Tips Mencuci Dan Merawat Sepatu Sepak Bola Yang Baik


Selamat datang di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com. Artikel tips dan produk kali ini masih tentang seputar perawatan sepatu. Namun yang berbeda dari artikel-artikel yang sebelumnya (tips merawat sepatu wanita espadrilles) adalah kali ini saya akan mengajak anda untuk menyimak tentang bagaimana sih cara merawat sepatu bola yang baik dan benar entah itu sepatu bola kulit, sepatu bola baru, ataupun sepatu bola bekas. So…silahkan disimak introduction berikut ini…

Permainan olahraga sepak bola siapa sih yang tidak mengenalnya. Meskipun anda yang bukan penggemar sepakbola, namun setidaknya anda pasti tahu sport yang satu ini. Salah satu hal yang tidak akan pernah bisa lepas dari untuk mendukung anda dalam melakukan berbagai teknik dan trik bermain sepak bola adalah ketersediaan sepatu bola yang yang baik dan dengan kualitas yang bagus.

Ada banyak sekali merk-merk sepatu sepak bola yang ada di pasaran saat ini, antara lain yang terkenal yaitu sepatu bola specs, sepatu bola Puma, sepatu bola nike CR7, sepatu bola adidas, dan masih banyak lagi model-model sepatu bola terbaru yang ada saat ini. Dan jika dilihat dari bahan pembuatnya, sepatu bola dibagi menjadi 3 macam jenis, yaitu sepatu bola yang menggunakan bahan kulit, sepatu bola yang menggunakan bahan sintetis bertekstur, dan sepatu bola yang menggunakan bahan sintetik. 

Dan saya yakin anda bisa mencarinya sendiri baik di toko sepatu bola yang ada di sekitar anda maupun di toko sepatu bola online…banyak banget kok yang jual sepatu bola…so..akan banyak pilihan bagi anda. Tapi di artikel tips sepatu kali ini, saya tidak akan membahas tentang bagaimana sih caranya memilih sepatu bola yang bagus, tapi kali ini saya akan memfokuskan pembahasan tentang cara merawat sepatu bola yang baik. Tentang bagaimana cara memilih sepatu bola yang baik, saya akan membahasnya di artikel bola selanjutnya. So…tetap ikuti blog saya di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com.

Namun dari sekian banyak model dan jenis bahan yang digunakan, satu hal yang perlu untuk anda ketahui adalah antara sepatu bola dan sepatu futsal adalah berbeda. Dan fokus pembahasan kita kali ini adalah khusus tentang sepatu bola ya…J. Sedikit cerita tentang sepatu bola, jika selama ini anda berfikiran bahwa semua sepatu bola yang ada atau yang anda gunakan adalah memiliki sol sepatu yang sama, agaknya anda harus melihat dengan jeli tentang hal tersebut. Jenis sol sepatu bola kalau saya tidak salah dibagi menjadi 4 macam, yaitu Soft Ground, Firm Ground, Hard Ground, dan artificial Groud. Pembahasan mengenai masing-masing jenis sol tersebut akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Dari sekian banyak introduction yang sudah saya paparkan diatas, pertanyaan besarnya adalah “bagaimana sih cara perawatan dan membersihkan sepatu bola? Hmm… untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak bersama-sama tips-tip berikut ini...cekidot…


Langkah Pertama: Tips Membersihkan Sepatu Bola


Tips Pertama


Lepaskanlah semua tali sepatu sepak bola anda tersebut. Dan jika banyak lumpur atau tanah yang menempel di bagian bawah sol sepatu anda, maka sikatlah dengan bijak agar semua lumpur dan tanah tersebut lepas. Jangan pernah memukul-mukulkan sepatu bola anda ke ubin, aspal, atau pada permukaan yang keras. Hal tersebut akan menyebabkan spul sepatu anda menjadi cepat rusak dan lepas.


Tips Kedua


Untuk membersihkan permukaan sepatu bola anda, gunakanlah kain yang bersih yang sudah anda basahkan. Anda juga bisa menggunakan campuran air hangat  (jangan yang panas) + pembersih piring cair untuk membersihkannya. Caranya: jangan dituangkan ke sepatu bola anda, tapi celupkan kain tersebut dan kemudian gunakan kain tersebut untuk mengusap permukaan sepatu sepak bola anda.


Tips Ketiga


Dan setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan kedalam air bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa sabun di sepatu anda yang tertinggal. Dan bersihkan kembali dengan menggunakan kain bersih yang kering.


