebihan!



Langkah Kedua

Ada beberapa tahapan dalam membersihkan sepatu kulit suede, yaitu:


v  Tips Pertama

Jika sepatu kulit suede anda terkena noda maka anda bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan khusus penghilang noda sepatu yang sudah anda siapkan sebelumnya. Caranya, oleskan atau semprotkan cairan penghilang noda tersebut kepada bagian yang terkena noda dan biarkan beberapa saat hingga mengering.

Atau jika noda sepatu anda tidak terlalu “berat” anda bisa menggunakan karet penghapus yang anda siapkan sebelumnya. Caranya, gosok dengan pola searah (jangan bolak-balik) pada permukaan sepatu yang terkena noda tersebut dan lakukan dengan lembut serta jangan menekannya karena terlalu bersemangat dalam membersihkan noda…ingat ini bukan membersihkan noda koruptor ya…hehehe…

Atau anda bisa menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut yang dicelupkan ke air bersih. Sikatlah dengan pola searah dan lakukan secara lembut. Usahakan sikat yang anda gunakan tersebut adalah khusus untuk membersihkan sepatu suedeshoes anda, jangan sikat gigi yang ada gunakan untuk menggosok gigi dan anda buat sikat gigi anda menjadi sikat yang “multiguna” hihihi…jorok banget anda tu…..:)


v  Tips Kedua

Kemudian gunakan cairan pembersih khusus yang sudah anda siapkan sebelumnya dan selanjutnya bilas sepatu anda dengan menggunakan air bersih yang sudah anda siapkan dalam mangkuk kecil tersebut (jangan dicelupkan sepatunya ya…).


v  Tips Ketiga

Setelah anda selesai membilasnya, gunakan handuk khusus bertekstur lembut yang sudah anda siapkan sebelumnya dan gosokkan dengan lembut dan searah.


   v  Tips Keempat

Biarkan sepatu anda mengering dengan sendirinya atau mengering secara alami pada “suhu kamar”. Jangan pernah sekali pun anda mengeringkannya dengan cara menjemurnya di bawah terik sinar matahari, meskipun anda sedang terburu-buru untuk segera memakainya. Itu sebabnya saya mengatakan, jangan mencelupkan sepatu kulit suede anda kedalam air, tapi cukup di bilas secukupnya dengan menggunakan air bersih (lihat tips kedua diatas).

  
v  Tips Kelima

Setelah itu anda bisa menyikatnya dengan menggunakan sikat sepatu yang memiliki bulu yang lembut. Lakukan dengan perlahan, jangan ditekan, dan gunakan pola searah.



(referensi: dari berbagai sumber)




Akhirnya artikel tips perawatan sepatu suede ini, selesai sampai disini. Jika ada koreksi atau tips tambahan, anda bisa menambahkannya di kotak kolom komentar dibawah. Oya..anda juga bisa menyimak tips perawatan sepatu kulit di artikel sebelumnya dan bagaimana sih cara merawat sepatu secara umum di artikel selanjutnya. Sampai bertemu di artikel tips dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com


2 comments:

  1. lebih bagus artikelnya bisa di simpen nih tapi kayanya masih hati hati yak penulisnya atas penjiplakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. mencoba untuk berhati2 gan...:) Terima kasih atas kunjungannya dan komentarnya...:)

      Delete

Share This Article