Tips Keempat


Jika bagian dalam sepatu bola anda juga kotor, maka ikuti langkah dua dan tiga diatas untuk membersihkannya. Lalu untuk mengeringkannya anda bisa menggunakan koran bekas dengan cara memasukkannya kedalam sepatu anda sehingga sisa-sisa air yang mungkin masih tertinggal dapat terserap dengan baik. Dan anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya, asal jangan terlalu lama dalam mengeringkannya.


Tips Kelima


Untuk membersihkan bagian bawah sepatu sepak bola anda, jangan pernah merendamnya ke dalam ember atau baskom yang berisi air sabun. Cukup anda sikat dengan merata sampai kotoran tersebut lepas. Dan kemudian anda bisa menggunakan lap sebagai finishingnya.


Tips Keenam


Jangan pernah mencuci sepatu bola anda dengan menggunakan mesin cuci, hal ini bisa merusak sepatu bola anda tersebut. Disamping tentu saja Ibu atau Istri anda akan ngomel-ngomel berkepanjangan dan tak berkesudahan…hehehe…


Langkah Kedua: Tips Perawatan Sepatu Bola


Tips Pertama


Untuk sepatu bola yang baru saja anda beli, ada baiknya saat anda pertama kali memakainya anda oleskan terlebih dahulu lotion di kaki anda untuk mencegah kemungkinan lecet yang terjadi. Dan jangan lupa untuk “menyesuaikan” kaki anda dengan sepatu bola baru yang anda pakai tersebut paling tidak 30 menit sebelum anda menggunakannya untuk pertandingan (meskipun hanya pertandingan tingkat RT ya…hehehe…).


 Tips kedua


Setelah anda memakai sepatu bola anda, bersihkanlah sepatu tersebut dengan menggunakan sikat untuk menghilangkan lumpur dan tanah yang melekat. Note: jangan pernah merendam sepatu bola anda. Gunakanlah sikat sepatu yang tersedia di toko-toko terdekat anda dan dalam menyikatnya jangan terlalu keras, tapi lakukanlah dengan bijak.


Tips Ketiga


Menurut saya ini yang paling unik dari perawatan sepatu bola, yaitu untuk mengeringkannya gunakanlah kertas koran yang tidak terpakai (jangan yang masih di baca ya…) dan jangan menjemur sepatu bola anda karena jika anda lupa dan sepatu bola anda terjemur dalam waktu yang lama maka hal tersebut akan dapat merusak bahan sepatu tersebut. Terlebih lagi jika sepatu sepak bola yang anda miliki adalah terbuat dari bahan sintetik…hmm…agaknya anda akan sering gonta ganti sepatu…J


Tips Keempat


Setelah sepatu anda benar-benar kering, khusus untuk sepatu bola kulit, anda boleh kok untuk menyemirnya. Usahakan untuk memilih warna semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu sepak bola anda ya….:).


Tips Kelima


Meskipun sepatu bola anda kelihatan telah benar-benar kering, tidak ada salahnya anda memeriksanya kembali khususnya di bagian bawahnya. Karena khusus sepatu bola dengan model screw studs atau studs dengan model mur di dalamnya, lepaskanlah stud-stud tersebut dan keringkan bagian dalamnya, termasuk juga mur-murnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya karat pada mur studs sepatu bola anda.


Tips Keenam


Ini hal yang paling penting untuk anda ingat, jangan pernah menggunakan sepatu sepak bola anda untuk berjalan di atas material yang keras seperti aspal, beton, lantai, dll, karena hal tersebut akan mempercepat tingkat ke-ausan pada studs sepatu anda. Terlebih lagi jika anda menggunakannya untuk jalan-jalan di mall…aduuhh..gan, salah kostum banget gitu loh…..:)


Tips Keenam


Sebelum anda menyimpan sepatu bola anda, sebaiknya anda melonggarkan sedikit tali sepatu yang mengikatnya. Hal ini bertujuan agar terjadi perputaran udara yang lancar di bagian dalam sepatu dan untuk menghilangkan kelembaban yang ada. Tambahkan juga silica gel untuk menyerap kelembaban tersebut, sedangkan jika sepatu sepak bola anda mengeluarkan bau yang tidak sedap gunakanlah kapur barus dengan menaruhnya di bagian dalamnya untuk mengurangi efek baunya terhadap lingkungan sekitar…ingat “Jagalah lingkungan agar tetap bersih dan sehat”… hehehe…


(referensi: dari berbagai sumber)



Demikianlah tips merawat sepatu bola kali ini. Saya harap artikel ini dapat membantu anda untuk merawat sepatu bola anda dengan baik dan benar. Anda juga bisa melihat artikel sebelumnya tentang perawatan sepatu, seperti tips merawat sepatu bahan satin.  Sampai bertemu di aneka tips dan produk selanjutnya, masih di http://anekatipsdanproduk.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Share This Article